Rabu, 25 Mei 2016

[ REVIEW ] Macross Δ Episode 8 : Escape Resonance


x x x




  Seperti review saya di mid-season spring 2016, Macross Delta ini tidak memenuhi ekspektasi penggemarnya. Tapi karena ini baru 8/26 episode, saya masih berharap lebih.

  Untuk bagian Mecha, saya akui banyak sekali upgrade dari seri-seri sebelumnya. Sistem shield, beam, dll merupakan inovasi yang bagus. Saya tidak ada masalah dengan plot anime ini, masih wajar dan sesuai ekspektasi.

  Namun untuk bagian musik, saya harus komplain. Mungkin anime ini ingin melakukan inovasi dengan menampilkan musik ala Girl Band, pengisi suara juga diwajibkan untuk menyanyi. Ini lumrah karena salah satu tes untuk menjadi pengisi suara, paling sering adalah harus bisa menyanyi.

  Apakah dana yang terbatas? Saya katakan tidak, karena mereka berani membayar Melody Chubak, seorang penyanyi profesional, untuk mengisi suara nyanyian Heinz. Anda bisa melihat kualitas suara Melody. Lalu untuk Mikumo, pihak anime membayar penyanyi profesional, JUNNA, untuk mengisi suara nyanyiannya. Masalahnya, baik Heinz dan Mikumo ini bukanlah karakter utama, artinya nyanyian mereka tidak akan mendominasi di anime ini.

  Komplain saya muncul ketika dibandingkan dengan kualitas lagu-lagu dari Walkure, serius...Saya merasa lagu mereka kurang menarik. Macross terkenal dengan lagunya, tolong perbaiki!

  Di episode 7, saya mengamati lagu Reina dan Makina memang menarik, terutama ketika mereka hack sistem keamanan planet Voldor. Coba anda bandingkan dengan kualitas lagu solo dari Freiya di episode 8, seperti...(isi sendiri).

  Saya benar-benar menikmati lagu-lagu May'N dan Nakajima Megumi di Macross F, mereka benar-benar profesional, lagu mereka memang berkualitas. Minmay sendiri lagunya dinyanyikan oleh Mari Ijima, penyanyi profesional. Tapi, itu masa lalu...Kita harus menghadapi realita saat ini...Lagu Walkure.

  Saya sendiri menyukai lagu Reina dan Makina di episode sebelumnya, oleh karena itu saya masih menaruh harapan kalau di episode-episode mendatang akan banyak lagi lagu-lagu yang berkualitas. Saya sebenarnya tidak ingin menulis ini, tapi melihat kualitas lagu di episode 8, mungkin lebih baik saya mendengar nyanyian Heinz secara lengkap (dan terkena sindrom Var, LOL!).

  Walkure didominasi suara Mikumo dan Freiya. Untuk Mikumo sendiri, suara nyanyiannya memang dinyanyikan oleh penyanyi profesional, JUNNA. Freiya sendiri, suaranya diisi oleh Suzuki Minori, Macross Delta adalah karir seiyuu pertamanya, dan juga pemenang audisi penyanyi Macross Utahime. Reina diisi oleh Nao Toyama, anda sering mendengarkan nyanyiannya, terutama penggemar Oregairu. Makina diisi Nozomi Nishida, pendatang baru.

  Mungkin, anime ini ingin menampilkan raw talent, sehingga pemirsanya merasakan betul kalau Freiya ini adalah penyanyi yang memiliki potensi. Tapi bukan berarti pemirsanya harus menerima nyanyian seperti itu, dan harus maklum karena Freiya masih baru dalam dunia tarik suara. Mungkin ke depannya porsi Mikumo atau Reina bisa diperbanyak di lagu-lagunya...

  Well, itu sedikit (bah sedikit!?) komentar saya. Ini hanya pendapat subjektif, tidak semua orang pasti setuju dengan saya. Tapi saya yakin kalau saya bukanlah satu-satunya orang yang memiliki pendapat seperti ini. Anyway, ayo kita masuk ke bagian review! 





Tentunya, Mirage dan Hayate adalah bonus bagi Aerial Knight. Yang mereka incar adalah Freiya, pengkhianat Windermere. Tapi sebenarnya, siapa yang sebetulnya berkhianat?

Freiya memiliki poin disini, Windermere sendiri mengkhianati harapan rakyatnya dengan memanfaaatkan apel mereka untuk alat perang. Bukankah itu mengkhianati harapan para petani apel?

Masalah muncul ketika Cassim bercerita, orang tua, saudara, dan peternakan mereka habis tidak tersisa karena perang 7 tahun lalu.

Kita juga mulai mendalami karakter Messer. Dia sepertinya pernah terlibat suatu pertempuran serius, sehingga memberikan dampak psikologis baginya. Mungkin, inilah yang membuat Messer terlihat menjadi pribadi yang sekarang.

Keith berusaha memberikan alasan logis, seperti mengkhianati tanah kelahiran, tidak sejalan dengan keinginan rakyat, dll. Tapi saya meyakini, kalau alasan sebenarnya Keith benci Freiya karena menghalangi Heinz, terlebih lagi dia warga Windermere.
Keith ini berwajah ganda. Disisi lain dia terlihat seperti seorang prajurit yang disiplin, tapi dia juga seorang maniak perang. Kita tidak bisa menerima segala alasannya seperti sebuah alasan yang benar. Besar dugaan, retakan karena ledakan dimensional weapon yang pernah ditunjukkan ke Heinz tempo hari, juga settingan Keith.

Tapi Roid memiliki alasan logis, dia membutuhkan info Walkure dari Freiya. Roid ini juga punya agenda pribadi, yaitu tentang reruntuhan protoculture.
Ini menunjukkan wajah yang sebenarnya dari perang. Semua orang mengatakan memiliki alasan yang sama untuk berperang, tapi sebenarnya mereka melakukan itu untuk agenda pribadi.

Messer dan Walkure datang menolong mereka.

Tentunya, Keith mengenali Messer sebagai Grim Reaper, begitu juga sebaliknya, Messer sadar kalau Keith adalah White Knight.

Heinz kemudian menyanyikan lagunya. Diteruskan lewat portal dan dikuatkan oleh batu vold.

Keith agak naif disini, dia memilih untuk menyelesaikan duelnya dengan Messer lewat pertempuran pesawat. Ironis, Keith kembali lagi mengutamakan egonya dalam menjalankan tugas.

Keith menyadari kalau Messer tidak selincah biasanya...

Messer ternyata terkena sindrom Var...

Kembali ke Hayate...Well, mohon maklum karena di Macross, kemampuan pilot dari MC bukanlah yang terbaik. Hayate dan Freiya mengenali pesawat yang di depannya adalah pilot ACE Voldor yang berusaha disembuhkan oleh kedua anaknya. Hayate memilih untuk bertahan, daripada agresif menyerang.

Freiya belajar dari Mikumo yang sebelumnya berani menyembuhkan pilot yang terkena sindrom Var. Freiya memberanikan diri untuk menyanyikan lagu untuk menyembuhkan pilot tersebut.

Heinz menyadari lagu yang menetralkan efek lagunya dan bertanya-tanya siapa yang menyanyikannya.

Si pilot ACE tersebut sembuh...

Hayate kemudian mengejar Bogue yang berusaha membunuh Freiya.

Tentunya, karena didominasi lagu Freiya, Hayate mendapatkan angin untuk bertarung melawan Bogue.

Ada yang aneh dari Arad, sepertinya dia mengetahui sesuatu tentang Hayate. Entah mungkin orangtuanya, ataukah...

Well, Bogue kini kesal dan dendam dengan pesawat yang berwarna biru, delta lima milik Hayate.

Setelah memperoleh informasi yang dibutuhkan, Walkure dan Skuadron Delta kembali ke kapal induk.

Roid sendiri heran mengapa reruntuhan protoculture itu bisa aktif. Ini pernah terjadi di Macross Do You Remember Love. Reruntuhan protoculture itu memiliki sistem komputer, tapi hanya bisa diaktifkan dengan cara-cara tertentu. Juga, memiliki sebuah sistem untuk memainkan lagu. Bisa jadi Mikumo ini belajar caranya dari membaca laporan dari generasi Hikaru dan Misa di masa lalu.

Well, ini sesuatu yang kita sering dengar dari semua protagonis: berjuang untuk melindungi semua orang... Kini Freiya sudah membulatkan tekadnya untuk berjuang di Walkure.
Dari titik ini saya melihat keraguan Freiya itu hilang setelah melihat apa yang terjadi dengan si pilot ACE dan kedua anaknya. Ini bukan masalah antara Freiya-Windermere, tapi ini sudah berkembang lebih jauh. Cara berperang Windermere dengan membuat sebuah keluarga hancur bukanlah keputusan yang bijak, dan Freiya akan selalu melawan itu.

Lain masalah Freiya, lain juga masalah Messer. Mirage dan Hayate mencari Messer karena Kapten mencarinya.

Daaaaaan....Messer terkena sindrom Var!!
Ini perlu diperhatikan karena efek jangka panjang seperti ini bisa terjadi jika dalam tubuh ada kandungan campuran apel Windermere+air Windermere. Artinya, Messer mungkin pernah memakan itu dan meminum airnya.





x x x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar