Selasa, 12 April 2016

[ REVIEW ] Macross Δ Episode 1 : Pertempuran Melawan Para Valkyrie




x  x  x


APA ITU MACROSS?

  Macross adalah salah satu franchise anime tertua, berusia lebih dari 30 tahun sejak seri perdananya, Macross Super Dimensional Fortress di tahun 1982. Yang membuatnya unik, khas, dan bisa langsung dikenali adalah genrenya. Genre anime ini konsisten akan action, militer, musik, mecha, romance, dan sci-fi. Mecha dalam anime ini selalu, dan selalu, pesawat tempur yang bisa berubah menjadi robot (battroid mode). Sederhananya, saya akan menuliskan ciri dari Macross yang membedakan dengan anime lainnya.
  1. Genre romance di anime ini, selalu...dan selalu akan menampilkan cinta segitiga. Ini bukanlah pertunjukan harem. Cinta segitiga akan selalu berakhir di penghujung serinya.
  2. Pasti akan ada seorang pilot dan penyanyi. Anda tidak akan melihat pilot dengan kemampuan super, pilot utama di seri Macross bisa dikatakan sedikit lebih baik daripada kebanyakan pilot, tapi fakta itu tidak mengatakan kalau pilot tersebut unbeatable.
  3. Jika anime lain akan memberikan anda fan service dengan menampilkan ehemm, maka fan service dalam seri Macross ini adalah musik dalam adegan animenya. Jangan khawatir, anda akan dimanjakan dalam anime ini jika berurusan dalam musik.
  4. Meski terkesan cengeng, jangan salah...Pertempuran pesawat tempur di seri anime ini adalah yang terkeren dari semua anime serupa yang saya tahu.
  5. Ras manusia bukanlah satu-satunya ras di dunia Macross. Ada juga ras zentradi, mungkin juga ada ras lainnya. Setting mengambil dunia antar galaksi, jadi anda jangan heran jika melihat binatang dan manusia tampilannya agak aneh. Tapi uniknya, mereka semua memiliki DNA yang sama dengan manusia. Sehingga, saling berpasangan dan menikah dengan ras bangsa lain merupakan hal lumrah. Ini pernah terjadi di Macross SDF.
  6. Dari Macross SDF dan Macross Frontier yang saya tonton, best girl selalu mendapatkan hati si pilot. Jangan terkecoh dengan teman masa kecil, gadis A terlihat dekat dengan si pilot. Gadis yang bisa memanfaatkan momennya bersama si pilot dengan baik, adalah gadis yang terpilih. 'Quality over Quantity'.
  7. Macross adalah nama kapal induk yang menjadi pusat keamanan koloni. Jadi nama akhiran Macross menunjukkan cabang koloni, misalnya Macross Quarter, Macross Galaxy, Macross Frontier, Macross Elyssium, dll.
  8. Dasar dari konsep Macross adalah musik merupakan bahasa universal. Semua masalah berawal dari musik, dan semua penyelesaikan memakai musik.
  9. Akan ada sahabat, keluarga, orang berpengaruh dengan MC atau Heroine yang tewas. Jadi jangan terlalu bersimpati dengan karakter support, hanya sekedar saran saja.
Macross SDF, tahun 1982. Minmay adalah teman masa kecil Hikaru, sedang Misa adalah atasan Hikaru di Macross. Minmay menjadi diva di Macross. Well, Hikaru memilih Misa. Ras manusia dan zentradi ternyata berasal dari nenek moyang yang sama. Zentradi dulunya adalah bangsa yang berbudaya, mereka gemar mendengarkan musik. Tapi karena memilih kultur militer, mereka melarang budaya, termasuk lagu. Ras manusia berperang dengan menggunakan lagu Minmay sebagai ujung tombaknya. Fokker, alias kakak kandung Hikaru, tewas. Juga bawahan Hikaru, entah siapa namanya yang gemuk, tewas dalam tugas.

Seri Macross terakhir sebelum Macross Delta adalah Macross Frontier. Ini seri yang cukup gila, bahkan produser anime ini membayar penyanyi profesional untuk menjadi pengisi suara dan menyanyikan lagu-lagunya, May'N (Sheryl) dan Nakajima Megumi (Ranka). Sheryl adalah diva dari Macross Galaxy yang datang ke Macross Frontier untuk membuat konser. Ranka adalah seorang gadis yang bermimpi menjadi diva di Macross Frontier, dan berhasil. Alto adalah siswa SMA penerbangan yang bekerja paruh waktu sebagai pilot SMS.

Macross Galaxy mengembangkan senjata biologis dari serangga angkasa, Vajra. Vajra yang masih dalam kepompong, diperdengarkan banyak sekali lagu sehingga ketika menetas, Vajra bisa dikontrol dengan kekuatan suara. Hingga akhirnya, diketahui kalau suara Ranka dan Sheryl bisa mengacaukan kontrol Vajra dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Seri ini, Alto memilih Sheryl. Sayangnya, Michelle...sahabat Alto, tewas.


  Lalu, bagaimana dengan Macross Delta? Well, kita akan coba melihat lebih dekat dengan mereview animenya per episode. Mungkin, ini akan menjadi review mingguan dari saya. Selera anime saya memang agak antik, saya selalu anti mainstream dari yang menurut para penggemar anime katakan anime paling menarik season ini. Season ini, bagi saya ini adalah anime yang paling menarik. Hmm...


x  x  x




Dahulu kala, tahun 1995 bumi hancur tidak bersisa setelah pertempuran antara manusia vs zentradi. Pertempuran tersebut berakhir damai, kedua ras sepakat untuk membaur dan menyebarkan koloni mereka ke luar galaksi. Timeline Macross Delta adalah tahun 2067, delapan tahun setelah kejadian terakhir di Macross Frontier. Koloni bumi menyebar di seluruh galaksi, salah satunya Windermere dan Ragna. Diceritakan, Windermere timbul pergerakan revolusi dan kerusuhan, sehingga banyak warga koloni Windermere masuk dalam daftar blacklist koloni planet lain.

Sekarang, ada masalah baru, yaitu Var Syndrome. Ini semacam sebuah kondisi dimana makhluk kehilangan akal sehat dan mengamuk. Belakangan ini, diketahui kalau setiap timbulnya kerusuhan Var Syndrome, diawali dengan terdengarnya sebuah lagu aneh dan menghipnotis orang-orang. Sebenarnya, jika rakyat sipil yang terhipnotis, efeknya tidak sampai ke level kerusuhan. Masalahnya, jika yang terhipnotis adalah tentara dan petugas keamanan yang memiliki akses ke persenjataan berat, ini jelas sudah masuk ke level kerusuhan.

Karena penyebaran sindrom tersebut lewat suara, maka dibentuklah sebuah tim khusus untuk melawan sindromnya. Mereka merekrut para penyanyi yang bisa menetralkan suara penghipnotis Var Syndrome, dan terbentuklah Walkure. Sederhananya, ini adalah girlband yang menjadi dokter sindrom tersebut. Lalu, dibentuklah skuadron delta sebagai pengawal pribadi girlband ini.

Di Macross Frontier, kita mendapatkan MC kita adalah seorang siswa SMA penerbangan. Disini, kita mendapatkan MC adalah seorang buruh mesin angkut di pelabuhan/bandara. Well jangan heran dengan pekerjaan awal yang aneh-aneh dari MC Macross ini, di seri pertamanya, Hikaru adalah seorang pilot atraksi udara sebelum menjadi pilot. Disini, Hayate Immelman adalah pemuda yang pemalas, tidak suka diatur, dia sering dipecat di berbagai tempat. Meski begitu, dia bisa dibilang sangat berpengalaman dalam mesin pengangkut kargo pelabuhan. Manajernya, memutuskan untuk memecat Hayate hari itu, dan mengatakan kalau hari itu adalah pekerjaan terakhir Hayate.

Ketika mengangkut kargo buah-buahan, dia melihat seorang penyelundup, Freiya Wion. Tentunya, Freiya berasal dari Windermere dan masuk secara ilegal. Freiya juga memakan isi kargo itu untuk mengisi perutnya yang kelaparan. Bisa ditebak, Hayate tidak peduli dengan tindakan Freiya, toh besok dia sudah tidak bekerja di tempat itu, 'kenapa gue harus peduli?'

Freiya mengatakan kalau dia ingin ikut audisi Walkure di Planet Ragna. Hayate mengatakan kalau disini adalah Al Shahal, planet Ragna ada di galaksi selanjutnya.

Team Walkure melihat pola kerusuhan sindrom Var, dan menduga kalau di kota ini akan terjadi kerusuhan dalam waktu dekat. Walkure menyebarkan anggotanya dan menyamar di planet ini. Olala, yang ada di depan kita adalah Mikumo, salah satu member Walkure yang menyamar.

Meski begitu, tidak berarti Freiya lolos dari petugas keamanan karena mencuri isi kargo. Hayate menyelamatkan Freiya dari kejaran petugas, dan secara tidak sengaja Mirage, salah satu member skuadron delta yang berpatroli melihat Hayate dan Freiya kabur menggunakan skuter. Sekilas, Freiya berteriak, ini jelas mengundang kecurigaan tentang apa yang terjadi.

Well, saya sendiri sulit untuk menjelaskan apa yang terjadi hanya dari gambar ini saja. Tapi tampaknya pembaca bisa menebak apa yang sedang terjadi.

Mirage Farina Jenius, pilot skuadron delta datang dan mengarahkan pistolnya. Menyebut Hayate hendak berbuat mesum ke Freiya. Kalau dilihat dari telinga Mirage, tampaknya Mirage adalah keturunan zentradi. Freiya kemudian panik dan meminta maaf karena mencuri di bandara. Akhirnya, salah paham terselesaikan.

Mirage, Hayate, dan Freiya...Well tampaknya trio cinta segitiga ini sudah terlihat sejak episode 1. Posisi ini mengingatkan saya dengan Macross seri pertamanya, dimana Mirage nantinya adalah senior Hayate ( Hikaru dan Misa), dan Freiya akan menjadi penyanyi populer di Walkure. Silakan penonton menebak-nebak, siapa yang akan mendapatkan hati Hayate! Seperti biasa, Freiya gembira ketika tahu Mirage adalah member skuadron delta, skuadron yang mengawal Walkure. Dia menganggap ini pertanda baik. Santai saja, biasanya separuh dari 25 episode akan berisi awal-awal asmara mereka. Baru ketika menginjak separuh terakhir, konflik asmara mulai ramai.

Terdengar suara aneh dan mulai merasuki beberapa warga. Seperti prediksi terburuk kita, beberapa petugas keamanan zentradi terhipnotis, dan mereka mulai mengamuk dengan menggunakan peralatan tempur mereka, termasuk Regulus, salah satu kendaraan tempur mereka dari jaman pertempuran awal.

Mencegah sindrom Var menyebar, Walkure muncul dan bernyanyi. Walkure ini juga menjadi idola masyarakat, tidak heran warga malah berkumpul dan menonton konser meski tahu di dekat mereka ada kerusuhan.

Skuadron delta muncul dan mengamankan para Regulus yang mengamuk.

Muncul portal di dekat planet Al Shahab, dan membawa skuadron valkyrie. Mereka sangat misterius, dan sepertinya mengabdi ke sebuah kerajaan yang disebut Wind Kingdom. Tujuan mereka jelas, mereka hendak menghabisi Walkure. Sepertinya, penyebar sindrom Var ini memiliki aliansi dengan skuadron valkyrie. Sebenarnya, nama skuadron valkyrie ini juga nama dari skuadron Hikaru di seri Macross SDF. Well, mungkin agak aneh jika mendengar nama tersebut dipakai penjahat anime ini.

Sudah lama sekali sejak terakhir kalinya saya menonton pertempuran antar pesawat tempur di galaksi...

Scene ini keren sekali!

Melihat para Walkure terus bernyanyi meski tahu ada skuadron valkyrie yang hendak membunuhnya, Freiya merasa antusias dan malah berusaha mendekat ke member para Walkure di pertempuran.

Diluar dugaan, suara nyanyian Freiya yang bernyanyi bersama Walkure mencatatkan sebuah reaksi dalam pengukur suara. Nada suara Freiya ternyata sangat cocok dengan member para Walkure. Artinya, suara Freiya memiliki potensi dalam menetralkan sindrom Var.

Melihat 'kegilaan' Freiya yang berlari ke medan pertempuran, Hayate tidak tahu harus bagaimana lagi untuk melindungi Freiya. Musuh yang mereka hadapi adalah kumpulan Regulus dan pesawat tempur asing, jelas bukan sesuatu yang bisa ditangani tangan kosong. Hayate melihat ada sebuah pesawat tempur jatuh, pilotnya terlihat cedera dan keluar dari kokpit untuk menerima penanganan medis.

"Screw this shit! I'm the MC of this anime!"
Seperti seri-seri Macross sebelumnya, mereka tidak sengaja masuk ke pertempuran, menggunakan pesawat yang bukan miliknya.

Well done Hayate!

Hayate memutuskan untuk memegangi Freiya di tangan pesawat dan membawanya terbang. Menurutnya, ini adalah keputusan terbaik karena dia tidak bisa melawan para Regulus itu. Entah mengapa, semakin lama Freiya menyanyi, hiasan hati di rambut Freiya bersinar semakin terang, suaranya seperti menembus kesadaran Hayate. Ini adalah adegan klasik dan merupakan trope dalam seri Macross. Di awal seri, pasti ada adegan MC memegangi salah satu heroine dengan tangan dan terbang di angkasa. Di seri SDF ada Hikaru dengan Minmay. Di Frontier ada Alto dengan Ranka. Lucunya, para gadis di adegan tersebut merupakan gadis yang tidak terpilih. Apakah ini hint kalau Freiya bukanlah si gadis? Hmm...Well, setidaknya adegan klasik ini menimbulkan perasaan nostalgia bagi penggemar franchise Macross.

Tentunya, keputusan Hayate ini seperti maju kena, mundur kena. Di udara sendiri ada pertempuran skuadron delta melawan skuadron valkyrie, sedang di bawah ada pertempuran Regulus melawan Skuadron delta. Karena ini bukan anime gundam, dimana MC sejak pertama masuk kokpit langsung bisa menghabisi banyak musuh, MC Macross bukanlah super-pilot, tentunya akan terkena tembakan dan membuat pesawat hilang kontrol. Akankah mereka berdua selamat? Mungkin itu pertanyaan terbodoh yang pernah saya tulis, tentunya mereka berdua pasti selamat, karena mereka berdua adalah dua dari tiga MC di anime ini!


"Musik adalah bahasa universal."
x Macross Δ Episode 1 | END x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar