Rabu, 27 April 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : Orimoto Kaori vs Yukinoshita Yukino?


x x x




  Jujur saja, saya sudah bosan dengan LN Oregairu. Mungkin akan saya tinggalkan tanpa atau dengan rilisnya volume R atau 12 dan memulai LN yang baru. Dari data blogger, pembaca disini sekitar 1200-1500 perhari, tapi sayangnya kebanyakan (kadang sehari semuanya seperti itu)silent reader. Well, tidak bisa saya paksakan, mungkin terlalu menakutkan untuk berkomentar disini.

  Kali ini saya membahas sesuatu yang tidak akan pernah didapatkan oleh pemirsa animenya, bahkan pembaca LN-nya jika kurang jeli. Sebenarnya, antara Kaori dan Yukino ini ada semacam rivalitas atau tidak? Apa Kaori ini tahu kalau Yukino menyukai Hachiman? Apa Yukino tahu kalau Hachiman pernah menembak Kaori di masa lalu? Lalu mengapa Yukino tidak menganggap Yui sebagai rivalnya?





x x x








TENTANG YUI...

Pertama, Yukino pernah mengatakan tentang 'anjing itu...' di vol 3 chapter 3, di sebuah pameran binatang peliharaan, Mall Tokyo. Yukino mengenali anjing tersebut, kemungkinan besar Yukino sudah tahu Yui sejak kecelakaan setahun yang lalu.

Lalu konfrontasi vol 3 chapter 6, Hachiman mengatakan perasaan Yui kepadanya (cinta, peduli, simpati, dll) harusnya dihentikan karena itu berdasarkan Hachiman sebagai penolong anjingnya. Yui juga menyangkal kalau sebenarnya bukan itu yang terjadi. Jika anda dalam posisi Yukino dan melihat kejadian ini, anda bisa menyimpulkan beberapa hal. Pertama, Hachiman tidak mau menerima perasaaan Yui, karena tidak tulus. Kedua, Yui tidak bergabung ke klub relawan dan bersikap baik ke Hachiman untuk mendekati Hachiman, tapi murni untuk berteman dengan mereka berdua (alasan Yui ke Miura di vol 1 chapter 4 yang didengar oleh Yukino dan Hachiman). Disini jelas, Yui tidak sedang mendekati Hachiman. Sedang Hachiman tidak ada niatan untuk menerima perasaan Yui. Padahal, sebenarnya Yui itu memang ingin mendekati Hachiman.


Tapi Yukino miskalkulasi tentang perilaku Hachiman, yaitu trauma masa lalu dengan Kaori. Hachiman berniat tidak ingin melukai siapapun (vol 6 chapter 9), meski mengakui dirinya sudah punya seseorang yang berarti di hatinya (vol 7 chapter 8).  Mencegah Yui menembaknya (vol 5 chapter 6), membuat ajakan Ebina agar Hachiman mau jadi pacarnya sekedar candaan (vol 7 chapter 9), menganggap coklat valentine Iroha hanyalah sekedar coklat simpati (vol 11 chapter 6). Hachiman membenci Kaori yang menolaknya, dan berusaha menyenangkan semua pihak yang menembaknya karena dia tidak ingin seburuk Kaori di masa lalu. Tentunya, miskalkulasi terbesar Yukino adalah tidak berpikir kalau Yui berbohong dan Yui benar-benar berusaha mendekati Hachiman.








  CLUE DARI HARUNO...

Dalam volume 4 chapter 7, Hayama bertanya pendapat Hachiman jika Yukino itu seperti Haruno. Hayama jelas tidak akan bertanya ke Hachiman tentang Haruno jika Hayama tidak yakin Hachiman kenal Haruno. Karena Hayama langsung bertanya seperti itu, artinya Hayama yakin Hachiman kenal Haruno. Satu-satunya momen sebelum adegan ini ada dan Hachiman bertemu Haruno adalah kencannya bersama Yukino di LalaPort. Artinya, Haruno memberitahu Hayama kalau dia bertemu Hachiman dan Yukino berkencan di Lalaport.

Vol 5 chapter 8, Yukino menceritakan ke Hachiman kalau dia diberitahu Haruno soal pertemuan mereka di festival kembang api, pelabuhan Chiba.







TENTANG KAORI VS YUKINO...

Volume 8 chapter 5, Kaori bertemu Yukino dan Yui untuk pertamakalinya. Kaori melirik ke arah mereka berdua, Yui menatap ke arah Hachiman-Kaori dengan bingung, Yukino terus menatap ke arah Hachiman. Lalu Kaori berkata "Begitu ya...". Dalam fase ini, mudah saja Kaori melihat siapa gadis yang sedang ada hubungan dengan Hachiman.

Watari saja dalam reviewnya mengatakan sikap Iroha-Hachiman di event kolaborasi Natal seperti pasangan, apalagi Kaori! Tentunya jika di vol 8 Kaori mengira Hachiman berhubungan dengan Yukino, sekarang terlihat dekat dengan Iroha, ada satu kesimpulan : Hachiman kalau tidak sedang bertengkar dengan Yukino, pasti sudah putus dengannya. Tapi Kaori mendapatkan info yang menarik di vol 9 chapter 3, Hachiman masih single. Artinya antara Yukino-Hachiman belum ada hubungan resmi.

Adegan yang tidak ditampilkan di animenya. Vol 9 chapter 7. Yukino datang ke ruang rapat dan baru tahu kalau Kaori juga ada di rapat itu. Kaori hanya menyapa ke arah Yui, lalu diam menatap Yukino. Yukino sendiri diam dan menatap tajam ke arah Kaori. Lalu Yukino memilih duduk di kursi yang terdekat dengan Hachiman, dimana itu kursi untuk Ketua OSIS SMA Sobu. Mudah sekali, Haruno pasti sudah memberitahu Yukino paska adegan kafe di vol 8 kalau gadis yang berambut keriting disana adalah gadis yang pernah Hachiman tembak waktu SMP. Yui jelas tidak tahu hal itu.

Lalu vol 9 chapter 9, Kaori mengatakan komentarnya tentang adegan di rapat dimana Hachiman dan Yukino memberitahukan kebenaran rapat ke Tamanawa. Kaori mengatakan dia tidak tahu apa yang harus dilakukannya jika punya pacar seperti Hachiman yang melawan Tamanawa di rapat tadi. Kaori disini berusaha menyindir lagi hubungan Hachiman-Yukino dan mencari kebenarannya. Lalu Kaori memancing Hachiman untuk datang ke reuni SMP. Tentunya, tidak perlu orang pintar untuk mengetahui kemana pembicaraan mereka berdua berujung. Kaori dan Hachiman tinggal satu kompleks, jika Hachiman mau menghadiri reuni, pasti akan logis jika Kaori mengajak Hachiman datang bersama.

Tidak ditampilkan di animenya. Kaori mendekati Hachiman dan berbicara soal event memasak coklat, vol 11 chapter 4. Yukino menatap Kaori dengan sinis dan menyilangkan lengannya, Yui membungkuk memberi salam. Perang dingin dimulai!




  Kaori sepertinya menganggap saingannya adalah Yukino. Dan Yukino sendiri menganggap sikap Kaori yang berusaha mendekati Hachiman adalah hal berbahaya, karena Kaori adalah gadis yang dulu Hachiman sukai. Yui tidak tahu apapun soal masa lalu Hachiman dan Kaori. Tapi tentunya, miskalkulasi terbesar Yui adalah tidak tahu kalau selama ini ada sesuatu antara Hachiman dan Yukino, sampai Yui melihatnya langsung.





x  x  x

1 komentar:

  1. Jadi anime dan LN nya memberi interprestasi berbeda ya kan?

    BalasHapus