Kamis, 26 Mei 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : Yuigahama Yui

  Kalau saya memang berat sebelah ke Yukino, saya tidak akan mau membuat artikel ini...Bahkan saya sampai mencari tahu rumah Yui! Menurut saya, Yui ini adalah gadis tercantik jika kita membicarakan level SMA.
x x x




  Jika anda bertanya kepada saya, gadis paling cantik di cerita ini, maka saya akan mengatakan Yuigahama Yui. Tentunya, itu dari sudut pandang siswa SMA Sobu.

  Semua fitur dari Yuigahama Yui merupakan pacar impian dari seluruh siswa SMA. Masalah intelegensi dan tidak bisa memasak tentu kita kesampingkan, karena jika kita ini siswa SMA, mengapa harus mempermasalahkan itu?

  Yui tinggal di Kota Chiba, jalan kaki atau naik bus dari SMA Sobu. Keluarganya tinggal di sebuah rumah apartemen, err...mungkin kerennya kondominium.

  Ibu Yui adalah ibu rumah tangga. Jika melihat keluarganya bisa tinggal di pusat kota, di sebuah kondominium, hanya Ayah yang bekerja, kemungkinan besar Yui ini berasal dari keluarga ekonomi atas.





  Dalam Oregairu, selain misteri berapa usia Hiratsuka-sensei, ada misteri lainnya yang pernah dibahas di volume 6.5 spesial, yaitu "bagaimana Yui bisa lolos ujian masuk SMA Sobu".

  Cita-cita Yui sendiri adalah menjadi ibu rumah tangga. Menurut volume 10.5, Yui akan bekerja sampai dia menikah, setelah itu dia akan berhenti bekerja dan menjadi ibu rumah tangga. Jika melihat bagaimana Ibu Yui tahu soal Hachiman di volume 11 chapter 7, kemungkinan besar Ibunya merupakan orang terdekat di keluarganya. Juga, besar kemungkinan cita-cita menjadi ibu rumah tangga terinspirasi dari Ibunya.

  Kadang masih ada saja yang bertanya iseng tapi terdengar mustahil, rumah Yui sebenarnya dimana sih? Jujur saja, itu adalah pertanyaan yang berat. Tapi karena ini hanya for fun, challenge accepted!




  Volume 11 chapter 7, Hachiman memberitahu kalau rumah Yui ada diantara sekolah dan stasiun terdekat. Sekolah disini adalah A, stasiun terdekat itu sendiri adalah stasiun Inage, B.


  Di volume dan chapter yang sama, dijelaskan keluarga Yui tinggal di kompleks kondominium. Hanya ada satu kompleks kondominium diantara Stasiun Inage dan SMA Sobu (SMA Inage) (gambar atas - tanda orange).


  Selamat, anda menjadi stalker rumah Yui! Meski nama dan tempat fiktif, tapi semuanya berdasarkan lokasi asli. Misal SMA Sobu (SMA Inage), Destiny Land (Disney Land), dll. Untuk SMA Sobu, kita akan bahas di for fun yang lain.

  Pada hari pertama masuk SMA Sobu, kira-kira satu jam sebelum masuk sekolah, Yui mengajak jalan-jalan Sable. Tali pengikat leher Sable lepas dan berlari ke arah jalanan. Hachiman menyelamatkan anjingnya, dengan resiko tulang kakinya retak.

  Dalam kuisioner konseling volume 1, Yui menuliskan kalau di album kelulusan SMP dia juga berharap teman-temannya bisa berkumpul lagi. Dengan kata lain, Yui memang sejak dulu suka bersikap akrab dengan orang lain.

  Meski Yukino juga populer, tapi siswa-siswa SMA Sobu lebih memilih mendekati Yui daripada Yukino, volume 6.5. Bahkan, Tobe sendiri bercerita kalau Yui ini adalah gadis yang sangat populer di kalangan siswa SMA Sobu, vol 4 chapter 5.

  Aroma citrus merupakan aroma khas parfum Yui (Saya kok malah seperti Stalker!)











VOLUME 1

  Yui adalah gadis ketiga yang dibahas di LN, tapi jika membahas kemunculan, maka dia gadis kedua. Kaori sendiri baru muncul di volume 8. Yui muncul di chapter 3, dia melakukan konseling dengan Hiratsuka-sensei, berharap ada yang mau membantunya membuat kue. Oleh Hiratsuka-sensei, diarahkan menuju Klub Relawan. Menurut pengakuan Yui, dia ingin memberikan kue tersebut ke pria yang disukainya, karena begitulah konon katanya teman-temannya punya pacar.

  Diketahui di volume 11, kalau alasan Yui tidak meminta bantuan Miura dan Ebina ternyata bohong. Yui memang tidak meminta tolong Miura dan Ebina. Fakta kalau Ebina sering ditembak cowok dan Miura menyukai Hayama, harusnya Yui berani mengatakan siapa pria yang disukainya ke Miura dan Ebina. Hanya ada satu alasan mengapa Yui tidak berani mengatakannya, si pria adalah orang yang dibenci grup mereka atau tidak selevel dengan mereka.

  Yui resmi menjadi bagian Klub Relawan, dan menyebut Yukino adalah temannya. Aneh bin ajaib, Yukino tidak keberatan.

  Yui tidak ragu bolos kegiatan Klub Relawan, namun mengatakan alasannya kepada Yukino. Dalam chapter 8, Yui tidak hadir ke klub karena jalan-jalan dengan Miura Cs.

  Dalam chapter 6, Komachi mengatakan kalau gadis pemilik anjing (Yui) berkunjung untuk mengucapkan terima kasih, tapi waktu itu Hachiman sedang tidur. Yui berjanji kepada Komachi kalau dia akan menemui Hachiman langsung di sekolah dan mengucapkan terima kasih.

  Di chapter yang sama, Yui mencoba bertanya kepada Hachiman mengapa dia tidak melihatnya di upacara penerimaan siswa baru. Hachiman mengatakan dia sedang diopname di rumah sakit waktu itu. Namun Hachiman tidak tahu detail kecelakaan tersebut, membuat usaha Yui seperti berusaha meyakinkan kalau Hachiman tidak mengenalinya sebagai pemilik anjing tersebut.







VOLUME 2

  Ini adalah volume yang membuka luka lama Hachiman. Yui ternyata adalah pemilik anjing yang dia selamatkan. Yui berjanji akan berterimakasih kepada Hachiman secara langsung, tetapi setahun berlalu, tidak pernah terlaksana. Bahkan, Hachiman sendiri yang menemukan kebenarannya.

  Janji Yui ke Komachi dianggap basa-basi. Hachiman tidak memerlukan simpati yang berdasarkan balas budi semacam itu. Yui menyangkal hal tersebut.

  Tapi, kalau melihat Yui yang mengatakan basa-basi ke Komachi, ini jelas membuat keraguan besar dalam diri Hachiman tentang kejujuran Yui.







VOLUME 3

  Yui yang mengatakan dirinya dan Yukino berteman, ternyata tidak sepenuhnya tulus seperti itu. Yui sengaja berbohong kepada Yukino agar tidak hadir ke Klub Relawan, tentunya karena tidak ingin bertemu Hachiman. Ini aneh, karena di volume 1 chapter 8, Yui mengatakan dengan jujur jika tidak hadir ke klub. Lalu di volume 1 chapter 7, Yui mengatakan kalau Yukino adalah temannya. Semua hal berbau pertemanan Yui-Yukino ini patut dipertanyakan.

  Volume 11 chapter 3, dalam monolognya, Hachiman mengatakan suasana ceria obrolan Yui-Yukino kemungkinan besar akan hancur jika kebenaran tentang request kue Yui diketahui. Kemungkinan besar Hachiman tahu kalau Yui berteman dengan Yukino dan bergabung dengan Klub Relawan karena ingin mendekatinya.

  Monolog mengejutkan muncul dari Hachiman di chapter 6. Hachiman tahu Yui mencintainya. Tapi Hachiman tahu Yui tidak mencintai Hikigaya Hachiman, tapi mencintai pria penyelamat anjingnya yang menolong siapa saja.

  Jujur saja, saya salut ke Hachiman. Dia tahu dan sadar kalau ada gadis cantik, impian para siswa SMA, mencintai dirinya. Tapi Hachiman memilih untuk menolak cinta itu. Saya tidak yakin ada siswa SMA jaman sekarang yang berani seperti Hachiman.

  Di titik ini, kita bisa simpulkan kalau jika Hachiman benar-benar menyukai Yui, maka Hachiman pasti sudah menerima Yui di volume 2, karena Hachiman tahu Yui mencintainya.

  Dalam volume 11 chapter 9, Hachiman sudah punya dugaan tentang request kue Yui itu. Hanya satu tanda tanya dalam request tersebut, yaitu siapa pria yang disukai Yui. Jika Hachiman dalam monolognya mengatakan yakin kalau Yui mencintainya karena dia penyelamat anjingnya, lalu vol 1 chapter 3 merupakan pertemuan pertama mereka, maka Hachiman mengambil kesimpulan Yui mencintainya berdasarkan pria penerima kue Yui tersebut.

  Masalah tidak berakhir, Yukino memotong dan mengusulkan untuk direset saja dari nol. Yui tetap menyangkal tuduhan Hachiman.







VOLUME 4

  Chapter 1, Yui mengatakan ingin mengajak Hachiman camping musim panas, berenang, jalan-jalan, dll.

  ...Tidak banyak kemunculan Yui yang signifikan di volume ini, baru muncul lagi di akhir volume.

  Yui mengatakan kalau semua kegiatan tersebut sudah terlaksana, yang belum...hanyalah jalan-jalan.

  Namun monolog Hachiman setelah mendengarkan Yui mengatakan kalau jawaban ajakan Yui itu sudah ada. Tapi sebenarnya, apa jawaban Hachiman?







VOLUME 5

  Jawaban Hachiman mengenai ajakan Yui ada di monolog chapter 5. Hachiman memilih untuk menghindari berduaan dengan Yui, dan mengajak Komachi ikut serta.

  Tapi Komachi tahu kalau Yui berniat untuk mengajak Hachiman kencan. Karena Komachi auto-win, Hachiman disuruh Komachi untuk menemani Yui datang ke Festival Kembang Api di Pelabuhan Chiba.

  Yui gugup ketika hendak mengatakan sesuatu tentang kebaikan Hachiman, bagaimana Hachiman yang akan menolong siapa saja. Yui malah yakin meski insiden kecelakaan itu tidak terjadi, Hachiman akan menolongnya di request kue Yui. Hachiman langsung memotong itu dan meminta Yui mengangkat teleponnya.

  Ada dua kesalahan fatal Yui disini...

  Pertama, Yui terus menyangkal kalau dia melihat Hachiman hanya karena dia penolong anjingnya, faktanya Yui terus membahas Hachiman yang baik hati dan suka menolong. Yui tidak 'menangkap' maksud Hachiman di volume 3. Hachiman ingin gadis itu mencintainya karena mengenal siapa Hikigaya Hachiman, bukan karena Hachiman adalah 'nice guy'.

  Kedua, logika Yui terbantahkan di volume 11 chapter 9. Hachiman adalah penerima kue di request ke klub. Artinya, Yui menyukai Hachiman karena kecelakaan itu. Logika Yui salah. Jika kecelakaan tidak ada, maka request kue Yui tidak akan ada.

  Jika melihat alasan pertama saja seperti itu, saya bisa tahu mengapa Hachiman dengan cepat menolak Yui untuk meneruskan kata-katanya. Itu bukanlah cinta yang Hachiman inginkan.

  Yui hendak menembak Hachiman malam itu, tapi Hachiman memilih untuk menggantungnya. Dari alasan Yui saja, harusnya Hachiman melakukan konfrontasi lagi seperti volume 2 chapter 5. Tapi melihat efeknya ke pertemanan Yui-Yukino, kemungkinan besar alasan itulah yang membuat Hachiman menggantung Yui.

  Yui bukanlah gadis terakhir yang cintanya digantung oleh Hachiman, ini terjadi juga ke Ebina di volume 7.







VOLUME 6

  Sayangnya, karakter Yui tidak mengalami perkembangan, dia tetap seperti Yui yang ada di volume 1. Tetap melihat Hachiman sebagai nice guy.

  Disini diceritakan, Yui ketika kelas 1 SMA, satu grup dengan Sagami. Namun ini menurut saya kurang bagus bagi image Yui. Mari kita bayangkan, kelas 2 SMA dia sekelas dengan Sagami lagi, tapi Yui memilih untuk bergabung ke grup Miura. Di kelas 1, grup Sagami adalah grup populer. Tapi di kelas 2 SMA, grup Miura yang populer. Ini mengesankan Yui adalah gadis yang berpindah-pindah grup, tergantung siapa yang berada di kasta teratas.

  Yui memutuskan untuk bergerak lebih dulu. Yui mentraktir Hachiman kue panggang. Dan akhirnya Hachiman berhutang kencan karena itu.

  Usaha Yui itu perlu digarisbawahi, karena awalnya Hachiman yang tidak keberatan, tiba-tiba mengulur waktunya. Faktanya, dari bulan Oktober-Februari Hachiman tidak berniat untuk membayar hutang kencannya.

  Harusnya di titik ini, Yui curiga dengan Hachiman.

  Peluang emas Yui hadir di chapter 10, tapi Yui memilih untuk meninggalkan Hachiman.

  Di volume 7 chapter 9, terjawab alasan Yui mengapa meninggalkan Hachiman. Karena Yui tidak suka melihat Hachiman melukai dirinya sendiri.

  Keadaan mental Hachiman di chapter 10 benar-benar hancur, meski terlihat teguh. Dia pura-pura kuat melihat orang-orang di sekitarnya mencibirnya. Yang mengambil peluang ini untuk mensupport Hachiman malahan Meguri dan Yukino.

  Yui kecolongan Hachiman di chapter 8. Hachiman berduaan dengan Yukino dan...






VOLUME 7

  Ada yang cukup janggal dari reaksi Yui atas request Tobe. Meski Yui tahu peluangnya kecil, karena dia tahu Ebina hanya melihat Tobe sebagai pria itu, Yui tetap memaksa untuk menerima request Tobe.

  Tapi jika kita jeli, ini tentu bisa dipahami. Karena Ebina dan Tobe kelas 2F, sedang Yui dan Hachiman 2F. Hari pertama dan kedua bergerak dalam kelompok kelas. Artinya, jika Klub menerima request Tobe, maka Yui akan punya alasan untuk berduaan dengan Hachiman di darmawisata.

  Yui 'kecolongan' Hachiman lagi di chapter 6, Hachiman berduaan lagi dengan Yukino.

  Yui kecewa terhadap Hachiman yang menyakiti dirinya sendiri, tanpa melihat perasaan orang-orang di sekitarnya. Faktanya kalau hanya Yui yang 'sakit' melihat Hachiman menjadi martir sosial, tentunya itu berarti demi dirinya.

  Pendekatan Yui ini salah, karena Hachiman tetap menyakiti dirinya sendiri di Rapat Kaihin-Sobu melawan Tamanawa. Permintaan Yui ini sama saja meminta Hachiman berubah menjadi lebih peka dan tidak boleh mengorbankan dirinya lagi.








VOLUME 8

  Peluang terbaik Yui ada di volume 8, ketika hubungan Yukino-Hachiman memburuk. Yui memang mencoba untuk mengatakan mencintai Hachiman di chapter 6, lalu Yui berusaha lagi di chapter 8.

  Masalahnya bukan di usaha Yui, tapi Hachiman terus memikirkan Yukino. Hachiman juga meyakinkan dirinya kalau dia dan Yukino punya hubungan khusus.







VOLUME 9
  Volume dimana Yui tidak begitu mencolok disini. Namun Yui berusaha meminta pertanggungjawaban Hachiman mengenai hutang kencan mereka, Hachiman kembali mengulur waktunya.

  Harusnya Yui sudah curiga dengan sikap Hachiman. Jika pria yang berjanji akan mengajaknya kencan ternyata tidak pernah menepati janjinya, pasti ada sesuatu.

  Yui 'kecolongan' lagi di chapter 8. Levelnya mungkin bisa saya katakan, 'parah'.








VOLUME 10

  Ini juga volume dimana Yui tidak mencolok. Volume ini fokus di hubungan Yukino-Hachiman dan Miura-Hayama.

  Dalam chapter 6, setelah Yukino bercerita tentang hubungan keluarga Hayama dengan keluarganya, Yui bertanya ke Hachiman. Yui mengatakan kalau itu adalah pertamakalinya Yui mendengar Yukino terbuka kepadanya, biasanya Yukino tertutup. Hachiman lalu membenarkan itu.

  Poin penting disini, Yukino sebenarnya terbuka kepada Hachiman, tapi disaat mereka berduaan. Ketika mereka bertiga, Yukino bersikap tertutup. Hachiman juga sama parahnya, mengiyakan kata-kata Yui. Mungkin, Hachiman berpikir dengan setuju, maka tidak akan memperpanjang masalah.

  Apa yang tidak ingin Yui lihat, terjadi di chapter 7. Yukino yang tidak mau mengatakan jurusannya, meski Ibunya yang bertanya, memberitahu Hachiman. Lalu, mereka berdua sepakat untuk kuliah bersama. Mungkin, ini pertamakalinya Yui sadar kalau selama ini Yui tidak tahu ada sesuatu antara Yukino-Hachiman.

  Diperparah lagi vol 10.5, Hachiman mengatakan akan berpacaran ketika kuliah nanti. Ini berarti Hachiman kemungkinan berniat menggantungnya, hingga mereka pisah secara wajar karena lulus SMA.







VOLUME 11

  Yui cemburu ketika melihat Yukino dan Hachiman hampir bersentuhan di Kursus Memasak.

  Lalu, datanglah kata-kata Haruno yang mempertanyakan hubungan tulus Hachiman tepat setelah Hachiman mencicipi coklat Yui.

  Mereka tahu, kalau kursus memasak ini hanyalah 'akal-akalan' agar si gadis bisa memberikan coklat valentine ke si pria. Kata-kata Haruno ini seperti mempertanyakan komitmen Hachiman dengan adiknya, sementara dia masih mau mencicipi coklat valentine gadis lainnya.

  Yui mengajak mereka bertiga makan malam di restoran, jelas ingin membicarakan sesuatu. Timingnya tidak tepat, Ibu Yukino datang.

  Tanggal 13 Februari, Yukino hendak memberikan coklat valentinenya ke Hachiman.

  Di poin ini, jika Yui tidak sadar ada apa antara Hachiman-Yukino, saya tidak tahu harus bilang apa lagi...

  Yui mengajak Hachiman kencan untuk membayar hutang, tapi anehnya Hachiman menyetujui itu. Tapi ini tidak aneh ketika Hachiman sangat gembira bisa melihat Hiu Martil. Sederhananya, Hachiman setuju karena lokasi kencannya ada di Akuarium dan dia bisa melihat Hiu Martil, favoritnya.

  Yui sengaja berpura-pura sibuk dengan penguin, dan melihat sendiri Yukino menceritakan situasi keluarga di Hachiman ketika mereka sedang berduaan. Menurut saya ini penting karena membuktikan kalau Yukino sebenarnya adalah orang yang terbuka, tapi tidak ke semua orang, hanya ke Hachiman.

  Apapun itu, Yui jelas sedang merencanakan sesuatu di akhir volume 11. Mari kita coba lihat situasinya lebih dalam:
  1. Yui tahu Yukino sedang membawa Coklat Valentine untuk Hachiman, dan situasinya adalah sore tanggal 14 Februari, yeah...Valentine.
  2. Yui mengatakan kalau kue yang Hachiman terima adalah kue request volume 1. Jika itu kue terima kasih, jelas harus ada dua bungkus, satu lagi untuk Yukino. Jika hanya ada satu bungkus, maka jawabannya jelas, Hachiman pria yang Yui sukai.
  3. Yui sama saja memberitahu Hachiman dan Yukino kalau Yui sendiri menyukai Hachiman karena dia penyelamat anjingnya.
  4. Yui sudah menduga kalau Hachiman akan menolakkan usulan Yui kepada Yukino.
  Yang saya lihat disini, Yui berusaha menekan Hachiman untuk memberikan jawaban atas cintanya itu. Karena mereka bertiga sekarang sama-sama tahu kalau Yui menyukai Hachiman, maka Hachiman tidak bisa pura-pura menggantung Yui lagi.

  Melihat bagaimana Watari membuat chapter 9 sangat pendek, kemungkinan taktik marketing. Watari harusnya bisa menambahkan beberapa paragraf dan memberikan jawaban Hachiman. Mungkin, jawaban Hachiman bisa membuat para penggemar Yui tidak mau membeli volume 12. Pembaca LN tahu Hachiman menyukai siapa, bukankah aneh? Tidak, ingat kalau volume 11 ini merupakan dua episode terakhir animenya. Jika membiarkannya menggantung, dan kita semua tahu tidak ada season 3, maka mau tidak mau penggemar Yui lewat anime harus membeli volume 12 novel dan membacanya. Tapi jika Hachiman memberikan jawabannya di akhir chapter 9, maka jawaban itu pasti ada di animenya, sama saja kehilangan pembeli potensial. Tapi, ini hanya spekulasi saja.

  Watari sekarang sudah punya LN baru, dan tidak ada kewajiban penulis LN harus membuat si MC dengan gadis yang di cerita. Semua gadis memiliki peluang. Kalau anda melihat anime Aldnoah Zero, maka anda akan paham maksud saya (bah anime apa itu!).







x x x



2 komentar:

  1. mantap bro blognya ,tapi aku tetap akan mendukung si yuigahama .

    BalasHapus
  2. mantap bro blognya ,tapi aku tetap akan mendukung si yuigahama .

    BalasHapus