Minggu, 24 April 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : Ending Zoku vs Ending Volume 11?


x  x  x



  Seperti biasa, for fun menemani akhir pekan anda setelah seminggu dijejali translate serius tentang hubungan Yui-Hachiman. Saya selalu menaruh analisis saya di akhir translate, namun itu bukanlah 100% kebenaran, karena 100% kebenaran adalah kata-kata dari Watari langsung, seperti review yang pernah ditulis Watari sendiri tempo hari, memang tidak bisa kita sangkal. Jika ada yang bertanya mengapa saya menulis komentar ataupun analisis di akhir chapter terjemahan, itu karena saya 140% yakin pembaca ingin tahu apa yang ada di pikiran translator.

  Kali ini, kita berbicara ending Zoku sendiri. Banyak yang tidak puas karena menggantung. Jika anda bertanya kepada saya mengapa begitu, jawabannya sederhana, karena animenya banyak sekali menghilangkan adegan dan monolog penting sehingga pemirsa tidak bisa memperoleh info-info penting mengenai jalannya cerita.

  Di artikel ini, saya akan memisahkan komentar sebagai pemirsa anime, dan pembaca LN. Saya akan melihat arc terakhir anime ini, episode 12-13. Lalu setelah episode 13, saya akan menuliskan komentar terpisah mengenai kesimpulan seri ini. Komentar pemirsa anime saya tulis dengan huruf biasa, komentar pembaca LN akan saya tulis dengan huruf miring.

  Jika ada yang bertanya soal vol 12, saya tidak tahu kapan rilis ataupun ceritanya seperti apa. Yang tahu hanya Watari. Penulis novel tidak wajib untuk good ending, best girl win, dll. Apalagi Watari sendiri sudah rilis LN barunya. Juga saya tidak berminat untuk membeli versi asli Jepun dan menterjemahkannya. Sebenarnya harga novelnya tidak mahal, 600Yen (kurang dari 200rb) dan bisa meminta tolong teman saya yang mahasiswa Sastra Jepang. Tapi malas 'lah', biar orang lain saja yang melakukannya. 





x x x



Memangnya bagaimana cara Haruno mengontak Hachiman untuk bertemu di kafe? Lewat Yukino? Mendatangi sekolah?
Haruno meminta nomor HP Hachiman ke Hayama, dimana Hayama memperoleh nomor Hachiman waktu hendak mengatur jadwal kencan ganda dengan Kaori Cs. Tentunya, memberikan nomor orang dengan mudah bukanlah hal yang terpuji, Hachiman bahkan memaki Hayama 'Bajingan!'.

Berbicara coklat Valentine mengingatkan Hachiman dengan request kue Yui, apakah Hachiman berharap menerima coklat valentine Yui? Flashback terjadi di lorong sekolah, pasti Hachiman berpikir tentang coklat valentine Yui.
Flashback ada di kelas. Flashback terjadi setelah Miura menjawab membuat coklat itu sulit baginya, dan memilih untuk tidak membuatnya. Karena flashback terjadi setelah Miura mengucapkan alasannya, jelas pemicu flashback adalah alasan Miura. Dengan kata lain, ada hubungannya dengan Miura dan request kue Yui, yaitu alasan Yui tidak meminta bantuan Miura. Yui bilang kalau Miura menganggap membuat kue sudah ketinggalan jaman. Sedang di vol 11 Miura sendiri bilang tidak bisa membuat kue. Artinya, Yui berbohong di request kue tersebut.

Kenapa Hachiman tiba-tiba mengajak Yui keluar bersama? Hachiman pasti melihat Yui ini menarik dan ingin mengajaknya kencan!
Hachiman teringat kalau setiap valentine dia diberi coklat oleh Komachi. Tapi tahun ini 14 Feb Komachi harus ujian di SMA Sobu, jadi Hachiman ingin membalas Komachi dengan membelikannya hadiah. Karena di vol 10 Komachi bilang selera belanja Yui sama dengannya, maka Hachiman mengajak Yui untuk membeli hadiah untuk Komachi.

Tidak ditampilkan di anime.
Setelah persiapan OSIS-Klub Relawan selesai untuk event memasak coklat, Hachiman berkata dalam monolognya. Hachiman tahu kalau keakraban Yui-Yukino banyak basa-basinya. Dan jika kebenaran dalam request kue Yui tempo hari terbongkar, maka keakraban Yui-Yukino tidak akan ada lagi.

Tidak ada di animenya.
Kaori mendekati Hachiman dan mengajaknya mengobrol tentang antusiasme event ini, Yukino terlihat kesal melihat hal itu dan terjadi 'perang dingin' antara Kaori dan Yukino.

Hachiman dan Hayama kebetulan berdiri bersama-sama dan mengobrolkan berbagai hal mengenai event ini.
Hayama mengambil 2 kursi dan menaruhnya di depan meja memasak Miura, lalu mengajak Hachiman duduk di sebelahnya dengan mentraktir Hachiman sekaleng kopi hitam. Mereka mengobrolkan berbagai hal seperti yang ada di anime. Tapi ini jelas berbeda, Hachiman dan Hayama terlihat lebih dekat, seperti sahabat. Apakah ini berarti Hayama sudah tidak menganggap Hachiman sebagai lawannya?

Tidak ditampilkan di animenya.
Hachiman mengepalkan tangannya ketika tahu Hayama pernah menerima coklat di hari valentine dari Yukino semasa SD.

Jarak Hachiman-Yukino lebih dari setengah meter.
Jarak wajah Hachiman dan Yukino hanya beberapa cm.

Tidak ditampilkan di anime.
Yui mengepalkan tangannya melihat adegan Hachiman-Yukino yang wajahnya hampir bersentuhan.

Tidak ditampilkan di animenya.
Hachiman mengatakan saat ini dirinya gelisah dan khawatir. Sensei bisa membaca apa yang terjadi karena Hachiman baru saja mendengar soal Yukino yang pernah memberi Hayama coklat. Sensei mengatakan kalau Hachiman sudah berkembang lebih baik karena bisa merasakan perasaan, yaitu gelisah dan khawatir dari dulunya yang hanya monster logika. Sensei juga menasehati Hachiman agar tidak terlalu melihat masa lalu Yukino, karena itu bisa membuatnya semakin jauh dari Yukino.

Tidak ditampilkan di animenya.
Ibu Yukino mengamati Hachiman dari balik kaca mobilnya.

Hachiman berpisah dengan Yui, dan ada monolog tentang dimana mereka bisa menemukan diri mereka yang sebenarnya.

Dalam monolognya, Hachiman berkata baik dirinya dan Yukino memiliki sebuah hubungan. Hubungan antara keduanya itu terpasung oleh orang lain. Hachiman menolak memberi nama hubungan itu, karena takut suatu hari bisa hancur. Baik Hachiman dan Yukino, tidak bisa menjadi diri mereka sendiri karena mereka harus bersikap sesuai harapan orang lain. Mudah saja kita menebak kalau Yukino tertindas oleh tirani ibunya, sedang Hachiman harus selalu 'memberi harapan' kepada Yui. 

Tidak ditayangkan di animenya.
Hachiman dan Yukino curi-curi pandang di sore hari tanggal 13 Feb, mereka berdua tahu kalau besok sekolah libur, jadi peluang memberikan coklat valentine adalah hari ini.

Tidak ditayangkan di animenya.
Hachiman semakin salah tingkah ketika tahu Yukino tadi malam membuat kue di apartemennya. Hachiman tidak menerima satupun kue dari Yukino hari itu, dan menduga akan ada sesuatu dari Yukino. Duga dan menduga...Yeah tidak perlu orang pintar untuk menyimpulkan kalau Hachiman tahu dia akan menerima coklat valentine dari Yukino hari itu.

Memangnya apa alasan Haruno harus tinggal dengan Yukino mulai hari itu? Kenapa Haruno bilang harusnya Yukino tahu alasannya? Sebenarnya apa alasannya?
Mudah saja, lihat bagaimana Ibu Yukino mengamati Hachiman di vol 11 chapter 6. Lalu vol 3 chapter 4 Haruno sudah memperingatkan Yukino agar tidak 'main-main' karena hidup sendirian di apartemen. Pembaca LN bisa menebak kalau Haruno memberitahu Ibunya, 'Yukino sekarang punya pacar, dan diantar pacarnya pulang ke apartemen'. Punya putri tinggal sendirian di apartemen dan sekarang putrinya punya pacar? KIRIM HARUNO DAN SURUH DIA TINGGAL BERSAMA DENGAN YUKINO!

Hachiman pasti menyukai Yui, menerima ajakan kencannya Yui begitu saja.
Hachiman menerima ajakan Yui karena Hachiman memiliki hutang kencan, vol 6 chapter 7, kue panggang madu.

Kenapa Yui menyuruh Hachiman untuk menyusul Yukino? Sebenarnya ada apa dengan adegan Hachiman-Yukino di gambar ini?
Yui pura-pura memotret dengan HP-nya dan menyuruh Hachiman menyusul Yukino. Lalu Yui muncul setelah Yukino bercerita tentang situasi dirinya dan keluarganya kepada Hachiman. Mudah saja, Yui tahu Yukino ada masalah dengan keluarganya. Yukino tidak mau bercerita detail mengenai dirinya. Lalu Yui membuat situasi agar Hachiman dan Yukino berduaan, lalu mengintipnya. Benar saja, Yukino menceritakan situasinya kepada Hachiman.

Hachiman flashback, teringat kalau kue itu merupakan request terdahulu.
Hachiman dalam monolognya mengatakan kalau sejak dulu dia sudah punya dugaan mengenai request kue Yui ini. Artinya, Hachiman sudah tahu kalau pria yang disukai Yui adalah dirinya. Masalahnya, bagaimana respon Yukino yang sadar kalau kue yang diterima Hachiman itu adalah kue yang seharusnya diberikan kepada pria yang disukai Yui. Jika Watari konsisten dengan tulisannya, maka jawabannya jelas, cinta Yui bukanlah hal yang genuine, dan Hachiman akan menolak hal itu (vol 3 chapter 6).

Hubungan mereka bertiga mengambang...Tidak jelas...Hachiman tidak mengatakan apapun soal hubungan mereka...
Hachiman dalam monolognya mengatakan 'situasi ini akan lebih mudah jika Hachiman menerima perasaan Yui itu. Tapi masalahnya, membenarkan hal yang salah apakah bisa dijadikan pembenaran?'. Yeah, saya kira jawaban Hachiman jelas disini.

Ending tidak jelas...Hachiman jelas-jelas menyukai Yui.
Kira-kira request Yukino apa ya?





x  x  x

14 komentar:

  1. Bukan kah hachiman menyukai Yukino? ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang ditulis huruf normal adalah kesan pemirsa anime.
      Yang ditulis huruf miring adalah kesan pembaca LN...

      Hapus
  2. Berarti kk nya yukino membenci hachiman yh min??
    Alasanya kenapa min...tolong dijawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak membenci. Haruno melihat kalau apa yang Hachiman yakini saat ini, bertentangan dengan apa yang dia lakukan. Haruno hanya berusaha mengoreksi dengan gayanya sendiri.

      Hapus
    2. Paham bener kalimat nya min,gua aja pusing liat kalimat² nya-_

      Hapus
  3. nih, jadi tu sebenrnya Yukino udah menang dari si yui.. pas yui ngangguk itu dia abis ditanya apakah dia tidak keberatan jika hachiman dan yukino berpacara.. yui menganghuk iya

    BalasHapus
  4. Min jadi sebenarnya hatchiman suka ama siapa? Dan siapa yg menang yui atau yukino?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hachiman suka Totsuka dan Komachi. Yang menang Watari Wataru.

      Hapus
  5. wuih,, mantap ripiunya.. jadi sedikit paham dgn keseluruhuan anime ini,, udah 2x nonton (s1s2) masih terlalu berat untuk dimengerti animenya.. kalo soal Yui ke Hikki sih, mudah di mengerti,, yg sangat sulit dipahami,, perkembangan Yukinon ke Hikki. ampe beberapa kali ane puter ulang dialognya biar paham..tapi ttp berat buat ane untuk paham. ditambah masalah yukinon dengan keluarganya yg melibatkan Hikki. dlm hati bertanya, emang ada semacam perjanjian apa si haruno ama Hikki. awal2 haruno suka nyomblangin si Hikki x Yukinon (inget obrolan pesta kembang api Haruno x Yui x Hikki), dan akhirnya paham setelah baca tulisan ini. "Haruno melihat kalau apa yg di yakini hachiman saat ini, sangat bertentangan dengan apa yg dilakukan".

    Lanjut review LN Vol 12 nya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Direkomendasikan untuk baca LN-nya dari volume 1.

      Hapus
  6. pokoknya....ni anime bangsat banget sih klo gak ada lanjutannya....anjng lah

    BalasHapus
  7. apakah iroha ada rasa suka ke hachiman soalnya season 2 ama season 3 nampaknya agak beda ?

    BalasHapus