Sabtu, 09 April 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : Chart...


X  X  X


  Seperti biasa, for fun hanya sekedar menghilangkan kebosanan. Kali ini saya iseng-iseng membuat chart dari Oregairu. Arah panah ini saya buat berdasarkan info LN saja, tidak dari anime. Nanti saya akan beri keterangan dari chapter mana saja info itu berasal. Let's check this out!





HACHIMAN > YUKINOSHITA

  1. Yukino adalah satu-satunya orang yang Hachiman ajak untuk menjadi temannya, dan itu terjadi dua kali. Saat ditolak kedua kalinya, Hachiman masih bertekad untuk mengajaknya lagi menjadi teman (Semangat Gan!). Volume 6 Chapter 10.
  2. Satu-satunya gadis dimana ketika terjadi kontak langsung, Hachiman merasakan hatinya bahagia. Volume 9 Chapter 8.
  3. Satu-satunya orang dimana Hachiman sendiri katakan, baik mereka berdua hanya diam saja, ataupun mereka berdua berdiskusi, Hachiman merasakan suasana yang menyenangkan dan segar. Volume 1 chapter 2, dan volume 6 Chapter 10.
  4. Satu-satunya gadis dimana senyumnya yang memakai hadiah Natal pemberiannya, merupakan salah satu harapan milik Hachiman yang ingin terkabulkan di malam Natal. Volume 6.5 Special atau volume 9 chapter 11.
  5. Hachiman mengepalkan tangannya ketika mendengar Hayama pernah menerima coklat dari Yukino.
  6. Menyetujui ajakan Yukinoshita untuk kuliah bersama-sama.


YUKINO > HIKIGAYA-KUN
  1. Hayama mengatakan kalau perubahan Yukino karena Hachiman. Volume 10 chapter 8. Yui di volume 2 chapter 4 mengatakan satu-satunya hal yang bisa membuat seorang gadis berubah adalah cinta.
  2. Menurut Haruno, Yukino hanya akan memberikan jawaban kemana dia akan kuliah kelak kepada orang yang benar-benar mencari dirinya. Volume 10 Chapter 6. Yukino memberikan jawabannya ke Hikitani-kun.
  3. Yukino tidak mempedulikan gosip yang ramai di kelasnya tentang berpacaran dengan Hachiman dan memilih untuk jalan bersama Hachiman ke hotel dengan memegangi lengan Hachiman. Volume 7 Chapter 6.
  4. Yukino mengatakan dengan jelas kalau dia berkeinginan untuk memiliki hubungan genuine itu dengan Hachiman. Volume 9 chapter 10.
  5. Yukino sudah menyiapkan coklat valentine dan hendak diberikan ke Hachiman. Volume 11 chapter 7, volume 11 chapter 9.
  6. Mengajak Hikigaya-kun kuliah bersama di universitas yang sama.


GAHAMA-SAN > HIKKI
  1. Hendak menembak Hachiman di volume 5 chapter 6, digagalkan.
  2. Memberikan kode mencintai Hachiman di volume 8 chapter 6.
  3. Memberikan kode mencintai Hachiman di volume 8 chapter 8.
  4. Mempersilakan Hikki mencicipi coklat valentine buatannya di event kursus memasak coklat, volume 11 chapter 6.
  5. Memberitahukan secara simbolis kalau Hikki adalah pria yang hendak diberikan kue coklat di requestnya ke klub relawan tahun lalu. Volume 11 chapter 9. Waktu itu Yui mengatakan kalau kue coklat itu hendak diberikan ke pria yang disukainya. Volume 1 chapter 3.


IROHASU > SENPAI
  1. Mengajak Senpai kencan dari pagi hingga malam, pada bulan Januari. Volume 10.5 Chapter 2.
  2. Coklat valentine pertama yang diterima Senpai seumur hidupnya adalah coklat dari Irohasu. Volume 11 Chapter 6.


EBINA > HIKITANI-KUN
  1. Yang ini tidak perlu rujukan novel. Kita semua tahu, dari semua pria di SMA Sobu, mengapa Ebina terus memasangkan HxH. Kalau Hayama wajar, pria terpopuler. Satu-satunya alasan logis mengapa Hachiman ada dalam fantasi homo Ebina karena dia menyukainya.
  2. Ebina menembak Hikitani-kun di atap Stasiun Kyoto, volume 7 chapter 9.
  3. Ebina sering melirik ke arah Hachiman ketika di kelas, karena Ebina tahu Hachiman sering melirik ke arah grupnya ketika jam istirahat. Volume 10 chapter 6.


KAWASESUATU > HIKIGAYA
  1. Menggunakan adiknya, Keika, untuk membuat request memasak kue coklat dan menyelipkan coklat valentine miliknya agar diterima Hikigaya. Volume 11 chapter 6.
  2. Masih salah tingkah karena ditembak Hikigaya. Volume 6 chapter 9.


ORIMOTO > HIKIGAYA
  1. Meminta Hachiman untuk mencicipi coklat valentine miliknya, volume 11 chapter 5. Adegannya memang agak 'riot' karena berada dalam 'pengawasan' Yukino.
  2. Meminta nomor HP Hikigaya yang baru. Volume 9 chapter 9.
  3. Mengajak Hikigaya datang bersama ke reuni SMP, ehemm. Volume 9 chapter 9.
  4. Perang dingin dengan Yukino di rapat antar-galaksi Kaihin-Sobu dan event memasak coklat valentine. Volume 9 chapter 7, dan volume 11 chapter 4.


MIURA > HAYAMA
  1. Volume 10 Chapter 4, Miura menangis karena ingin bersama lebih lama dengan Hayama. Ingin mengetahui dirinya lebih jauh. Ingin bersama Hayama hingga kuliah. Saya tidak tahu ini disebut apa, kalau tidak cinta, entah apa namanya.
  2. Miura ingin memberikan coklat valentine kepada Hayama, volume 11 chapter 2.


HAYAMA-KUN > YUKINOSHITA-SAN
  1. Gadis yang dia sukai inisial Y. Volume 4 chapter 5. Tinggal lihat fakta kalau beredar gosip HayamaxYukino semasa SD. Hayama diam saja karena menyukai gosip itu, karena faktanya Yukino hanya menganggapnya teman saja.
  2. Hayama menganggap Hachiman lawannya. Tinggal melihat tulisan di atas, mereka menyukai orang yang sama, mudah saja anda menebak mereka berdua memperebutkan siapa. Volume 10 chapter 7.


TOBE > EBINA
  1. Volume 4 Chapter 5, Tobe mengatakan menyukai Ebina.
  2. Volume 7 bercerita tentang Tobe yang ingin menembak Ebina.
  3. Volume 6.5 spesial atau volume 9 chapter 11, Tobe mengatakan ingin menghabiskan Natal selanjutnya berduaan dengan Ebina.
  4. Volume 11 chapter 5, Tobe hadir ke event memasak coklat untuk mencicipi coklat valentine Ebina.


SEKRETARIS-CHAN <> WAKIL KETUA OSIS
  1. Hachiman dan Iroha memergoki mereka berdua di sabtu sore keluar bersama dari sebuah kafe di dekat Stasiun Chiba. Volume 10.5 chapter 2.
  2. Mereka berdua juga pulang bersama-sama setiap harinya. Volume H. Tapi volume H ini ceritanya spin-off, anda bisa kesampingkan sumber ini.


TAMANAWA > KAORI
  1. Volume 11 Chapter 5, Tamanawa menoleh ke arah Kaori ketika Kaori mengatakan akan memberikan coklat valentine ke Hachiman.
  2. Volume 11 Chapter 6, Tamanawa mengatakan 'tidak akan kalah' kepada Hachiman, setelah Hachiman mencicipi coklat Kaori.


HIDDEN FACT
  Selain masalah percintaan, ada beberapa fakta tersembunyi yang hanya dibahas sekali tentang hubungan mereka semua.
  1. Yukino adalah target stalker Hachiman selama di SMA Sobu. Fakta bahwa Hachiman tahu betul siapa Yukino, tapi tidak tahu Saki/Yui yang sekelas dengannya. Ditambah, Hachiman di volume 6 chapter 0 mengakui kalau dia masih menjalankan praktek stalker.
  2. Entah mengapa, Hachiman mengatakan sangat ingin bertemu orangtua Yukino (volume 10 chapter 2). Tapi ketika hendak menuju dan berada di rumah Yui, Hachiman tidak memiliki satupun monolog tersebut (vol 11 chapter 7).
  3. Miura dan Tobe bersahabat dekat. Kemungkinan besar Miura kenal Hayama karena dikenalkan Tobe. Seberapa dekat Tobe dengan Miura? Anda pertama kali tahu Tobe menyukai Ebina di vol 4 chapter 5, padahal Tobe bercerita kalau sebelumnya dia sudah curhat terlebih dahulu soal Ebina ke Miura. Bisa dikatakan, Tobe lebih dekat ke Miura daripada Hayama.
  4. Tobe dan Hayama merupakan sahabat sejak SMP. Di volume 4 chapter 5, Tobe bercerita mengenai darmawisata bersama Hayama di masa lalu. Darmawisata adalah program SMA Sobu khusus untuk kelas 2. Jadi, karena mereka belum melakukan darmawisata di SMA Sobu, maka darmawisata Tobe bersama Hayama terjadi di SMP. Kenapa tidak ada dugaan Tobe dan Hayama teman sejak SD? Karena Tobe tidak tahu fakta kalau Yukino dan Hayama satu SD, itu berarti Tobe mulai berteman dengan Hayama sejak SMP.
  5. Yui berusaha menolak kesimpulan Hachiman yang mengatakan dirinya peduli ke Hachiman karena bersimpati atas kebaikan Hachiman (nice guy), volume 2 chapter 5. Namun ketika hendak menembak Hachiman di volume 5 chapter 6, Yui mengatakan Hachiman orang baik yang menolong siapapun. Bahkan volume 8 chapter 8 Yui memuji Hachiman yang berusaha keras menyelamatkan klub relawan. Entah mana yang benar, sepertinya Yui benar-benar menyukai Hachiman karena melihat Hachiman sebagai pria yang baik.
  6. Adik Saki, Taishi, menyukai Komachi (Volume 2 chapter 4, volume 5 chapter 2, volume N). Tapi Komachi hanya menganggap Taishi sebatas teman. Ada kemungkinan kalau Taishi mendekati Hachiman karena hendak memperoleh restu calon kakak iparnya.
  7. Wakil ketua OSIS adalah siswa kelas 2, tapi Iroha sebagai ketua, adalah siswi kelas 1. Pacar si wakil ketua, sekretaris adalah siswi kelas 1 juga. Ada dugaan kalau si wakil ketua ini bersedia menjadi wakil ketua dari siswi kelas 1 karena hendak PDKT sekretaris OSIS. Bah, OSIS macam apa ini...ketuanya memanfaatkan jabatan untuk PDKT Hachiman, wakilnya sama saja!
  8. Sadar atau tidak, Hachiman punya 2 orang musuh. Pertama Hayama, memperebutkan Yukino. Kedua Tamanawa, soal Kaori.


SPECIAL : KESIMPULAN PENULIS DARI MELIHAT CHART DI ATAS (EHEMMMMM...)

  Entah pembaca sadar atau tidak, melihat arah tanda panah yang mengarah ke Hachiman, mengingatkan kita akan definisi Nice Girl. Hachiman hanya menganggap Yui teman satu klub (vol 5 chapter 6). Menganggap pengungkapan perasaan Ebina bahan candaan (vol 7 chapter 9). Menganggap coklat valentine Iroha hanyalah simpati Iroha agar tidak disebut pria pecundang di hari valentine (vol 11 chapter 6). Dengan kata lain, Hachiman sendiri adalah pria yang menebar harapan ke semua gadis. Bersikap baik kepada mereka meskipun dia sendiri tidak punya perasaan spesial ke gadis tersebut. Hachiman tidak mau menyakiti para gadis itu karena dia bertekad ingin membuat dunia dimana tidak ada satupun orang yang terluka (vol 6 chapter 9).

  Saya tidak tahu mengapa orang hanya fokus A suka B, C suka D. Saya melihat ini adalah hal yang menarik. Pembaca dibuat membenci Kaori karena tindakannya di masa lalu kepada Hachiman. Sekarang, Hachiman-lah yang menjadi Kaori itu sendiri. Disini, harusnya pembaca seperti disadarkan oleh Watari, kalau tindakan Kaori menolak Hachiman di SMP adalah hal yang benar. Justru menggantung semua gadis seperti yang Hachiman lakukan saat ini adalah hal yang salah. Tindakan Yui di akhir volume 11 adalah hal yang benar. Dengan begitu, segala kegilaan PHP Hachiman setidaknya terhenti. Hachiman harus belajar mengatakan 'ya' dan 'tidak'.

  Seakan-akan mengejek segala drama Hachiman dan sekitarnya, Watari menulis hubungan asmara wakil ketua dan sekretaris malah mesra-mesra saja. Sedang di sebelah seperti sebuah medan pertempuran tanpa akhir. Dari si wakil dan sekretaris sebenarnya kita mendapatkan petunjuk penting: Hachiman harus memilih. Dunia tanpa orang terluka itu adalah dunia khayalan.

  Lalu ada yang aneh. Tobe lebih dekat dengan Miura daripada Hayama. Tapi Tobe sendiri di volume 4 chapter 5 menyebut Miura menakutkan, entah mengapa Hachiman di volume 1 chapter 4 mengatakan Hayama agak aneh karena terlihat akrab dengan Miura. Jika Tobe saja takut, mengapa Hayama malah santai-santai saja. Mungkin satu-satunya penjelasan yang masuk akal adalah Hayama hendak memanfaatkan sesuatu dari Miura yang 'menyeramkan'. Harusnya Miura sadar soal ini, ini bukanlah pelajaran fisika kuantum atau integral, harusnya bisa dibaca sejak dini kalau Hayama itu mendekatinya karena ada perlu. Totsuka saja tidak pernah melihat Hayama dan Miura berpotensi sebagai pasangan, mengapa Miura yang setiap hari bersama Hayama tidak menyadari itu? Seperti yang kita tahu, quote legenda LN ini : manusia hanya ingin mendengar apa yang ingin dia dengar. Termasuk Yumiko Miura.

  Terima kasih sudah membaca omong kosong saya ini. Jika punya pendapat lain silakan tulis di komentar. Tentunya, karena ini for fun, saya tidak berkewajiban untuk menjawabnya. Semua tulisan di artikel ini ditulis dengan niat iseng saja. Selamat berakhir pekan!




x  x  x

  

2 komentar: