Rabu, 30 Maret 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : Unsolved!


x x x

    Kali ini saya berbagi masalah yang sebenarnya tidak terpecahkan, yaitu mengapa Hayama memberitahu jurusannya kepada Miura (lewat perantara Hachiman). Karena request ke klub hanya sebatas mencari tahu jurusan Hayama, maka hal ini tidak pernah dibahas lebih lanjut. Silakan pembaca memberikan komentar dan analisisnya. Bagi yang lupa atau malas untuk membaca volume 10, saya akan berikan ringkasannya.




Pada tanggal 4 Januari, dibagikan selebaran kuisioner. Dalam kuisioner itu, siswa diharuskan untuk memilih antara IPA dan IPS di kelas 3 nanti. Batas akhir pengumpulan kuisioner ataupun merubah jurusan adalah akhir bulan Januari, satu hari setelah Marathon Chiba. Ooka, Yamato, Yui, dan Ebina memilih IPS. Sedang Miura dan Tobe belum punya pilihan. Ketika Miura bertanya jurusannya, Hayama tidak mau memberitahukannya dengan alasan pilihan masa depan harusnya dipikir baik-baik, bukan sesuatu yang dengan mudahnya mengikuti pilihan orang lain.

Klub Relawan juga membuka konsultasi online sejak musim panas, yaitu lewat email. Miura mengirimkan email ke Klub Relawan untuk bertanya apakah ada suatu metode untuk mengetahui pilihan jurusan seseorang. Iroha, menerjemahkan itu sebagai request kepada Klub Relawan agar membantu Miura mencari tahu jurusan Hayama. Yukino menyetujui request tersebut, dan jadilah request Miura sebagai pekerjaan klub.

Hachiman melihat Hayama sedang menolak gadis yang baru saja menembaknya. Hayama mengatakan, setelah ada gosip Hayama-Yukino, para gadis malah semakin banyak yang menembaknya. Pertanyaan Hachiman soal jurusan Hayama, ditolak. Hachiman juga memberitahu kalau itu hanyalah pekerjaan klub. Hayama sendiri pernah menjadi klien klub relawan di vol 2 chapter 3, dengan kata lain Hayama tahu ada seseorang yang memberikan request. Di grupnya, yang belum menentukan pilihan tinggal Miura dan Tobe. Tapi Tobe pasti akan memilih IPS karena disitu ada Ebina. Dengan mudah, Hayama pasti bisa menyimpulkan kalau ini request dari Miura meski Hachiman tidak mengatakannya.

Miura datang ke klub relawan, menegaskan kembali requestnya. Sederhananya, Miura mencintai Hayama. Miura ingin memahami Hayama lebih jauh, tapi waktu yang tersisa di kelas 2 hanya 2 bulan. Hachiman melihat Miura ini seperti kondisi dirinya dengan Yukino, dan memberanikan diri untuk all out.

Menganalisis semua info dari Hayama dan sekitarnya, Hachiman mengambil kesimpulan. Hayama selama ini dekat dengan Miura hanya untuk memanfaatkannya, agar tidak ada gadis lain yang mencoba mendekatinya. Para gadis di SMA Sobu takut dengan Miura. Di kelas IPA, 80% diisi anak laki-laki, dan berada di lantai paling bawah di gedung sekolah. Jika Hayama memilih IPA secara diam-diam dan terpisah dari grupnya yang mayoritas memilih IPS, maka Hayama bisa mencampakkan Miura secara wajar. Ini berarti, Hayama tahu kalau nilai akademis Miura sendiri hanya mampu untuk masuk kelas IPS.

Hachiman memberitahukan analisisnya itu. Meski Hayama tidak menjawab, Hachiman menawarkan analisis tersebut sebagai solusi Hayama agar bisa lepas dari Miura. Solusi Hachiman adalah : Diam-diam memilih jurusan IPA.

Hayama menjelaskan kalau Hachiman dan dirinya selama ini adalah rival. Dan terakhir, Hayama menyatakan kalau dirinya tidak akan mengikuti saran Hachiman tadi. Dengan kata lain, Hayama akan memilih IPS di kelas 3 nanti.


  Pertanyaannya, mengapa Hayama merubah pikirannya begitu saja dan memberitahu jurusannya? Mengapa Hayama memilih IPS sedang di IPA dia bisa terbebas dari para gadis yang menyukainya?

  Yang membuat saya merasa janggal : Hayama hampir satu bulan bersikeras untuk merahasiakan jurusannya, tapi mengapa hanya dengan diskusi di Marathon Chiba semuanya berubah?







Poin aneh pertama kita. Hayama berjanji akan menyelesaikan masalah gosip tersebut. Tapi mengapa Hayama perlu mengatakan terima kasih ke Iroha dan Miura? Bukankah agar gosip itu mereda, Hayama harus kembali ke status-quo yaitu dekat dengan Miura. Iroha disini bukanlah karakter penting bagi Hayama dalam masalah ini. Yang terpikirkan oleh saya di adegan ini, mungkinkah Hayama merasa malu jika dia berterima kasih hanya ke Miura? Mungkinkah Hayama merasa kalau perjuangan Miura agar bisa tahu jurusannya ini sudah luar biasa? Miura ini meminta pertolongan klub relawan dimana ketuanya, Yukino, seperti air dan minyak bagi Miura.

Poin aneh kedua terdapat di perjalanan klub relawan bersama Miura ke kafe western untuk merayakan Marathon Chiba. Miura bertekad untuk ikut bimbingan belajar agar bisa mengimbangi Hayama hingga kuliah nanti. Ini berarti, nilai akademis Miura sendiri tidaklah bagus dan kemungkinan akan terdampar di IPS dan tidak akan cukup kuat di IPA. Ini menjawab pertanyaan awal saya tadi, mengapa Hayama memilih IPS. Mungkinkah Hayama sengaja mengatakan memilih IPS karena disitulah Miura sanggup mengikuti pelajaran tanpa membebani nilai akademisnya?

Hayama mengatakan kalau dia sebenarnya tidak hendak memutus hubungannya dengan Miura, tapi karena waktu itu...merahasiakan pilihan jurusan adalah satu-satunya jalan. Ini yang terpikirkan oleh saya, mungkinkah Hayama dipaksa keluarganya memilih IPA? Jawabannya tidak, karena meski masuk IPS...Hayama masih bisa tetap memilih jurusan IPA untuk kuliah. Lalu saya teringat pidato Hayama di penutupan lomba marathon, dia menambahkan Iroha dalam ucapan terimakasihnya. Mungkinkah Hayama berusaha menegaskan ke Hachiman kalau dia tidak mengubah pilihannya karena dirinya bersimpati dengan Miura? Mungkinkah sebenarnya Hayama ini mulai merasakan perasaan Miura dan berusaha membuat Hachiman agar tidak terpikirkan ke 'kesimpulan itu'?

Kecurigaan saya bertambah lagi ketika membaca degan volume 11 chapter 4. Hayama tiba-tiba keluar dari rombongan grupnya ketika menuju community center dan menyapa Hachiman. Lalu Hayama mengobrol sebentar dengan Hachiman. Tidak hanya sampai disitu, di dalam Hayama juga memanggil Hachiman untuk duduk di sebelahnya. Hayama juga mentraktir Hachiman kopi kaleng. Mungkinkah Hayama ini sudah tidak melihat Hachiman sebagai rivalnya lagi, tetapi sebagai sahabat? Dengan kata lain, Hayama memutuskan 'move on' karena Yukino sudah memilih Hachiman?

Volume 11 chapter 5. Disini terjadi hal menarik. Hayama tidak mengikuti 'permainan' Haruno dan langsung klarifikasi gosip coklat valentine. Ini kontras dengan sikap Hayama di volume 8 chapter 5, Hayama dan Haruno bersekongkol untuk mensetting adegan kafe antara Hachiman-Yukino-Yui-Hayama-Kaori-Nakamachi. Juga Hayama membiarkan begitu saja Haruno menjebak Yukino dengan memanfaatkan kehadiran Hachiman di kafe, agar Yukino mau datang di acara tahunan keluarga, volume 10 chapter 2.


x  x  x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar