Sabtu, 16 April 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : Jebakan Haruno

 "Ada dua cara bagi orang yang berada di lapisan terbawah dalam strata sosial untuk berkomunikasi. Pertama, saling menjatuhkan satu sama lain. Kedua, saling menjilat luka masing-masing." - Hikigaya Hachiman | Vol 6 Chapter 9.
x  x  x

  Awal mulanya, dari volume 6 chapter 4. Waktu itu, Meguri mengatakan kebetulan bertemu dengan Haruno di kota. Meguri menceritakan kepada Haruno soal festival budaya dan mengajaknya untuk berpartisipasi. Dalam monolognya, Hachiman tidak percaya kalau Meguri kebetulan bertemu dengan Haruno. Dengan kata lain, Hachiman percaya kalau Haruno menghubungi Meguri dan bertanya soal festival budaya. Tidak ada yang kebetulan jika berurusan dengan Haruno, dan ini sering ada dalam monolog Hachiman ketika Haruno hadir atau diundang.







AJAKAN MINUM BERSAMA


Jebakan pertama ada di volume 3 chapter 4, kencan di Lalaport. Haruno mengatakan sesuatu dimana itu harusnya tidak pantas diceritakan pada kencan adiknya sendiri. Haruno menceritakan bagaimana Yukino diberi ijin untuk tinggal sendirian di apartemen. Namun, Haruno mengatakan kalau Yukino jangan menganggap enteng hal tersebut, tentunya...jangan mengacau.

Dan terakhir, ini yang aneh. Haruno akan mengajak Hachiman minum bersama jika Hachiman sudah menjadi pacar Yukino.

Volume 10 chapter 9. Ini pertemuan yang aneh. Pertama, di vol 10 chapter 6, Hachiman sudah menegaskan lebih dari sekali kalau dia tidak mau menuruti permintaan Haruno soal jurusan Yukino. Oleh karena itu, Haruno yang menelponnya dan hanya memberitahu tempat dan waktu, bukanlah sesuatu yang wajib Hachiman hadiri. Oleh karena itu, hadir dan minum kopi bersama atas undangan Haruno merupakan hal yang aneh. Terlebih lagi, Haruno mengatakan tujuannya untuk bertanya jurusan Yukino, tapi Haruno hanya membahasnya sekali dan berpindah ke topik lain.

Menurut saya, Haruno sebenarnya sudah tahu kalau Hachiman pasti tahu jurusan Yukino tapi tidak akan mau memberitahukan kepadanya. Buktinya, Haruno tidak mendesak lebih jauh lagi, artinya ada motif lain dari pertemuan itu. Harusnya Hachiman tahu kalau hadir kesana berarti melegitimasi dirinya menyukai Yukino berdasarkan ajakan Haruno di Lalaport.

Volume 11 chapter 6, Ibu Yukino menunggu di depan apartemen Yukino. Ibu Yukino tahu dari Haruno, kalau Yukino pulang larut malam. Artinya, Haruno sengaja melakukan itu agar Ibunya melihat Yukino pulang malam. Tapi ini ada kejanggalan disini.

Jika hanya untuk memberitahu Ibunya soal Yukino pulang malam, harusnya Haruno punya peluang yang sangat bagus, yaitu ketika adegan kafe kencan ganda Hayama, volume 8 chapter 5. Dalam LN, disebutkan waktu di kafe sudah hampir jam 9 malam. Bisa ditebak Yukino pulang ke apartemennya kemungkinan besar sekitar jam 9 malam. Kenapa Haruno tidak memanfaatkan momen tersebut untuk melaporkan ke Ibunya?

Perbedaan dua adegan di atas, adegan sepulang dari kursus memasak dan kafe adalah posisi Hachiman. Dalam kencan ganda Hayama, Haruno melihat kalau Yukino pulang sendiri dan Hachiman masih ada di kafe. Dengan mengetahui kalau Hachiman-Yukino memiliki hubungan, bisa ditebak kalau sepulang kursus memasak Hachiman pasti mengantarkan Yukino pulang.

Sederhananya, pulang larut malam itu hanya alasan saja. Haruno hanya butuh Ibunya melihat fakta kalau Yukino punya pacar, dan itu sangat riskan kalau Yukino tinggal sendirian. Ini didukung fakta kalau sepulang dari apartemen Yukino, Ibu Yukino menatap terus ke arah Hachiman dari balik kaca hitam mobilnya.

Ujung dari drama ini bisa berakhir dengan dicabutnya ijin Yukino untuk tinggal sendirian atau Haruno disuruh tinggal bersama Yukino di apartemen. Mudah saja kita menebak jawaban dari pertanyaan Yukino ketika ditanya alasan mengapa Haruno harus tinggal se-apartemen dengannya. Haruno menjawab 'harusnya kau sudah tahu alasannya'.








PROVOKASI SAGAMI


Dalam volume 6 chapter 2, Pak Atsugi dalam rapat perdana kepanitiaan festival budaya bercerita bagaimana Haruno menjadi ketua panitia festival, dan menjadikan festival budaya itu festival paling sukses dalam sejarah SMA Sobu. Vol 6 chapter 4, melihat Sagami yang telat, Haruno mendukung tindakan Sagami itu. Lalu memprovokasi Sagami kalau kepanitiaan festival semasa dirinya menjabat, panitianya bebas membantu kelas masing-masing.

Hachiman sudah curiga dan bertanya ke Haruno "Apa yang kau rencanakan?", tapi Haruno malah bertanya balik "kalau kuberitahu, apa kau mau percaya?". Satu hari sebelum festival dimulai, Haruno memprovokasi panitia untuk memuji Yukino, seperti semua ini jasa dari Yukino.

Seperti yang kita tahu, ini berakhir buruk. Sagami merasa dipermalukan dan kabur dari upacara penutupan festival. Akhirnya Hachiman yang bertugas untuk cuci piring dalam drama ini.






KENCAN GANDA HAYAMA

Dilihat dari sudut manapun, bujukan Haruno agar Hachiman menerima ajakan Hayama di kencan ganda adalah hal yang mencurigakan (vol 8 chapter 4). Kenapa Haruno sampai perlu terlibat dalam kencan Hayama? Tentunya, Hayama pasti bersekongkol dengan Haruno.

Bisa ditebak, Haruno disana untuk memprovokasi Yukino dan block opsi membujuk Hayama maju menjadi ketua, dan Hachiman mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Yukino.

Haruno salah perhitungan disini, Hachiman tidak tinggal diam dan bisa membatalkan pencalonan Yukino tersebut.





x  x  x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar