Senin, 18 April 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : Kompilasi Pertanyaan -2

"Jika kau mengharapkan jawaban yang berbeda, maka kau harus datang dengan sesuatu yang baru" - Hikigaya Hachiman | Volume 6 chapter 6.

x  x  x



  Seperti biasanya, saya tidak punya waktu untuk menonton seluruh anime musim semi ini. Saya mencoba melihat satu-persatu (sambil skip) episode pertama dan kedua. Untuk musim ini saya akan mengikuti Macross Delta, Kabaneri of The Iron Fortress (Recommend), Flying Witch (Animenya santai dan menyegarkan), Re-Zero (ada kemungkinan saya drop di tengah musim), Joker Game (Recommend), dan Bungou Stray Dogs. Anime lainnya saya drop, mungkin akan saya lirik lagi ketika ada waktu luang.

  Seperti biasa, for fun ini menjawab pertanyaan-pertanyaan populer. Tentunya, ini jawaban versi saya, anda tidak perlu 100% percaya akan akurasi jawabannya. Tapi, rujukan jawaban berasal dari LN, bukan anime. So, let the game begin!



x  x  x




KAPAN VOLUME 12 RILIS?
Jawabannya ada di video ini






APA YANG MEMBUAT PARA GADIS INI TERTARIK KEPADA HACHIMAN?

Sebenarnya panjang, tapi jika anda ingin yang detail, tulis di komentar nanti saya balas. Intinya, Hachiman selama ini selalu mensupport dirinya untuk menjadi diri sendiri. Hachiman juga menunjukkan kepadanya kalau dengan menjadi diri sendiri, bisa merubah dunia.

Jawabannya terkuak di vol 9 chapter 9, Kaori mengatakan kalau dulu (semasa SMP) Hachiman terlihat membosankan. Jadi, Hachiman yang sekarang terlihat tidak membosankan. Jika anda melihat dari view Kaori, Hachiman yang di depannya ini adalah orang pertama diluar OSIS SMA Sobu yang diajak membantu event (cakap berorganisasi). Dekat dengan ketua OSIS, dan dekat dengan Hayama (populer). Masuk SMA Sobu yang memiliki standar nilai akademis tinggi (pintar).

Semua pembaca blog ini tahu alasan Yui menyukai Hachiman, yeah...Hachiman adalah pria penyelamat anjingnya di kecelakaan satu tahun lalu.

Volume 7 chapter 9, Ebina kagum dengan pendirian Hachiman. Tetap di jalan penyendiri, sedang dirinya sendiri berpura-pura menjadi orang lain agar tetap berada di grup terpopuler.

Ini sebenarnya agak rumit, tapi jika melihat kebiasaannya, maka kita memperoleh petunjuk. Saki adalah gadis bertipe pekerja keras (vol 2 chapter 4). Saki melihat bagaimana Hachiman bekerja, baik di klub relawan/kepanitiaan festival/kepanitiaan event natal/kepanitiaan seminar karir/kepanitiaan kursus memasak coklat. Di vol 6 chapter 9 melihat Hachiman yang berlari di lorong sedang panitia sibuk di gimnasium, Saki menegur Hachiman mengenai pekerjaannya di kepanitiaan. Lalu di vol 8 chapter 7, Saki menuliskan nama Hachiman sebagai orang yang mampu menjadi ketua OSIS. Sederhananya, Saki ini melihat Hachiman sebagai pekerja keras dan cakap berorganisasi. Meski, pertemuan pertama mereka di vol 2 prolog, Saki membaca kuisioner Hachiman yang bercita-cita menjadi suami rumahan.

Ini jelas tertulis di volume 8 chapter 4, Hachiman mengatakan sesuatu yang macho di depan Iroha. "Sebaiknya mengikuti saran Yukinoshita, tapi jika sudah terdesak, aku akan melakukan sesuatu untukmu". Perlu diingat, Iroha awalnya mengatakan tidak ada yang tulus membantunya soal masalah ini dan tidak ada yang mau peduli. Sederhananya, Iroha melihat Hachiman ini sebagai pria baik yang akan membantunya.







BAGAIMANA DENGAN YUI?

Pertama, mari kita perjelas lagi. Memang Hachiman terlihat menyukai Yukino, tapi bukan berarti peluang sudah berakhir. Masih tersisa 1 volume lagi, meski ini bisa dibilang mustahil, sulit mengubah situasi dalam kondisi harem dalam 1 volume. Mungkin beda ceritanya jika non-harem seperti LN Kuzukin/Biblia. Tapi, peluang tetap ada. Sebenarnya, kesalahan Yui terletak dari cara dia melihat Hachiman. Yui selalu melihat Hachiman sebagai pria baik penyelamat anjingnya. Bahkan di kencan terbaik mereka (festival kembang api), Yui masih saja membahas hal itu. Sebenarnya, LN sudah memberikan contoh pendekatan yang benar jika gadis itu memiliki start sama dengan Yui, yaitu melihat Hachiman sebagai pria baik.
Iroha memiliki start yang sama dengan Yui, yaitu melihat Hachiman sebagai pria baik. Tapi, Iroha tidak terperangkap di titik itu dan berusaha mengenal Hachiman lebih jauh lagi. Iroha memanfaatkan jabatannya agar bisa mengenal Hachiman lebih baik (event kolaborasi natal), lalu mengajaknya kencan dengan menyerahkan tujuan kencan ke Hachiman (vol 10.5). Bahkan Iroha tahu kalau Hachiman menyukai ramen, sesuatu yang bahkan Yui/Ebina/Saki tidak tahu. Padahal, Iroha ini kalah start! Iroha di vol 11 chapter 1 tidak malu bertanya kepada Hachiman apa Hachiman pernah menerima coklat valentine. Jadi kita memang harus fair, jika melihat Yui layak karena berusaha keras, entah kita harus menilai Iroha bagaimana? Gadis ini benar-benar bekerja keras untuk mendapatkan Hachiman.
Harusnya, Yui mendekati Hachiman dengan cara yang berbeda. Tidak mengungkit-ngungkit masa lalu dimana mengenal Hachiman dari insiden kecelakaan. Tapi di ending vol 11, sayangnya Yui mengambil langkah mundur dengan membahas request kue coklat, dimana pria yang disukai Yui adalah Hachiman yang berperan sebagai penolong anjingnya. Tapi, masih ada 1 volume lagi, bisa saja ada sesuatu yang besar terjadi. Apakah Yui mengambil langkah mundur setelah melihat kenyataan di adegan UKS dan atraksi pinguin?








IROHA INI MENYUKAI HAYAMA ATAU SENPAI?

Pertama, kita kilas balik di akhir Juni, volume 7.5 side B. Kemunculan pertama Iroha di turnamen judo, menemui Hayama, dan membuat Miura tidak menyukainya. Kesimpulan awal, Iroha ini menyukai Hayama.
Di saat tidak ada yang benar-benar berniat menolongnya, Senpai mengatakan akan melakukan sesuatu untuk Iroha jika rencana Yukino gagal. Jangankan gadis, bahkan pria (yaranaika/senpai 3B) akan luluh hatinya jika ada yang mengatakan ini. Status Iroha dan Hachiman waktu itu adalah orang yang baru kenal. Vol 8 chapter 4.

Hayama memberi petunjuk penting, volume 8 chapter 5. Menurut Hayama, Iroha ini sedang mencari cintanya. Jadi kesimpulan awal kita kalau Iroha menyukai Hayama, bisa dikatakan 50:50. Iroha saat ini sedang mencari-cari pria yang tepat untuknya.

Argumen Hayama diperkuat di vol 9 chapter 1. Event kolaborasi Natal dimana bisa menjadi peluang emas Iroha untuk berduaan dengan Hayama, tidak diambil. Malah, Iroha meminta Hachiman yang menemaninya. Jika melihat skenario seperti ini, dengan mudah kita simpulkan kalau Iroha ingin mengenal Hachiman lebih jauh. Iroha masih menjabat manajer klub sepakbola, artinya Iroha akan selalu memiliki peluang untuk bertemu Hayama. Tapi, peluang untuk bertemu Senpai tidak bisa didapatkan oleh Iroha setiap hari.

Tentunya Iroha tidak bisa lolos begitu saja dari adik raja iblis Yukino. Yukino sudah tahu niat Iroha ini dan menyindir Hachiman yang menikmati PDKT Iroha, vol 9 chapter 5.

Vol 9 chapter 6, Iroha mencuri dengar percakapan Hachiman yang mengatakan kalau dirinya tidak ingin dipahami, dia ingin memahami. Sederhananya, Hachiman menginginkan si gadis yang bergerak terlebih dahulu dan terbuka kepadanya.

Iroha sepertinya terinspirasi kata-kata Hachiman dan memutuskan untuk bergerak lebih dulu. Di titik ini, Iroha sepertinya masih 50:50 antara Hayama dan Senpai. Jika melihat adegan di atas, Iroha memilih untuk menembak Hayama lebih dulu. Kita semua tahu jawabannya, ditolak.

Vol 9 chapter 8, Iroha mengaku kalau dia mencuri dengar soal hal genuine yang Hachiman inginkan. Sebelumnya, Hayama bertanya ke Hachiman mengapa Iroha tiba-tiba berubah seperti itu. Kesimpulannya, Iroha terinspirasi kata-kata Hachiman.

Karena Hayama sudah dihapus dari opsi, maka yang tersisa adalah Senpai. Jika Hayama saingannya Miura, maka Senpai saingannya Yukinoshita-senpai. Dengan memanfaatkan janji Hachiman yang akan membantunya mempersiapkan kencan dengan Hayama yang sukses, Iroha memanfaatkan itu untuk kencan dengan Senpai dan mengenalnya lebih jauh.

Vol 11 chapter 1, sebenarnya Yukino sudah kesal dengan Iroha yang menunggu Hachiman di ruang klub, dan memberikan kode-kode agar Hachiman mengusirnya. Tapi munculnya klien (Miura, Saki) membuat semuanya kacau. Disini kita mendapatkan poin penting, Iroha sebenarnya tidak pernah bertanya soal valentine Hayama. Iroha hanya bertanya apakah Senpai suka coklat manis? Apakah Senpai pernah menerima coklat valentine? Hachiman-lah yang menterjemahkan itu sebagai pertanyaan malu-malu tentang Hayama. Sebenarnya kalau kita telaah dengan baik, Iroha ingin memastikan kalau Hachiman tidak menolak coklatnya karena tidak suka coklat, dan memastikan siapa saja saingannya selama ini. 

Volume 11 chapter 6. Disini ada adegan yang mengecoh mata. Iroha waktu itu membawa nampan, dengan coklat yang baru dikeluarkan dari oven. Tapi, Iroha mengeluarkan coklat yang sudah dibungkus dengan rapi dan manis dan memberikannya ke Hachiman. Coklat yang di nampan itu untuk dicicipi Hayama, coklat yang dibungkus rapi itu...Coklat valentine untuk Hachiman. Sederhananya, coklat valentine yang diberikan ke Hachiman itu sudah dibuat di rumah dan dibungkus rapi. Iroha tahu saingannya adalah Yukino, maka momen terbaik untuk menjadikan coklat valentinenya adalah coklat pertama yang diterima Hachiman yaitu tepat ketika oven baru dibuka.

Jika Yukino terlibat juga dalam kursus memasak, Iroha pasti berpikir Yukino akan memberikan coklatnya di kursus memasak atau esok hari. Karena Yukino sudah sepakat menjadi instruktur, maka coklat buatannya pastilah paling lama selesainya. Momen terbaik untuk memberikan coklat valentine adalah ketika kloter pertama oven terbuka, dan memberikannya ke Hachiman. Jadi jika ada yang melihat adegan itu, akan dianggap adegan yang 'lumrah' karena semua gadis di ruangan melakukan hal yang sama. Tapi setidaknya, Iroha lebih cepat dari Yukino.

Jika coklat valentine tidak cukup untuk membuat anda yakin Iroha menyatakan perasaan cintanya ke Hachiman, saya tidak tahu lagi harus mengatakan apa. Mungkin saya akan mulai klik link video di pertanyaan pertama tadi...








BENARKAH SITUASI HACHIMAN INI MIRIP KISAH NYATA HIRATSUKA-SENSEI DI MASA LALU?

Vol 1 chapter 1, Sensei memanggil Hachiman setelah membaca essay kuisioner dari BK tentang kesan kehidupan SMA. Setelah itu, Sensei sengaja menempatkan Hachiman bersama Yukino yang penyendiri di klub. Ini aneh, karena jika anda ingin membuat seorang penyendiri terbuka, bukankah harusnya dimasukkan ke komunitas sosial? Mengapa baru dipanggil setelah Hachiman kelas 2? Mengapa tidak sejak kelas 1? Dalam vol 1 chapter 3, Sensei menjelaskan kalau dia baru-baru ini diserahi tugas untuk membantu guru BK, Bu Tsurumi. Sebenarnya, Sensei ini adalah guru Sastra Jepang.
Volume 2 chapter 5, Sensei bertemu Hachiman di pabrik elektronik, kegiatan mengunjungi tempat kerja. Sensei bercerita kalau masuknya Yui ke klub, membuat kalkulasinya sedikit kacau. Artinya, sejak awal Sensei merencanakan sesuatu dengan Hachiman-Yukino di klub. Namun akhirnya terbentur aturan klub di SMA Sobu dimana anggota aktif minimal 3 orang.

Vol 5 chapter 4, Sensei bercerita kalau semasa sekolah, dia sering sekali berpetualang sendirian dan mencicipi restoran-restoran ramen di Chiba. Mirip seseorang? Yeah, mirip Hachiman saat ini.
Volume 9 chapter 5, Sensei bercerita kalau dirinya masih single sampai saat ini karena dulunya juga salah kalkulasi, persis situasi Hachiman saat itu. Lalu memberikan saran-saran penyelesaian berdasarkan pengalamannya. Artinya, masa lalu Sensei ini kurang lebih sama dengan Hachiman.

Dari sini saya simpulkan kalau essay Hachiman tentang kehidupan SMA, mirip dengan pemikiran Hiratsuka-sensei semasa muda dulu. Entah apakah pria yang disukai Sensei itu tipe-tipenya persis dengan Yukino...Yang pasti, Sensei melihat kalau tipe-tipe Yukino ini harusnya bisa terbuka hatinya dengan tipe-tipe Hachiman yang mirip dirinya semasa SMA.



x Bersambung ke Part -3 (kalau ingat) x


Tidak ada komentar:

Posting Komentar