Selasa, 31 Mei 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : Hayama Hayato



x x x





  Hayama Hayato.

  Anak tunggal dari keluarga Hayama. Kakek Hayama merupakan dokter pribadi Keluarga Yukinoshita. Ayahnya seorang pengacara, pemilik sebuah firma hukum. Ibunya adalah seorang dokter.

  Hayama adalah seorang kutu buku. Bahkan ketika sedang ada di perkemahan, dia menyempatkan dirinya untuk membaca e-book di tabletnya!

  Nilai akademis Hayama tidak digambarkan terlalu detail dalam light novel. Hayama sendiri dalam ujian Sastra Jepang, menduduki peringkat kedua, dimana peringkat pertama dipegang Yukinoshita, ketiga oleh Hikigaya. Tentunya, di volume 10 Hachiman menggambarkan secara akurat perbandingan nilai akademis Hayama, dimana Hachiman sendiri sudah sekelas dengan Hayama selama 9 bulan, tentunya sedikit banyak memiliki gambaran tentang nilai akademis Hayama.

  Dalam  volume 10 chapter 7, Hayama digambarkan sebagai siswa SMA Sobu yang diyakini tidak akan berkeringat banyak ketika mencari universitas. Kalau Hayama mau, dia pasti bisa mendapat beasiswa olahraga ke universitas yang dia inginkan. Totsuka juga di vol 10 chapter 5 menggambarkan Hayama mungkin satu-satunya siswa di SMA Sobu yang memiliki kemampuan setara atlet profesional.

  Selain beasiswa olahraga, Hachiman menggambarkan jika Hayama masuk IPS, lalu ikut ujian penerimaan mahasiswa mengambil jurusan IPA, Hachiman meyakini Hayama pasti lulus.

  Kesimpulan kita soal nilai akademisnya...Hayama ini mungkin orang kedua dengan nilai akademis tertinggi di SMA Sobu, meski dia sendiri berasal dari kelas reguler, bukan kelas unggulan, Budaya Internasional.

  Tampilan Hayama bagaimana? Dalam volume 1 chapter 4, Hachiman menggambarkan Hayama ini sebagai pria tampan, atletis, dan populer.

  Soal tunggangan ke sekolah tidak kalah mentereng, Hayama naik mobil pribadi.

  Singkatnya, Hayama ini adalah pacar impian semua gadis di dunia ini. Tampan, atletis, anak orang kaya, pewaris tunggal kekayaan orangtuanya, pintar, juara di segala bidang, komunikatif, dll.



  Masa kecil Hayama, sering dihabiskan dengan Yukino dan Haruno. Mereka semacam trio yang dipimpin oleh Haruno. Masalah yang terjadi ketika kelas 6 SD, membuat Yukino membenci Hayama.

  Sekilas, kita melihat kebencian Yukino ini tidak masuk akal. Hanya karena dibully oleh teman sekelasnya, karena Hayama tidak mau menolongnya, lalu membenci Hayama?

  Mari kita investigasi lebih dalam kejadian waktu SD itu. Itu terjadi ketika Valentine, kelas 6 SD. Artinya itu 14 Februari ketika mereka kelas 6 SD. Kita tahu, awal Maret siswa SD sudah lulus. Katakanlah 14 Maret, sehingga jeda 14 Februari-16 Maret, total 30 hari. Dari pengakuan Yukino vol 1 chapter 2, ada total 60 bully karena insiden coklat itu. Jadi setiap hari Yukino minimal dibully 2x. Tapi itu jika lulusnya tengah Maret, biasanya lebih awal, katakanlah awal Maret. Jika awal Maret, maka setiap harinya Yukino kurang lebih dibully 3-4x oleh teman sekelasnya. Parah sekali!

  Dalam volume 4 chapter 7, Hayama bercerita kalau dia memilih diam dalam insiden bully itu. Lalu dijelaskan lagi di vol 8 chapter 5, karena Hayama juga salah paham dulunya, sama seperti Hachiman. Memangnya, ada apa?

  Sebenarnya, praktek ini sudah dijelaskan dengan terang di volume 7 chapter 6. Dimana Hachiman dan Yukino sama-sama tahu dan sadar, jika mereka terlihat jalan berduaan pulang ke hotel, maka gosip akan melebar, dari sebelumnya hanya berputar di 2J, mungkin bisa lebih luas. Tapi mereka berdua tidak peduli. Sederhana saja, karena kedua pihak tidak keberatan.

  Tapi dalam kasus Hayama-Yukino, karena ini mirip salah paham Hachiman-Kaori, mudah saja kita dapati kalau kemungkinan besar Hayama ini salah paham dengan Yukino. Hayama mendiamkan gosip itu karena mengira Yukino juga menyukainya, jadi gosip itu bukanlah masalah. Masalahnya, Yukino tidak memiliki perasaan spesial dengan Hayama. Yukino meminta Hayama kooperatif, Hayama mengira Yukino hanya malu-malu, membekulah hubungan mereka berdua...

  Tidak semua volume ada Hayama, misalnya volume 3, volume 5, volume 10.5, dll. Jadi saya skip untuk penjelasan per volume.

  Kadang masih ada yang bertanya siapa gadis inisial Y. Hmm begini saja, Hayama pernah bilang dia juga salah paham dengan seorang gadis. Artinya gadis itu tidak menyukai Hayama. Kita tinggal cari tahu saja, siapa satu-satunya gadis yang tidak menyukai Hayama...






  Dalam volume 4 chapter 5, Tobe menceritakan kisah nostalgia dia dengan Hayama waktu darmawisata lalu. Dalam volume 7, dijelaskan kalau event darmawisata itu adalah event khusus kelas 2 SMA Sobu. Karena timeline volume 4 sebelum volume 7, maka pernah terjadi darmawisata di jaman dulu antara Tobe dan Hayama. Entah di SMP atau SD.

  Melompat ke volume 10 chapter 5, Tobe tidak tahu kalau Yukino dan Hayama pernah satu SD dan digosipkan serupa. Artinya, Tobe tidak pernah satu SD dengan Hayama. Jadi, Tobe dan Hayama ini merupakan teman satu SMP. 

  Bagaimana dengan Miura? Dalam vol 4 chapter 5, Tobe menjelaskan kalau sebelum dia curhat tentang Ebina ke Hayama, Tobe sudah curhat ke Miura terlebih dahulu. Apapun itu, status hubungan Tobe dengan Miura jauh lebih dekat dari Tobe dengan Hayama. Bisa jadi Miura teman masa kecil Tobe, teman waktu SD, atau entah bagaimana. Dari Tobe itulah, Hayama kenal Miura, dan Miura juga kenal Hayama.

  Dalam volume 10, rencana Hayama untuk mencampakkan secara wajar Miura ketahuan oleh Hachiman. Hayama ternyata berencana untuk merahasiakan jurusannya, dan terbaca oleh Hachiman. Hachiman mudah saja menebak Hayama akan ke IPA, karena Hayama tahu kemampuan akademis Miura tidak bisa mencapai IPA.

  Kalau anda ingin tahu separah apa kemampuan akademis Miura, vol 10 chapter 8 menjelaskan dengan baik. Miura berencana ikut les tambahan agar tidak memberatkan Hayama ke depannya, dan Hachiman meragukan les itu bisa menolong Miura. Artinya, kemampuan Miura...ya begitulah. Yui dan Hachiman jelas tahu seperti apa, mereka sekelas selama 9 bulan.

  Miura dikenal sebagai gadis yang menakutkan di SMA Sobu. Hachiman sendiri menjulukinya Ratu, kadang dijuluki Ular Anaconda. Hayama berkepentingan agar terlihat dekat dengan Miura, karena dengan begitu, para gadis di SMA Sobu akan berhenti menembaknya. Tentunya, para gadis tersebut takut berurusan dengan Miura. Sedang Miura sendiri, ingin mendekati Hayama dan menjadi pacarnya.

  Petaka terjadi di volume 7, Tobe hendak menembak Ebina. Fakta kalau Ebina menceritakan ini ke Hayama dan meminta tolong Hayama untuk menghentikannya, ini berarti 100% Tobe akan ditolak. Jika Tobe ditolak, lambat-laun Tobe akan menjauh dari grup Miura, membuat hubungan Miura-Hayama terasa awkward.

  Dalam posisi tersebut, Hayama dihadapkan dua pilihan: Mendukung Tobe karena mereka bersahabat sejak SMP atau menjadi musuh dalam selimut agar usaha Tobe gagal. Hayama memilih untuk membela kepentingan pribadinya daripada sahabatnya.

  Hayama akhirnya membuat request kepada Hachiman untuk membantunya. Hachiman tidak tahu apa yang Hayama hendak lindungi sampai harus mengkhianati temannya, pastinya itu sesuatu yang penting bagi Hayama. Sama seperti request Ebina, Hachiman tidak tahu apa yang berharga dari grup Miura sehingga Ebina mati-matian meminta bantuan orang luar seperti dirinya. Ini juga sama dengan request Miura di vol 7 chapter 7, Miura menganggap semuanya kenangan di grupnya adalah hal berharga, dia tidak ingin kehilangan itu.

  Dalam vol 7 chapter 9, Ebina mengatakan kalau dia sudah lama tidak merasakan berada di grup seperti itu, oleh karena itu dia tidak ingin grup pecah. Ebina juga mengatakan membenci dirinya yang tidak jujur. Ebina membohongi dirinya sendiri, agar bisa menjadi bagian grup teratas di sekolahnya.

  Dalam vol 10 chapter 4, Miura mengatakan mencintai Hayama. Artinya request di vol 7 ke Hachiman juga bohong. Ini bukan soal grup Miura, tapi Miura hanya ingin peluangnya agar terus bersama Hayama tidak hilang gara-gara Tobe.

  Dalam vol 10 chapter 7, Hayama juga berbohong tentang requestnya ke Hachiman. Bukan persahabatan antar grup yang penting bagi Hayama, melainkan hanyalah kepentingannya untuk memanfaatkan Miura saja.

  Yukino benar di volume 7 chapter 9, semua pengorbanan Hachiman sia-sia.

  Namun, ada satu pertanyaan besar untuk Hayama hingga saat ini. Hayama tahu kalau request ke Klub Relawan soal jurusannya itu berasal dari Miura. Mengapa Hayama memberitahu jurusannya? Mengapa Hayama memilih IPS? Apakah karena kasihan dengan Miura karena tidak mampu ke IPA? Hmm...

  




  Kalau ada yang tanya Hayama itu orangnya seperti apa, maka Yukino di volume 10 chapter 3 menggambarkan Hayama dengan sederhana: Hayama itu kebalikan dari Hachiman.

  Hayama mengatakan kalau Hachiman dan dirinya adalah rival. Tapi saat ini posisi Hayama dalam situasi kalah. Jadi apa yang sebenarnya mereka perebutkan? Kita tahu Hachiman tidak ada bakat dalam olahraga, jadi kita skip kemungkinan ini. Kira-kira, kalau bukan karena olahraga, pria akan bermusuhan karena apa? wanita!

  Mari kita gamblang saja, jika Hayama memang menyukai Miura, maka Miura sudah sejak dulu diterima olehnya. Miura punya segalanya untuk menjadi kekasih Hayama, dari sahabat Hayama (Tobe) adalah teman baiknya, sehari-hari menghabiskan waktu bersama, dll. Bahkan dalam darmawisata, Miura-Hayama sering terlihat berduaan.

  Lumrah jika Miura emosi setelah ada isu Hayama-Yukino, mungkinkah Hayama dulunya menyukai Yukino? Ini terasa masuk akal ketika Miura lebih melegalkan Yukino-Hachiman daripada Hachiman-Yui, karena opsi pertama itu memang menguntungkan dirinya.

  Perlu dicermati juga volume 10 chapter 8, dimana Hayama mengakui kalau Hachiman sudah membuat Yukino berubah. Volume 10 chapter 7 Hayama juga bertanya apakah Hachiman terganggu dengan gosip Hayama-Yukino...Tidak ada pengakuan resmi dari Hayama kalau dia mengaku kalah dari Hachiman. Tapi jika melihat tanda-tandanya, tampaknya Hayama memutuskan untuk move on dari Yukino.

  Dalam volume 11 chapter 4 dan 5, Hayama melakukan sesuatu yang diluar kewajarannya. Pertama sengaja keluar dari rombongan grupnya untuk sekedar menyapa Hachiman ketika sedang memasang poster kursus memasak. Kedua, mentraktir Hachiman minum kopi hitam di depan meja Miura di kursus memasak.

  Saya membacanya sebagai simbol Hayama, menunjukkan maksud baiknya untuk lebih akrab dengan Hachiman (tidak menganggapnya sebagai ancaman lagi). Itu juga ditunjukkan dengan langsung mengoreksi 'pancingan' Haruno soal coklat valentine Yukino sewaktu SD dulu. Jika melihat Hayama yang sengaja berkomplot dengan Haruno di kencan ganda vol 8 chapter 5 dan kafe ketika acara tahun baru vol 10 chapter 2, sulit rasanya melihat Hayama masih melakukan itu dan tetap menjadi 'tangan kanan' Haruno.





x x x






  Ada yang bertanya di FB soal 'best girl' manga Cinta Palsu Season 200+ yang katanya akan segera berakhir. Analisis soal siapa gadis di masa lalu itu pernah saya tulis di komentar, entah artikel apa. Sial, bahkan ada yang minta analisis pelaku Rokka no Yuusha di anime...

  Menurut saya, gadis terbaik itu adalah gadis yang merelakan pria yang dicintainya untuk bisa bahagia dengan gadis manapun, meski itu bukan dirinya. Tidak mau membebani terus pikiran si pria. Saya melihat itu ada di salah satu gadis yang mungkin 'underrated'. Jika anda kenal gadis seperti itu, itu adalah gadis terbaik dan terlangka yang pernah anda temui.

  Well, hanya pendapat saya saja. Kita semua sudah tahu siapa yang akan mendapatkan hati si pria. Sama seperti LN Oregairu, kita semua tahu kemana hati Hachiman berlabuh, tinggal 'bagaimana caranya'...

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar