Senin, 19 Februari 2018

[ TRANSLATE ] Oregairu Vol.12 : Interlude (2)





Aku sebenarnya suka mengemas dan merapikan barang-barang.

Meski, sebenarnya aku tidak begitu bagus dalam hal tersebut.

Tapi, aku menyukainya.

Benda-benda yang berserakan, terpisah-pisah di berbagai tempat, atau ditaruh begitu saja; Aku suka merapikan benda-benda tersebut sehingga tampak enak dilihat.

Ketika selesai melakukannya, aku seperti punya merasa "sesuatu yang nyaman sekali".

Hanya ada kami berdua di ruangan ini. Setelah membahas beberapa hal tentang packing dan semacamnya, dia pergi setelah memberitahuku kalau dia keluar untuk menyiapkan beberapa kardus kosong dan tempat sampah. Kini aku ditinggal sendirian di ruangannya sambil menunggu kedatangannya kembali.

Tapi, di salah satu sudut ruangan, ada sebuah tempat kecil yang berlokasi di ujung tempat tidur dan kesannya ramai sekali.

Entah itu mainan atau hal-hal yang berbau kucing, benda-benda itu mungkin menjadi sesuatu hal yang sangat penting baginya. Benda-benda tersebut dikumpulkan di tempat tersebut.

Ruangan yang monoton ini sebagian besar di cat dengan warna yang dingin seperti biru, hijau, atau silver, hanya di sudut inilah yang memberitahu kalau ruangan ini ditinggali oleh seorang gadis.

Aku berpikir kalau ini terkesan manis sekali, begitulah kesan yang kudapatkan ketika aku bermain-main dengan mainan berbentuk panda ini.

Lalu, aku melihat sebuah kantong kertas yang tersembunyi di tumpukan benda-benda tersebut. Kertas vinylnya berwarna hitam, dan tampilannya itu membuatku merasa kalau benda ini tidak seharusnya berada di kumpulan benda-benda yang menggemaskan ini.

Sepertinya, aku pernah melihat kantong semacam ini entah dimana, sehingga aku langsung mengambilnya begitu saja. Kubuka sedikit, sehingga aku bisa mengintip apa di dalamnya. Sepertinya, ada semacam foto kenang-kenangan disana. Aku pernah punya yang seperti ini juga, tapi itu dulu sekali. Aku memperolehnya ketika mengunjungi taman bermain bersama keluargaku.

Aku tahu kalau aku harusnya tidak melihat ini, tapi aku malah terus membukanya.

Dua orang yang ada di foto tersebut sangatlah familiar.

Mereka berdua tampak sedikit ketakutan, juga tampak sedikit konyol, tapi pastinya raut wajah mereka tampak bahagia disana.

Juga, pose tubuh mereka yang tampak tegang, kedua mata mereka yang tertutup, seperti hendak bersembunyi dari sesuatu, dan juga tangan-tangan yang memegang erat pegangan atraksi tersebut.

    Ah, seperti dugaanku     itulah yang terpikirkan olehku.

Meski selama ini aku selalu khawatir tentang apakah mereka berdua sudah pernah membicarakan hal ini bersama-sama, tapi untuk saat ini, untuk momen ini yang terlintas di kepalaku adalah "ini luar biasa sekali".

Mereka manis sekali. Tidak hanya tentang foto ini, tapi juga sikapnya yang menyimpan foto tersebut dengan hati-hati dan menaruhnya di tempat yang aman, dan itu termasuk dengan sikapnya yang berusaha untuk menyembunyikannya.

Karena itulah, kutaruh kembali secara perlahan di tempatnya lagi, tempat dimana benda ini seharusnya berada.

Aku harusnya melupakan momen barusan.

Pura-pura tidak pernah melihat itu.

Meski aku tidak bisa menyangkal kalau momen dimana aku berada disini adalah sebuah fakta, setidaknya aku bisa berusaha untuk melupakannya.

Tapi kalau dipikir-pikir lagi, dia mungkin sekarang juga sedang melakukan hal  yang sama.

Tidak menghiasinya dengan sesuatu, hanya menaruhnya dengan baik dan hati-hati di tempat dimana dia mengumpulkan seluruh harta karunnya.





x x x




Mungkin, aku harusnya menanyakan itu kepadanya. Ketika sedang becanda atau menyindirnya, harusnya aku mulai bertanya ketika momen tersebut datang. Kemudian, aku akan berkata kalau aku akan mendukungnya, menjadi pendukung terdepannya. Dan tidak lupa mengatakan itu semua dengan senyuman.

Tapi, jika aku benar-benar bertanya kepadanya, mungkin semua hal antara diriku dan dirinya akan berakhir.

Jika aku bertanya kepadanya, memohon sesuatu kepadanya, dia pasti akan menolakku, lalu akan berkata "itu mustahil" untuk menolakku, dan terakhir, kami berdua akan tenggelam dalam sunyi.

Tidak mengakui itu, tidak mau melihat lagi, dan membiarkan itu hilang begitu saja, dan sekaligus tidak peduli lagi dengan itu.

Pura-pura kalau itu tidak pernah terjadi, lalu berusaha melupakannya, dan pada akhirnya akan kehilangan itu.

Karena itu, aku harusnya tidak menanyakan itu kepadanya.

Menanyakan bagaimana perasaannya pasti merupakan tindakan yang tidak pantas.

Juga, mengutarakan perasaanku kepadanya juga terasa seperti sesuatu yang tidak adil.

Karena itulah, aku sangat takut untuk mengetahui perasaannya itu.

Membebankan ini semua kepadanya, kurasa adalah tindakan yang paling tidak adil bagiku.

Jujur saja, sejak dulu aku sudah tahu soal ini.

Ada sebuah tempat di hatinya dimana aku tidak bisa masuk. Setiap kali aku berdiri di depan pintu itu, aku merasa kalau aku harusnya tidak mengganggu mereka berdua, yang kulakukan harusnya mengintip mereka, menguping mereka.

Aku sudah merasakan ini sejak lama.

Akupun, ingin berada di tempat itu.

Itulah yang kuinginkan.

Karena itulah, sebenarnya    

Hal genuine atau apalah itu, aku tidak menginginkannya.





x Interlude 2 | END x





Sebenarnya, banyak analisis di komentar yang bagus-bagus. Namun, saya harus memilih salah satu. Yang saya sukai dari analisis ini adalah beberapa kalimat terakhirnya memberikan kesimpulan alasan si pemilik monolog memutuskan untuk meninggalkan hal genuine yang diinginkannya.



Ini sudah pasti monolog dari Yui, mengingat dari chapter 2 dia ingin membantu Yukino packing.

Yui pastinya penasaran dengan hubungan Hachiman dan Yukino, akhirnya mengintip barang-barang Yukino dan melihat foto yang didapat di Disney Land, foto dari mesin foto otomatis dari atraksi, sewaktu rombongan teman-teman mereka mendahului Hachiman dan Yukino.

Di foto itu terlihat jelas mereka berdua lebih bahagia saat mereka hanya berdua.

Yui dilema karena tidak dapat menanyakan langsung ke Yukino, karena Yukino akan merasa curiga dengan perasaan Yui ke Hachiman, ditambah dengan perilaku Yui yang lebih agresif dan aneh. Di sisi lain Yui juga sudah tahu perasaan Hachiman ke dia dan yukino. Hachiman terlihat tidak tertarik terhadap Yui, bisa terlihat jelas saat Festival Kembang Api dan momen-momen lainnya.

Perihal dengan Yui yang merasa tidak memiliki tempat atau kehadiran Yui di Klub Relawan.

Seakan-akan Yui tidak diterima, atau dianggap mengganggu. Karena saat mereka bertiga, keadaan sangat canggung dibandingkan dengan obrolan Hachiman dan Yukino saat mereka berdua saja.

Jadi, hal yang dilakukan Yui mungkin berpura-pura berteman dengan Yukino sehingga dia masih punya tempat dan tetap berinteraksi dengan Hachiman. Bahkan alasan dia bergabung ke Klub Relawan hanya untuk mendekati Hachiman, dan dia dengan cepat sadar bahwa Hachiman dan Yukino menyukai satu sama lain. Jadi, satu-satunya jalan agar dia tetap bertahan yaitu tidak melakukan atau tidak butuh hal genuine.



Tapi, ada beberapa komentar lainnya yang perlu saya beri highlights karena memang menarik. Misalnya beberapa komentar berikut:

Yui hanya ingin Hachiman dengannya dan Yukino tetap ada, tapi Hachiman sudah memilih siapa orang itu karena itulah Yui tidak menginginkan genuine - Tears Alter

Yui menginginkan apa yang dia inginkan (Yukino) seperti kata-katanya di akhir vol 11 - Tears Alter.

Sudah jelas tidak mungkin tempat berharga Yukino ada benda seperti ini kecuali itu sesuatu yang spesial. - Tears Alter.

Yukino menyimpan foto tersebut di tempat yang aman agar orang lain tidak bisa melihatnya. Karena hal te rsebut Yui bisa memastikan bahwa Yukino mempunyai perasaan kepada Hachiman. - Portal-Anime.

...dan kalau meniru gaya protagonis manga dalam karya-karya Mitsuru Adachi blablabla... - Hachiman. Jadi yang tersisa adalah Yui dan Yukino. LoL, anda membuktikan itu monolog Yui dengan penggalan monolog Hachiman chapter 2 benar-benar luar biasa...HAHAHA. -Kelvin Kazama.

...Kata "tidak adil" ini apa maksudnya? Tidak adil ini merujuk ke Hachiman yang sering kali mengorbankan dirinya saat menyelesaikan masalah request Klub Relawan...Hal ini pasti berpengaruh jika Yui mengungkapkan perasaan sebenarnya ke Hachiman karena Hachiman juga menanggung apa yang ia lakukan selama ini. This is very good analysis.  - Kelvin Kazama.






101 komentar:

  1. semangat terus min

    biblia masih ditunggu


    (minta bantuan nyari web download j-drama biblia, bahasa apa aja boleh raw diutamakan) susah amat nyarinya #curhat

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahun lama sih j-doramanya, sekitar 2013 kl ga salah, agak susah memang

      Hapus
    2. Sayangnya disini dilarang share link2 ^^, akan terhapus kurang dari 24 jam.

      Hapus
    3. Baca disini http://zcaoi.blogspot.co.id/2017/12/translate-biblia-vol-3-chapter-3-spring.html :v :v

      Hapus
  2. Admin, chapter monolog ini bukannya dari yui, ya???
    soalnya di akhir monolog udah ada kru tentang menguping dan mengintip, dan hal genuine yang tidak diinginkan?

    Hachiman sudah pasti menginginkan hal genuine, Yukinoshita sudah pasti juga menginginkannya karena menjalankan request dari hachiman (vol 9 ch 6) dan mencari jati diri yang diinginkan Yukinoshita. Tinggal Yui yang tidak tahu jawabannya...

    Jadi menurut admin sendiri apakah chapter ini monolog hachiman atau yui?

    BalasHapus
  3. satu lagi kru: vol 12 ch 2 di mana tugas packing barang Yukino diserahkan pada Yui dan Hachiman temenin Hauno keluar apartemen...

    BalasHapus
  4. Sepertinya ini monolog Yui min , karena diatas ada tentang packing barang-barang dan mendeskripsikan kamar yukino. Hachiman sudah pulang kan sebelumnya ?
    Terbukti dgn foto kenang-kenangan , kalau memang foto Yui dan Yukino , tidak akan disembunyikan pasti dipajang, kan sesama gadis dan mereka berteman. Beda dgn lawan jenis mungkin awalnya dipajang, tapi karena ada Yui dan haruno makanya disimpan agar tidak terlihat terlihat dgn disimpan hati-hati.
    Paling jelas adalah tentang genuine, bukankah baik hachiman dan yukino menginginkannya, dan hanya Yui diantara mereka bertiga yg tidak tau apa itu ...

    BalasHapus
  5. ini jelas monolog dari yui min, itu foto yg didapet yukino di atraksi perahu di destynyland ma 8man

    BalasHapus
  6. Gw rasa setuju sama komentar di atas bahwa ini yui yg ngomong, foto juga ini saat Yukino-8man terjun (kalo pake referensi anime ada dimana Yukinon nymputin plastik). Tapi entahlah karena satu yg bikin yakin si Yui ini suka packing & nga tau maksud genuine.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alasannya mungkin bisa diperpanjang

      Hapus
    2. Gw kira tulisan komen temen2 di atas sudah cukup mewakilkan, hahaha. Tentu saja gw baru tau komen2 setelah gw baca dan karean gw gak pernah melewatkan analisis bung admin & komentar2 teman2, jadi gw merasa harus ikut berkomentar seperlunya di sini. Btw, tengkyu sudah translate, semoga kita sehat selalu agar bisa tau gimana Watari nyelesein karyanya yg satu ini :)))

      Hapus
    3. Kalau hanya sekedar tahu saja itu monolog siapa, masih banyak teka-teki dibalik kata-katanya. Kita butuh komentar yang berani menganalisa monolognya...Yeaaah!

      Hapus
  7. Thanks
    min
    Ini yg gw
    tangkep
    Luka di hati yui bertambah lagi
    Hahahahh
    Ini jg menjadi bukti kuat kalo hal genuine yg diingankan 8man hanya ditujukan khusus untuk yukino. CMIIW

    BalasHapus
  8. Menganalisis atau apalah itu, aku tidak menginginkannya xp

    BalasHapus
  9. Menurut saya monolog yui min. Coba baca pas bagian ini: '...ditinggal sendirian di ruangannya...' itu saja sudah jadi argumen yang cukup kuat bahwa yg bermonolog adalah orang yang bertamu. Sisanya, setuju sama beberapa komentar yang menganalisis juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. come on, analisis monolognya dong~

      Hapus
    2. Well, saya coba min.
      -Ah, seperti dugaanku-
      Adalah perkataan yui yang bisa menduga karena dia pun tahu ada kejadian penting sebelum ini antara mereka berdua, ayo kita bahas benda nya dulu.
      Mengenai foto itu, saya setuju dengan komentar diatas yang menyebutkan ini foto mereka pas di destinyland. Fakta bahwa yui tau hanya hachiman dengan yukino yang tidak bisa mengikuti rombongan yui pada saat itu, ditambah pengalaman yui yang melihat kejadian di UKS selepas lomba marathon adalah 2 hal yang bisa membuat yui bahwa foto ini adalah foto yang bisa dia duga sebelumnya.

      - - -

      Yui yang selalu khawatir akan pembicaraan mereka berdua mengenai 'hal ini' adalah bukti nyata bahwa dia tak rela kehilangan hachiman.

      - - -

      'ini luar biasa sekali'
      Kemungkinan besar, dia terpesona karena melihat orang yang dia suka dengan yukino menunjukkan raut wajah yang tampak bahagia. Mengingat dia tak pernah melihat hachiman atau pun yukino dalam momen berduaan menampakkan raut wajah bahagia, sedikit ketakutan, sedikit konyil dan tegang secara bersamaan dalam satu momen.

      - - -

      'dia mungkin sekarang juga melakukan hal yang sama'
      Pasti mengarah ke hachiman, karena dia tau bagaimana tertutupnya hachiman mengenai hal hal ini, sama dengan yukino.

      - - -

      'Mungkin, aku harusnya menanyakan hal itu kepadanya'
      Ini adalah riddle dari penulis...
      Yui sudah bertanya di volume 11 apakah boleh jika dia 'mengambil' semuanya, maka kemungkinan yui akan bertanya 'bolehkah aku bersama dengannya' atau sejenisnya sudah tereliminasi.
      Maka pertanyaan yang yang pasti ditanyakan dalam hal ini adalah sejenis 'bagaimana perasaanmu terhadap sang veteran dalam kekalahan?'.
      Kenapa ini pertanyaan yang pasti ditanyakan dalam hal ini? Karena dia juga bermonolog 'aku akan berkata kalau aku mendukungnya, menjadi pendukung terdepannya'. Diperkuat dengan monolog: 'menanyakan bagaimana perasaannya pasti merupakan tindakan yang tidak pantas' menutup peluang pertanyaan lain.

      - - -

      Disisi lain, yui juga ketakutan akan kenyataan jika dia benar benar bertanya pada yukino tentang hal ini, buktinya adalah
      'tapi jika aku benar benar bertanya kepadanya, mungkin semua hal antara diriku dan dirinya akan berakhir'.
      Dirinya tentu mengarah pada orang yang bagi dia sangat berharga, dan admin tau itu siapa.

      - - -

      'akupun, ingin berada di tempat itu'
      Mengarah pada monolog sebelumnya:
      'ada sebuah tempat di hatinya dimana aku tidak bisa masuk. Setiap kali aku berdiri di depan pintu itu, aku merasa kalau aku harusnya tidak mengganggu mereka berdua, yang kulakukan harusnya mengintip mereka, menguping mereka'
      Yep, itu adalah tempat dimana hachiman menaruh perasaan yang dalam pd yukino.
      Singkatnya, yui ingin hachiman menaruh yui di tempar hachiman menaruh yukino disana, dan yui sadar harusnya dia menyerah mengenai hal ini.

      - - -

      'Hal genuine atau apalah itu, aku tidak menginginkannya'
      Hachiman bermusuhan dengan masa lalunya karena dia pernah salah paham akan perasaan seseorang padanya, dan perasaan/cinta itu tidaklah tulus, karena itu dia menginginkan hal yang genuine.
      Yukino pun sama, dia muak dengan masa lalunya, dan perasaan/cinta tulus pun dia belum benar benar merasakannya, lalu dia pun menginginkan hal yang genuine.
      Lalu, yang diinginkan yui adalah sesuatu yang berbeda dari mereka berdua karena permintaan di akhir volume 11 adalah dia menginginkan hachiman, namun yukino harus tetap berhubungan dengan yui.

      Hal yang tulus meski itu adalah hal yang dibungkus dengan sindiran atau bahkan sarkasme sekalipun, dengan hal yang bertujuan untuk memuaskan perasaannya pada seseorang adalah titik pembeda antara hal yang diinginkan mereka, dengan yui.

      Hapus
  10. Hanya imajinasi liar saya

    Ini monolog dari yuigahama yui, ia menemukan foto dari yukino yang sedang berduaan naik wahana di disney land dengan hachiman. Dari foto yang dilihatnya ekspresi dari keduanya nampak bahagia dan yui pun sudah menebak bahwa saat ia meninggalkan yukino dan haciman berduaan mereka pasti sedang bersenang senang bersama.

    Yukino menyimpan foto tersebut ke tempat yang aman agar orang lain tidak bisa melihatnya. Karena hal tersebut yui bisa memastikan bahwa yukino mempunyai perasaan kepada hachiman.

    Padahal yui sudah mengetahui dari dulu jika yukino dan hachiman sudah saling suka dan itu adalah genuine yang hachiman dan yukino inginkan.

    Namun yui menolak hubungan genuine tersebut, karena ia tahu bahwa ia tidak akan bisa menuliskan namanya di hati hachiman dengan hal genuine yang hachiman inginkan.

    Oleh sebab itu yui menolaknya dan memilih jalan lain untuk memenuhi keinginannya.

    BalasHapus
  11. di awal ada monolog "Hanya ada kami berdua di dalam ruangannya"jika dalam masa mengemas barang maka seharusnya yang paling logis adalah di kamar dan tentu saja kamar yukino jadi monolog siapakah ini? "di dalam ruangannya" jika diartikan yang bermonolog pastilah sang tamu ruangan.
    ada 2 tamu dirumah yukino yaitu yui sama hachiman. jika itu hachiman maka hachiman ada diruangan yukino sangatlah tidak mungkin jadi jawaban tersisa adalah yui.

    sedikit tricky kalau di interlude adalh hachiman monolog di chapter 2 "Kalau aku tinggal lebih lama disini, maka aku harusnya membantu Yukinoshita untuk packing. Kalau itu terjadi, maka aku akan menyentuh benda-benda yang harusnya hanya boleh disentuh oleh perempuan saja, dan kalau meniru gaya protagonis manga dalam karya-karya Mitsuru Adachi, mungkin aku akan menangis disertai sfx "hiks". Malah mungkin akan terjadi semalaman jika aku kurang beruntung." sedangkan jelas-jelas di interlude orang yang bermonolog menyentuh barang yang tidak boleh disentuh. Kalau memang hachiman berarti hachiman seorang Munafik

    BalasHapus
  12. soal foto nya yang mana mungkin masih misteri tapi kalau dilihat dalam monolog "Juga, pose tubuh mereka yang tampak tegang, kedua mata mereka yang tertutup, seperti hendak bersembunyi dari sesuatu, dan juga tangan-tangan yang memegang erat pegangan atraksi tersebut." jelas kalau ini adegan yukino-hachiman di wahana disneyland diperkuat sama monolog " Aku pernah punya yang seperti ini juga, tapi itu dulu sekali. Aku memperolehnya ketika mengunjungi taman bermain bersama keluargaku." jadi ini semacam foto tiba-tiba mungkin (kalau di indonesia gak tau di jepang)

    "Meski selama ini aku selalu khawatir tentang apakah mereka berdua sudah pernah membicarakan hal ini bersama-sama, tapi untuk saat ini, untuk momen ini yang terlintas di kepalaku adalah "ini luar biasa sekali"." monolog diatas mengacu pada adegan uks di marathon chiba yang diintip yui. artinya yui memang liat adegan itu tapi belum tentu denger pembicaraannya. jadi selama ini yui penasaran tentang hubungan yukino-hachiman.

    BalasHapus
  13. "Mereka manis sekali. Tidak hanya tentang foto ini, tapi juga sikapnya yang menyimpan foto tersebut dengan hati-hati dan menaruhnya di tempat yang aman, dan itu termasuk dengan sikapnya yang berusaha untuk menyembunyikannya."

    "Meski aku tidak bisa menyangkal kalau momen dimana aku berada disini adalah sebuah fakta, setidaknya aku bisa berusaha untuk melupakannya."

    "Tapi kalau dipikir-pikir lagi, dia mungkin sekarang juga sedang melakukan hal yang sama."
    kalau monolog ini benar maka yukino masih belum mengakui hachiman sepenuhnya. mungkin yukino tidak ingin menciptakan kesalahpahaman yang sama seperti pada hayato. tidak ingin dilepas tapi tidak diakui, hubungan yukino-hachiman masih dipertanyakan

    BalasHapus
  14. "Tapi, jika aku benar-benar bertanya kepadanya, mungkin semua hal antara diriku dan dirinya akan berakhir."

    "Jika aku bertanya kepadanya, memohon sesuatu kepadanya, dia pasti akan menolakku, lalu akan berkata "itu mustahil" untuk menolakku, dan terakhir, kami berdua akan tenggelam dalam sunyi."

    yui masih penasaran dengan hubungan yukino-hachiman dan juga yukino gak mau ngasih kepastian akan hubungannya (mungkin masih trauma)

    " Juga, mengutarakan perasaanku kepadanya juga terasa seperti sesuatu yang tidak adil." sepertinya hubungan yui-yukino tidak menjadi pertemanan satu arah lagi. Yui sadar akan pertemanannya dengan yukino. sekarang yui dalam posisi sulit untuk mengutarakan perasaan.

    BalasHapus
  15. "Ada sebuah tempat di hatinya dimana aku tidak bisa masuk. Setiap kali aku berdiri di depan pintu itu, aku merasa kalau aku harusnya tidak mengganggu mereka berdua, yang kulakukan harusnya mengintip mereka, menguping mereka."

    "Aku sudah merasakan ini sejak lama."

    "Akupun, ingin berada di tempat itu."

    "Itulah yang kuinginkan."

    "Karena itulah, sebenarnya"

    "Hal genuine atau apalah itu, aku tidak menginginkannya."

    walau hubungan hachiman-yukino masih dipertanyakan yui tapi yui sadar akan hubungan keduanya meskipun belum sampai hubangan percintaan tapi tetap saja hubungan mereka bukanlah hubungan biasa.
    Yui ingin bersama orang yang disukainya jelas masuk akal tapi hati orang yang disukainya sulit digapai (bisa saja sudah sama orang lain atau hatinya tertutup)
    Hal Genuine nya mengacu pada hubungan tulus tanpa ada kesengajaan atau paksaan.

    BalasHapus
  16. Yeah saya yakin diatas adalah monolog Yui, plot cerita yg dilalui Yui mirip di White Album 2. Dimana salah satu heroine berkata sama dengan monolog Yui, "seharusnya aku tak masuk ke ruangan mereka berdua".


    Saya sebenarnya ada analisis terkait monolog Interlude ini, tapi nanti saja. Masih ada hal yang harus dilakukan dari pada analisis monolog ini, atau apalah itu.

    BalasHapus
  17. Yeah saya yakin diatas adalah monolog Yui, plot cerita yg dilalui Yui mirip di White Album 2. Dimana salah satu heroine berkata sama dengan monolog Yui, "seharusnya aku tak masuk ke ruangan mereka berdua".


    Saya sebenarnya ada analisis terkait monolog Interlude ini, tapi nanti saja. Masih ada hal yang harus dilakukan dari pada analisis monolog ini, atau apalah itu.

    BalasHapus
  18. Semangat terus min!!!

    BalasHapus
  19. menurut analisis saya min, ini monolog Yui, masalah mengintip atau sebagainya itu terjadi pada ketika haciman kakinya terluka dan di obati oleh Yukinon, dan foto yang di lihat Yui waktu di destylend ketika mereka terpisah, kemduain ketakutan Yui menanyakan hal itu secara formal membuat hubungan pertemanan mereka akan berakhir jadi intinya ini masih belum ada kesimpulan.

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Ini sudah pasti monolog dari yui, mengingat dari chapter 2 dia ingin membantu Yukino packing.
    Yui pasinya penasaran dengan hubungan 8man dan Yukino dan akhirnya menginip barang-barang Yukino dan melihat foto yang didapat di disney land, foto otomatis mesin aktraksi saat rombongan teman-teman mereka mendahului 8man dan Yukino.
    Di foto itu terlihat jelas mereka ber2 terlihat lebih bahagia saat mereka hanya ber2.
    Yui dilema karena tidak dapat menanyakan langsung ke Yukino, karena Yukino akan merasa curiga dengan perasaan Yui ke 8man ditambah dengan perilaku Yui yang lebih agresif dan aneh.
    Disisi lain Yui juga sudah tau perasaan 8man ke Dia dan Yukino. 8man terlihat tidak tertarik terhadap Yui, bisa terlihat jelas saat festival kembang api dan momen-momen lainnya.
    -
    Perihal dengan Yui yang merasa tidak memiliki "tempat" atau kehadiran Yui di klub relawan. Seakan-akan Yui tidak diterima, atau dianggap mengganggu. Karena saat mereka ber3, keadaan sangat cangggung dibandingkan dengan obrolan 8man dan Yukinon saat mereka ber2 saja.
    Jadi hal yang dilakukan Yui 'mungkin' berpura pura berteman dengan Yukinon sehingga dia masih punya "tempat" dan tetap berinteraksi dengan 8man. Bahkan alasan dia bergabung ke klub relawan hanya untuk mendekati 8man, dan dia dengan cepat sadar bahwa 8man dan Yukino menyukai satu sama lain. Jadi satu satunya jalan agar dia tetap bertahan yaitu tidak melakukan atau butuh hal "genuine" a.k.a ๅ˜˜ (ใ†ใ).

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Ane minta gambarnya gan ๐Ÿ˜…
    Pengen berspekulasi juga tapi gak jauh jauh sih sama yang di atas
    Cuman yang ane tau itu foto pernah di ceritain di character song nya yukino hehe

    BalasHapus
  24. Analisis saya tentang interlude (2) ini yaitu pertama-tama kita cari tahu milik siapakah monolog ini?.
    Jadi, milik siapakah ini? Kita bisa menentukannya milik siapa ini dengan melihat kapan monolog ini terjadi. Bisa dilihat di beberapa kalimat dimonolog ini terjadi di saat hachiman dan haruno sudah tidak ada lagi di ruangan yukino volume 12 chapter 2. Kenapa begitu? Karena beberapa kata dalam monolog ini sedang melakukan packing atau mengkemas jadi tepat sekali bahwa kapan monolog ini terjadi. Berarti dua dugaan milik siapa monolog ini yaitu milik yukino atau yui karena mereka berdua masih ada di ruangan yukino dan sedang packing. Jadi kita analisis dulu monolog ini dengan yukino apakah itu cocok atau bukan. Ada sebuah kalimat berbunyi ‘dia pergi setelah memberitahuku kalau dia keluar untuk menyiapkan beberapa kardus kosong dan tempat sampah. Kini aku ditinggal sendirian di ruangannya sambil menunggu kedatangannya kembali’. Diliat dari kalimat tersebut tidak mungkin ini milik yukino. Yukino sendiri adalah orang yang dingin dia pasti tidak pernah berpikiran seperti itu. Ada hal lain lagi yang memperkuat bahwa itu bukan milik yukino yaitu ‘ruangan nya’. Nya? seperti dia awal ini terjadi di ruangan yukino jadi buat apa yukino membuat monolog bahwa dia menunggu diruangan yukino sendiri. Lalu ada ‘dia keluar dia keluar untuk menyiapkan beberapa kardus kosong dan tempat sampah’ tidak mungkin lagi jika yukino melihat dia sedang mengambil benda-benda tersebut dirumah yukino sendiri masa orang lain yang mengambilkan benda tersebut dirumahnya sedangkan yang punya rumah hanya diam menunggu. Berarti ini milik yui? Ya kenapa begitu karena sudah jelah bahwa yang ada diruangan tersebut hanya ada dua orang dan diketahui bahwa yukino pergi mengambil benda-benda itu jadi, monolog ini tak lain milik yui.
    Yang kedua, menganalisis monolog yui ini apakah ada makna kata-kata yang tersembunyi dibalik monolog ini?.
    Jadi kita menganalisis tiap kata-kata yang ada di monolog yui ini. Kini aku ditinggal sendirian di ruangannya sambil menunggu kedatangannya kembali kalau kita jeli kata-kata ini mempunyai arti tersendiri yang merupakan bahwa yui selalu merasa begitu, selalu merasa dia selalu ditinggal dan hanya bisa menunggu. Lalu ada ‘Tapi, di salh satu sudut ruangan . ada sebuah tempat kecil berlokasi diujung tempat tidur dan kesannya ramai sekali.’ Jika kita liat dari monolog hachiman ketika datang keapartemen yukino kedua kalinya vol.12 chapter 2 Tapi, mungkin yuigahama sudah datang kesini berkali-kali, baik sebelum dan sesudah Festival Budaya. Dari kata barusan berarti yui sering datang tapi tidak pernah ke kamarnya yukino jadi ini pertamakalinya yui masuk ke kamarnya yukino. Kata ramai sekali sepertinya kalau kita teliti masuknya ramai dikata-kata tersubut yaitu koleksi pan-san dan hal-hal yang berkaitan dengan kucing milik yukino begitu banyak(lol). Cepat lah memelihara kucing dasar maniak kucing.Dari sini yui mengetahui di sudut ruangan ini mengetahui merupakan tempat-tempat yang berharga bagi yukino. Lalu, aku melihat sebuah kantong kertas yang bersembunyi ditumpukan benda-benda tersebut. Kertas vinylnya berwarna hitam dan tampilannya itu membuat merasa benda ini tidak seharunya berada di kumpulan benda-benda tang menggemaskan ini. Sudah jelas tidak mungkin tempat berharga yukino ada benda seperti ini kecuali itu sesuatu yang spesial.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lanjutan

      Seperti, ada semacam foto kenang-kenangan disana. Disini tidak dijelasin disana itu tepatnya dimana jadi kita harus teliti menganalisis tersebut. Aku memperolehnya ketika mengunjungi taman bermain bersama keluargaku. Kata-kata ini kita mendapat satu clue yaitu taman bermain bersama keluarga. Berarti taman itu taman yang terkenal satu-satunya tempat yang pas pergi bersama keluarga yaitu disneyland. Jadi, disana itu adalah disneyland saat mereka pergi kesana bersama grup hayama. Terus foto seperti apa yang diliat yui. Foto tersbut terdapat dua orang yang sangat familiar dengan yui. Dari monolog yui, yui seperti kaget melihat foto dua orang itu. Kenapa begitu karena mereka pergi selalu bersama jadi kapan foto itu diambil. Foto itu diambil disaat yui berpisah bersama dua orang tersebut. Siapakah orang itu? Dilihat milik siapa foto itu pasti itu ada yukino terus siapa satunya? Yui? Dua orang yang sangat familiar. Jadi buat apa yui bilang dua orang kalau dia ada disana. Berarti itu bukan lah yui jadi siapa itu? Foto itu diambil disaat yui berpisah dengan yukino, saat di disneyland yukino terpisah dengan yui dan yukino saat itu bersama hachiman. Berarti hachiman yang ada di foto tersebut. Jadi foto apakah itu? Menurut saya foto itu adalah foto disaat hachiman dan yukino menaiki atraksi perahu. Kalau tidak salah disaat meluncur kebawah ada sebuah kilatan mungkin itu sebuah kilatan foto(dianimenyajikakaliansadar). Jadi, mungkin yang dilihat yukino saat selesai menaiki atraksi itu disaat hachiman membawa minuman dan melihat yukino sedang memperhatikan sesuatu ditas nya merupakan foto mereka berdua saat menaiki atraksi itu. Jadi itu alasannya kenapa tiba-tiba yukino memasukkan kembali dengan cepat ketika hachiman datang. Meski selama ini aku selalu khawatir apakah mereka berdua sudah pernah membicarakan hal ini bersama-sama. Menurut saya maksud yui disini adalah apakah mereka berdua sudah mengungkapkan perasaan mereka berdua yang menyukai satu sama lain, karena itu lah yui khawatir bahwa mereka sudah mengungkapkan perasaan mereka ketika melihat foto ini saat yukino memegang tangan hachiman. Ini luar biasa sekali , yui bermaksud mereka berdua bisa seperti itu disaat yui tidak ada.
      Mereka manis sekali(tentusaja). Tidak hanya tentang fotoini, tapi juga sikapnya menyimpan foto tersebut dengan hati-hati dan menaruhnya di tempat yang aman, dan itu termasuk dengan sikapnya yang berusaha untuk menyembunyikannya. Jadi , seperti kita ketahui yukino selalu menyembunyikan bahwa dia menyukai sesuatu yang lucu supaya tidak ada yang mengetahui seperti halnya foto ini, yukino menyembunyikan sesuatu yang dia sukai dan dia menyimpannya ditempat berharganya agar tidak ada yang mengetahuinya. Yui berusaha melupakan kejadian bahwa dia melihat sesuatu yang seharusnya tidak dia lihat. Kenapa begitu karena yui selalu menginginkan apa yang dia inginkan seperti kata-katanya diakhir volume 11. Tapi kalau dipikir-pikir lagi, dia mungkin sekarang juga sedang melakukan hal yang sama. Hal yang sama itu yaitu bahwa yukino juga menginingkan apa yang dia inginkan. Tidak menghiasinya dengan sesuatu, hanya menaruhnya dengan hati-hati ditempat dimana dia mengumpulkan seluruh harta karunya. Karena itu merupakan hal yang berharga atau harta karun bagi yukino yang hanya yukino saja yang melihatnya dan berusaha menyembunyikannya dari orang lain. Di dalam monolog yui, yui berusaha untuk menanyakan perasaan yukino tapi tidak bisa karena satu-satunya yang menghubungkan yui dan hachiman adalah yukino jadi yui tidak menanyakannya karena bisa menyebabkan putusnya hubungan pertemana dengan yukino. Seperti grupnya hayama, miura berteman dengan tobe untuk mendekati hayama dana tobe berteman miura untuk mendekati ebina(berarti chunii mendekati hachiman untuk mendekati totsuka).

      Hapus
    2. lanjutan

      Jujur saja, sejak dulu aku sudah tahu soal ini. Sejak dulu itu maksudnya sejak pertama kali yui masuk ke klub relawan dia melihat hachiman dan yukino bisa berbicara satu sama lain dengan senangnya. Setiap kali aku berdiri di depan pintu itu, aku merasa kalau aku harusnua tidak mengganggu mereka berdua, yang kulakukan harusnya mengintip mereka, menguping mereka. “Setiap kali aku berdiri di depan pintu”? Apa maskud yui berkata seperti itu di monolog nya. Dan pintu mana yang dimasuk? Apakah pintu kelas atau klub atau pintu saat hachiman berdua dengan yukino di uks? Kita analisis satu per satu pertama kita liat dulu yui mengatakan tidak mengganggu mereka berdua berarti ruangan tersebut ada hachiman dan yukino. Jadi, ruangan kelas tidak mungkin karena kelas mereka berbeda. Terus ada kata setiap kali ini adalah clue yang paling penting soalnya ini terjadi tidak hanya satu kali berarti ruangan tersebut bukan diuks karena baru sekali yui berada disitu jadi yang tersisa ruangan klub. Ini membuktikan bahwa setiap kali yui pergi ke klub yui selalu berhenti didepan klub dan mengintip serta menguping pembicaran hachiman dan yukino karena dia saat yui ada hachiman dan yukino tidak pernah begitu didepan yui, karena itulah yui merasa iri. Terakhir, Hal genuine atau apalahitu. Aku tidak menginginkannya. Ini sudah jelas ini monolog yui karena satu-satu orang yang tidak mau genuine adalah yui. Di akhir volume 11 yui mengatakan bahwa ia ingin apa yang dia inginkan ini sudah bertentangan dengan apa yang dimaksud genuine. Yui hanya ingin hachiman dengannya dan yukino tetap ada, tapi hachiman sudah memilih siapa orang itu karena itu lah yui tidak menginginkan genuine.
      Mungkin itu saja analisis dari saya kalau ada salah kata biarkan lah nama juga manusia.
      Blablabalablabalablabla IYAINAJ-IYANINJA
      Dengan ini, kuletakkan keyboardku kembali
      Sebuah hari dibulan febuari, di sebuah tempat di Kota Balikpapan, sambil memikirkan pahitnya kehidupan ku minum pahitnya kopi yang kubuat.

      Hapus
  25. min mau tanya nih,kenapa sih si haruno itu suka ikut campur urusan yukino-hachiman?selama ane baca ln oregairu,tiap kali ada haruno pasti ujung2nya ada masalah.tolong ya min analisisnya ane penasaran banget sama si haruno.thanks ya min semangat terus translatenya.ditunggu updatenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. karena suka ikut campur usuran orang. itu aja penyebab nya

      Hapus
  26. Ini hanya analisis saya yang saya tulis bedasarkan saya membaca LN tejemahan di blog ini. Entah fakta atau pandangan subjektif dari saya, admin selaku pemilik blog ini bisa merevisi bahkan mengubah komen ini jika ada yang salah baik dari sumber LN-nya maupun kata-kata saya….

    Interlude Ini, ini monolognya siapa? Hachiman, Yui, Yukino, haruno, atau lainnya??? Sebelum membahas itu kita lihat cerita sebelumnya… Cerita sebelumnya berlokasi di Disney land dan pulang ke apartement Yukino untuk merapikan barang Yukino karena keputusan Yukino ingin pulang ke rumah (LN vol 12 ch 1 – 2). Orang yang terlibat dalam kejadian ini adalah Hachiman, Yukino, Yui, dan Haruno. Lalu di antara keempat orang ini, monolog siapakah yang ada di Interlude 2 ini? Ini adalah analisis saya dari monolog Interlude 2 sendiri dan dibandingkan dengan vol 1-11 (kecuali ANOTHER, dikarenakan kita sudah tahun LN ini mengarah ke mana). Berikut analisis dari saya (Cuma sampai bagian taru barang saja, bagian menanyakan perasaan dan tidak membutuhkan hal genuine tidak sempat karena saya sibuk mungkin besok part 2nya kalau gak sibuk... jadi harap dimaklumkan)…

    1) “Hanya ada kami berdua di ruangan ini.” Terdapat 2 orang diruangan itu. Jika dilihat dari cerita sebelumnya (vol 12 ch 2), terdapat 4 orang di apartemen Yukino: Hachiman, Yukino, Yui, dan Haruno. Haruno pergi ke mini market dan Hachiman pamit pulang karena tidak ingin packing barang, terlebih barang wanita. Hal ini (Hachiman) diperkuat di vol 12 ch 2 melalui monolognya: “Lalu Kalau aku tinggal lebih lama disini, maka aku harusnya membantu Yukinoshita untuk packing. Kalau itu terjadi, maka aku akan menyentuh benda-benda yang harusnya hanya boleh disentuh oleh perempuan saja, dan kalau meniru gaya protagonis manga dalam karya-karya Mitsuru Adachi, mungkin aku akan menangis disertai sfx "hiks". Malah mungkin akan terjadi semalaman jika aku kurang beruntung.” – Hachiman. Jadi yang tersisa adalah Yui dan Yukino.

    2)“Aku sebenarnya suka mengemas dan merapikan barang-barang. Meski, sebenarnya aku tidak begitu bagus dalam hal tersebut. Tapi, aku menyukainya.” Sebenarnya di volume sebelumnya sudah di jelaskan kalau Yui lah yang diserah tugaskan packing barang buktinya adalah monolog Hachiman dan pekataan yui di vol 12 ch 2: “Senyumnya yang lembut ketika mengatakan terima kasih membuatku sedikit merasa aneh, jadi kuputuskan untuk memalingkan pandanganku. Kualihkan pembicaraannya dari Yukinoshita ke Yuigahama. Melihatku yang seperti itu, Yuigahama mengepalkan tangannya di depan.“ – Hachiman. "Serahkan kepadaku! Kalau soal packing, aku jagonya!" – yui.

    BalasHapus
  27. 3) “Kini aku ditinggal sendirian di ruangannya sambil menunggu kedatangannya kembali.” Ingat lokasi tempat ini diceritakan. Ruangannya yang dimaksud adalah kamar Yukino. Lalu apa hubungannya dengan ini monolog siapa? Ingat Yukino itu wanita dan wanita punya tempat privasinya sendiri. Hanya orang tertentu yang boleh masuk ke kamar wanita seizin pemilik kamar tersebut. Hachiman tidak pernah masuk ke kamar Yukino. Bukti dari analisa saya adalah vol 12 ch 2 di mana hachiman pulang lebih dulu dan vol 6 ch 6 di mana hachiman dan yui menjenguk yukino saat sakit karena acara festival kebudayaan (hachiman dan yui hanya duduk di ruang tamu dan pulang).

    4) “- Ah, seperti dugaanku - itulah yang terpikirkan olehku.” Tampaknya kalau dilihat dari monolognya, monolog ini dikeluarkan oleh orang yang menaruh curiga karena suatu alasan dengan apa yang ia lihat dan ia dengar. Apakah ini monolog Hachiman? Hachiman sudah pulang (vol 12 ch 2). Apakah ini monolog Yukino? Yukino sedang pergi menyiapkan bebrapa kardus dan tong sampah (Lihat nomor 3) Apakah ini monolog Yui? Kalau dilihat dari cerita LN-nya sepertinya iya, buktinya adalah vol 10 ch 7 dimana Yui “seperti” melihat adegan UKS Hachiman dan Yukino, vol 11 ch 5 adegan yang sama seperti adegan UKS, vol 11 ch 6 tentang kue yui dan pertanyaan haruno, vol 11 ch 7 tentang hadiah valentine Yukino serta masalah Haruno dengan Yukino berujung padan hadirnya ibu Yukino di apatemen, dan vol 11 ch 8 di mana yui memperhatikan Yukino dan Hachiman setelah ‘mengambil gambar pinguin’.

    5) “Mereka manis sekali. Tidak hanya tentang foto ini, tapi juga sikapnya yang menyimpan foto tersebut dengan hati-hati dan menaruhnya di tempat yang aman, dan itu termasuk dengan sikapnya yang berusaha untuk menyembunyikannya.” Berbicara soal foto, sudah pasti pemilik foto tersebut adalah Yukino. Kata “mereka” ini sudah pasti Yukino dan hachiman di Disney land (vol 9 ch 7-8). Hal ini dikuatkan oleh nomor 4.

    6) Masih no 5, “… itu termasuk dengan sikapnya yang berusaha untuk menyembunyikannya.” Mengapa disembunyikan? Kenapa tidak dipajang ataupun ditaruh di tempat lain? Jawabannya ada 2. Petama adalah kehadiran Haruno di apartemen yukino yang takutnya haruno ikut campur lagi dan kedua adalah itu adalah hal yang berharga bagi pemilik foto tersebut dan cukup menjadi rahasia bagi dirinya saja. "Sesuatu yang dengan mudahnya diberikan ke seseorang pastilah sesuatu yang palsu. Sesuatu yang bisa dengan mudahnya diberikan pastilah sesuatu yang bisa dengan mudahnya diambil oleh orang lain." – hachiman (vol 9 ch 6).

    7) “Aku harusnya melupakan momen barusan. Pura-pura tidak pernah melihat itu. Meski aku tidak bisa menyangkal kalau momen dimana aku berada disini adalah sebuah fakta, setidaknya aku bisa berusaha untuk melupakannya.” Kata “menyangkal” dan “fakta” adalah bukti kuat no 4

    BalasHapus
    Balasan
    1. part 2

      8) “Mungkin, aku harusnya menanyakan itu kepadanya. Ketika sedang becanda atau menyindirnya…” Kata “Kepadanya” ini menunjuk ke siapa? Apakah Yui ke Hachiman, Yui ke Yukino, Hachiman ke yukino atau sebaliknya? Jika dibaca lebih lanjut ada sebua frasa “Ketika sedang becanda atau menyindirnya…”. Kita semua tahu kalau orang yang menjadi bahan bercandaan atau sindiran di klub relawan (terutama Hachiman, Yui, dan Yukino) adalah Hachiman dengan Filosopi suramnya dan tingkahnya selaman volume 1 sampai sekarang.

      9) “Menanyakan bagaimana perasaannya pasti merupakan tindakan yang tidak pantas. Juga, mengutarakan perasaanku kepadanya juga terasa seperti sesuatu yang tidak adil. Karena itulah, aku sangat takut untuk mengetahui perasaannya itu. Membebankan ini semua kepadanya, kurasa adalah tindakan yang paling tidak adil bagiku.” Kata “perasaan” di sini sudah pasti mengenai hubungan antara 2 orang apakah ia suka dengannya begitu pula sebaliknya. Bisa dibilang ini adalah hubungan antara Yui dengan Hachiman atau Yukino dengan Hachiman.

      10) Lanjut no 9, kata “tidak adil” ini sebenarnya apa maksudnya? Tidak adil ini merujuk ke Hachiman yang sering kali mengorbankan dirinya saat menyelesaikan masalah request klub relawan seperti contoh kejadian festival budaya SMA Sobu di mana hachiman menjadi martil bagi Sagami sampai-sampai menjadi bahan olok-olokan satu sekolah karena membuat sagami menangis (Vol 6, vol 6.25, vol 6.5, vol 6,75, dan vol 7 ch 1-2), kejadian penembakan Ebina di mana Hachimanlah yang menembak Ebina demi request terselubung Hayama, Miura dan Ebina sendiri untuk menggagalkan penembakan yang dilakukan Tobe (Vol 7 ch 7-9), menjadi juru kampanye hitam Iroha supaya menggagalkan Iroha menjadi ketua OSIS (Vol 8 ch 2) dan itupun untungnya masih sebuah rencana di otaknya hachiman, dan kejadian Penghancuran rapat antara SMA Sobu dan SMA Kaihin yang tak berujung saat memutuskan event natal yang dipimpin Ketua OSIS SMA Kaihin yang mungkin saja membuat hachiman jadi bahan omongan Murid SMA Kaihin karena tindakannya ini (vol 9 ch 9). Tindakan pengorbanan diri ini sering kali ditakutkan Yui karena ia tidak tahan melihat Hachiman menjadi orang yang dikorbankan terlebih menjadi bahan omongan dan ejekan orang sekitar (vol 7 ch 9 tentang yui menanyakan mengapa ia tidak bisa melihat perasaan orang lain dan vol 8 ch 2 tentang Rencana Hachiman yang sekali lagi mengorbankan diri untuk menggagalkan Iroha menjadi ketua OSIS). Hal ini pasti berpengaruh jika Yui mengungkapkan perasaan sebenarnya ke hachiman karena Hachiman juga menanggung apa yang ia lakukan selama ini.

      Hapus
    2. 11) “Jujur saja, sejak dulu aku sudah tahu soal ini. Ada sebuah tempat di hatinya dimana aku tidak bisa masuk. Setiap kali aku berdiri di depan pintu itu, aku merasa kalau aku harusnya tidak mengganggu mereka berdua, yang kulakukan harusnya mengintip mereka, menguping mereka. Aku sudah merasakan ini sejak lama.” Entah kenapa kata-kata ini sama seperti yang diucapkan salah satu Heroine di anime White Album 2. Orang yang mengatakan monolog ini adalah Yui, bukti terkuat pada kata “Setiap kali aku berdiri di depan pintu itu.”, “tidak mengganggu mereka berdua”, “yang kulakukan harusnya mengintip mereka, menguping mereka.”, dan “Aku sudah merasakan ini sejak lama.”. Dari pekataan itu bedasarkan waktu dan kejadian dan siapa “mereka” dalam monolog tersebut, ini merujuk ke Hachiman dan Yukino saat pertama kali masuk ke klub relawan (vol 1 ch 3).
      12) “Akupun, ingin berada di tempat itu. Itulah yang kuinginkan. Karena itulah, sebenarnya… Hal genuine atau apalah itu, aku tidak menginginkannya…” Monolog ini yang paling membuktikan kalau interlude ini adalah interlude dari yui. Buktinya? Terdapat di vol 9 ch 5, 6, dan 10. Apa keinginan Hachiman? Hachiman mempunyai keinginan yang sudah disampaikan di vol 9 ch 6, yaitu ia ingin hal yang tulus kepada 2 orang (ditambah 1 orang yang nguping di balik pintu klub). Jika seandainya hachiman tiba-tiba mengatakan monolog ini, yang ada omongan Hachiman tentang keinginan tulus di volume sebelumnya merupakan omong kosong belaka dan kembali mengkhianati apa yang ia ucapkan dan ia pecaya, terlebih ia mengatakan itu kepada orang yang kenal dengan dirinya. Apa keinginan Yukino? Sebenarnya sudah dijelaskan di vol 12 ch 1 yaitu ingin memimpin ataupun mengerjakan sesuatu sekalipun itu usaha ayahnya dengan kekuatannya sendiri tanpa bayangan kalau yukino anak kedua dari ibunya. Namun, apakah hanya itu saja? Sebenarnya masih ada yaitu di vol 9 ch 8 dimana Hachiman telah membuat janji akan “menyelamatkan” yukino dan masih menjalankan “request” dari Hachiman di vol 9 ch 10. Jika seandainya Yukino tiba-tiba mengatakan monolog ini, artinya yukino kembali menjadi jati dirinya yang dulu yang teus menjadi bayangan Haruno selaku kakaknya. Lalu apa yang diinginkan Yui? Yang saya tahu Yui menginginkan sebuah hubungan (Vol 9 ch 6). hubungan apa? vol 11 ch 7-9 sudah menjelaskan apa maksudnya…

      itu saja analisis dari saya. maklum baru kali ini membuat analisis dan saya tahu rasanyan menjadi admin aoi karena selalu mencari bukti untuk menguatkan suatu analisis karena manusia hanya INGIN mendengar apa yang INGIN ia dengar begitu pula dengan melihat apa yang ia lihat begitu pula dengan saya, selaku penulis komen ini. Jika ada kesalahan pada analisis ini harap diralat min... itu saja

      makasih....

      Hapus
  28. Persetan dengan analisis, yang kuinginkan hanyalah ilustrasi yukino yang kawaii itu :v
    Bisa kirim gambar HD nya ke email saya yg min? :v
    Fahmi.mellow@gmail.com saankyuu & semangat min buat chapter selanjutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dia cewe gua, jangan loe apa-apain -_-

      Hapus
    2. belum tentu dia memiliki perasaan yang sama ama loe B)

      Hapus
    3. Cewe lu? Wkwkwk, dia itu cewe kita bersama :v

      Hapus
    4. ya kali ini light novel doang jangan dibawa sampe gitulah wkwkwk

      Hapus
  29. Jadi, next chapter rilis kapan min ? Seminggu sekali kah apa sebulan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung fatfluffyfish selesai terjemahin bahasa inggrisnya

      Hapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. Min boleh tanya, Vol 12 chapter nya udah dapet (lengkap) semua? ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung kamu mau translate yang mana. Kalau kualitasnya kurang bagus, saya ada. Kalau mau yang bagus, mesti bersabar ^^

      Hapus
    2. Berarti udah dapet semua ya? Nggak lah, ane santai aja. Barangkali dapet filenya cuma chapter. Soalnya saya punya yang sampai chapter 6.

      Hapus
  32. analisis milik kelvin kazama hanya mencoba untuk terlihat keren karena memilik pendapat yang anti mainstream. hachiman jelas2 pulang dan tidak berniat membantu packing, sedangkan haruno sedang pergi ke mininarket, monolog mana yang membuat ini terkesan milik yukino dari awal saja sudah terlihat jika ini monolog ini dibawakan dengan gaya bicara yang mirip yui. tidak terbantahkan lagi ini milik yui saya tidak mengerti dengan pendapat kelvin kazama benar2 tidak masuk akal.

    BalasHapus
  33. Min maaf melenceng dari oregairu. ane mau tanya mimin kan udah terbiasa dengan bahasa english nih, mimin punya rekomendasi nggak novel english yang ceritanya menarik dan bahasanya mudah dipahami ? Kalo ada tolong sebutin min

    BalasHapus
  34. i will waiting for your update,thanks for all min!!!

    BalasHapus
  35. Min., sorry out dikit cuma mau nanya link download vol 6.5 - 12 rusak kah?? Saya mau baca ulang dari awal karena saya dulu mulai baca dari vol 7 versi english dari kyakka.,saya penasaran si 8man ini kerja paruh waktu pada vol berapa??

    BalasHapus
  36. Min ini LN ,. Lanjutan s2 ya ?

    BalasHapus
  37. Akhirnya gw ngerti min kenapa Yukino bersikeras menolak tawaran Yui soal membantu Yukino buat packing. Pasti Yukino takut kalau Yui melihat fotonya bersama dengan Hachiman, dan selanjutnya pasti taulah

    Yah setidaknya pendapat saya kayak gitu deh min :D ;D

    BalasHapus
  38. Kampret w makin penasaran :'v anime nya bakal ada g yak , w pengen liat adegannya

    BalasHapus
  39. Gan agan.... Klw kisah yg di anime ova s2 cerita tntng kencan dadakan iroha sama haciman di chapter n volume brp di ln?

    BalasHapus
  40. Masi SETIA menanti updatenya min,
    semangat min !!

    BalasHapus
  41. Min mau tanya.kalau membuat analisa chapternya.harus baca berapa kali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat analisa chapter, kalau untuk translator, setahu saya translator kan tiap kata atau paragraf masih dipikir betul-betul, jadi ketika dia translate sebuah chapter, tiba-tiba ada flashback ke terjemahan di masa lalu. Seperti "keknya dulu ada deh", atau "bukannya dulu dia begini?", dll. Namun, banyak translator memilih untuk diam agar pembaca yang kontra tidak membully-nya.

      Untuk pembaca biasa, mungkin sekitar 2-3 kali baca lagi...Baru "ngeh".

      Hapus
  42. Min punya informasi terbaru tentang LN oregairu gak

    BalasHapus
  43. Entah kenapa, komentnya lebih panjang luar biasa.

    Untuk Yui, jika kamu bermasalah dalam suatu hubungan, maka jadilah dewa dan kemudian hancurkan hubungan itu. Buatlah tempat untuk mereka seperti yang kamu inginkan.

    Mungkin itu yang sedang Yui coba lakukan.

    BalasHapus
  44. min, kapan lanjut chapter3 nya min ?
    udah penasaran kali sama kelanjutannya.
    mohon di bales min biar berkurang rasa penasaran ini, makasih

    BalasHapus
  45. min, gua mau nanya nih... di novel oregairu volume pertama, hachiman mengatakan kalau dia baru pertama x berbicara dengan yukino, tapi mengapa mereka bisa kenal di disney dsna dan berfoto bersama ? apakah mereka kebetulan ketemu ? atau mereka memang sudah kenal ? kalau memang sudah saling kenal mengapa mereka dari volume pertama seperti itu ? dan dari mana yuigahama bisa tau sebelum nya kalau hacihaman sama yukino pernah ke disney ? yuigahama pernah membisikkan ini ke hachiman "mengginggatkan masa lalu ya" ? mohon balasan nya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Novel volume pertama, Hachiman mengatakan dalam monolognya kalau ini pertamakalinya dia berbicara dengan Yukino. Disney yang anda maksud ini dimana, atau kalau ada vol/ chapternya akan lebih bagus lagi untuk menjawabnya.

      Yuigahama membisikkan "mengingatkan ke masa lalu" itu merujuk festival kembang api di Pelabuhan Chiba, pada akhir musim panas, vol 5 chapter 6.

      Hapus
  46. Analisis menurut saya :
    Aku sudah merasakan ini sejak lama.(Yui tahu hachiman tidak menyukainya, melainkan menyukai yukino. Yui cemburu)

    Akupun, ingin berada di tempat itu.[Yui ingin 'seperti' yukino, yaitu menjadi orang yang disukai/dicintai hachiman(Yui ingin hachiman menyukainya/membalas perasaannya)]

    Itulah yang kuinginkan.(Yui ingin hachiman tidak menyukai yukino, melainkan dirinya)

    Karena itulah, sebenarnya

    Hal genuine atau apalah itu, aku tidak menginginkannya. [Yui tidak peduli tentang hubungan yang benar-benar tulus(saling memahami satu sama lain), atau apapun yang membahas tentang jati diri(menjadi diri sendiri), yang Yui inginkan hanya dia bisa bersama hachiman.]

    Sekian dari saya. Ini berasal dari opini pribadi tetapi tetap dipikir terlebih dahulu sebelum dikemukakan. Terima kasih

    BalasHapus
  47. Min, I got an information from IG that the next oregairu/the last volume of oregairu (13-14) will be released at October 2018. Please translate it if you have a time and the light novel source for translating it.. thank you ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
  48. ini dah pasti monolog nya yuigahama

    dan juga apa cuma gua yang punya pemikiran bahwa dari awal mereka memang dah tau perasaan masing masing cuma masih nunggu salah satu diantara mereka ngungkapin duluam ?

    BalasHapus
  49. monolog ini mirip banget dengan situasi di oregairu zoku eps 11 pas yuigahama ngintip hikigaya ama yukinoshita di uks

    ada sebuah tempat dimana aku tak bisa masuk.setiap kali aku berdiri di depan pintu itu, aku merasa kalau aku seharusnya tidak mengganggu mereka berdua dan hanya mengintip atau menguping mereka

    BalasHapus
  50. Foto hachiman ama Yukino..
    saat naik wahana semacam jetcoaster air..
    yukino menyembunyikan sehelai kertas saat hachiman memberikan minuman..
    gitu ternyata๐Ÿ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sehelai kertas itu bukannya katong untuk muntah ya? Kalau gak salah

      Hapus
  51. The best "Triangle Love Story" menurut gw. Gw penasaran langkah apa yg bakal diambil mereka bertiga.

    Apakah Yui bakal rela kalo Hachiman jadian ama Yukino? Jikalau iya, apakah Yui masih bisa berteman baik dengan Yukino? Apakah Yui masih punya alasan untuk datang ke klub relawan?

    Apakah Hachiman akan memilih Yukino dan mengabaikan perasaan Yui? Ataukah Hachiman menolak Yui terlebih dahulu, baru jadian dengan Yukino? Jika iya, bukankah itu akan merusak pertemanan antara Yui dan Yukino? Bukankah Hachiman paling tidak ingin ini terjadi?

    Memang cocok dengan judulnya, "My Young Love Comedy is Wrong as I Expected"

    Btw, gw punya saran buat Hachiman, dripada pilih Yui atau Yukino, mending pilih Iroha aja :v
    Dengan ini kan gk bakal ada yg tersakiti, baik itu Yui ataupun Yukino, dan Yui & Yukino masih tetap berteman, klub relawan masih utuh. Tapi kalo Hachiman pilih rute Iroha, berarti Hachiman kembali ke Volume 1, dimana dia tidak memecahkan masalah,melainkan melarikan diri dari masalah, ambil jalan aman.

    Gw penasaran rute mana yg diambil Wataru Watari, walau jelas pilih Yukino sih

    BalasHapus
  52. ditungguuu minnn chapteerrr 3 nnyaaa :'v :'v :'v

    BalasHapus
  53. Pertanyaan saya dari dulu:


    Jadi yukino sama hachiman itu bisa disebut 'dijodohkan' sama hiratsuka sensei

    Tapi kemunculan yuigahama diluar perkiraan sensei???

    BalasHapus
  54. hai admin kun saya punya banyak pertanyaan di kepala saya sekarang dan analisis saya sendiri tolong perbaiki saya jika saya salah 1. apa keinginan yuigahama?,apa sama seperti keinginan yukino hachiman menjadi salah satu dari mereka pacar dan membuat mereka masih bersama?

    2. apa pendapatmu tentang hubungan yukino hachiman? Apakah ada kemungkinan pada akhir jilid 14 mereka menjadi pasangan?

    BalasHapus
  55. Chapter 3 keluarnya masih lama gak min?

    Semangat Translate min๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  56. Chapter 3 keluarnya masih lama gak min?

    Semangat Translate min๐Ÿ˜Š

    BalasHapus