Kamis, 24 Maret 2016

[ REVIEW ] Light Novel Oregairu : Volume 5


x  x  x






  Apa yang terjadi jika gadis yang anda kagumi, selalu anda pikirkan, orang pertama yang ingin anda ajak menjadi teman anda     Ketika mengetahui kebenarannya, anda merasa image gadis itu di pikiran anda ternyata tidak cocok sama sekali?

  Hachiman memperoleh fakta kalau mobil sedan yang menabraknya setahun lalu, adalah mobil yang ditumpangi Yukino. Hachiman memang tidak pernah membahas kecelakaan itu dengan Yukino. Yukino juga tidak pernah membahas tentang kecelakaan tersebut. Namun, Hachiman menyalahkan dirinya sendiri yang sudah memberi Yukino image seperti itu. Sedangkan Yukino, merasa bersalah dan takut Hachiman menganggap semua kebaikan dirinya selama ini hanyalah simpati karena Hachiman korban yang ditabrak mobil miliknya.

  Kenyataannya, tragedi di volume 5 membahas kenyataan di atas. Uniknya, volume 5 ini hanya terdiri dari 8 chapter, dimana Yukinoshita hanya muncul di chapter terakhir, dan durasinya sangat pendek. Tujuh chapter lainnya, menceritakan kesan karakter lainnya terhadap Yukinoshita Yukino.

  Meski begitu, ada banyak hal-hal menarik seperti bagaimana Taishi dekat dengan Komachi. Hal ini tentu membuat Hachiman geram. Lalu kencan ramen dengan Hiratsuka Shizuka, dimana anda akan disuguhi kenyataan kalau Yukinoshita Haruno dulunya adalah siswi yang sangat nakal di SMA Sobu! Dan tentunya, ditutup dengan festival kembang api antara Yui dan Hachiman.

  Dalam festival kembang api ini, ada sesuatu yang aneh, Yui tampak gugup hingga akhir kegiatan. Lalu, ditutup oleh Hachiman yang tiba-tiba tidak seperti biasanya, yaitu meminta Yui untuk menjawab panggilan HP Yui daripada mendengarkan apa yang hendak Yui katakan. Ini terungkap di volume 7, Hachiman tahu bagaimana tanda-tandanya orang akan mengungkapkan perasaan cintanya. Ini tidak terlepas dari pengalaman Hachiman sendiri ketika SMP dulu, kepada Kaori Orimoto.

  Jika memang Hachiman tahu tandanya orang akan mengungkapkan perasaannya, mengapa Hachiman mencegah Yui melakukannya? Sebenarnya, jawaban Hachiman terungkap ketika Hachiman membantu Yui yang hampir jatuh ketika kereta yang membawa mereka ke festival kembang api mengerem mendadak. Ini tidak terlepas dari keinginan Hachiman yang hendak menciptakan dunia dimana tidak ada yang terluka. Jika memang bukan Yui, lalu sebenarnya siapa gadis yang Hachiman sukai?




x  x  x




CHAPTER I
  1. Yui menitipkan Sabure ke Komachi karena hendak berwisata bersama keluarganyya.
  2. Komachi dan Yui merasa Yukino sedang menjaga jarak dengan mereka.
  3. Hachiman menyadari kalau sikap Yukino di ending volume 3 ada hubungannya dengan insiden kecelakaan setahun lalu.
  4. Yui sepertinya tahu kalau penumpang mobil yang menabrak Hachiman setahun lalu adalah Yukino.

Oregairu_v05_023


CHAPTER II
  1. Kawasaki Saki ikut kelas bimbingan belajar yang sama dengan Hachiman.
  2. Adik Saki, Taishi, ingin mengetahui resep Hachiman bisa populer dengan gadis cantik seperti Yukino.
  3. SMP dari Hachiman, Komachi, dan Taishi ini memiliki jumlah lulusan dengan persentase paling kecil yang diterima menjadi siswa SMA Sobu.
  4. Petunjuk nomor 3 ini digabung dengan volume 8 chapter 3, Hachiman sengaja menghindari bertemu Kaori meski satu kompleks perumahan, patut diduga Hachiman memilih SMA Sobu untuk menghindari Kaori.
Oregairu_v05_063Oregairu_v05_039


CHAPTER III
  1. Hachiman merasa kalau berusaha memahami Yukino adalah hal yang tidak boleh dia lakukan.
  2. Zaimokuza mengatakan kalau Yukino lebih menakutkan dari film horor, tapi Totsuka mengatakan Yukino sebenarnya memiliki hati yang baik.
Oregairu_v05_079


CHAPTER IV
  1. Hiratsuka-sensei memberitahu Hachiman kalau Yukino dan Hachiman adalah sama, tapi berbeda.
  2. Yukinoshita Haruno semasa menjadi siswa SMA Sobu memiliki nilai akademis tertinggi, banyak memiliki teman, dan suka jalan-jalan. Masalahnya, selain nilai akademis yang sempurna, Haruno terkenal karena kenakalannya yang suka melanggar peraturan sekolah.
  3. Hiratsuka-sensei dan Yukinoshita Haruno pernah bermain di satu grup band yang sama.
Oregairu_v05_117


CHAPTER V
  1. Hachiman berencana untuk kuliah di universitas swasta jurusan liberal art di Chiba, kecuali ada alasan tertentu yang membuatnya memilih universitas di luar Chiba.
  2. Nomor 1 clue digabung dengan volume 7 chapter 2 dan volume 10 chapter 7, kemungkinan Hachiman akan memilih universitas di Kyoto yang berdiri lebih dari 100 tahun dan terkenal akan jurusan liberal art-nya, Doshisha, bersama dengan Yukino. Kebetulan atau tidak, Yukino juga menyukai Kyoto.
  3. Komachi memaksa Hachiman agar menemani Yui ke festival kembang api dengan alasan untuk membelikannya oleh-oleh.
Oregairu_v05_143


CHAPTER VI
  1. Diluar dugaan, Hachiman mengatakan dalam monolognya kalau saja dia pria yang lain, dia mungkin sudah jatuh hati ke Yui.
  2. Yukinoshita Haruno kuliah di jurusan MIPA, universitas negeri di Chiba. Menurutnya, jurusan itu adalah pilihan Ibunya, Haruno sebenarnya punya jurusan lain yang ingin dia pilih.
  3. Haruno merupakan pewaris resmi bisnis keluarga Yukinoshita.
  4. Hachiman memberitahu syarat istri idamannya kelak: Bisa memasak, bisa membayar tagihan rumah tangga, dan bisa mengurus anak.
  5. Nomor 4 muncul clue lagi di volume 11 chapter 2, Hachiman mengatakan kalau setiap gadis harusnya bisa memasak. Artinya, Watari konsisten dengan nomor 4 hingga ke volume terbarunya.
  6. Haruno mengatakan kalau Yukino tidak boleh menghadiri festival kembang api karena perintah Ibunya, agar para relasi bisnis tidak bingung dengan siapa pewaris bisnis keluarganya. Juga, Ibu mereka ternyata lebih menyeramkan dari Yukino dan Haruno sekalipun.
  7. Haruno tahu kalau Yui menyukai Hachiman dari ekspresi Yui ketika ditanya apakah mereka kencan atau tidak.
  8. Haruno mengkonfirmasi sendiri kalau Yukino adalah penumpang mobil yang menabrak Hachiman setahun lalu.
  9. Tidak seperti biasanya, Hachiman memotong Yui yang hendak mengatakan sesuatu dan menyuruh Yui mengangkat teleponnya. Belakangan diketahui, Hachiman sendiri tahu ciri-ciri suasana dan orang yang hendak menyatakan perasaannya.
Oregairu_v05_193


CHAPTER VII
  1. Hachiman mencoba mereview ulang seluruh informasi tentang kesan-kesan Komachi, Yui, Totsuka, Zaimokuza, Saki, Taishi, Hiratsuka-sensei, dan Haruno terhadap Yukino.
  2. Hachiman berkesimpulan kalau dirinya hanya melihat apa yang dia ingin lihat.
  3. Hachiman menyalahkan dirinya sendiri yang begitu mudahnya memasang image Yukino seperti apa yang dia bayangkan selama ini.
Oregairu_v05_161


CHAPTER VIII
  1. Yukino hendak mengklarifikasi soal kecelakaan tersebut, tetapi Hachiman memotongnya dengan topik lain.
  2. Hachiman memutuskan untuk memikul rasa bersalah itu sendirian dan menyalahkan dirinya sendiri.

Oregairu_v05_226-227



x  x  x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar