Minggu, 24 April 2016

[ TRANSLATE ] Oregairu Vol 10 : Afterwords


x  x  x





  Selamat malam, disini Watari Wataru.

  Ternyata sudah masuk musim gugur! Musim gugur bagi para pembaca, para olahragawan, makanan khasnya, seninya, karyawannya, transportasi, para budak perusahaan, dan seterusnya, jadi bagaimana mereka semua menghabiskan musim gugur mereka? Aku selalu bekerja tidak peduli musimnya apa dan bahkan, aku sangat suka jika Tahun Baru segera tiba!

  Tapi malam musim gugur yang terasa panjang itu bisa membuat pekerjaanmu berjalan dengan baik sebagai pembaca dan penulis. Tenang, dingin, dan malamnya terasa panjang...Itu adalah musim dimana kau bisa menghabiskan mayoritas waktumu sendirian. Meski begitu, musim dingin tidaklah jauh berbeda, tapi di musim itu pula kau bisa melihat sesuatu yang tidak bisa kau lihat di musim-musim yang lain.

  Hal-hal seperti "Kenapa aku bekerja begitu keras hanya demi kenangan yang tidak menyenangkan ini" atau "Malamnya terasa panjang tapi jam kerjaku atau jam tidurku tidak bertambah"...Atau sejenis itu. Tentunya, ini tidak hanya tentang hal-hal negatif, tapi hal-hal yang bagus dan membahagiakan juga, tapi kau akan lebih sering melihat masa depan yang suram ketika melihat ke arah luar jendela dan yang kau lihat hanyalah kegelapan. Meski, dengan terus melihat ke arah kegelapan itu kau akan melihat setitik cahaya disana.

  Ketika itu tiba, kau mungkin akan mengatakan sebuah monolog tentang seseorang, mungkin juga tentang orang-orang pada umumnya.

  Di tengah malam musim dingin yang terasa tidak berujung itu, kau mungkin akan menemukan jawaban yang berada di sebuah jalan, yang sangat dingin dan ditiup angin kencang. Mengesampingkan apakah jawaban pria itu dan keraguan si gadis itu salah atau benar...Ketika kau bertemu dengan orang yang mirip denganmu, apakah kau akan merasakan persamaan yang ada diantara kalian berdua, ataukah kau akan merasa seberapa berbeda kalian berdua? Jika kau memutuskan untuk maju, memperoleh beberapa jawaban dan pertanyaan, maka, pilihan apa yang akan si pria ambil?

  Dengan diselimuti perasaan semacam itu, saya persembahkan Yahari Ore no Seishun Love Come wa Machigatteiru volume 10.

 .....

  Bagi para pembaca semuanya, kita akhirnya telah sampai di panggung terakhir cerita ini dan meskipun kita terlihat seperti berputar-putar kesana-kemari, kita sudah membuat sebuah kemajuan menuju akhir cerita ini. Aku akan sangat senang jika kalian terus mensupportku hingga ini berakhir. Terima kasih banyak.

  .....




x  Afterwords | END x




Monolog tentang seseorang di malam yang dingin itu adalah Hachiman yang bertanya kepada dirinya sendiri, kemana Yukinoshita akan kuliah nanti.

...


Monolog tentang orang-orang itu, lanjutan nomor 1, Hachiman merangkum semua kesan-kesan orang-orang di sekitar Hayama tentang pilihan jurusannya.

...


Jalan yang dingin dan bertiup angin kencang itu kehidupan pribadi Yukino, yang terus dicampuri oleh Ibunya dan Haruno. Dalam volume ini, Hachiman melihat secara langsung bagaimana Haruno memanfaatkan dirinya untuk menjebak Yukino datang, lalu Ibu Yukino juga memanfaatkan dirinya dan Yui agar membujuk Yukino mau datang ke pesta perayaan.

...


Orang yang mirip dengan Hachiman itu adalah Yukino. Hiratsuka-sensei sendiri yang menyatakan itu di vol 5 chapter 4.

...


Merasakan persamaan atau perbedaan itu sudah dijawab di vol 1 dan vol 6. Hachiman melakukan dua-duanya. Di vol 1 chapter 2, Hachiman menganggap dirinya memiliki banyak persamaan dengan Yukino. Di vol 6 chapter 10 Hachiman menganggap karena mereka berbeda itulah, ini semua terasa menyenangkan.

...


Hachiman memutuskan untuk maju itu, ketika adegan UKS vol 10 chapter 7. Hachiman memutuskan untuk bertanya hal paling pribadi dari Yukino, yaitu jurusannya kelak, dimana Ibunya sendiri saja tidak Yukino beritahu. Niat Hachiman ini didorong berhasilnya Miura memperoleh jurusan Hayama meski tahu Miura sudah melangkahi garis pribadi Hayama.

...


Satu-satunya pertanyaan yang mengiringi jawaban Hachiman di UKS itu adalah ajakan Yukino untuk kuliah bersama, vol 10 chapter 7. Jawaban Hachiman, yaitu 'YA'.

...


Afterwords ini berada di akhir light novel, sebagai bagian penutup. Jika ditekankan kalau ini sudah mencapai panggung terakhir, maka arc selanjutnya adalah arc final Oregairu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar