Selasa, 29 Maret 2016

[ REVIEW ] Anime : Mobile Suit Gundam - Iron Blooded Oprhans ( Season 1 )


x  x  x



  Seakan-akan menjawab segala macam kritik atas seri Gundam sebelumnya, Sunrise memberikan salah satu seri terbaik dari franchise Gundam: Iron Blooded Orphans (IBO). Menghadirkan ciri khas seri Gundam : perang antar robot, drama antara bumi dengan koloninya di ruang angkasa, dicampur dengan bumbu politik yang kental. Jadi, seperti apa anime ini?



WHAT SHOULD YOU KNOW?

  Semua seri Gundam, termasuk IBO diproduksi oleh Studio Sunrise. Bagi yang belum tahu, ini studio yang sama, studio yang memproduksi anime Love Live, Gintama, Code Geass, Cowboy Bebop, Keroro Gunso, Inu Yasha, Accel World, dll. Studio Sunrise merupakan anak dari perusahaan Bandai, yang juga memiliki usaha produksi mainan. So, jangan heran jika anda akan sering menemui action figure ataupun mainan robot rakitan (gunpla) dari anime-anime yang diproduksi oleh Sunrise.
Salah satu produk mainan Bandai
  Sutradara dan penulis naskah untuk IBO ini dipercayakan kepada Tatsuyuki Nagai dan Mari Okada. Yeah, anda pasti sudah hapal betul mereka berdua, beberapa karya mereka berdua sangat familiar bagi penggemar anime, diantaranya Toradora dan Anohana. Nagai sendiri juga mensutradari anime seperti Mushishi, Toaru Kagaku no Railgun (S), Ano Natsu de Matteru, dll. Sedang Mari Okada sendiri juga sebagai penulis skenario di Nagi no Asukara, Gosick, Fate/Stay Night, Selector Wixoss, True Tears, dll. Sederhananya, ini akan menjadi sebuah seri Gundam dimana akan banyak sekali feels.

  Suara MC kita, Mikazuki Augus, diperankan oleh seiyuu yang selama ini memerankan peran pembantu, bisa jadi ini adalah lompatan besar dalam karirnya, Kawanishi Kengo. MC non-pilot kita yang lain, Orga Itsuka, diperankan oleh Yoshimasa Hosoya, seiyuu yang sama dengan Kaito (Ajin), Ishida Yamato (Digimon), Sousuke Yamazaki (Free! Eternal Summer), Kirishima Haruto (Kimi no Iru Machi), dll. Heroine kita kali ini, Kudelia Aina Bernstein, suaranya diisi oleh Terasaki Yuuka, seiyuu yang sama mengisi Uchiha Itachi (Naruto...OMG!), Sunakawa Makoto (Ore Monogatari...OMG!!), Tooru Acura (Hitsugi no Chaika...OMG!!!). Mungkin, saya sendiri lebih tertarik dengan pengisi suara Kudelia karena kebanyakan dia mengisi suara peran laki-laki di anime, kali ini di Gundam dia mengisi suara wanita!

  Tentunya, seri Gundam tanpa penjahat khas-nya, pria bertopeng atau dikenal dengan Char Clone terasa ada yang 'kurang'. Jatuh kepada McGillis Fareed. Pengisi suaranya sangat spesial, yaitu Takahiro Sakurai. Jika anda kenal dengan karakter Cloud Strife di anime Final Fantasy VII, Faustus Claude di Black Blutler, Pak Guru Musik di Hibike Euphemium, dll...Dia adalah orang yang sama. Lucunya, dia juga mengisi suara Tentomon di Digimon.

  Jika anda bertanya bagaimana rating anime ini, mungkin kurang tepat jika mengacu ke forum-forum anime karena anime ini baru tamat pekan ini. Akan lebih akurat jika menunggu 6 bulan - 1 tahun setelah rilis. Namun, saya pribadi memberi rating 9/10. Anime ini juga di-dub dalam bahasa Inggris. Tayang secara resmi dengan pilihan subtitle langsung dari studionya. Terdapat subtitle Bahasa Inggris, Indonesia, Tiongkok, Tagalog, Korea, dll. Tampaknya, Bandai memang berniat untuk ekspansi bisnis dengan target yang jauh lebih luas.





WHAT YOU SHOULD KNOW ABOUT GUNDAM?

Apa seri anime Gundam itu?
  Merupakan seri anime yang tayang tahun 1979. Lalu serinya berkembang dengan berbagai judul hingga saat ini. Bagi penggemar film Hollywood, mungkin lebih mudah menjelaskan seri anime Gundam itu seperti Star Wars ala Jepang. Seri anime Gundam ini terkenal dengan ciri khasnya: Perang robot, drama peperangan, koloni luar angkasa - bumi, dan politik.

Lalu apa Gundam itu sendiri?
  Jika merujuk anime yang tayang perdana, itu adalah sebuah robot yang dikembangkan oleh Federasi Bumi, dengan teknologi tercanggih pada masa itu. Namun seiring berkembangnya franchise, Gundam bisa berarti hal yang berbeda. Ada yang mendefinisikan itu seperti singkatan OS komputer robot, sebuah seri produksi robot, dll. Tapi ada satu definisi yang mungkin mendekati dari semua itu, Gundam adalah robot yang memiliki teknologi tercanggih pada jamannya.

Saya mendengar kalau menonton anime Gundam, harus menonton beberapa seri Gundam terdahulu agar bisa paham dengan ceritanya?
  Ada dua jenis 'waktu' dalam anime Gundam. Yaitu Universal Century (UC) dan Alternative Universe (AU). Jika seri Gundam itu mengambil setting xx UC, kemungkinan besar anda harus menonton (minimal) seri perdananya di tahun jebot, yaitu 1979 agar memahami sebagian besar jalan ceritanya. Misalnya Gundam Unicorn, Gundam ZZ, Char Counterattack, dll. Jika seri gundam tidak ada timeline 'UC', maka itu termasuk AU Gundam. Anda tidak perlu menonton Gundam dengan animasi yaaa begitulah agar paham ceritanya.
  IBO sendiri memakai timeline Post Disaster (PD), alias setelah bencana besar. Artinya, IBO adalah Gundam AU, anda tidak perlu menonton seri Gundam yang lain untuk menonton IBO. Apa yang anda tonton di IBO, juga memiliki pengetahuan yang sama dengan fans Gundam garis keras yang menonton IBO juga. So, Gundam-IBO ini sangat recommended bagi penggemar baru Gundam, ataupun hanya sekedar numpang lewat, dll.




MY REVIEW

Animasi (8/10)
  Ini mengingatkan kita akan animasi era 90-an, seperti Gundam 08th MS Team. Tidak bisa kita katakan jelek, juga tidak bisa kita katakan luar biasa. Tapi, kita bisa kategorikan ini sebagai 'unik'. Anime ini tidak memakai CG, jadi murni pengerjaan tangan. Banyak sekali adegan-adegan pertempuran Mobile Suit yang terlihat keren, ditambah lagi banyak adegan-adegan dengan setting sempurna untuk 'selfie' alias mengambil gambar dan menjadikannya wallpaper.

Karakter (10/10)
  Apa yang anda harapkan ketika melihat penulis naskah dari Anohana dan Toradora mengerjakan IBO, dan inilah yang anda dapatkan. Banyak sekali karakter yang bukan sekedar pelengkap, mereka memiliki latar belakang cerita, dan digambarkan sangat baik. Buruknya, karena ini Gundam, anda akan sering melihat karakter tewas, dan membuat anda sangat bersimpati dengan karakter tersebut.
  Disini juga, anda tidak akan mendapati pilot utama (MC) yang sering mengeluh, protes, dan mempertanyakan arti perang, perdamaian, mengapa bertempur, dll. Mikazuki digambarkan sebagai seorang prajurit, dan dia benar-benar menjalankan tugasnya sebagai seorang prajurit. Jika Orga, sebagai komandan Tekkadan, memberinya tugas untuk menghabisi musuh, maka Mika akan menghabisi musuh.
 
  Disini, Mari Okada menunjukkan kualitasnya. Pemirsa akan dibuat goyah, apakah mereka benar-benar jahat, atau tidak. Bahkan ketika orang yang jelas-jelas jahat tewas, pemirsa masih merasa simpati atas kematian mereka dan menyalahkan para anggota Tekkadan yang selama ini hanya berusaha untuk hidup.

Story (8/10)
  Cerita dalam anime ini seperti seri-seri Gundam sebelumnya, namun dengan bumbu yang berbeda. Bumi dan koloninya, Mars. Terjadilah ketimpangan ekonomi, akhirnya Mars meminta kemerdekaan. Salah satu koloni Mars, Chryse, yang dimiliki negara Bumi, Abrau, berusaha meminta renegosiasi kontrak ekonomi antara Chryse - Abrau. Chryse selama ini diperah SDA-nya oleh Abrau, mengakibatkan pengangguran dan kelaparan. Abrau menyetujui renegosiasi, dan Kudelia dipilih menjadi negosiator Chryse.
  Sayangnya, Gjallahorn, Organisasi yang ditunjuk 4 negara besar di Bumi untuk mengawasi koloni Mars, tidak menyukai ide renegosiasi. Renegosiasi bisa memakmurkan Chryse dan akhirnya merdeka. Jika merdeka, maka Gjallahorn tidak dibutuhkan lagi. Akhirnya, Gjallahorn berusaha menculik dan membunuh Kudelia. Sayangnya, sebelum itu terjadi, Kudelia sudah mengontrak biro keamanan Chryse, CGS untuk menjadi pengawalnya. Bentrok antara CGS (Tekkadan) vs Gjallahorn tidak terelakkan lagi, berhasilkan Kudelia menjalankan misinya?

Musik (10/10)
  Mungkin, ini adalah bagian terbaik dari anime ini. Efek dan musik di animenya sangat luar biasa. Bahkan saya merekomendasikan anda memakai sound sistem yang bagus untuk menonton adegan pertempurannya, efek pertarungannya sangat luar biasa, seperti menonton langsung! RAISE YOUR FLAG!

Enjoyment ( 9/10)
  Saya memulai seri ini dengan menonton bersama 2 orang teman saya yang tidak tahu apapun soal anime Gundam, mereka menyukainya. Tidak perlu melihat seri Gundam yang lain, dan seusai menonton kita bisa berdiskusi dengan nyaman. Anime ini sangat pintar dalam menempatkan adegan akhir di tiap episode sehingga membuat antusiasme penontonnya tetap tinggi. Bagi bukan penyuka anime mecha, gundam, dll, saya sangat merekomendaasikan anda untuk menonton ini. Anda tidak akan sadar kalau yang anda tonton ini adalah anime Gundam.





MAIN STORY (SPOILER ALERT)

  Dahulu kala, ada sebuah kejadian bernama Bencana Peperangan. Bumi yang sudah kehabisan sumber daya logam, melawan Mars yang kering tapi kaya sumber daya logam. Saking dahsyatnya, dua bulan dari Mars, Phobos dan Demos hancur tak bersisa. Dikatakan, jika perang terus berlangsung, maka umat manusia akan terancam punah. Oleh karena itu, ada organisasi yang mengumpulkan para ilmuwan terkemuka dan berdiskusi untuk mencari cara agar menghentikan perang ini



  Para ilmuwan tersebut membuat 72 Mobile Suit (Robot) dengan teknologi terbaik, dan sistem yang mendukung pengoperasian Mobile Suit tersebut, Alaya-Vijnana (AV). Ke 72 Mobile Suit itu memiliki nama sesuai seri buku Iblis Ars Goetia, dan nomor serinya diawali G yang berarti Gundam Frame. Perang bisa dihentikan, dan organisasi tersebut muncul dengan nama Gjallahorn. Bumi dibagi menjadi 4 negara besar, dan Mars menjadi koloni dari bumi. Empat negara besar di bumi menunjuk Gjallahorn sebagai pengawas militer blok-blok koloni mereka di Mars agar bencana peperangan tidak terulang lagi. Tahun-tahun sesudah bencana peperangan disebut PD, dan setting anime ini mengambil PD 323, artinya sudah 323 tahun berlalu sejak Bencana Peperangan berakhir.



  Ke-72 Gundam tersebut menghilang setelah PD, diketahui ada 26 Gundam yang masih bisa berfungsi, salah satunya terdampar di gurun Mars dan ditemukan oleh direktur CGS, Maruba. Gundam tidak bisa diproduksi secara massal setelah PD, menurut para ilmuwan, Gundam mamakai 2 reaktor Ahab yang sulit untuk disinkronkan. Mereka memilih memproduksi Graze, dengan 1 reaktor Ahab karena dinilai lebih mudah. Gundam yang ditemukan oleh Maruba tersebut berkode G-08, Barbatos, dan Maruba memanfaatkannya sebagai sumber listrik di CGS.


  Orga dan Mika, merupakan remaja yang bekerja di CGS, dan mereka merupakan sahabat sejak kecil. Para remaja di CGS ini dididik sebagai prajurit dan wajib ditanamkan sistem AV pada tubuh mereka. Sistem AV ini memiliki tingkat kesuksesan 60% sekali tanam, 40% sisanya akan membuat si pasien lumpuh selamanya. Mika bersedia ditanam AV sebanyak 3x, membuatnya sebagai pilot terbaik di CGS.



  Kudelia adalah aktivis dari majelis July yang menyuarakan kemerdekaan Mars, ironisnya, ayah Kudelia sendiri adalah walikota Chryse dimana ayahnya sendiri memilih untuk status quo dengan pemerintahan Abrau. Makanai, PM Abrau menjanjikan untuk renegosiasi kontrak ekonomi kepada majelis July, dan majelis mengirim Kudelia sebagai utusan mereka. Tentunya, ini tercium oleh Gjallahorn dan menganggap ini adalah ide yang buruk bagi bisnis keamanan koloni mereka. Kudelia meminta CGS untuk mengantarnya ke bumi, namun Gjallahorn menyerbu CGS dan meminta CGS menyerahkan Kudelia.



  Para senior CGS kabur dan meninggalkan anak-anak pimpinan Orga untuk melawan Gjallahorn. Karena terdesak, akhirnya Orga meminta Mika untuk menjadi pilot barang tua mereka, Gundam Barbatos melawan Gjallahorn. Mika berhasil melawan Gjallahorn, dan Orga memimpin grup anak-anak CGS memberontak. Orga mengambil alih CGS dan mengeksekusi pimpinan senior yang membuat mereka menjadi tumbal, lalu mengubah CGS menjadi Tekkadan. Namun, itu tidak mengubah misi mereka, mereka harus mengawal Kudelia hingga bumi.



  Perjalanan mereka tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak yang berkhianat dan menjual mereka ke Gjallahorn. Orga akhirnya berhasil membuat kontak dengan Mafia terbesar di ruang angkasa , Teiwaz, dan menjadi anak cabang Teiwaz. Ketimpangan ekonomi di Mars ternyata tidak berhenti disitu saja, di koloni lain bumi, Dort, juga terjadi ketimpangan ekonomi. Para warga bumi hidup nyaman dan mewah di Dort 3, sedang di Dort lain warganya hidup kumuh dan menderita. Ini membuat Kudelia menyadari akan pentingnya kesetaraan hak antar sesama manusia.



  Meski sudah tiba di bumi, Gjallahorn tidak mengindahkan aturan yang disepakati oleh  mereka dengan 4 negara di bumi dan terus bertindak diluar kendali untuk memburu Tekkadan dan Kudelia. Meski begitu, misi Kudelia tidak berakhir begitu saja. Makanai ternyata diasingkan dan tidak lagi menjabat PM karena skandal, namun menjanjikan renegosiasi tetap berjalan asalkan dia terpilih kembali menjadi PM. Tentunya, itu tidak mudah. Karena Tekkadan harus mengawal Makanai ke Edmonton, dimana para tentara Gjallahorn sudah siap untuk menghadang mereka.



  Misi berakhir dengan sukses, Makanai kembali menjadi PM dan renegosiasi kontrak. Gjallahorn gagal memenangi PM dengan kandidat mereka, Henri Fleurs. Abrau tidak lagi memakai jasa Gjallahorn karena skandal pembunuhan dan pelanggaran aturan, dan memakai Tekkadan sebagai konsultan militer mereka. Sementara itu, McGillis Fareed berhasil mengambil alih pimpinan tertinggi Gjallahorn setelah menumbalkan ayahnya, dan dua temannya dalam skandal pertempuran Gjallahorn vs Tekkadan.




  Namun, masalah di Season 2 tampaknya mulai muncul. Abrau tidak lagi memakai jasa Gjallahorn dan mulai diikuti oleh 3 negara lainnya. Apa yang terjadi jika anda memiliki armada militer yang luar biasa tetapi tidak memiliki tempat dan jobless? Well, mari kita harap kalau Bencana Peperangan jilid kedua tidak akan terulang lagi. Revolusi Kudelia baru dimulai, dan Tekkadan memulai lembaran baru mereka. Namun, Montag aka McGillis baru memperoleh kekuasaannya. Ini hanyalah awal...dari sebuah peperangan.


x  x  x

Note : Ini adalah drama tentang peperangan dan politik. Anda akan sering melihat karakter dalam seri ini tewas ataupun dikhianati dan terbunuh. Jika anda hanya ingin melihat anime 'happy-life', ini bukan untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar