Minggu, 15 Mei 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : Timeline Light Novel


x x x





  Sebagai apresiasi request, saya tampilkan timeline Light Novelnya. Ini mungkin akan sangat berguna jika ada orang yang berniat membaca Light Novel sesuai timeline waktu. Kadang masih saja ada diskusi kalau anime dan manga dari Oregairu lebih baik dari light novelnya. Are you serious?

  Berbicara tentang tahun ajaran SMA di Jepang, mereka membagi satu tahunnya menjadi tiga bagian, mungkin populer di Indonesia dengan sebutan caturwulan, tapi Indonesia sendiri sudah meninggalkan sistem itu sekitar tahun 2000-an. 

  Dalam setahun, bagian pertama ada di awal April hingga akhir Juni, ditutup oleh liburan musim panas (Juli-Agustus). Bagian kedua, ada di awal September hingga Natal, ditutup oleh liburan musim dingin (24 Desember - 3 Januari). Bagian ketiga, awal Januari hingga pertengahan Maret, ditutup liburan musim semi (sampai awal April).







April

  Volume 1 ini bercerita tentang Hachiman di bulan April. Terdiri dari 8 chapter, dominasi chapter tentang Yukino - Hachiman, bahkan 3 chapter di volume 1 berisi adegan mereka berdua saja (chapter 1,2, dan 8). Yukino dikenalkan sebagai gadis pertama di Oregairu, kedua Kaori dalam flashback, ketiga Yui. Menurut pendapat saya, ini adalah volume perkenalan, sehingga pembaca mendapatkan gambaran utuh seperti apa karakter-karakter yang ada di cerita ini. Meski, beberapa karakter utama akan dikenalkan di volume-volume berikutnya, seperti Haruno, Kaori, Iroha, dll.

  Satu hal yang unik dari volume 1 ini, yaitu afterwordsnya. Harapan-harapan dari Watari sendiri tentang apa itu masa muda merupakan isi dari cerita utama novel ini.








6 Mei - Awal Juni

Volume 2
  Event utama volume ini adalah kegiatan kunjungan tempat kerja. Disini pembaca bisa mengetahui apa yang sebenarnya terjadi antara Yui-Hachiman. Titik terang insiden kecelakaan itu juga ada di volume ini. Meski begitu, karakter baru, Kawasaki Saki, mendominasi cerita. Ini karena volume 2 chapter 4, request tentang Kawasaki Saki, merupakan cerita mayoritas yang mengisi ketebalan buku volume 2.

  Penjelasan timeline tertulis jelas dalam prolog, yaitu setelah Golden Week. Golden Week mungkin lebih tepat disebut semacam cuti bersama dari rangkaian libur nasional di akhir April-awal Mei.








Awal Juni - Pertengahan Juni
Volume 3
  Di volume ini, kita mengetahui motif Yui bergabung dengan Klub Relawan. Lalu pendalaman karakter Totsuka dan Zaimokuza. Tentunya, ada suatu hal yang mencuri perhatian, kencan Hachiman-Yukino di LalaPort, chapter 4. Belum lagi, kita diperkenalkan dengan karakter baru, Yukinoshita Haruno, kakak dari Yukino.

  Yang perlu di-notice pada volume ini, atas saran Yukino, Hachiman-Yui berdamai. Hachiman menganggap Yui menyukainya karena dia penolong anjingnya, sedang Yui menyangkal itu. Yukino meminta salah paham mereka berdua itu untuk dianggap impas dan memulai sesuatu yang baru lagi. Tapi, apakah ini seperti yang mereka bayangkan?








Pertengahan Juni - Akhir Juni
Volume 7.5
  Klub Relawan selain memiliki aktivitas real, yaitu menerima request langsung, juga memiliki aktivitas online. Di volume ini, diperkenalkan sistem konsultasi menggunakan e-mail yang diciptakan oleh Hiratsuka-sensei dan ditangani oleh Klub Relawan. Nama website mereka yaitu Konsultasi Masalah Warga Kota Chiba. Meski namanya "Warga Kota Chiba", pengirim e-mail konsultasi mayoritas warga SMA Sobu, ataupun relasi dari warga SMA Sobu. Dari e-mail yang serius, hingga e-mail main-main. Terutama dari pengirim yang bernama Sang Ahli Pedang Shogun.

  Volume ini terdiri dari 4 chapter pendek berisi beberapa email konsultasi, dan dua chapter panjang tentang request Majalah Lokal Chiba tentang topik Pernikahan, dan request dari Ketua Klub Judo, Shiroyama, tentang Senpai alumni mereka yang suka mencampuri urusan Klub. Request dari majalah tersebut sudah ditampilkan di OVA Season 1, sedang request Shiroyama hanya bisa dibaca di Light Novel.

  Perlu diperhatikan juga, ada chapter spesial yang membahas tentang perayaan ulang tahun Yui di arena arcade dan tempat karaoke.







Juli
  Awal mula volume 4 berisi tentang tugas-tugas sekolah selama liburan musim panas Hachiman dan Komachi. Juga berisi pertemuan Hachiman dengan Yui, Miura, Yukino, dll pada awal musim panas. Memasuki pekan terakhir Juli, Hiratsuka-sensei mendapat request dari guru SD kenalannya yang membutuhkan sukarelawan panitia perkemahan siswa SD di Desa Chiba. Karena membutuhkan banyak orang, maka Sensei selain mengajak (mewajibkan) Klub Relawan ikut serta, menerima sukarelawan dari luar Klub dengan iming-iming kredit ekstra dalam pelajaran Sastra Jepang. Totsuka, Hayama, Miura, Tobe, Yui, dan Ebina berpartisipasi dalam kegiatan ini. Tidak lupa, Komachi...

  Meski volume ini terkesan volume yang berisi semua orang, tapi volume ini membahas lebih dalam Yukino-Hachiman. Disini Hachiman tahu banyak tentang Yukino dari apa yang bisa dia dapatkan di sekolah. Terutama, tentang apa yang terjadi antara Hayama-Yukino. Juga, beberapa hal lain seperti gadis inisial Y yang disukai Hayama. Tobe dan Hayama merupakan teman sejak SMP. Tobe dan Miura merupakan sahabat. Dan terakhir, Tobe yang menyukai Ebina. Err, tidak lupa di akhir volume, Hachiman menyadari kalau Yukino adalah penumpang mobil yang menabraknya di hari pertama masuk SMA.







Agustus - Awal September
  Harus saya katakan, ini volume yang super unik. Hanya ada 1 chapter pendek, dan itupun pertemuan singkat dengan Yukino. Seluruh chapter bercerita tentang pandangan orang-orang di sekitar Hachiman mengenai Yukino, bahkan ada 1 chapter yang berisikan full monolog Hachiman tentang Yukino.

  Selain itu, ada hal menarik disini, yaitu kencan Yui-Hachiman di chapter 6, Pelabuhan Chiba - festival kembang api. Juga ada short date antara Saki-Hachiman. Kencan Hiratsuka-sensei dengan Hachiman di restoran ramen dekat Stasiun Kaihin.

  Pertanyaan terbesar di volume ini ada di chapter 6, Hachiman dengan sengaja meminta Yui mengangkat teleponnya, tepat dimana Yui gugup karena hendak mengatakan sesuatu. Dari volume 4, Hachiman bahkan tidak peduli ada panggilan telepon di HP-nya. Mungkinkah karena Hachiman sudah menyerah untuk menjelaskan ulang ending volume 3 kepada Yui? Hmm...








Awal September - Awal Oktober
  Menurut saya, volume 6 merupakan ending dari arc volume 4-5-6. Arc ini tentang Hachiman dan gadis penumpang mobil hitam. Salah satu volume novel terbaik yang pernah saya baca. Hachiman berubah, ya, Hachiman telah berubah...Hachiman tetap pria penyendiri yang idealis, tapi dia membuat sebuah pengecualian besar di volume ini, yaitu tentang dirinya, dan Yukinoshita Yukino...

  Hachiman memutuskan untuk melepaskan beban Yukino mengenai insiden tabrakan itu, keluar dari jalannya dan menolong Yukino, lalu meminta Yukino menjadi temannya, lagi. Meski ditolak, Hachiman mengatakan akan memintanya lagi suatu hari nanti. Selain itu, banyak hal menarik disini.

  Misalnya, Hachiman yang menyetujui janji mengajak Yui kencan (chapter 7), masa lalu Sagami dan Yui (chapter 3), lalu momen romantis antara Yukino dan Hachiman di chapter 8, dll.






Mid Oktober - Awal November
Volume 6.5
  Ini berisi tentang kelanjutan ending volume 6, dengan tema event Festival Olahraga. Sagami masih jengkel kepada Hachiman, dan datang request dari Miura di email konsultasi mengenai masalah itu. Ini seperti membaca volume 6 tapi dengan nuansa fun karena perencanaan festival melibatkan Zaimokuza dan Ebina.

  Ada edisi spesial yang menceritakan tentang bagaimana Hachiman menghabiskan Natalnya. Mungkin, lebih tepat jika chapter spesial tersebut dijadikan satu dengan timeline Natal, yaitu volume 9.






Mid November
Volume 7
  Satu event yang mencolok disini, yaitu darmawisata Kyoto. Ada adegan manis antara Yukino-Hachiman di chapter 6. Juga, Ebina yang menembak Hachiman di chapter 9. Ending volume ini merupakan akar masalah bagi dua volume selanjutnya. Volume ini banyak sekali memberikan info-info tempat wisata di Kyoto. Setelah membaca volume ini, saya yakin anda memiliki pengetahuan yang banyak mengenai Kyoto dan budayanya.







Paska Darmawisata - Pekan Pertama Desember
Volume 8
  Ada dua karakter utama diperkenalkan di volume ini. Pertama, Isshiki Iroha. Lalu kedua, karakter yang diperkenalkan sebagai gadis kedua di novel melalui flashback, Orimoto Kaori. Kebetulan atau tidak, ini adalah volume dimana hubungan Hachiman-Yukino memburuk.

  Kebetulan atau tidak, Watari sampai 3x menulis Hachiman meyakini memiliki hal genuine itu dengan Yukino, yaitu chapter 4, chapter 5, dan chapter 8. Apakah Watari ingin secara tidak langsung mengatakan : "kau tidak sadar akan apa yang kau miliki hingga kau benar-benar kehilangan"?

  Double-date KaorixHachiman dan NakamachixHayama merupakan chapter terbaik di volume ini. Juga, di chapter 3 kita benar-benar merasakan seperti apa rasa sakit yang Hachiman pikul mengenai insiden dengan Kaori di masa lalu.







Pekan Kedua Desember - 24 Desember
(Natal bila ditambah 6.5 Special)
Volume 9
  Tolong siapa saja lamar gadis wanita di atas! Salah satu dari dua volume favorit saya di Oregairu, rekomendasi untuk dibaca. Terlalu banyak yang harus saya jelaskan, tapi intinya, volume ini sudah memasuki 70% kesimpulan akhir di Oregairu. Pembaca bisa melihat jelas kepada gadis mana Hachiman merasakan kebahagiaan yang sebenarnya.

  Selain itu, ada masalah-masalah volume sebelumnya yang terselesaikan disini, dan ada yang tidak. Resolusi mengenai masalah Yukino-Hachiman selama volume 7-8-9 ada di chapter 6. Resolusi mengenai perbedaan view Yukino-Yui terhadap Hachiman terselesaikan di chapter 9, Hachiman memilih untuk menjadi dirinya sendiri daripada berubah demi orang lain. Kelanjutan hutang kencan Hachiman ke Yui, diulur lagi oleh Hachiman, chapter 7.







Akhir Desember - Akhir Januari
Volume 10
  Disini, ada pengenalan karakter baru yang menjadi masalah di volume 11 dan 12 kelak, Ibu Yukino. Juga beredarnya gosip Hayama-Yukino. Mungkin lebih tepat jika saya katakan, volume ini merupakan volume yang terfokus kepada Miura-Hayama dan Hachiman-Yukino. Selain adegan hampir di UKS, chapter 7, juga ada keputusan penting mengenai masa depan dua karakter utama novel ini. Yukino dan Hachiman sepakat untuk kuliah bersama-sama di masa depan.

  Jika sampai di volume ini, maka setidaknya anda sudah 80% masuk cerita Oregairu. Setidaknya, anda sudah ada gambaran besar mengenai cerita novel ini tentang apa, asmara tokoh-tokohnya bagaimana, dan tentunya tentang final boss di novel ini.








Akhir Januari - Pekan Pertama Februari
Volume 10.5
  Jika anda bertanya kepada saya, kencan terbaik Hachiman dengan gadis yang mana, maka saya akan menjawab ada di volume ini, chapter 2. Mungkin lebih tepat jika saya katakan volume ini merupakan pembuka dari masalah volume 11.







Pekan Kedua Februari - 14 Februari
Volume 11
  Volume 11 ini seperti volume 5, prolog sebelum memasuki klimaks di volume 12. Jika anda benar-benar membaca volume 1-11 dengan teliti, maka semua pertanyaan di volume 11 ini akan anda temukan jawabannya, kecuali request terakhir dari Yukino. Volume ditutup dengan dibukanya kenyataan request kue Yui di volume 1.

  Banyak hal yang anda dapatkan di volume ini. Pertama, coklat valentine pertama Hachiman adalah dari Isshiki Iroha. Sikap Ibu Yukino yang memusuhi Hachiman. Lalu Haruno yang memposisikan dirinya sebagai bad guy di volume ini. Tentunya ada satu hal penting lagi, bagaimana Hachiman cemburu ketika mendengar gosip Hayama-Yukino di masa lalu, juga Yui yang kesal melihat kedekatan Yukino-Hachiman. Sepertinya, ini diatur sedemikian rupa sehingga drama ini bisa diselesaikan di volume selanjutnya.




x x x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar