Selasa, 03 Mei 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : Permintaan Yukinoshita Yukino | Volume 11 Chapter 9


x x x




  Jujur saja, ini adalah salah satu pertanyaan tersulit. Apa sebenarnya permintaan Yukino ini baru akan dijelaskan di volume 12. Perlu juga diingat, for fun ini murni pendapat saya, persis seperti analisis setelah akhir chapter translate. Kata-kata dari saya, orang-orang di forum, atau suhu-suhu tidak perlu anda percayai 100%. Satu-satunya hal yang anda wajib percayai adalah tulisan atau kata-kata dari Watari langsung.

  Kali ini saya ingin menganalisis apa yang hendak Yukino katakan. Apa permintaan Yukino tersebut? Investigasi...dimulai!

  x x x








Mari kita analisis kejadian dimana Yukino mengucapkan hal tersebut. Yukino mengatakan permintaan kepada kalian. Tidak lupa kalau sebelum itu, Yukino mengatakan jangan mendikteku mengenai perasaanku, lalu ini bukan yang terakhir, kami masih memiliki requestmu.

Mari kita bandingkan dengan request Yui. Yui mengatakan kalau hubungan mereka bertiga akan berakhir jika mengetahui perasaan mereka bertiga saat ini. Karena itulah, Yui meminta itu sebagai request. Request terakhir yaitu tentang KITA.


  Disini, kita berhenti sejenak. Kita lihat perbedaan antara kata-kata Yui dan Yukino. Kita semua tahu kalau ini ditulis oleh orang yang sama, yaitu Watari. Jika Yui menegaskan kalau ini request tentang mereka bertiga dengan menekankan kita, maka Yukino harusnya menekankan itu. Tapi Yukino hanya mengatakan kalian.

  Kesimpulan pertama, Yukino memiliki sebuah permintaan kepada Yui dan Hachiman. Apapun itu, permintaan itu adalah sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan Yukino sendiri. Tapi, permintaan itu ada hubungannya antara Yui dan Hachiman.

  Yui mengatakan kalau setelah request Yui dijalankan oleh mereka bertiga, hubungan mereka bertiga akan berakhir. Ingat, yang berakhir adalah hubungan mereka bertiga, bukan Klub Relawan. Apakah anda familiar dengan kondisi dan situasi Klub Relawan seperti yang digambarkan Yui? YA!!! Ini pernah terjadi di volume 3 chapter 1.

Di vol 3 chapter 1, beginilah situasinya: Hachiman tahu perasaan Yui. Yui menyangkal itu. Hachiman menolak mengakui perasaan Yui. Yui tidak lagi mendatangi Klub Relawan, juga Yui berbohong ke Yukino dengan berbagai alasan sehingga tidak datang ke Klub.
Ini berakhir di volume 3 chapter 6. Hachiman dengan terang-terangan mengatakan apapun itu, entah simpati, cinta, dll dari Yui tidaklah tulus karena dia hanya sekedar menyelamatkan anjingnya. Yui terus menyangkal hal itu. Lalu Yukino mengusulkan untuk merestat saja hubungan mereka berdua. Mereka berdua tidak perlu ngotot siapa yang salah, anggap saja mereka kenal dari nol.
Vol 5 chapter 6. Sebelum hendak menembak Hachiman, Yui terus bercerita bagaimana baiknya Hachiman. Jika seandainya kecelakaan tidak terjadi, Hachiman tetap akan menolongnya dan Yukino. Begitu seterusnya. Dengan kata lain, Yui memang menyukai Hachiman karena Hachiman "pria baik penolong anjingnya". Mereset dari nol hubungan ternyata hanya omong kosong, mereka berdua tetap seperti dulu. Disini, adalah poin dimana Yukino tidak tahu. Hachiman memutuskan untuk menggantung perasaan Yui. Tidak hanya Yui, ini terus berlanjut ke Ebina, juga Iroha.


  Disini kita mendapatkan hal yang menarik. Yukino berharap dengan mereset hubungan mereka, maka Yui bisa mengenal Hachiman lebih baik. Tapi, Yui tetap melihat Hachiman sebagai nice guy. Mungkin, Hachiman melihat perasaan Yui ini seperti loop yang tiada akhir. Percuma jika dijelaskan baik-baik seperti volume 3 chapter 6, nanti Yui akan mengulangi hal yang sama. Akhirnya, Hachiman memutuskan untuk menggantung saja perasaan Yui. Hachiman tidak pernah menceritakan ini ke Yukino. Setidaknya, dengan menggantung perasaan Yui maka drama tidak akan terus berulang.

  Kesimpulan kedua, Yui sudah mengatakan secara jelas kalau dia berniat untuk melakukan hal yang sama dengan volume 3 chapter 1 setelah ini. Yui sudah tahu apa jawaban Hachiman terhadap perasaannya itu. Yui memilih untuk pergi dari kehidupan mereka berdua setelah kejadian ini.

  Kembali ke Yukino, dia mengatakan ini bukanlah (request) yang terakhir. Yukino menegaskan ke Yui kalau request Yui tentang perasaan mereka bertiga bukanlah request yang terakhir bagi Yui.

  Kesimpulan ketiga, Yukino menginginkan agar Yui tetap bersama mereka setelah kejadian ini.





  Jadi, apa permintaan Yukino?

  Melihat tiga kesimpulan di atas, saya menyimpulkan kalau Yukino ingin Hachiman jujur dengan perasaannya terhadap Yui. Jadi Hachiman harus berterus terang dan sekaligus meminta maaf karena telah menggantung Yui selama ini.

  Yukino juga ingin Yui jujur dengan perasaannya kepada Hachiman. Itu berarti Yui harus berterus terang kalau selama ini dia ada di Klub Relawan untuk mendekati Hachiman, bukan benar-benar ingin menjadi bagian dari Klub Relawan.

  Yui ingin mereka bertiga jujur terhadap hubungan mereka bertiga. Tapi Yui melupakan satu poin penting disini, baik Hachiman dan Yui selama ini sudah saling berbohong satu sama lain tanpa sepengetahuan Yukino. Kemungkinan besar, inilah yang Yukino inginkan dalam permintaannya. Yukino ingin hubungan mereka bertiga di klub tetap terjaga, dan tidak ada lagi saling membohongi satu sama lain tanpa sepengetahuannya.

  

  .....



  Tentunya, pendapat saya ini masih kalah bagus dengan pendapat banyak orang ataupun suhu di forum-forum lain. Anda tidak perlu 100% percaya, yang harus anda percayai hanyalah kata-kata Watari. Saya harap anda menyukainya, nyahahaha...

3 komentar:

  1. yukino bilang ke hachiman " hikigaya kun kami masih mempunyai permintaanmu " perminttan hachiman ini apa ya , ada yg tau ?

    BalasHapus