Senin, 25 April 2016

[ REVIEW ] Macross Δ Episode 4 : Debut Yang Mengejutkan


x  x  x



  Pertama, mari kita off topic dari episode 4. Kali ini kita membahas tentang pesawat tempur di seri ini. Pesawat tempur milik militer antar-galaksi biasanya berkode VF, singkatan dari Variable Fighter. V dalam VF itu menandakan kalau pesawat tersebut bisa bertransformasi menjadi mode Gearwalk atau Battroid. Kalau kita menjelaskan dari seri awal, saya rasa akan menjadi panjang sekali. Jadi, kita akan menjelaskan pesawat yang muncul di seri ini.



Pertama, pesawat Skuadron Delta. VF-31 Siegfried.

VF-31 ini mengambil model dari pesawat Rusia, SU-47 Berkut.

Pesawat milik Antagonis kita, pesawat tempur dari kerajaan Windermere, SA-262 Draken III.

Draken III mengambil model dasar pesawat Swedia, Saab-35 Draken. Well, entah kebetulan atau tidak, nama pesawatnya juga sama, Draken.

Pesawat standar militer antar-galaxy, yang biasa disebut NUNS. Varian dari VF-17 Nightmare.

Nightmare mengambil model dasar pesawat USA F-117 Nighthawk. Mungkinkah kebetulan menamakan Nightmare karena mirip Nighthawk? Kebetulankah memberi kode 17 karena aslinya 117? Hmm...

Dalam seri Macross, MC bukanlah pilot ACE ataupun pilot berskill tinggi. Bisa kita tebak untuk seri delta ini, Messer merupakan pilot ACE dari Delta. Tentu ini bukan kabar baik karena pilot ACE menjadi incaran utama pilot andalan musuh, dalam hal ini Keith. Death flag Messer akan selalu muncul di tiap pertempuran.







REVIEW


Dalam episode kali ini, kita mendapati Heinz ini sepertinya memiliki masalah kesehatan. Buat yang belum tahu, suara nyanyian Heinz ini dinyanyikan oleh Melody Chubak alias penyanyi profesional. Suaranya sangat merdu, jika anda kurang familiar, dia gadis yang menyanyikan lagu Again and Again di OST Plastic Memories. Tentu ini agak menggelikan, karena Walkure ini seperti Girl Band. Jadi ini seperti sebuah guyonan dalam industri musik, Penyanyi Solo vs Girl Band.

Ternyata, Keith ini merupakan saudara Heinz. Buat yang belum tahu, rata-rata usia manusia Windermere itu 30 tahunan. Freiya sendiri berusia 14 tahun. Hayate dan Mirage? Hayate 17 tahun dan Mirage 18 tahun. Jangan tanya saya usia kapten Ernest, mungkin jawabannya mengerikan!

Untung para gadis ini menghentikan sambutan dari Kapten Ernest. Sambutan kapten tampaknya bukan salah satu bagian terbaik dari seri ini...

Ada semacam pesta perayaan diterimanya Freiya sebagai member Walkure, tentunya juga Hayate yang diterima menjadi skuadron delta.

Memang sialnya MC pria di Macross, selain bukan pilot ACE, pasti kalah macho dan tamvan dengan pilot ACE tim, disini adalah Messer. Oi Messer, itu gadis hendak PDKT denganmu...Jangan kaku begitu!

Disini ada request dari Randor untuk mengadakan konser disana. Ternyata, suara live saja yang bisa menetralkan sindrom Var, suara rekaman tidak memiliki efek apapun.

Arad dan Kaname tampak serius menceritakan situasi terkini. Mereka memang seperti pasangan yang cocok. Ngomong-ngomong soal pasangan, memang dalam seri Macross ini kisah asmara MC baru terasa di tengah seri. Yang terasa di awal seri malah asmara dari side character. Misalnya Macross SDF ada Roy Focker dengan Claudia, Max dengan Millia. Macross F ada Klan dengan Michelle, Ozma dengan Catherine. Saya sekarang curiga kalau di Delta ini ada Arad dan Kaname. Mereka sering berduaan, meski obrolannya tentang pekerjaan saja...Hmm

Harusnya MC Macross pria seperti ini, bwuahahaha...Disini Messer pulang lebih dulu dan standby di markas, ciri-ciri prajurit tulen. Tapi ini juga berbahaya, karena dia mulai menunjukkan Death Flag. Mungkin ada suatu episode dimana disana akan menjelaskan mengapa Messer menjadi prajurit yang ketat terhadap aturan dan berdedikasi tinggi. Kalau di skuadron delta ada pria dengan masa lalu misterius seperti Messer, bagaimana dengan Walkure?

Walkure juga memiliki Mikumo, gadis misterius. Mikumo ini terlihat paling profesional dari seluruh anggota Walkure, mirip siapa? Yeah, Messer di skuadron delta. Tapi Mikumo ini memilih tinggal terpisah dari member lainnya, seakan-akan memiliki hal yang misterius dari dirinya. Mungkin akan ada episode yang membahas tentang masa lalunya nanti, dan juga ini jelas-jelas menunjukkan Death Flag...Oh my...Tunggu dulu, bukankah ini membuat pasangan MesserxMikumo menarik...Hmm.

Pesawat milik Hayate kali ini adalah Siegfried biru, dengan kode delta 05.

Yang menurut saya menarik dari franchise Macross ini, yaitu bagaimana mereka terus berhubungan dengan seri lainnya, meski pemirsanya tidak perlu melihat seri lain untuk menonton delta. Lynn Minmay adalah seorang Diva di Macross, pemenang Miss Macross yang pertama. Hmm, lagu yang paling berkesan menurut saya adalah My Boyfriend is a Pilot. Terutama ketika dinyanyikan di tengah-tengah pertempuran.

Oh My...Jika anda pernah menonton anime-anime pop idol di sekolah, adegan seperti ini...Hmmm.

Well, Freiya tampak gugup di konser perdananya.

Ini yang membuat seri Macross terasa berbeda, musiknya. Di episode ini kita disuguhi lagu baru yang catchy di telinga kita.

Tentunya, Hayate dengan goyang immelman-nya ...

Roid memerintahkan Keith untuk menggerakkan pasukannya dan menyerbu konser Walkure.

Ketika skuadron valkyrie muncul, pasukan militer mengirimkan bantuannya untuk membantu skuadron delta.

Hoo, jadi begini caranya. Heinz bernyanyi di sebuah ruangan yang dindingnya dipenuhi batu fold, sehingga suaranya terdengar lebih kuat. Setelah itu, portal mengirimkan suaranya ke planet yang dituju.

Ketika skuadronnya dibully Messer, Keith datang dan mengejar Messer.

Keith langsung mengenali Messer dari pertempuran pertama mereka di Al Shahal. Hmm...melihat bagaimana rune di rambut Keith menyala, tampaknya Keith ini sejenis maniak perang.

Jika melihat bagaimana Messer tersenyum, tampaknya Messer juga maniak perang. Mungkin ada baiknya mereka berdua ini dipasangkan (Yaranaika mode).

Hayate menyelamatkan Ranka Freiya yang hampir ditembak oleh tentara NUNS yang terinfeksi sindrom Var.

Mikumo menunjukkan bagaimana seharusnya Walkure yang profesional bekerja, dia terus bernyanyi karena itulah tugas mereka.

Pilot NUNS yang terinfeksi itu sembuh berkat suara Mikumo, lalu Freiya ikut bergabung dengan Mikumo untuk bernyanyi.

Namun kapten Ernest memotong komunikasi dan memberitahu kalau serangan ke Randor itu hanyalah pengalih perhatian, pesawat tempur yang serupa dengan skuadron Valkyrie itu menginvasi planet Vordor.

Tiba-tiba, skuadron Valkyrie dari Keith itu mematikan mode menyamar mereka. Seluruh tubuh pesawat mereka memperlihatkan bentuk asli dan kesatuan militer mereka.

Ternyata, skuadron yang memakai alias Valkyrie itu hanyalah nama samaran. Aslinya, mereka adalah militer dari Windermere, Aerial Knight.

Tentunya, Freiya yang besar di Windermere mengenali Roid, yang menjadi penasehat kerajaan Windermere. Tapi yang tidak Freiya pahami, mengapa Windermere menyatakan perang terhadap seluruh galaxy...Tentunya, Windermere punya kartu As dalam peperangan ini, yaitu sindrom Var. Militer antar-galaxy tidak bisa mengirimkan pasukannya begitu saja untuk melawan mereka...




x Bonus x



Maximilian adalah bawahan Hikaru di skuadron Valkyrie, seri SDF. Nama lengkapnya adalah Maximilian Jenius. Dia adalah pilot ACE di seri tersebut. Max berakhir menjadi kapten kapal seven.


Milia Fallyna adalah pilot ACE dari Zentradi. Karena kalah dari Max dalam pertempuran pesawat tempur, Milia menyusup ke Macross dan hendak mengajak Max berduel (lagi). Yeah, akhir dari kisah mereka berdua adalah mereka menjadi sepasang kekasih, dan menikah. Milia berakhir menjadi wali kota seven.



Mirage Fallyna Jenius adalah cucu dari pasangan Max-Milia. Fallyna menunjukkan kalau dia merupakan keturunan Fallyna, Zentradi. Jenius merupakan nama keluarga bawaan dari kakeknya, Maximilian.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar