Minggu, 17 April 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : Kompilasi Pertanyaan -1


x  x  x




  Ini adalah kompilasi pertanyaan yang paling sering saya baca dan dengar. Pertanyaan akan saya jawab berdasarkan Light Novel. Seperti biasanya, jawaban paling mutlak adalah yang dijawab oleh Watari, jadi anda boleh meragukan jawaban saya. Let's the game begin!



x  x  x





SIAPA YANG HIKITANI PILIH?
Tidak ada pernyataan resmi yang keluar dari mulut Hikitani. Memilih berarti memutuskan, Hachiman belum mengatakan apapun secara langsung. Untuk pertanyaan ini, jawabannya adalah tidak tahu. Gadis yang terpilih tidak harus gadis yang Hachiman sukai. Sebenarnya Totsuka, tapi karena blog saya bukan blog supranatural, maka saya meniadakan opsi ini.





SIAPA GADIS YANG HIKITANI SUKAI?
Suka dalam KBBI memiliki arti senang, senang hati, menaruh simpati, kasih sayang, cinta, dll. Sukai berarti orang yang Hikitani <taruh arti disini>. Volume 9 chapter 8, Hikitani merasa sangat bahagia ketika Yukino menyentuh tangannya. Volume 11 chapter 5, Hikitani cemburu ketika tahu Hayama pernah menerima coklat dari Yukino. Sebenarnya masih banyak lagi, tapi untuk menghemat ruang, jawaban dari pertanyaan ini adalah Yukinoshita Yukino. Gadis yang disukai belum tentu gadis yang terpilih.






APA HIKITANI TAHU YUI MENYUKAINYA?
Jawabannya, 140% Hikitani tahu Yui menyukainya. Volume 3 chapter 6 mempertegas itu. Yui sudah menyukai Hachiman sebelum Hachiman kenal Yui (Request Kue Coklat). Artinya, Yui menyukai Hachiman karena Hachiman adalah pria penyelamat anjingnya. Hachiman membenci cinta yang berdasarkan simpati tanpa melihat siapa orang itu sebenarnya. Kesalahan pembaca adalah ketika menganggap Hachiman ini tidak bisa membaca kode-kode dari para gadis yang menyukainya. Hachiman tahu gadis itu menyukainya, hanya saja Hachiman malas untuk memikirkannya lebih jauh.





BAGAIMANA SIKAP YUI SETELAH DIRINYA DAN HACHIMAN MENYELESAIKAN MASALAH PEMILIK ANJING TERSEBUT?
Dalam volume 3 chapter 6, Hachiman tidak akan pernah mengakui perasaan cinta dari siapapun selama itu muncul karena simpati, hanya karena melihatnya sebagai pria baik, hanya karena dia menolongnya, dll. Sebenarnya ini cukup mudah, kita tinggal teliti ucapan Yui setelah kejadian ini.

Volume 5 chapter 6, Sebelum mengatakan perasaannya, Yui mengatakan kalau Hachiman ini adalah pria yang baik. Hachiman akan tetap menolong siapa saja, meski kejadian kecelakaan mobil itu tidak terjadi. Sebenarnya, kita sudah bisa menebak kalau Yui belum berubah. Yui tetap melihat Hachiman sebagai pria baik penolong anjingnya.

Volume 11 chapter 9, Yui mengatakan kalau coklat untuk Hachiman itu adalah coklat request yang dulu. Artinya Hachiman adalah pria yang Yui suka. Ketika request terjadi, itu pertemuan pertama Hachiman dengan Yui. Bagaimana mungkin Yui langsung mencintai Hachiman di pertemuan pertama? Jawabannya adalah Yui mengenali Hachiman sejak setahun lalu, alias pria penolong anjingnya. Dari volume 5 hingga volume 11, Yui tidak berusaha merubah caranya melihat Hachiman. Artinya, 11 volume terlewati, Yui tetap melihat Hachiman sebagai pria penolong anjingnya, bukan sebagai Hikigaya Hachiman.





MENGAPA HACHIMAN TIDAK BERSIKAP SAMA KEPADA YUKINO KETIKA TAHU KALAU MOBIL YUKINO ADALAH MOBIL YANG MENABRAKNYA?
Pertama, berbeda dengan Yui. Yui berbohong kepada Komachi kalau dia akan bertemu Hachiman sendiri dan mengucapkan terima kasih soal kecelakaan itu. Selebihnya, Yui dan Yukino sama. Keduanya tidak membohongi Hachiman, juga tidak memberitahukan kebenarannya.

Kedua, pembaca LN sudah diberitahu sejak awal oleh Hachiman. Volume 5 chapter 5, Hachiman mengatakan 'akan selalu ada pengecualian di atas segalanya'. Volume 5 chhapter 7, Hachiman mengatakan 'manusia hanya akan melihat apa yang ingin mereka lihat'. Artinya, sejak awal Hachiman berniat untuk membuat pengecualian terhadap Yukino. Istilah populernya : standar janda.





APA YANG SEBENARNYA TERJADI DI HUTAN BAMBU - PENEMBAKAN EBINA?
Pertanyaannya sederhana, apa yang sebenarnya terjadi dengan Yukino dan Yui di insiden penembakan Ebina - darmawisata Kyoto? Pertama, mari kita bahas dari view Yukino.

Volume 1 Chapter 1, Hachiman mengatakan ke Yukino kalau dia tidak mau menjadi orang yang berpura-pura dan lari dari kenyataan. Dalam chapter itu, kita bisa melihat Yukino mengepalkan tangannya setelah Hachiman mengatakan itu, sepertinya itu benar-benar mengena ke Yukino.

Volume 2 chapter 3. Tobe, Ooka, dan Yamato. Jika tidak salah satu, keduanya, atau ketiga-tiganya adalah pelaku SMS fitnah berantai yang menyebar di kelas 2F.

Volume 7 chapter 7, Miura meminta Hachiman menghentikan upayanya membuat Tobe dan Ebina dekat. Sepintas ini terlihat masuk akal, tapi ini sebuah pengkhianatan dari Miura kepada Tobe. Dalam volume 4 chapter 5, Tobe mengatakan kepada Hayama/Hachiman/Totsuka kalau dia menyukai Ebina. Sebelum mengatakan ke mereka, Tobe mengakui kalau dia sudah curhat terlebih dahulu ke Miura. Artinya, Tobe dan Miura adalah sahabat baik, lebih dekat daripada Tobe-Hayama. Tobe tidak bercerita kalau Miura melarangnya mendekati Ebina. Adegan dalam gambar, Miura mengatakan tahu apa yang dilakukan Tobe dan Hachiman. Jika begitu, kenapa Miura tidak bicara langsung ke Tobe untuk memintanya berhenti? Jawabannya hanya 1, Miura ingin tetap terlihat sebagai sahabat Tobe, Miura berusaha mensabotase Tobe lewat permintaannya ke Hachiman.

Kalau soal Hayama, kita tidak perlu membahasnya lebih jauh. Volume 7 chapter 8. Hayama jelas-jelas mengakui kalau dirinya sengaja mensabotase Tobe. Meski begitu, Hayama ngotot kalau persahabatan mereka adalah hal yang nyata.

Yukino jelas membenci pembohong, apalagi pembohong itu sudah dekat dengannya selama ini (apalagi kalau ingat adegan pulang dari restoran ramen!). Mungkin di pikiran Yukino begini: Ngapain kamu belain grup Hayama? Bukannya mereka semua tukang backstab teman dan tukang fitnah? Katanya kamu tidak suka pembohong, kenapa kamu sengaja jadi pembohong untuk membela mereka? Bukankah harusnya kita biarkan Tobe dan Ebina memutuskan sendiri masa depan mereka?

Untuk Yui, saya kira sudah jelas. Yui tidak mau melihat Hachiman mengorbankan dirinya lagi demi request. Yui meminta Hachiman berhenti dan memikirkan perasaan orang-orang di sekitarnya. Sederhananya, Yui meminta Hachiman berubah, dan berhenti mengorbankan dirinya lagi.

Ending drama Yui-Yukino ini ada di vol 9 chapter 9 (tidak ada di anime). Setelah rapat OSIS, dalam perjalanan ke community center, Hachiman mengatakan ke Yui dan Yukino kalau hari ini dia akan membuat Tamanawa mengambil keputusan, apapun caranya. Yui tahu kalau Hachiman akan mengorbankan dirinya lagi, meminta Hachiman untuk memikirkan ulang dan mempertimbangkan cara lain. Yukino berbeda, dia meminta Hachiman untuk melakukan apa yang dia yakini. Hachiman menuruti Yukino dan tetap mengorbankan dirinya, tapi kali ini Hachiman mengatakan kebenaran rapat ini kepada Tamanawa.




APA HACHIMAN TAHU YUKINO MENYUKAINYA?
Ini pertanyaan yang sering saya lihat, saya sendiri menjawabnya 110% Hachiman tahu. Mari kita coba menganalisis beberapa kejadian di bawah ini.

Pertama di volume 10 chapter 7, adegan UKS. Dalam vol 10 chapter 6, Haruno sudah memperingatkan Hachiman kalau Yukino tidak memberitahu jurusannya karena Yukino menunggu orang yang 'tepat'. Jika Hachiman mendapatkan jawaban jurusan Yukino, bukankah berarti...

Anda tinggal baca volume 11 chapter 7. Disitu sejak awal Hachiman dan Yukino salah tingkah dan saling curi-curi pandang. Keadaan memanas setelah tahu Yukino membuat semacam kue coklat semalam, dan Yui diberi kue coklat yang sama dengan camilan di ruang klub. Tapi Hachiman tidak diberi sama sekali. Hachiman sudah bisa menebak kalau hari itu dia akan diberi coklat valentine dari Yukino. Bahkan sejak awal, Hachiman sepertinya yakin kalau hari itu dia akan diberi coklat valentine oleh Yukino.

Clue lagi ada di volume N chapter 3, ketika Komachi menginterograsi Hachiman soal Kaori. Hachiman mengatakan sikap Komachi ini mirip gadis cemburuan yang overprotektif terhadap pacarnya. Satu-satunya hal dimana ada gadis menyindir Hachiman dengan menyebut nama gadis lain adalah volume 9 chapter 5, pertemuan Hachiman-Yukino di Mall Marinpia. Yukino disana menyindir Iroha yang senang berduaan dengan Hachiman. Tentunya, Komachi senang melihat fakta tersebut, itu artinya Hachiman sadar kalau ada gadis yang menyukainya.




x Berlanjut ke part-2 (kalau tidak lupa) x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar