Senin, 09 Mei 2016

[ REVIEW ] Macross Δ Episode 6 : Keputusan Yang Berat


x x x




  Well, kali ini saya akan menyelipkan trope dalam franchise Macross. Saya tidak tahu tanggapan pembaca mengenai review dari saya ini, apakah menarik, atau bagaimana. Tapi anime franchise semacam Macross, Gundam, dll ini memang bukan anime untuk semuanya. Jadi saya percaya, jika memberikan review secara biasa-biasa, ini tidak akan terlihat menarik bagi anda.

  Kali ini kita akan membahas tentang pilot ACE. Ini adalah sebutan bagi pilot yang memiliki kemampuan terbaik dan menjatuhkan banyak sekali pesawat musuh. Dalam perang dunia II, ada yang menyebut kalau itu adalah perang dalam teknologi tank. Dalam dunia tank itu sendiri, tank yang berhasil menghancurkan 1 tank musuh maka di laras meriam tank akan dicat 1 ring lingkaran. Coba perhatikan gambar di bawah.


  Gambar di atas adalah Letnan Walthers, dari Jerman, dimana laras tanknya sudah dicat banyak sekali tanda. Itu menandankan berapa jumlah tank yang dia kalahkan. Jadi, ketika ada musuh berhasil mengalahkan tank milik Walthers ini, si penembak bisa tahu kalau yang mereka kalahkan itu termasuk salah satu ACE dari musuh. Lalu, bagaimana dengan Macross itu sendiri, apakah mereka memakai sistem penanda itu dalam pesawat ACE milik mereka?

VF-1S, pesawat milik Roy Fokker, ACE pasukan bumi. Roy akhirnya tewas dalam pertempuran melawan Zentradi, setelah itu gelar pilot ACE jatuh ke tangan Maximilian Jenius. Di pesawat Fokker, bagian ekornya di cat sesuatu yang spesial, yaitu simbol tengkorak.

Dalam seri macross F, pilot ACE ada dalam diri Ozma Lee. Pesawatnya, VF-25S memiliki gambar tengkorak bertanduk, digabung dengan pedang dan tameng.

Tentunya, di pesawat messer ada tanda serupa. Tanda seorang Grim Reaper alias malaikat pencabut nyawa, tengkorak bertanduk yang memakai jubah dan bersayap.

Meski disebut pilot ACE, Max masih memakai unit lamanya yaitu VF-1 berwarna biru. Milia juga memakai VF-1 berwarna merah. Max tidak pernah menyebutkan mengapa dia tidak membuat tanda khusus di pesawatnya untuk memberitahu kalau dialah ACE saat ini. Namun saya menduga, karena pilot ACE sebelumnya adalah Roy Fokker, kakak dari atasan Max dan sahabatnya, Hikaru. Kematian Roy memang membuat Hikaru down, mungkin Max ingin tetap memberikan gelar ACE tersebut ke Roy sebagai penghormatan kepadanya, setidaknya sampai perang berakhir.

Ini juga menjelaskan mengapa warna unit dan seragam pilot Mirage berwarna ungu. Ungu sendiri adalah campuran merah dan biru. Merah adalah warna unit Milia, neneknya. Biru adalah unit Max, kakeknya. Mungkin penulisnya / kru mekanik/ dll ingin menggambarkan harapan mereka kepada Mirage. Mereka berharap Mirage bisa menjadi seperti kakek/neneknya di masa lalu, pilot terbaik.







REVIEW

Seperti biasa, Messer sebagai wakil komandan skuadron mengevaluasi sesi latihan. Messer mengkritik semua orang, dan malas mengevaluasi Hayate. Messer memberitahu kelemahan utama Mirage, yaitu terlalu 'sesuai buku pedoman' alis mudah ditebak. Sedang Hayate, meski tidak mudah ditebak, dia lemah dalam berbagai aspek sehingga tidak pantas untuk dievaluasi.

Sejauh ini, Windermere sudah menguasai 3 planet. Sedang Union Space tidak berniat mengirimkan pasukan dalam jumlah banyak untuk berperang dengan Windermere. Union mengira ini hanyalah masalah politik saja. Memang jika dipikir secara logika, tiga planet dari seluruh planet yang dibawah pemerintahan Union merupakan jumlah yang sedikit sekali.

Bagaimana dengan Freiya? Freiya mendengar Mikumo mencoba menyanyikan lagu yang dinyanyikan Heinz untuk menyebarkan sindrom Var. Mikumo mengaku kagum bagaimana suara nyanyian Heinz bisa merubah pikiran orang. Tentunya, Mikumo mengatakan secara jujur apa yang ada di pikiran pemirsa semua, apa Freiya tidak merasa iri karena sama-sama warga Windermere tapi tidak memiliki kekuatan yang sama?

Kru skuadron delta berkomentar mengenai banyaknya penduduk yang keluar masuk Planet Ragna belakangan ini, tentunya ini karena isu peperangan yang disebabkan Windermere. Planet Ragna yang merupakan basis Walkure dan memiliki Macross Elysion tentu memberikan jaminan keamanan ekonomi yang lebih baik.

Seperti biasa Chuck dan Hayate mengeluhkan sikap Messer tersebut. Yeah, fvck Messer! Tapi Hayate juga mengakui kalau Messer memiliki skill yang sangat mumpuni.

Makina dan Reina bercerita tentang bagaimana mereka menilai skill pilot seseorang. Menurut mereka, skill pilot bisa dilihat dari keadaan setelah selesai terbang. Hayate terlihat seperti orang yang habis ditolak seorang gadis, sedang Messer terlihat tenang dan memuaskan.

Tidak lupa, Freiya juga mengeluh tentang bagaimana Mikumo selalu mengkritiknya. Tentunya, keduanya berniat untuk memperbaiki diri mereka agar lebih baik.

Arad mendengar kabar soal Messer yang membully Chuck, Mirage, dan Hayate. Tentunya Arad tahu apa yang seharusnya dia khawatirkan, yaitu Messer sendiri. Arad meminta Messer untuk tidak berlebihan dan menjalani kehidupannya dengan santai.

Messer menolak ajakan Kaname dan Arad untuk makan bersama, alasannya karena dia harus bersiap dalam menghadapi pertempuran esok. Mari kita analisis adegan ini dahulu. Karena mengajak Messer juga, setidaknya acara makan-makan mereka itu cukup untuk 3 orang. Mengapa tidak mengajak member Walkure lainnya? Atau lebih tepatnya, jika 3 orang bukankah dia satu asrama dengan Mirage dan Freiya, kenapa tidak mereka? Kenapa harus dengan Arad? Jawabannya mudah, Kaname menyukai Arad. Bagaimana dengan Arad? Hmm, sepertinya juga begitu...Well pemirsa memang harus bersabar. Seri Macross memang begini, asmara MC baru mulai di tengah seri, awal seri asmaranya seputar side character, jadi kita nikmati saja KanamexArad ini...

Keith ini seperti dikejar deadline, dalam hal ini mungkin kesehatan Heinz. Keith ingin menaklukkan sebanyak mungkin planet selama Heinz masih bisa menyanyi. Jika melihat manusia Windermere berusia 30 tahun lebih ada semacam bercak putih di wajah, sedang Heinz tidak ada, saya rasa Heinz ini memiliki penyakit yang membuat harapan hidupnya melemah. Heinz tahu kalau dia bernyanyi untuk membantu peperangan Windermere.

Komentar saya ketika mendengar suara Heinz alias Melody Chubak...




Seperti dugaan saya di episode sebelumnya, Mirage ini dibebani ekspektasi semua orang, bahkan bagi kru mekanik skuadron delta. Dia adalah cucu dari Maximilian Jenius, ACE manusia bumi di era pertempuran Zentradi. Mirage juga cucu dari Milia Fallyna, ACE manusia Zentradi. Apa yang anda harapkan jika melihat cucu dari sepasang pilot ACE? Saya rasa, ekspektasi itu terlalu berat bagi Mirage.

Adegan ini perlu di-notice, karena ini mungkin momen pertama dimana Hayate hadir di saat Mirage membutuhkan dukungan. Ini bisa berarti banyak jika kelak Mirage jujur dan mengatakan apa yang membebaninya selama ini kepada Hayate.

Ada laporan kalau planet Ionideth diserang sindrom Var, pasukan Union yang menjaga keamanan planet tersebut malah bertempur dengan rekan sendiri karena mendengar nyanyian Heinz.

Skuadron delta tiba dan siap bertempur. Menurut info, 70% pasukan Union di planet Ionideth sudah dipengaruhi sindrom Var.

Tentunya, karena ini skuadron delta, showtime bagi Walkure!

Sungguh ironis, ketika tahu ada ACE Windermere disana, alias Keith, alias White Knight, Messer langsung mengejar Keith.

Begitu juga dengan Keith, ketika tahu ada Grim Reaper alias Messer disana, Keith langsung mengejarnya.

Ini memang ironis. Mereka berdua selalu mengedepankan disiplin, taat aturan, dan lain-lain, tapi ketika melihat musuh bebuyutan muncul, mereka langsung bermain dengan dunianya sendiri. Mereka berdua seperti maniak perang.

Bogue berhasil menerobos pertahanan skuadron delta dan hendak menghabisi Freiya. Tentunya, kata-kata dari Bogue ini jauh lebih menusuk Freiya daripada aksinya sendiri. Pertamakalinya bagi Freiya, disebut sebagai pengkhianat oleh warga Windermere sendiri...

Tentunya, Hayate datang untuk menyelamatkan Freiya.

Mirage tampak sedang dikejar oleh Herman dan entah siapa 1 pilot Windermere lainnya, well situasinya 1 vs 2.

Sayangnya, Hayate kehabisan gas untuk membantu Mirage.

Seperti kata Messer dalam latihan, Hayate mengincar sayap pesawat musuh dan mengusahakan untuk tidak membunuh pilot musuh. Namun karena posisi Hayate tidak begitu dekat, akurasi tembakannya tidak memungkinkan untuk menembak musuh di bagian tertentu. Tapi, situasinya sangat mendesak, Mirage mungkin akan kehilangan nyawanya sebentar lagi.

Hayate memutuskan untuk menembak dari jarak tersebut, meski tahu kalau itu akan berpeluang membuat musuh tewas.

Entah apakah pilot musuh bisa diselamatkan atau tidak. Tapi jika melihat slow motion dan ekspresi Herman, kemungkinan si pilot tidak bisa diselamatkan lagi.

Roid meminta Keith untuk mundur. Apa komentar saya dengan adegan ini? Lucu sekali, Keith bilang urusannya belum selesai disini, Keith berniat untuk menghabisi mereka semua. Tapi apa yang sebenarnya terjadi? Keith hanya kejar-kejaran dengan Messer saja dari tadi. Bandingkan dengan Bogue yang langsung ke misi utama mereka : menghabisi Walkure.

Messer terlihat kesal ketika Keith mengundurkan diri dari pertempuran. Bahkan ketika Mirage mengatakan di komunikasi kalau dia membutuhkan bantuan, Messer tidak sekalipun kesana. Sebenarnya, ada apa diantara Keith dan Messer ini...

Arad dan Ernest tahu kalau pertempuran tadi adalah pertamakalinya Hayate membunuh pilot lainnya. Tentunya, pengalaman pertama membunuh tersebut akan meninggalkan bekas yang mendalam.

Tentunya, ini juga menghinggapi kepala Freiya, disebut pengkhianat oleh orang Windermere sendiri.

Tapi Mikumo ini sama dengan Messer, Freiya harusnya tahu resiko apa yang akan dia pikul ketika bergabung dengan Walkure. Termasuk jika pada akhirnya Walkure akan ada di Union dan melawan Windermere.

Mirage mencoba menghibur Hayate dengan mengucapkan terima kasih, juga Mirage menceritakan pengalaman pertamanya menembak mati seorang pilot musuh.

Tapi Hayate tentu bisa berdiri tegak kembali, karena dia tahu, dia menembak pilot musuh untuk menyelamatkan Mirage. Dia juga sadar suatu hari nanti, cepat atau lambat kejadian ini akan datang.

Jangan khawatir, adegan NTR di anime ini akan banyak lagi menyusul di episode-episode mendatang. Ini adalah adegan yang bagus untuk menggambarkan sesuatunya. Di saat Hayate terjatuh, Mirage ada disana. Tapi bagaimana ketika Freiya sedang down, dia hanya sendirian saja memakan mentah-mentah kritik dari Mikumo...Freiya tidak bisa datang begitu saja ke Hayate karena Freiya juga tahu Hayate sendiri sedang down...Saya rasa di episode ini Mirage-Hayate terlihat lebih baik, tapi ini masih awal...baru 6 dari 26 episode!

Entah apa yang ada dalam pikiran Freiya saat ini. Apakah tentang berperang melawan bangsanya sendiri? Ataukah Freiya merasa cemburu? Ataukah Freiya sendiri merasa tidak tahu harus bercerita ke siapa lagi, karena Hayate sendiri sedang down...Ataukah...Hmm...

Keith menunjukkan sesuatu ke Heinz. Entah apa itu, sepertinya sesuatu yang mengerikan. Saya menduga ini ada kaitannya dengan kelangsungan planet mereka. Mungkin planet mereka seperti akan hancur dalam waktu dekat dan mereka harus menginvasi planet lain sebagai tempat hunian baru warga Windermere...Entahlah, kita baru sekitar 23% masuk ke dalam seri anime ini. Masih terlalu dini untuk menyimpulkan sesuatunya.





x x x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar