Kamis, 17 Maret 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : Chekov's Gun

  Sekalian meminjam ilustrasi manga, mungkin para pembaca novelnya ada yang tertarik. Kali ini kita membahas sesuatu yang ringan dan menimbulkan rasa "hmm...". Ini adalah sebuah trope, atau bisa kita katakan istilah populer dalam sebuah drama. Buat yang belum tahu, for fun ini adalah artikel santai, tidak perlu ditanggapi dengan serius, apalagi dua-rius. Jangan mempromosikan link-link, web, blog, dll di kolom komentar. Ini blog pribadi, bukan tempat jualan.

x  x  x




  "Jika kamu menulis ada sebuah senjata api dipajang di dinding pada bab pertama, pada bab kedua atau ketiga kau harus menghilangkannya. Jika tidak akan ditembakkan sama sekali, maka jangan ditulis."
- Anton Chekov (S.Shchukin, Memoirs.1911)




  Contoh sederhana yang diikuti dengan baik oleh Watari adalah kasus request kue coklat Yui di volume 1. Watari menulis dengan jelas kalau kue coklat tersebut akan diberikan ke pria yang Yui suka, tapi tidak menulis siapa namanya. Hingga akhirnya Yui mengakui kalau Hachiman pria penerima coklat tersebut di volume 11. Yeah, butuh 11 volume! Bukankah kita semua harusnya merasa janggal, siapa pria yang Yui suka di volume 1? Ini seperti hilang tidak berbekas hingga 11 volume.

  Contoh Chekov Gun lagi misalnya kata-kata Haruno di volume 3 chapter 4 mengatakan akan mengajak Hachiman pergi minum berdua jika Haruno merasa Hachiman cukup pantas jadi pacar Yukino. Terjadi di volume 10 chapter 9. Yeah, butuh 6 volume!

  So, kali ini kita akan membahas beberapa hal yang Watari tulis dengan jelas, tapi tidak segera dibahas kejelasannya di volume tersebut. Kalau kita pikir dengan baik, apa yang Watari tulis ini seperti senapan si Chekov tadi. Kalau tidak penting bukankah harusnya tidak ditulis saja? Are you ready?




Chekov Gun pertama kita datang di volume 6 chapter 9. Watari menulis kalau Hachiman tidak sengaja mengatakan "aku menyukaimu" ke Saki. Sampai volume 11 seperti hilang ditelan angin, tidak pernah dibahas lagi. Logika kita, kalau memang bukan adegan penting, alangkah baiknya adegannya ditiadakan saja. Tapi, bagaimana jika...





Chekov Gun selanjutnya, adalah volume 9 chapter 8. Mungkin ini adegan paling romantis dari 11 volume yang terbit. Ketika Hachiman dan Yukino naik perahu berdua, Yukino memegang tangan Hachiman dan meminta Hachiman suatu hari nanti untuk menolongnya. Sampai volume 11 kita tidak tahu untuk momen apa kata-kata tersebut, dan untuk masalah apa.





Kali ini dari Isshiki Iroha. Volume 11 chapter 6. Iroha memberikan coklat valentine kepada Hachiman. Kalau adegan ini tidak penting, harusnya tidak perlu ditampilkan. Adegan Hachiman mencicipi adonan coklat Iroha sudah lebih dari cukup. Jadi, mengapa Watari menulis coklat valentine pertama Hachiman adalah dari Iroha, mengapa begini, mengapa begitu...





Chekov Gun selanjutnya adalah coklat valentine Yukino kepada Hachiman, volume 11 chapter 7. Coklat itu dibawa dari pagi hari, sore hendak diberikan, digagalkan Haruno. Lalu coklat terus berada di tas Yukino, menginap di rumah Yui. Lalu besoknya dibawa ke SEA World. Jika memang tidak akan diberikan, bukankah lebih gampang kalau Watari menulis Yukino tidak membuat kue coklat untuk camilan di klub, lalu gugup meraba-raba tasnya dan meminta Hachiman menunggu sebentar, dll...Sederhananya, jika memang tidak akan diberikan, harusnya Watari tidak usah menulisnya.





Terakhir dari saya, mengambil volume 6 chapter 10. Hachiman berjanji kepada dirinya sendiri kalau dia akan meminta Yukino lagi untuk menjadi temannya. Sampai volume 11 berakhir, tidak ada tanda-tanda hal tersebut akan terjadi. Jika Watari memang tidak berniat, harusnya tidak perlu ditulis, begitu jika kita pakai logika Chekov Gun. Tapi, permintaan pertemanan ini memang awalnya ada di volume 1, lalu baru terjadi lagi di volume 6. Mungkinkah terjadi lagi di volume 12? Hmm...



x  x  x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar