Kamis, 28 April 2016

[ REVIEW ] Mobile Suit Gundam Thunderbolt Episode 4 : What is War?



x x x





Salah satu pilot mobile suit Zeon mengatakan kalau bala bantuan akan datang sebentar lagi. Masalahnya, bagaimana dengan pihak Federasi?

Sementara itu, Io Flemings...

Daryl Lorenz...Tampaknya dia benar-benar ketagihan dengan perang ini...

Bahkan Daryl merasa naik Psycho Zaku jauh lebih terasa seperti menggerakkan anggota badan daripada memiliki tangan atau kaki yang asli sebelum diamputasi.

Pasukan Federasi yang kapal induknya baru saja dihancurkan Daryl Cs memutuskan untuk berpindah ke kapal Zeon yang baru saja mereka kuasai. Mereka beralasan kalau oksigen dalam kapal evakuasi tidak cukup untuk semua orang, jadi satu-satunya opsi adalah pindah ke kapal induk Zeon.

Cornelius, ketika memegang senjata untuk pertempuran pertamanya, akhirnya paham mengapa Io suka dengan musik ketika bertempur. Itu bisa membantunya untuk menenangkan rasa gugup yang dimiliknya ketika pertempuran berlangsung.

Roket pendorong Full Armor Gundam sudah kehabisan gas, energi senjata railgun beserta peluncur roketnya sudah habis. Masalahnya, Daryl dengan Psycho Zaku masih berkeliaran, misi terus berlanjut!

Sementara itu, di kapal induk Zeon. Mengetahui kalau mereka dikepung pasukan GM dari Federasi, Karla dan yang lainnya memutuskan untuk meledakkan kapal induk mereka.

Cornelius dan pasukan Federasi akhirnya masuk ke kapal induk Zeon dan mulai menyandera mereka.

Daryl sendiri, Psycho Zaky kehilangan lengan kiri dan mengalami kebocoran gas pendorong. Psycho Zaku kehilangan kontrol dan menghantam puing-puing koloni Side 4.

Cornelius berhasil menemukan Karla Cs dan meminta mereka untuk menghentikan bunuh diri tersebut. Baik Zeon ataupun Federasi, memiliki alasan mereka sendiri mengapa mereka saling membenci. Tapi Cornelius mengatakan hal yang masuk akal, yaitu jika tujuan mereka disini agar kelak bisa pulang dan menjalani kehidupan dengan damai, mengapa mereka harus membunuh diri mereka sendiri?

Karla mulai termakan ajakan Cornelius untuk menghentikan semua ini. Tapi prajurit Federasi di belakang Cornelius memberikan kode lokasi ke GM di atas kapal induk untuk menusuk lokasi pemicu bom tersebut. Teman-teman Karla tewas seketika terkena tusukan beam saber, sedang Karla histeris melihat teman-temannya tewas seketika.

Tidak ada yang tersisa lagi dari Full Armor Gundam, beam cannon sudah habis, tameng sisa 1, beam saber sisa 1. Akhirnya Io memutuskan untuk melepas armornya untuk membantu kecepatan pergerakannya. Menggunakan beam saber dan tameng tersebut untuk menghabisi Daryl.

Upaya menduduki kapal induk Zeon tidak berlangsung mulus, banyak prajurit Zeon yang tidak mau menyerah begitu saja.

Meski terdesak, prajurit ini tidak mau mati begitu saja dan hendak meledakkan dirinya. Tapi malang, bomnya malfungsi.

Psycho Zaku yang menghantam puing-puing Side 4 membuat Daryl tidak sadarkan diri. Dalam mimpinya, dia memiliki impian untuk hidup tenang bersama Karla di pantai, masih memiliki kedua tangan dan kakinya, dll.

Io melihat ini sebagai peluang emas untuk menghabisi Daryl!

Daryl...Cepat bangun!

Tiba-tiba petir menyambar area Thunderbolt dan menghantam Psycho Zaku Daryl. Daryl langsung terbangun dan menembakkan roket ke arah Io.

Kepala kedua mobile suit hancur tak bersisa...

Io melihat Daryl yang keluar dari kokpit dan mendapati Daryl ternyata orang cacat. Dia merasa seperti dipermainkan selama ini. Ternyata yang dia hadapi adalah orang yang tidak punya tangan dan kaki!

Tentunya, bala bantuan Zeon datang tepat waktu. Kini, Io dan Gundamnya menjadi tawanan Zeon.

Tentunya, pasukan GM yang berada di luar kapal induk Zeon juga terkepung.

Ketika Io bertanya bagaimana nasib Claudia, Cornelius mengatakan mungkin Claudia tidak selamat. Cornelius berpikir Claudia melaksanakan tugasnya sebagai kapten. Karam bersama kapalnya.

Karla sendiri ada di ruang perawatan karena terkena radiasi beam saber dan menghantam tangan GM ketika tersedot keluar dari kapal induk Zeon. Daryl menginginkan Karla agar mengembangkan Psycho Zaku dan membuatnya menjadi produksi masal.

Dan tentunya, Daryl berniat mengamputasi kedua tangan dan kaki seluruh pilot Zeon yang berniat menjadi pilot Psycho Zaku. Ini jelas sudah diluar akal sehat.

Di ruang interograsi, akhirnya Io sadar mengapa Daryl cacat. Daryl sengaja membuat dirinya kehilangan tangannya agar bisa mengalahkan Gundam.

Menurut Io, mereka berdua membenci perang, tapi mereka berdua menyukai perang...



  Anime Gundam Thunderbolt ini memang fokus di Daryl vs Io, meski manganya bercerita jauh ke depan dari timeline episode 4 alias episode terakhir anime ini. Ini adalah pertemuan terakhir mereka di manga. Sebenarnya, ini menceritakan sebuah ironi peperangan dengan baik. Sebagai bonus, saya akan menampilkan ending versi manganya agar para pembaca tidak penasaran. Tentunya, karena ini review anime, saya tidak bisa menampilkan manganya.




Kemenangan Zeon atas puing-puing Side 4 tidak berpengaruh banyak, posisi mereka terus terdesak di perang satu tahun 0079-0080. Benteng militer terakhir mereka, A Boao Qu, diserang secara besar-besaran oleh Federasi dan kalah. Zeon terdesak dan terkepung di Side 3, rumah asli mereka. Pada tahun 0080, Zeon menyatakan menyerah kepada Federasi.

Pada tahun 0083, Federasi membatasi militer Republik Zeon dan memaksa Zeon menandatangani banyak perjanjian paska perang. Sisa-sisa militer Zeon yang tidak mendukung itu, memilih bergerilya dan menamakan diri mereka Neo Zeon. Federasi lalu membentuk tim untuk membasmi Neo Zeon. Drama ini mulai berakhir di tahun 0096 di seri Mobile Suit Gundam Unicorn.

Pada tahun 00100, Zeon kembali menjadi bagian dari Federasi. Semua drama Zeon vs Federasi secara resmi tidak ada lagi.

Daryl kalah dalam pertempuran mempertahankan A Boao Qu di 0080, mundur bersama prajurit lainnya ke Side 3 alias Munzo alias Republik Zeon.

Tubuh Claudia ditemukan oleh tim evakuasi Federasi di area Thunderbolt. Claudia ternyata masih hidup dan menjalani perawatan intensif.

Dalam serbuan Federasi ke A Boao Qu, sel milik Io Flemings jebol dan membuat Io lepas. Io lalu membebaskan teman-temannya yang ditahan di A Boao Qu. Io dianggap sebagai pahlawan Moore Brotherhood alias mantan warga Side 4 yang hancur. Io lalu menyindir Daryl di sebuah acara radio yang disiarkan di Side 3, ketika lagu favorit Daryl diputar. Io mengajak Daryl untuk berduel lagi.





x Mobile Suit Gundam Thunderbolt | END x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar