Jumat, 15 April 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : Pengurus OSIS SMA Sobu


x x x



  For fun adalah artikel iseng yang saya buat dalam waktu singkat, hanya pikiran-pikiran kecil yang terlintas tentang Oregairu sendiri. Tapi, saya akan selalu menyertakan sumber volume dan chapternya, tentunya agar pemirsa juga tertarik membaca novelnya. Saya kira pembaca juga sudah tahu LN apa yang akan saya translate dari tampilan blog ini, setelah volume 1 Biblia selesai.

  Kali ini kita akan membahas pengurus OSIS SMA Sobu. Dalam LN, ada dua era kepengurusan OSIS. Pertama, era Shiromeguri Meguri. Kedua, era Isshiki Iroha. Kedua tipe kepengurusan ini ternyata berbeda 180 derajat. Well, mari kita coba bahas satu-persatu.

x  x  x






ERA SHIROMEGURI MEGURI


  Kesan mendetail kepengurusan era Meguri ada di volume 6, 6.5, dan 8. Tidak spesifik ke beberapa chapter, bisa dikatakan mayoritas volume menjelaskan bagaimana kepengurusan OSIS era Meguri.

  1. Meguri adalah gadis yang terbiasa tampil di publik, tampilan ceria, dan mudah akrab dengan siapa saja. Bahkan semua ciri-ciri Nice Girl ada dalam diri Meguri, entah mengapa Hachiman tidak mau melabeli Meguri sebagai Nice Girl. Bahkan, Hachiman sangat nyaman berada di dekat Meguri.
  2. Dalam volume 6, Meguri menjelaskan kalau dia adalah anak IPS. Dia juga sudah diterima di jalur rekomendasi SMA-Universitas. Dengan kata lain, Meguri ini tergolong gadis yang memiliki nilai akademis di atas rata-rata.
  3. Jika Hachiman melabeli Totsuka malaikat, maka Meguri Hachiman labeli sebagai gadis dengan kekuatan superpower.
  4. Meguri memimpin OSIS SMA Sobu dengan kharismanya. Dan seluruh pengurus OSIS seperti mengabdi kepadanya. Saking disiplin dan seperti prajurit, Hachiman dalam volume 6 chapter 9 menjuluki para pengurus OSIS era Meguri seperti Ninja, sedang Meguri sendiri seperti majikan.
  5. Ketika Meguri hendak pensiun sebagai ketua OSIS, karena sudah kelas 3, tidak ada satupun pengurus OSIS kelas 2 yang mencalonkan diri sebagai kandidat pengganti Meguri. Ini artinya, para pengurus hanya mau mengabdi ke Meguri.
  6. Tipikal cara kerja OSIS era Meguri adalah taktis. Dalam festival budaya, pengurus OSIS hanya ditempatkan asisten pimpinan, dan jumlahnya bisa dihitung jari. Belajar dari hampir gagalnya festival budaya karena banyak panitia yang bolos, Meguri mengisi mayoritas kepanitiaan festival olahraga dengan pengurus OSIS, sisanya perwakilan klub olahraga. Juga, sengaja mengundurkan jadwal pemilihan ketua OSIS demi lancarnya festival olahraga.
  7. Uniknya, Meguri adalah orang yang mengakui kemampuan Hachiman di volume 6 chapter 10. Tapi, Hachiman tidak pernah mendengar pengakuan serupa dari member pengurus OSIS lain di era Meguri.






ERA ISSHIKI IROHA


  Bagaimana pengurus OSIS era Iroha bekerja ditunjukkan di volume 9,10, dan 11. Bisa dikatakan, kalau cara kerjanya berbeda jauh dari Meguri.

  1. Iroha adalah siswi kelas 1C, jabatan sebelumnya (dan masih) adalah Manajer Klub Sepakbola SMA Sobu. Kemungkinan, klub sepakbola tidak melepas begitu saja Iroha karena proposal anggaran dan kegiatan klub harus melalui OSIS (Vol 8 chapter 8). Jelas, ini sebuah keuntungan jika ada ketua OSIS yang menjadi orang dalam klub.
  2. Kakunya hubungan pengurus OSIS dengan Iroha di awal volume 9, disebabkan karena status Iroha yang siswi kelas 1. Wakilnya sendiri, merupakan siswa kelas 2, bahkan Hachiman kenal dengannya karena sering melihatnya di lorong. Tapi disini kejanggalannya, jika si wakil merasa sungkan dengan Iroha yang kelas 1, kenapa si wakil ini mau menerima jabatan wakil ketua?
  3. Nomor 2 ternyata dijelaskan di volume 10.5 dan volume E, wakil ketua dan sekretaris terlihat berkencan. Volume 10.5 menjelaskan kalau mereka berdua terlihat keluar bersama dari sebuah kafe di hari sabtu, dekat stasiun Chiba. Volume H menjelaskan kalau mereka berdua pulang sekolah bersama-sama.
  4. Sekretaris OSIS ini adalah siswi kelas 1, alias seangkatan dengan Iroha. Karena volume 10 antara sekretaris-wakil ketua terlihat berkencan, kemungkinan besar di volume 9 alias event pertama OSIS, adalah awal mereka berdua melakukan pendekatan. Sederhananya, si wakil ketua OSIS ini memanfaatkan jabatannya agar bisa dekat dengan sekretaris OSIS, dan ternyata sukses.
  5. Sama halnya dengan si wakil ketua, Iroha juga memanfaatkan jabatannya agar bisa lebih dekat dengan Hachiman (volume 9 chapter 2).
  6. Dalam volume 11 chapter 2, Iroha meminta si wakil untuk membuat proposal kegiatan dadakan, yaitu event kursus memasak coklat valentine. Si wakil tidak menolak usulan itu, karena pengurus OSIS SMA Kaihin-Sobu juga diundang sebagai peserta, artinya sekretaris OSIS akan datang dan membuat coklat valentine! Ini peluang bagus bagi si wakil ketua!
  7. Dalam volume 10 chapter 7, Iroha membuat panggung dadakan di taman dan membuat acara pengukuhan juara marathon. Acara ini tidak terjadwal, tentunya Iroha memanfaatkan ini untuk mendekati Hayama.
  8. Dalam volume 11 chapter 2, Iroha juga sengaja kabur dari sekretariat OSIS karena malas disuruh membuat teks pidato kelulusan kelas 3 oleh Hiratsuka-sensei.
  9. Tipikal kepengurusan OSIS di era Iroha ini tidak jauh dari kesan santai dan fun.
  10. Berbeda dengan era Meguri, di era Iroha pengurus OSIS-nya justru mengakui eksistensi Hachiman.



x  x  x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar