Rabu, 08 Mei 2019

A Long Holiday Comes to An End

Pada 19 Mei 2018, menandakan postingan terakhir saya.

Setelah itu saya memutuskan vakum.

Tepat satu tahun setelahnya, 19 Mei 2019, saya akan mengerjakan kembali proyek Oregairu.

Kemana saja saya selama ini?

Saya tidak kemana-mana.

Tetap di pekerjaan yang sama.

Tetap di rumah yang sama.

Masih aktif di media sosial yang sama, konten yang saya posting juga kurang lebih sama.

Lalu mengapa selama ini berhenti translate Oregairu?

Saya ingin memberikan waktu yang lebih lama, agar diluar sana rilis translate bahasa Inggris yang lebih bagus untuk volume 12 dan 13.


x X x


Pekerjaan translate yang saya lakukan selama ini, murni saya lakukan dari nol. Saya tidak copy pekerjaan orang lain. Coba perhatikan dahulu...

Sebelas volume reguler.

Tiga volume ekstra di (6.5), (7.5), dan (10.5).

Tujuh volume spin-off ANOTHER.

Ini belum side-project lainnya.

Kurang lebih, saya mengerjakan total 21 volume light novel Oregairu. Saya tidak tahu apa ada orang diluar sana yang mendedikasikan dirinya untuk hal gratis seperti ini.

Belum lagi, setelah translate rilis, saya masih membaca berulang-ulang terlebih dahulu, hanya untuk memastikan tidak ada typo. Sad.

Kebanyakan, saya mengerjakan translasi setelah jam pulang kantor hingga larut malam. Yeah maaf, saya bukan pengangguran ^_^!


x X x


Cara translate saya agak berbeda, saya menggunakan "re-telling" atau bercerita ulang. Saya mencoba memahami dulu apa yang kalimat dan paragraf ini coba katakan, lalu menceritakan kembali dengan berusaha mempertahankan strukturnya semirip mungkin.

Saya bisa menjamin, anda yang membaca translate disini akan merasakan satu hal...

Bukan translate yang terbaik...I believe it so.

Tapi Anda merasa akrab dengan cara penuturannya...

Seperti...Berusaha bercerita kepada Anda.

Dan mohon maaf apabila masih ada kesalahan disini dan disitu, karena saya tidak pernah mengenyam pendidikan formal Bahasa Inggris. Semua murni otodidak.

Oke sebenarnya tidak otodidak, tapi terimakasih kepada semua game Nintendo dan PlayStation yang sudah membimbing saya.


x X x


Lalu, mengenai pendapat pribadi saya setelah translate.

Dulu, saya mencoba menahan diri untuk tidak berkomentar. Namun, ternyata keinginan untuk bersuara itu lebih besar daripada kemauan untuk diam.

Meski begitu, saya selalu menaruh sumber argumen saya, lengkap dengan volume dan chapternya. Jadi pembaca bisa langsung memeriksa apakah itu benar atau hanya komentar emosi sesaat.

Saya percaya, dengan adanya hal seperti itu, bisa membuat para pembaca tetap objektif dan dapat merasakan alur cerita yang terkoneksi dengan kejadian di masa lalu.

Entahlah, saya merasa berdebat berdasarkan emosi hanyalah buang-buang waktu.

Atau saya sudah semakin tua untuk melayani omong kosong itu.


x X x


Mengenai gadis terbaik...

Naah. Menurut saya, apapun bisa terjadi di volume terakhir. Bisa juga berakhir dengan Hachiman tetap memilih jalan penyendirinya.

Trus ngapain baca dari volume 1?

Sebenarnya, saya juga ragu kalau sejak awal Hachiman dalam hatinya merasa terbuka untuk menerima gadis lainnya.

Menurut saya, sejak awal masuk SMA Sobu, Hachiman sebenarnya sudah menyukai seorang gadis. Kalau memang omong kosong soal insiden kecelakaan itu dan nice girl benar, seharusnya Hachiman berlaku adil juga kepada Yukino. Harusnya Hachiman merasa kalau kedekatannya selama ini hanyalah bentuk empati Yukino karena sudah menjadi korban tabrakan mobilnya.

Disini, Yui hanyalah korban. Hachiman hanya mencari-cari alasan dan pembenaran.

Butuh satu chapter (volume 2) bagi Hachiman untuk bersikap tegas kepada Yui tentang Nice Girl. Sedang Hachiman butuh satu setengah volume (volume 5 dan separuh volume 6) untuk memikirkan kembali apakah dia akan mengatakan secara langsung ke Yukino kalau selama ini dia hanyalah Nice Girl.

Mengenai sikap Yui yang sengaja masuk Klub hanya untuk mendekati Hachiman...Ayolah, kita semua waktu SMA juga begitu!

Tentang Iroha. Menurut saya, Iroha agak terlambat untuk diperkenalkan. Ketika hubungan Yukino dan Hachiman berada di titik terbawah (volume 8), interaksi Hachiman hanya terbatas ke Yui, Komachi, dan Zaimokuza. Membuat plot di volume 8 terasa boring.

Iroha membuat situasi volume 8 mendingan.

Watari juga terlihat memilih jalur aman dengan memberikan tipe karakter Iroha yang bisa diterima semua pembaca. Adik kelas yang mempesona? Kita semua punya itu ketika SMA.

Sebenarnya, saya lebih suka Watari memperkenalkan gadis dengan karakter yang anti-mainstream. Yukino adalah tipikal gadis mainstream di sekolah dan anime. Yui juga tipikal gadis yang sering kita lihat di sekolah. Apalagi Iroha...

Saya lebih suka jika gadis yang diperkenalkan itu karakternya seperti Saki atau Ebina. Karakter Saki dan Ebina terasa fresh ketika Hachiman berinteraksi dengan mereka. Selalu ada hal baru dan selalu ada hal menarik yang terjadi ketika mereka berinteraksi.

Mengenai Haruno. Gadis ini mungkin lebih tepatnya, penggerak plot cerita ketika MC tidak bisa menggerakkan plot cerita alias stagnan. Haruno mirip dengan Sensei, mereka berdua sebagai penggerak cerita ketika MC stagnan. Yep, mereka berdua mirip Bad Cop dan Good Cop.

Misalnya, klimaks volume 6 adalah Insiden Sagami di atap gedung. Dipermalukan oleh Hachiman di rapat slogan tentu belum cukup untuk membuat kegilaan itu. Disitulah Haruno datang dan mendorong Sagami dengan menegaskan kalau kepanitiaan festival bisa berjalan baik karena Yukino, padahal ketuanya Sagami, alias tidak berguna.

Lalu ketika volume 8, kencan ganda. Intinya disana Hachiman berkencan dengan Kaori dan Yukino tiba bersama Yui. Tapi, yang punya janji kencan adalah Hayama. Mustahil membuat Hachiman dan Hayama pergi ke kencan ganda bila mengingat hubungan keduanya. Butuh Bad Cop? Kirim Haruno.

Volume 9, Hachiman tidak bisa menemukan jawaban atas kebuntuan hubungannya dengan Yukino, karena harus membutuhkan faktor eksternal (saran) untuk mengarahkan Hachiman agar Hachiman yang bertindak terlebih dahulu. Melihat bagaimana ke-egoisan Hachiman selama ini, mustahil rasanya kalau Hachiman akan datang dan mengaku semua itu salahnya. Butuh dorongan. Maka Good Cop dikirim, Sensei datang untuk membagi pengalaman dan nasehat.

Dan seterusnya.

Sebenarnya, masih ingin bercerita ini dan itu. Tapi...Mungkin akan memakan banyak sekali space.

That's all for the girls.

Kembali lagi, itu hanya komentar saya saja. Setiap orang punya pandangan berbeda-beda. Itulah gunanya kolom komentar.


x X x


Terakhir, saya hanya menggunakan sumber translate vol 12 dan 13 seadanya saja, apa yang beredar di internet, itulah yang saya kerjakan.

Kalau kualitasnya kurang bagus, mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Kalau mau bantu mengirimkan translasi yang lebih bagus (menurut anda), silakan kirim ke email saya.

Mengenai side project, apakah Biblia lanjut?

Kembali lagi mengapa dinamakan side-project, hanya dikerjakan bila ada mood. Kalau ada keinginan untuk translate, akan saya lanjutkan lagi.

Review anime? Maybe next season.


x X x


Terima kasih atas support, saran, dan caci makinya. Translasi akan saya lanjutkan pada 19 Mei 2019, semoga saja cepat selesai dan rilis (kalau tidak mager).


Penulis Blog,

Aoi






43 komentar:

  1. AKhirnya ada kabar juga setelah setaun ditunggu min, semangat mengerjakan translate nya min..Selalu fresh membaca translate an dari agan

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Hanya 1 yg gw inginkan.
    Yaitu kabar admin gimana..
    Dan gw bersyukur admin baik² saja.
    Silang translate gw hanya bisa menunggu .
    Jujur saja ini blog translate terbaik menurut saya.

    BalasHapus
  4. Wohoo... Our legend is back. Akhirnya saya gak jadi penasaran gara-gara nunggu manganya ch 68 gak kluar-kluar. Semangat pak!!

    BalasHapus
  5. Finaly. Good luck min. Udh ada kabar s3 jg nih. Hehe

    BalasHapus
  6. OMG OMG OMG, welcomeback bang Admin! Bener-bener bulan berkah ni puasa, hahahaha. :D

    BalasHapus
  7. Ditunggu ya min translate nya?

    BalasHapus
  8. I'll keep support u admin,lakukan aja apa yg harus kau kerjakan,berikan terbaik tanpa didasari suatu paksaan,semangatt

    BalasHapus
  9. Akhirnya ada kabar dari admin.,memang hasil TL an admin beda dari yang lain.,seperti Authornya sendiri yg TL.,semangat terus min.,lanjutkan sampai tamat.,dan juga aku suka banget review nya admin.,sejauh aku baca dan pahami memang gak jauh beda dari riview admin., Yang penting kita tunggu hasil karya admin.,

    BalasHapus
  10. Welcome back min ^^
    I can't wait to see you soon ☺

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. wih admin nya balik lagi, lanjut translate oregairu lagi dong bang
    btw aku kangen UwU

    BalasHapus
  13. Makasih banget pak DanieD mau lanjutin proyek transltra oregairu lagi, semoga selalu di beri kesehatan, dan mood yang baik agar bisa lanjut translate ln oregairu pak

    BalasHapus
  14. bahaha jadi pen komentar juga :)

    BalasHapus
  15. terimakasih min atas "ketulusannya" dalam berbagi, kalah bisa saya akan menangis seperti hachiman hahaha

    BalasHapus
  16. Akhirnya. Makasih buat kerja kerasnya min.

    BalasHapus
  17. WELCOMEE BACKKK ADMINNNN!!!

    BalasHapus
  18. Vol 13 nya kan belum ada yang translate min :(
    Welcome back btw!!
    Setia menunggu admin sampai sekarang

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Hai min,

    Welcome back! Selalu setia beberapa minggu sekali coba cek blog ini, haha. Salut banget dengan ketulusan admin, apalagi ditengah kesibukan kerjanya. Mungkin tidak bisa dalam bentuk materi, tapi semoga rasa terima kasih saya dan orang-orang lain yg sama-sama setia dukung admin bisa jd penyemangat dan dorongan bg admin!

    BalasHapus
  21. Welcome back \^•^/ dulu dari baca vol 11 udah gak tahu berapa kali bolak-balik kesini. Lalu berhenti cek tapi sekarang sambil berharap cek lagi kesini dan nemuin postingan ini senengnyaaa.. trans-nya paling sugoi dari yg lain dan tentu komentar tmbhan dari admin yg juga kubaca semua. I always support U. Hanya bisa berdoa semoga admin selalu sehat, lancar pekerjaannya, dan selalu lancar urusannya. I am happy. Dan matur nuwun sangat udah bagi gratis trans ini. Good luck always, min.

    BalasHapus
  22. udah selama setahun gw bolak balik nge cek update akhirnya ada kabar
    thank you for your dedication to translate our favourite story,
    may god bless you always

    BalasHapus
  23. akhirnya admin balik juga, semoga sehat dan tetap sukses min, kita juga santai kok min nunggunya apalagi penikmat gratisan, dan sekali lagi semoga sehat terus min

    BalasHapus
  24. Semangat min, saban inget akun zcaoi saya lalu browsing. Dan akhirnya kabar itu datang.

    BalasHapus
  25. Mantap min , yg semangat tlnya. Dari banyak ane bacaln tl indo tl aoi paling best

    BalasHapus
  26. Di reddit udh ada min vol 12 & 13, untuk kualitas mungkin bisa dicek sendiri.

    BalasHapus
  27. selamat datang kembali min, kutunggu ku kutunggu

    BalasHapus
  28. Biblia mohon dilanjut min, udah terlanjur baca, jadi penasaran ama kelanjutannya.

    BalasHapus
  29. Welcome back! Sans klik iklan kok :v

    BalasHapus
  30. Entah dari bulan berapa saya melihat blog ini tiap saya buka internet.
    Udah putus harapan saya buat ngebaca vol 12 dari admin.
    Eh gak taunya mau di lanjut lagi (yatta) :v.
    Makasih min atas kerja kerasnya dari dulu dan masa yang akan mendatang, saya harap novel oregairu tamat di blog ini.
    Dan juga welcome back min, semoga di beri kesehatan dan rezeki yang berlimpah

    BalasHapus
  31. first good job for your hard work... lalu tentang cara transale agan itu udah pas banget.. soalnya novel yang cukup berat klau cma translate gitu aj terkadang lebih susah dimengerti walaupun di translatenya bagus... keep your hard work....

    BalasHapus
  32. min saya punya volume 12 masih bahasa inggris bisa minta tolong translate ga min

    BalasHapus
  33. ADA YANG TAU FACEBOOKNYA ADMIN GK ?

    Pnasaran aja

    BalasHapus