Senin, 14 Maret 2016

[ REVIEW ] Light Novel Oregairu : Volume 8

 


x  x  x




  Darmawisata telah berlalu, tapi Yukino terus mengingatkan Hachiman akan sikapnya yang menjual idealismenya demi para pembohong di darmawisata.

  Iroha, atas rekomendasi Meguri, datang ke klub relawan dan mengatakan kalau teman-teman sekelasnya telah berbuat iseng kepadanya dengan mendaftarkan dirinya sebagai calon ketua OSIS SMA Sobu. Saat ini, Iroha adalah satu-satunya calon ketua OSIS yang terdaftar. SMA Sobu, terkenal karena prestasi akademis, tentunya jabatan ketua OSIS bukanlah jabatan yang populer. Oleh karena itu, Iroha menginginkan klub relawan mencarikannya cara agar pencalonannya gagal, atau paling tidak jika pemilihan terjadi maka Iroha tidak terpilih.

  Hachiman menyarankan agar tim kampanye Iroha menyebarkan gosip buruk tentang Iroha dan program-program yang jelek agar Iroha tidak dipilih. Namun, menebar fitnah dan membohongi orang bukanlah idealisme Hachiman. Yukino menolak ide tersebut dan mencari alternatif lain dengan mencari siswa lain yang bersedia maju. Di saat Yukino mengingatkan kalau itu bertentangan dengan jalan hidup Hachiman, dia teringat kembali memori kejadian hutan bambu di darmawisata.

  Hachiman mengakui kalau baik dirinya dan Yukino memiliki sebuah hubungan yang spesial. Dimana mereka berdua saling percaya satu sama lain, dan membenci orang yang memakai topeng untuk lari dari kenyataan.

  Pertemuannya dengan Haruno, Kaori, dan Nakamachi akhirnya berujung kencan ganda di hari Jumat. Hayama-Nakamachi dan Hachiman-Kaori. Kencan dengan gadis yang pernah Hachiman sukai ketika SMP, memunculkan memori-memori tersendiri bagi Hachiman. Namun, Hachiman tahu jika disana ada Haruno, maka endingnya tidak akan pernah bagus. Hayama kesal terhadap Kaori dan Nakamachi yang merendahkan Hachiman, lalu Haruno memprovokasi Yukino yang mencoba membujuk Hayama maju menjadi kandidat ketua.

  Yukino memutuskan untuk mencalonkan diri menjadi calon ketua pada minggu depan. Namun, Hachiman ragu untuk mencegahnya atau tidak. Jika Yukino memang berkeinginan menjadi ketua, maka Hachiman hanya mengganggu jalan hidupnya. Jika karena provokasi Haruno, maka Hachiman harus mencegahnya. Menggelinding bak bola salju, Yui juga memutuskan untuk maju menjadi calon ketua. Tujuannya sederhana, mengalahkan Yukino agar klub relawan tidak terbengkalai akibat Yukino jadi ketua OSIS.

  Hachiman memutuskan membujuk Iroha dengan akun twitter dukungan palsu, Iroha menerima tawaran Hachiman untuk menjadi ketua OSIS. Dengan begitu, request dicabut dan Yukino tidak punya alasan untuk maju.

  Hachiman berharap suatu saat nanti Yukino akan terbuka kepadanya, mudah dia pahami, dan akan menjadi hal yang sangat menyenangkan baginya. Namun, mungkinkah itu akan terjadi?




x  x  x








CHAPTER I
  1. Komachi dan Hachiman bertengkar. Hachiman menolak memberitahukan apa yang sebenarnya terjadi di darmawisata ke Komachi.
  2. Yukino menegaskan kalau dia tidak menyukai Hachiman yang lari dari kenyataan, menggadaikan idealismenya demi grup Hayama.
  3. Yukino kembali mengatakan kalau dia tidak bisa memahami Hachiman.



CHAPTER II

  1. Meguri bersikap aneh, pencalonan Iroha prosesnya legal, tapi masih mau membantu Iroha agar pencalonannya batal ke Klub Relawan. Iroha adalah satu-satunya calon yang terdaftar untuk pemilihan ketua OSIS.
  2. Hachiman mengusulkan agar Iroha menunjuk juru kampanye (jurkam) yang akan menjelek-jelekkan program yang diusung, sehingga tidak akan ada yang mau memilih Iroha di pemilihan nanti.
  3. Yui mencoba bertanya siapa yang mau jadi jurkam hitam tersebut, Hachiman mengisyaratkan dirinya bersedia jika tidak ada yang mau.
  4. Yukino menolak ide tersebut dan mencoba mencari alternatif, misalnya mencari calon ketua OSIS yang lain.
  5. Sensei memperingatkan Hachiman kalau bersikeras dengan metodenya, suatu saat Hachiman tidak akan bisa menyelamatkan orang yang benar-benar ingin Hachiman selamatkan.



CHAPTER III

  1. Haruno berani bertaruh kalau Meguri pasti akan berusaha membujuk Yukino untuk maju. Clue untuk menjawab review chapter 2 - 1.
  2. Hachiman ternyata selama ini sengaja menghindar bertemu Kaori di jalan keluar kompleks, setiap hari! Clue ini digabung dengan volume 5 chapter 2, Hachiman sengaja memilih SMA Sobu karena memiliki sejarah penerimaan paling sedikit dari alumni SMP-nya, meski syaratnya berat dan lokasinya jauh. Agar tidak bertemu lagi dengan Kaori.
  3. Hayama kaget melihat kedekatan Haruno-Hachiman.
  4. Haruno memberitahu Hayama kalau gadis berambut keriting itu adalah gadis yang pernah Hachiman sukai ketika SMP, tapi ditolak.



CHAPTER IV

  1. Yukino kembali mengkoreksi kesalahan Hachiman menggadaikan idealismenya di penembakan Ebina, darmawisata Kyoto.
  2. Dalam monolog, Hachiman sadar dirinya salah, tapi tidak ada satupun yang mau memberitahunya kalau selama ini dirinya salah, kecuali Yukinoshita Yukino.
  3. Kata-kata Yukino mengingatkan dirinya dengan latar hutan bambu, penembakan Ebina. Hachiman mengakui kalau baik dirinya dan Yukino, memiliki hubungan yang spesial.
  4. Hachiman dalam monolognya, ingin menjelaskan ke Yukino kalau waktu itu dia seperti itu karena tidak punya pilihan lain lagi.
  5. Iroha berusaha mengatakan situasinya kepada Hachiman, tidak ada yang peduli dengannya, dengan masalah dirinya yang dicalonkan karena iseng. Hachiman menyarankan agar Iroha mengikuti metode Yukino, jika memang sudah terdesak, maka Hachiman akan turun tangan.



CHAPTER V

  1. Haruno memaksa Hachiman untuk menerima ajakan Hayama tentang acara kencan ganda Hayama-Nakamachi dan Hachiman-Kaori.
  2. Hachiman memberikan nomor telponnya ke Hayama.
  3. Haruno konsisten mengatakan Hayama dianggap adik sendiri, dan Hachiman adik ipar.
  4. Hayama mengatakan kalau baik Hachiman dan dirinya, selama ini telah salah paham dalam hal percintaan.
  5. Hayama menganggap sikap Iroha yang perhatian seperti itu karena Iroha sedang mencari cintanya.
  6. Hayama menegur Kaori dan Nakamachi karena ingin membantu Hachiman. Hayama menganggap Hachiman selama ini membantu orang karena ingin suatu hari nanti ada seseorang yang membantunya balik. Hachiman kecewa dan tidak suka dirinya dikasihani.
  7. Haruno memprovokasi Yukino dengan mengatakan cara Yukino membujuk Hayama maju di pemilihan ketua OSIS mirip Ibunya, suka memanfaatkan orang.
  8. Hachiman kesal dan menyumpahi grup Hayama dan Miura yang dikatakan kumpulan orang brengsek.
  9. Hachiman mengatakan tidak butuh dikasihani. Karena selama ini dirinya sudah punya orang yang mempercayainya, dan dia juga mempercayai orang itu. Meski, saat ini rasa percaya itu sudah pergi...Clue dengan review chapter 4-3



CHAPTER VI

  1. Hachiman kembali penasaran dengan ada apa antara Yukino dan Hayama yang sebenarnya. Clue ini berhubungan dengan volume 4 chapter 5, Hachiman juga penasaran dengan masa lalu Hayama-Yukino.
  2. Sensei memanggil Hachiman secara pribadi dan memberitahukan kalau Yukino hendak mendaftar menjadi calon ketua minggu depan. Ketika dikonfirmasi, Yukino mengakuinya. Yukino memakai kata-kata Hachiman di vol 7 chapter 9, karena lebih efektif menggunakan metode itu, harus sendirian,dll.
  3. Hayama berharap Hachiman melakukan sesuatu soal rencana pencalonan Yukino. Ini clue lagi dengan volume 4 chapter 7, Hayama mengatakan kalau "pantas saja dia(gadis) lebih dekat denganmu". Kata 'dia' ini merujuk ke Yukino. Hayama meminta tolong Hachiman karena tahu Yukino lebih dekat dengan Hachiman daripada dirinya.
  4. Yui berniat maju juga di pencalonan ketua, tujuannya untuk menghentikan Yukino, karena jabatan ketua OSIS bisa membuat kegiatan klub terbengkalai.
  5. Kata-kata 'suka' yang kedua dari Yui kemungkinan besar untuk memberikan clue kepada Hachiman kalau Yui menyukainya.



CHAPTER VII

  1. Hachiman berbaikan dengan Komachi, menceritakan masalah pencalonan ketua OSIS ini. Komachi meminta Hachiman menghentikan upaya Yukino dan Yui dan membuatnya menjadi request pribadi.
  2. Hachiman masih berkeinginan untuk memiliki pacar, bisa jadi clue untuk ending LN ini.
  3. Komachi ternyata mantan Ketua OSIS di SMP-nya.
  4. Saki yakin kalau Hachiman memiliki skill manajemen yang mumpuni untuk menjadi ketua OSIS.
  5. Hachiman memutuskan untuk membujuk Iroha menerima pencalonannya itu. Membuat akun dukungan palsu di twitter untuk membujuk Iroha.



CHAPTER VIII

  1. Iroha menerima tawaran Hachiman untuk terus maju menjadi kandidat.
  2. Hachiman mengabarkan hal tersebut ke klub relawan, akhirnya membuat request Iroha ke klub ditiadakan.
  3. Yukino mengatakan sikapnya maju menjadi kandidat ketua OSIS harusnya bisa dipahami oleh Hachiman, apa maksudnya yang sebenarnya.
  4. Hachiman dalam monolognya, tidak tahu apa maksud Yukino yang sebenarnya. Apakah Yukino mau jadi ketua OSIS? Kalau benar mau, maka Hachiman tidak boleh menghalanginya, karena itu jalan hidup yang Yukino pilih. Kalau karena provokasi Haruno, maka Hachiman harus mencegahnya karena Yukino tidak menjadi dirinya sendiri. Dari semua kebingungan itu, Hachiman memilih jalan tengah yaitu meniadakan requestnya.
  5. Nomor 4 jika digabung dengan clue volume 3 chapter 4: Hachiman meyakini kalau di dunia ini tidak akan ada gadis yang mau berkorban untuknya. Lalu clue Sensei di volume 9 chapter 5: Apa yang tidak bisa dikalkukasi oleh logika, disebut perasaan. Hachiman tidak berpikir kalau Yukino melakukan itu agar mencegah Hachiman menjadi jurkam hitam, karena Hachiman sejak lama tidak percaya kalau akan ada gadis yang mau berkorban untuknya.
  6. Muncul kembali monolog Hachiman, berkeinginan agar suatu hari Yukino akan terbuka kepadanya, Hachiman bisa memahami Yukino dengan mudah. Jika hari itu tiba, maka dunia terasa menyenangkan. Baik Hachiman dan Yukino, menginginkan hal yang genuine.
  7. Yui mencoba memberi kode lagi kepada Hachiman kalau dirinya adalah orang yang Yui cintai, dengan mengatakan itu sambil memeluk rambut Hachiman.



CHAPTER IX

  1. Hachiman merasa senyum Yukino yang sekarang terlihat kosong. Clue ini digabung dengan volume 3 chapter 4, Hachiman berkata ke Yukino kalau dia tahu senyum Yukino yang seperti apa yang tulus.
  2. Hachiman dihantui terus oleh sebuah pertanyaan, "apakah yang kulakukan selama ini salah?"
  3. Meski orang yang sama duduk di tempatnya, perabotan yang sama, tapi suasana yang dirasakan berbeda. Ada yang sedang berpura-pura, entah Hachiman/Yukino/Yui, atau semuanya memang sedang berpura-pura?
  4. Meguri mengakui ke Hachiman kalau dirinya berharap Yukino yang maju menjadi kandidat. Clue untuk review chapter 2 dan chapter 3. Tebakan Haruno benar adanya soal Meguri, dan kemungkinan besar Meguri mau menemani Iroha ke Klub Relawan karena Meguri berharap Yukino yang akan maju menjadi calon ketua.


x  x  x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar