Minggu, 24 April 2016

[ TRANSLATE ] Oregairu Vol 9 : Afterwords


x  x  x




  Halo, disini Watari Wataru.

  Ternyata sudah musim semi! Ngomong-ngomong soal musim semi, ini adalah musim dari adanya sebuah pertemuan dan juga musim dimana akan ada hubungan yang putus. Kalau ada yang bertanya "Maksudnya!?", maksudnya adalah aku ingin segera putus dari pekerjaanku dan bertemu dengan liburan? Oh?

  Tapi, jujur saja, di dunia ini, kata "Maksudnya?" itu kurasa terkesan berlebihan, benar tidak?

  Misalnya, deadline! Ketika kau mendengar kata deadline, akan sangat normal jika kau berpikir "Aku lebih baik menyelesaikannya tepat waktu (mempertaruhkan segenap jiwa dan raga)", tapi ada bagian dari dirimu yang akan mengatakan sejenis "Hahaaa, itu hanya sebuah batas waktu bohongan agar membuatku panik dan termotivasi! Lagipula itu masih dua minggu lagi!"

  Lagipula, ada reaksi yang berbeda ketika mendengar kata 'deadline'. Ada orang yang akan menjawab "masih ada waktu (gombal)", ada yang merespon dengan "Ini sangat mustahil (sambil menatap kejauhan)", dan ada orang yang akan mengatakan "Tolong biarkan aku beristirahat...(menangis)".

  Arti dari kata-kata mungkin dipengaruhi oleh berbagai faktor yang saling berhubungan, misalnya pencapaian orang itu dan cara orang itu menilai sesuatunya. Sebuah kata-kata yang memiliki arti yang konkrit itu memiliki makna seperti artinya sendiri, tapi akan bermakna banyak jika menggunakan kata-kata untuk menjelaskan hal yang abstrak. Misalnya, pertumbuhan, perubahan, dan hal yang genuine. Jika kau membicarakan kata-kata itu, semua orang sepertinya punya pendapat yang berbeda-beda dalam memaknai kata-kata itu.

  Dalam kasus tersebut, jika dijelaskan dengan kata-kata maka akan memiliki banyak makna. Tapi ketika kau berpikir kalau kau sudah menjelaskan itu dengan kata-kata, sebenarnya masalah utamanya bukan ketika kau menjelaskan itu, kau hanya tenggelam dalam kepuasan diri-sendiri karena sudah berhasil menjelaskannya. Ketika memikirkan novel, kurang lebih seperti itu, seperti yang kutulis hari ini.

        Meski begitu, kuharap kepuasan dirinya itu, meski hanya sementara, sudah bisa membuatnya bahagia.

  Dengan begitu, saya persembahkan "Yahari Ore no Seishun Rabu Kome wa Machigatteiru" volume 9.

  .....

  Dan terakhir, bagi para pembaca novel ini. Terima kasih kepada kalian semua, cerita ini sudah mendekati panggung terakhir. Seri ini tidak lama lagi akan berakhir. Aku akan sangat bahagia jika kalian bisa menemaniku hingga saat terakhir novel ini. Sekali lagi, atas semua dukungan kalian, versi anime untuk season 2 sudah mendapatkan lampu hijau. Terima kasih banyak.




x Afterwords | END x





  1. Masalah utamanya bukan bisakah Hachiman mengatakan keinginannya itu, tapi apakah si gadis itu menangkap maksud Hachiman atau tidak.
  2. Kebahagiaan yang Watari tulis itu terjadi di volume 9 chapter 8, ketika Hachiman dan Yukino hendak turun ke air terjun atraksi Disney Land.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar