Jumat, 27 Mei 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : SMA Sobu

x x x


  Ini adalah topik for fun yang paling menarik, yaitu tentang SMA Sobu. Kadang ada yang memperdebatkan, apakah SMA Sobu atau Soubu? Sebenarnya tidak ada yang benar, karena SMA Sobu sendiri adalah fiktif. Meski namanya fiktif, tapi lokasinya benar-benar nyata.

  Ini adalah artikel yang bagus untuk menunjukkan kemampuan saya - penulis (ciee) untuk mencari informasi seperti ini, tapi ini juga bumerang bagi saya, karena ini menunjukkan kalau saya punya bakat (atau memang aslinya) untuk menjadi stalker...

  Gambar-gambar disini mayoritas saya dapatkan dari blog dan forum siswa SMA Inage, saya tidak paham apa yang mereka tulis disana, mungkin itadakimasu/kisama/fuuton-rassenshuriken/dll. Ada juga gambar-gambar yang bagus, dari seorang blogger Jepang yang menjadi member Klub Baseball Inage. Saya tidak bisa memberikan linknya karena fitur blog ada semacam trackback link. Anak SMA ini pasti kaget jika banyak yang mengintip blognya, dan mayoritas berasal dari Indonesia...Biarkan dia hidup dengan tenang! Well, akhir kata...Selamat menikmati!




x x x




SMA Sobu adalah SMA fiktif atau karangan belaka dari Watari. Mungkin anda juga harus mencurigai nama Watari Wataru juga, karena banyak penulis manga/light novel memakai nama samaran agar kehidupan pribadi mereka tidak terekspos, bisa saja nama Watari palsu. Oke, kembali ke SMA Sobu...Meski namanya fiktif, ternyata bangunannya asli. SMA Sobu dalam real life adalah SMA Inage, Kota Chiba.




Saya mengintip ke website resmi mereka...Pertama, saya akan menganalisa tampilan websitenya...

Gambar tidak muncul, membuktikan maintenance yang kurang...Bisa karena dana kurang, atau promosi di internet bukanlah prioritas utama sekolah. Yang terakhir juga memberikan dugaan kalau forum-forum siswa sekolah mereka, lebih populer di forum tidak resmi, forum formal sekolah saya duga...sepi.

Seluruh paragraf berisikan angka-angka, dan paragraf tanpa angka menampilkan kata 'kami menjamin'. Sekolah ini terlihat sombong dan percaya diri, kemungkinan besar SMA ini adalah sekolah level elit.

Lambang sekolah hitam-putih (aslinya kalau tidak salah kuning emas bercampur apa gitu...). Dugaan saya, sekolah ini sangat populer, jadi informasi di website itu ditulis seperlunya saja karena mereka terkenal di daerahnya. Jadi sasaran utama website ini adalah untuk dibaca oleh orang non-Jepang, seperti saya, stalker, vvibu oregairu, dll. Coba lihat keterangannya, 4 dari 6 paragraf menceritakan tentang program luar negeri, guru bahasa asing, dll sama saja memberitahu kalau sasaran pembacanya adalah orang asing. Karena dibaca orang asing, urusan lambang sekolah tidaklah penting. Yang penting, apa yang ingin disampaikan.

*Kadang ada yang bertanya: "siapa sih saya ini"? Nikmati saja analisis saya, jangan tanya banyak-banyak...Percayalah, saya berjuang demi kedamaian umat manusia!

Di kiri atas, ada kelas-kelas yang ditawarkan. Pertama Kelas Budaya Internasional, lalu yang kedua, Kelas Reguler. Oke, ini mirip SMA Sobu.

Saya dulu pernah mengatakan Hiratsuka-sensei itu Guru Sastra Jepang. Sebenarnya, Sensei itu Guru pelajaran Jepang Modern. Sederhananya, itu salah satu percabangan Sastra Jepang. Percabangan lainnya adalah Jepang Klasik, Jepang Umum, Bacaan Jepang, dll. Menyebut Sensei Guru Sastra Jepang itu seperti menyebut Guru Fisika sebagai Guru IPA. Saya rasa, menyebut Sensei sebagai Guru Sastra Jepang terdengar lebih enak di telinga orang Indonesia, so saya memilih istilah itu di terjemahan.

Watari ini menggambarkan dengan detail bangunan di SMA Inage. Jika tahun 2011 di Afterwordsnya, Watari mengatakan dia pria tengah usia 20-an, pernah juga mengatakan SMA itu 5-6 tahun lalu. Diduga, Watari sendiri ini alumni SMA Inage, kelulusan tahun 2004-2006.




Yey!!! Klub! Apa Volunteer itu Klub Relawan? Mengapa saya tidak melihat Klub Gamers!? Hati-hati dengan Klub Judo, Senpai Alumninya mengerikan! Klub Baseballnya ada perjaka oportunis. Klub Sepakbola mungkin yang populer...IYKWIM.




Oke, pertanyaan dasar...Lokasinya dimana? Karena saya tahu, percuma jika saya menyebutkan alamatnya, jadi saya membuat peta semacam ini...Oke...Ini Tokyo...Yang saya tandai itu adalah Kota Chiba.



Dari tanda tadi, kita perbesar...whooosh! mari kita perhatikan tanda kotak biru. Area yang diwarnai pink adalah Kota Chiba.



Area coklat yang dilingkari itu adalah SMA Inage. Dari SMA mereka bisa melihat laut, tepatnya Teluk Tokyo, karena pemandangan ke laut hanya dibatasi taman saja.

Mari kita perbesar SMA Sobu eits...SMA Inage ini. Gedung hijau dengan kolam renang, di sebelahnya ada parkiran mobil, dan ada gerbang menuju jalan raya. Itu adalah gerbang samping sekolah yang sering dipakai Hachiman ketika ke sekolah dengan bersepeda. Jika naik kereta, Hachiman akan lewat depan. BTW, Hayama juga jika naik mobil sendiri, parkirnya masuk lewat gerbang samping.



Pertama, mari kita lihat lapangan belakangnya. Lapangan bola, rugby, tenis, lintasan atletik, baseball, dll.


Nah, itu maksud saya lambang SMA Inage, warnanya kuning campur abu-abu.









Seragam asli mereka, ternyata berbeda dengan LN. Kita harus mengapresiasi Watari dan Ponkan8 karena mereka membuat seragam yang baru.



Salah satu hasil 'stalker'...Well, persetan dengan itu! Nikmati saja!



Ini area trotoar di sekeliling SMA Inage.




Ini dipotret dari gedung yang ada di belakang sekolah.





Buat yang kangen Totsuka...zzzz

















Jalan yang menghubungkan dua gedung itu, lorong...mari kita fokus kesana sebentar.



Itu adalah lorong sekolah, yang biasa di LN dikatakan dingin.



Tidak lengkap rasanya kalau tanpa Festival Budaya! Guru yang di depan itu mungkin Pak Atsugi!






Gymnasium...

Buat yang tanya, di LN vol 6 chapter 7 ada adegan tarian di festival budaya, saya berikan gambarnya...Mereka siswi SMA Inage...



Salah satu penampilan kelas...Sepertinya Snow White...Setidaknya bukan Little Princess...Nyahaha



Pertanyaan menarik, lokasi Klub Relawan dimana? Z adalah lapangan latihan Klub Sepakbola. Y adalah lapangan Rugby. X adalah lapangan tenis. Dalam beberapa volume, sering ditekankan kalau dari jendela Klub, terdengar suara member Klub Sepakbola latihan, tapi tidak pernah diceritakan terdengar suara member Klub Tenis. Berarti lokasi Klub adalah gedung yang terdekat dengan Z, yaitu D.

Di volume 1 chapter 6, Yui bertemu Hachiman di lokasi B, berkata kalau dia hendak ke kantin. Artinya, A otomatis adalah kantin.

Diceritakan, kalau dari jendela Klub, bisa langsung melihat latihan member Klub Sepakbola.

Di volume 3 chapter 5, Klub Relawan ada di lantai 4.

Kesimpulannya, Klub Relawan ada di lantai 4 gedung D.



Bagaimana dengan lokasi Saki untuk merokok alias atap sekolah?



Hachiman konfrontasi Sagami di Festival Budaya juga di tempat yang sama, karena petunjuk dari Saki.

Lokasi lingkaran orange.



Yep...Bingo!






x x x

Ada rencana untuk membuat for fun tentang info lokasi-lokasi wisata yang dilalui SMA Sobu di darmawisata volume 7. Siapa yang mauuuuuu!?

3 komentar:

  1. Ого, а ты такой же сталкер как и я, и даже лутше, я имею ввиду то что тебе интересно как и откуда брались сцены для мультфильма, это не значит что ты безумец, да и мне хочется увидеть 4 сезон, но наверное ты и сам всё знаешь что его не будет но я надеюсь на обратное, да и кстати.
    мяууууууу.
    Удачи.
    Ах да и меня завут захар����

    BalasHapus