Rabu, 18 Mei 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : Kompilasi Pertanyaan - 3


x x x





  Translate selanjutnya adalah volume 10.5 chapter 1, mungkin Jumat atau Sabtu rilisnya. Soal volume R, seri [A] merupakan prioritas kesekian dalam translate blog ini. Meski begitu, jika versi ilegalnya sudah beredar, mungkin saya akan mencoba translate. Mohon maklum karena ini versi ilegal, jangan berharap cepat rilis atau semacamnya.



x x x






BAGAIMANA OPINI YUI, IROHA, DAN YUKINO MENGENAI RENCANA MEREKA DI MASA DEPAN DAN PERNIKAHAN MEREKA?


Ini terjawab semuanya di volume 10.5 chapter 1. Setidaknya ini menjawab beberapa salah satu pertanyaan populer tentang Iroha di masa depan.

Yui akan bekerja, tapi setelah menikah dia akan berhenti bekerja dan fokus menjadi Ibu rumah tangga.

Iroha sama dengan Yui, dia akan bekerja hingga menikah, setelah itu berhenti dan menjadi Ibu rumah tangga. Bedanya, Iroha ingin memiliki suami seorang editor perusahaan penerbitan. Iroha sendiri berbisik ke Hachiman dan menyarangkan Hachiman untuk menjadi editor.

Yukino awalnya mengatakan memiliki impian yang sama dengan Yui, yaitu bekerja, setelah menikah dia akan fokus menjadi Ibu rumah tangga. Tapi Yukino mengatakan, saat ini dia sudah tidak yakin lagi dengan impiannya itu. Hachiman salah tingkah ketika mendengarnya. Tidak usah kode-kodean lagi, jelas Yukino mempertimbangkan untuk tetap bekerja setelah menikah lagi karena dia tidak bisa menjadi Ibu rumah tangga, meski dia punya kapasitas menjadi itu. Yeah, karena sudah ada 'calon' suami rumah tangga di rumah.






TENTANG ORANGTUA HIKIGAYA HACHIMAN

  Kalau harus menulis chapter dan volume berapa, ini akan memakan ruang yang sangat panjang. Saya tuliskan saja kesimpulannya. Awal pernikahan orangtua mereka berdua, keluarga Hikigaya tinggal di daerah pinggiran dan banyak sekali lahan pertanian. Setelah itu mereka pindah ke Chiba, meski sebenarnya daerah pinggiran juga, tepatnya pinggiran Tokyo.

  Ayah Hachiman bekerja sebagai seorang mekanik di perusahaan. Diduga berusia 50-tahunan, berkepala botak. Pernah kena tipu perusahaan investasi, lukisan, dan wanita yang baru saja dikenal. Ayah Hachiman ini dikenal sebagai kutu buku. Ayahnya juga diduga punya something special dengan Komachi, sama seperti kakaknya yang brocon. Ayah Hachiman orangnya penurut dengan bosnya dan dijuluki budak perusahaan oleh Hachiman. Bahkan ketika Natal tidak bisa pulang karena pekerjaan yang menumpuk.

  Ibu Hachiman bekerja di perusahaan internasional, Tokyo. Berkacamata, pernah memergoki buku porno Hachiman yang disimpan di laci kamarnya. Pintar memasak, suka membelikan baju-baju norak untuk dipakai Hachiman. Pemilik kuasa tertinggi di keluarga Hikigaya, setelah itu kuasa dipegang Komachi. Berbeda dengan Ayahnya, Hachiman lebih sering menyebut Ibunya sebagai wanita karir daripada budak perusahaan.






TENTANG KELUARGA HAYAMA HAYATO


  Kakek Hayama merupakan dokter pribadi keluarga besar Yukinoshita. Hayama sendiri anak tunggal. Ayahnya merupakan seorang pengacara, sedang Ibunya dokter. Hayama sering membawa mobil sendiri ke sekolah. Ayah Hayama memiliki sebuah firma hukum, menjual jasa-jasa pengacara. Perusahaan-perusahaan milik keluarga Yukinoshita sering memakai jasa firma ayah Hayama. Ketika ada acara yang mempertemukan keluarga Hayama dan Yukinoshita, Hayama akan dititipkan ke Haruno dan Yukino agar diajak bermain bersama.






KELANJUTKAN ADEGAN UKS



  Dari adegan vol 10 chapter 7, ada beberapa hal yang membuat sesuatunya bertambah rumit, juga membuat sesuatunya bertambah jelas. Mereka berdua sepakat untuk kuliah di tempat yang sama, dan jurusan yang sama. Karena Hachiman sejak awal mengincar universitas swasta dan jurusan Liberal Art, kemungkinan besar Yukino juga akan memilih untuk kuliah disana. Kalau melihat bagaimana Yukino menyukai Kyoto dan bagaimana Hachiman menyukai universitas disana, kemungkinan besar mereka berdua akan pergi meninggalkan Chiba dan kuliah di Kyoto.

  Hachiman mengira Yui akan ikut juga, kenyataannya, Hachiman tidak pernah mengajak Yui ataupun bertanya jurusannya. Ini berarti, Hachiman berpikir kemungkinan besar Yukino-lah yang akan mengajak Yui, karena Yui adalah teman Yukino. Kenyataannya, Yukino tidak mengajak sama sekali. Jadi, sampai ending volume 11, bisa disimpulkan kalau yang akan tetap bersama setelah lulus SMA nanti adalah Yukino dan Hachiman.

  Lalu di vol 10.5 chapter 1, Hachiman menceritakan cita-cita semua pria ketika SMP dulu, tentunya itu termasuk dirinya. Hachiman berkata dia memiliki impian kalau SMA nanti akan punya pacar, jika impiannya itu tidak terjadi, maka dia akan bertekad kalau kuliah nanti akan punya pacar. Karena jelas ketika kuliah nanti Hachiman akan bersama siapa, maka arah pembicaraan ini bisa ditebak. Yukino menyindir "benarkan itu impian semua pria?" (ataukah impianmu?). Yui yang mendengarnya, mulai gusar, karena dia sendiri mengintip adegan UKS tersebut.

  Mungkin ini dasar untuk masuk ke panggung volume 11. Jika Hachiman memang sudah berkomitmen bersama Yukino, mengapa Hachiman masih mau menerima coklat valentine Yui? Apa yang hendak Hachiman puaskan dengan melakukan itu? Apakah mungkin Hachiman melakukan itu karena sadar apapun yang terjadi dengan Hachiman-Yui, maka akan berpengaruh buruk di pertemanan Yui-Yukino (vol 3 chapter 3)? Saya serahkan kepada pembaca.








PENDAPAT SAYA SEBAGAI TRANSLATOR, MENGENAI PASANGAN HACHIMAN DENGAN YUI/EBINA/IROHA.





HIKITANI - EBINA

  Hachiman tahu dari Miura, kalau selama ini Ebina menolak banyak sekali pria, vol 7 chapter 7. Ada dua kemungkinan, Ebina sudah punya pria yang disukai atau dia ingin sendiri. Dalam volume 7 chapter 9, Ebina ketika ditembak Hachiman, dia mengatakan sedang ingin sendiri dahulu. Lalu di chapter yang sama, Hachiman mengatakan kalau semua orang di grup Miura dan Hayama berbohong, Tobe hanyalah korban disini.

  Lalu datanglah momen di atap stasiun Kyoto. Ebina mengatakan dia memang tidak bisa berpacaran dengan pria manapun saat ini, tapi jika dengan Hachiman, Ebina bilang bisa. Sampai di volume 9 chapter 7, Hachiman masih mempertanyakan kebenaran kata-kata Ebina tersebut. Tapi, di volume 10 chapter 6, Hachiman tahu kalau Ebina yang dalam mode serius seperti kejadian atap stasiun Kyoto adalah Ebina yang jujur.

  Sederhananya, Hachiman tahu kalau saat Ebina memintanya menjadi pacarnya, Ebina mengatakan itu dengan jujur. Jika memang berniat untuk menjadi pacar Ebina, Hachiman pasti sudah menerimanya di atap stasiun Kyoto.


SENPAI - IROHASU

  Ini sudah dicounter dengan baik di volume 10.5 chapter 3. Ketika Iroha menunjukkan struk-struk kencan mereka tempo hari, Hachiman merasakan perasaan bersalah. Jika memang Hachiman mencintai Iroha, maka harusnya perasaan bersalah itu tidak akan pernah ada.


HIKKI - GAHAMA

  Sebenarnya setelah Hachiman mengatakan tahu kalau Yui mencintainya, dan Hachiman tidak bisa menerima perasaan Yui, volume 3 chapter 6, Yui sudah keluar dari permainan. Tapi tidak masalah, kita anggap mungkin perasaan Yui itu benar-benar tulus.

  Volume 5 chapter 5, Hachiman langsung block ajakan Yui untuk pergi berdua dengannya di Festival Kembang Api. Jika memang benar Hachiman menyukai Yui, mengapa harus melakukan itu?

  Volume 5 chapter 6, Hachiman langsung memotong apa yang hendak Yui katakan karena ada panggilan telepon. Ini lucu, karena teleponnya sendiri berdering, Hachiman saja tidak peduli. Jelas Hachiman hendak menghentikan sesuatu.

  Volume 6 chapter 7, Hachiman mengulur waktu tawaran kencan Yui. Jika Hachiman benar menyukai Yui, tinggal setujui saja kapan dan dimana.

  Volume 9 chapter 7, Yui memberikan lokasi dimana Hachiman akan membayar hutangnya, lagi-lagi Hachiman mengulurnya.

  Saya sampai volume 11, belum mendapatkan monolog jelas dari Hachiman, kalau dia memiliki perasaan khusus ke Yui. Hachiman merasa bahagia dengan Yui, atau sejenisnya. Mungkin saja ada di volume 12. Tapi akan terasa aneh saja jika 1-11 tidak ada monolog tersebut, tiba-tiba muncul di volume 12. Tapi semua kemungkinan bisa terjadi.



  Adanya adegan UKS membuat situasinya rumit. Jelas tidak mudah tiba-tiba Hachiman memilih gadis lain sedangkan Hachiman sudah sampai begitu jauh bertanya jurusan Yukino dan berjanji kuliah bersama. Hachiman masih memiliki janji akan menolong Yukino. Dan tiga kali Hachiman menyebut Yukino sebagai gadis "genuine" di volume 8. Tapi sekali lagi, semua masih bisa terjadi.


x x x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar