Jumat, 15 April 2016

[ REVIEW ] Anime : Gate;Jieitai Kanochi Nite, Kaku Tatakaeri


x  x  x


  Pertama, anda tidak perlu berusaha keras untuk mengucapkan judul anime ini, sebut saja Gate. Tulisan selanjutnya bisa anda artikan 'begitulah tentara Jepang bertempur'. Namun demi keamanan bersama, kita sebut saja Gate. Anime ini memiliki genre action, fantasy, adventure, dan militer. Juga, rating penonton anime ini disarankan untuk usia dewasa, akan banyak sekali adegan berdarah, pembunuhan, mild nudity, dll. Anime ini sebenarnya tayang dengan 2 cour terpisah, tapi review ini menggabungkan dua anime itu menjadi satu anime utuh dengan total 24 episode.


x  x  x





WHAT SHOULD I KNOW?

LN Gate Volume 1. Itami dengan senapan FN, lumayan tamvan...

  Pertanyaan pertama pasti tentang cerita Gate ini, original atau adaptasi? Anime Gate ini merupakan adaptasi cerita novel. Novel ini ditulis oleh Takumi Yanai, di sebuah webnovel Arcadia medio 2006-2009. Lalu diterbitkan menjadi sebuah light novel di tahun 2010 oleh penerbit Alphapolis, dan ceritanya ditulis ulang dengan mengurangi bobot politik dan ending yang berbeda dengan versi webnovel. Juga, ada manga yang terbit sejak tahun 2011, merupakan adaptasi light novel dari Gate. Karena kita hanya membahas sisi anime, maka kita tidak akan menyentuh manga dan light novelnya.

  Setelah sumber terjawab, pertanyaan populer selanjutnya adalah studio mana yang membuat anime ini. Gate dibuat oleh studio A-1, studio yang sama menggarap SAO, Fairy Tail, Anohana, Black Butler, A/Z, Nanatsu no Taizai, dll. Saya kira, nama studio ini merupakan jaminan untuk animasi yang tidak mengecewakan.

  Dan tentunya, pertanyaan terakhir adalah siapa yang menjadi pengisi suaranya? MC pria di anime ini adalah Itami Youji, diisi oleh Suwabe Junichi. Aktor yang sama mengisi suara dari Archer (Fate/Stay), Kuga Kyousuke (Prince of Stride), Komuro Takashi (Highschool of The Dead), Greed (Fullmetal Alchemist), Grimjow Juggerjack (Bleach), dll.

  Putri Pina Co Lada diisi oleh Haruka Tomatsu. Gadis ini juga mengisi suara Anjou Naruko (Anohana), Takatsuki Ichika (AnoNatsu), Sakata Gintoki (Gintama), Lala Deviluke (To Love-Ru), Orimoto Kaori (Oregairu), Asuna Yuuki (SAO), dll. Setidaknya, untuk nama yang terakhir ini, saya yakin pembaca tahu betul siapa gadis tersebut.

  Nao Touyama juga mengisi suara Lelena Lelei La. Ini adalah pengisi suara yang sangat familiar dalam beberapa tahun ini. Tokoh-tokoh yang pernah diisi suaranya antara lain Chitoge Kirisaki (Nisekoi), Yuigahama Yui (Oregairu), Enfield Claudia (Gakusen Toshi Asterisk), dll.

  Kyogoku Takahiko menjadi sutradara anime ini, sutradara yang sama di anime Love Live season 2. Bagian musik anime ini juga dipercayakan ke Yoshiaki Fujisawa, orang yang sama menggarap musik di Love Live dan Dimension W. Jujur saja, saya tidak begitu yakin di bagian ini. Well, the show must go on!







REVIEW


Story (7/10)
  Cerita awal anime ini sangat menarik, ada dunia paralel yang berbeda, dan gerbangnya terbuka di Ginza. Cerita-cerita petualangan Itami Cs di dunia baru itu memang menarik, selebihnya...errr, agak membosankan. Drama-drama politik sebenarnya tidak begitu mengena dengan situasi riil di dunia sekarang. Dugaan saya, mungkin drama politik web novel yang asli sebenarnya lebih menarik, edisi LN yang ditulis ulang ini membuat drama politiknya terlihat membosankan. Banyak potensi cerita politik yang tidak digarap, seperti Tiongkok dan Amerika yang berusaha masuk ke Gate.

Animasi (9/10)

  Animasi anime ini bisa dibilang luar biasa. Kita benar-benar merasakan kalau dunia kekaisaran ini benar-benar dunia yang berbeda dengan dunia kita saat ini. Bagaimana mereka menggambarkan warganya dengan ras yang berbeda-beda, sungguh unik. Juga, peralatan-peralatan militer seperti helikopter Cobra, Senapan FN, Minigun, bahkan NigthVision juga dibuat detail. Untuk sektor ini, tampaknya saya memang harus memberikan penilaian lebih.

Karakter (7/10)
  Salah satu kelemahan anime ini ada di karakternya. Bagaimana animenya membuat pemirsanya merasakan kalau karakter ini begini, karakter ini begitu. Cara menggambarkan karakter Tuka, Lelei, dan Rory dirasa kurang kuat. Tapi, untuk karakter Itami dan Pina saya rasa sudah oke. Antagonis anime ini, zorzal, entah mengapa saya melihat sifat jahat karakter ini seperti dipaksakan.

Musik (9/10)
  Saya sangat menikmati musik di anime ini. Lagu-lagu yang dinyanyikan oleh pengisi suara, dan musik latar bertema militer. Juga suara untuk hal-hal kecil, misalnya pergerakan baju zirah, menarik pedang, ketukan suara langkah kaki, dll terdengar sangat detail.

Keseluruhan (8/10)
  Jujur saja, saya tidak menyarankan pemirsa yang sedang mencari anime yang 'bagus' untuk menonton ini. Poin di cerita dan karakter membuat anime ini bisa dikatakan mengecewakan jika anda mencari anime serius. Tapi jika anda menontonnya untuk sekedar mengisi waktu luang, tidak mau memikirkan politik-politik terlalu dalam, menganggap situasi harem hanya sekedar for fun, maka ini anime untuk anda. Juga, bagi para penggemar anime militer, ini juga worth to watch.







CERITA UTAMA (SPOILER)


  Sebuah gerbang misterius terbuka di Bukit Arnus dan membuat Kaisar Augus memutuskan untuk menyerbu dunia di sisi lain gerbang tersebut, yaitu Jepang. Gerbang terbuka di daerah Ginza, dimana terjadi penyerbuan besar-besaran oleh kekaisaran. Itami, seorang Letnan JSDF (Tentara) yang sedang berlibur, membantu menyelamatkan warga dan pertahanan kota. Karena memiliki sistem pertahanan yang terkoordinir dan persenjataan yang lebih baik, Jepang bisa mengatasi serbuan kekaisaran. Selain itu, pemerintah Jepang memutuskan untuk membuat area khusus di sekitar gerbang dan membatasi siapa saja yang keluar-masuk gerbang.


  Itami, karena kepahlawanannya di invasi kekaisaran, dinaikkan menjadi kapten dan bertugas untuk mengamankan sisi lain gerbang, yaitu Bukit Arnus. Disinilah, dimulainya pendudukan Bukit Arnus oleh pemerintah Jepang. Dengan keunggulan persenjataan, Jepang dengan mudah menguasai Arnus dan seluruh upaya kekaisaran untuk merebut Arnus gagal. Akhirnya, kaisar Augus membuka opsi diplomasi untuk mengatasi pendudukan Jepang.

  Sementara itu, Rusia, Tiongkok, dan Amerika melihat gerbang dunia lain ini sebagai potensi. Amerika berniat untuk eksplorasi SDA di dunia tersebut, sama halnya dengan Rusia. Tiongkok yang mengalami ledakan penduduk, berniat memindahkan penduduknya ke dunia tersebut. Sayangnya, konflik negara adi-kuasa ini tidak dieksplorasi lebih dalam.


  Dalam petualangannya, Itami berteman dengan Lelei, Tuka, Pina, Yao, dan Rory. Tidak lupa, Itami Cs juga berhasil mengalahkan Red Dragon yang menjadi momok menakutkan negeri itu. Dukungan warga ke pihak Jepang semakin meluas, dan ini membuat putra sulung kaisar Augus, Zorzal, tidak senang. Dengan dihasut Tyuule, selirnya, Zorzal meracuni ayahnya sendiri dan naik tahta. Kaisar Augus terbaring koma karena racun, dan Zorzal memulai era baru kerajaan. Tentunya, kebijakan pertamanya adalah menolak untuk membuka diplomasi dengan Jepang dan melakukan pembersihan birokrasi yang pro-Jepang.


  Pembersihan birokrasi ini termasuk kepada adiknya sendiri, Pina, yang lebih suka memilih untuk berdamai dengan Jepang. Tapi Jepang memutuskan untuk menggelar operasi senyap untuk membebaskan semua politisi yang pro-Jepang, termasuk Pina, dan membawa Kaisar Augus yang terbaring sakit. Aksi ini fatal bagi Zorzal karena dia naik tahta menjadi kaisar tanpa persetujuan ayahnya, setelah ayahnya terbangun dari koma dan mengetahui situasi yang terjadi saat itu, kaisar Augus memutuskan untuk mengangkat Pina sebagai kaisar yang sah dan menggugurkan tahta Zorzal.



  Zorzal, Tyuule, dan pengikutnya diasingkan. Terlihat banyak warga dan militer Jepang yang memilih tinggal di kekaisaran dan berkeluarga daripada kembali ke Jepang. Itami? Seperti biasa, sekali menjadi otaku, dia akan terus menjadi otaku. Itami memilih untuk menghabiskan waktu luangnya di Jepang dan menghadiri komiket. Tentunya, disertai rombongan harem-nya yang terdiri dari Tuka, Rory, dan Lelei.

Banzai princess Pina!

Saya merilis gambar ini di hari Jumat dekat dengan malam minggu bukan untuk menyinggung yang masih single...

Pria yang seperti ini saja punya pacar, masa pembaca kalah =)

Om Yanagida ini juga sedang bergerilya rupanya...

Di Jepang, dilarang berpacaran dengan warga yang di bawah umur...

x  x  x

3 komentar:

  1. Nama kaisar nya zolzal bukan zorzal

    BalasHapus
  2. bener bener mau tanya, arti tulisan yang dibawah tulisan GATE itu apa yah... please

    BalasHapus