Jumat, 25 Maret 2016

[ INFO ] Next Project : Biblia Koshodou no Jiken Techou | Kasus-Kasus di Toko Buku Antik Biblia





  Kali ini, saya memilih sebuah Light Novel dimana para otaku anime tidak akan pernah mendengar ini. Novel karya Mikami En ini rilis pertamakali Maret 2011, volume terbaru terbit 2015, volume 6. Jika banyak yang berkomentar LN ini dan itu yang terbaik, menurut saya Biblia berada di level yang berbeda. Tidak ada drama anak SMA, dan menurut saya, cerita LN ini sangat elegan dan merupakan masterpiece. Mudah saja untuk mencari popularitas blog dengan menerjemahkan karya-karya LN populer. Hanya saja, saya tidak sedang mencari popularitas di kalangan pembaca. Jika anda suka Biblia, that's good, jika anda tidak suka, well maybe next time...

  Bagaimana dengan kepopuleran novel ini? Volume 6 Biblia merujuk situs oricon, merupakan novel paling laris di 2015, dengan lebih dari 500rb copy terjual, disusul peringkat kedua dengan LN SAO dengan selisih 200rb copy! Sedang untuk tahun 2014, volume 5 Biblia merupakan novel terlaris dengan 498rb copy, peringkat kedua dipegang Kageru Days 5 dengan 350rb copy. Total penjualan Biblia sejak 2011-2015 sendiri di Jepang mencapai lebih dari 4.5 jt copy! Well, bisa saya katakan kalau ini adalah salah satu light novel terlaris di Jepang.



  Biblia sendiri sudah dibuat J-Series pada tahun 2013 dengan 12 episode, dan saya yakin kalian akan menyukainya. Juga ada seri manga Biblia. Untuk animenya, memang belum ada.




  Genre novel ini adalah misteri dan romance. Seperti biasa, romance dalam LN misteri biasanya cukup 'straight' ke satu pasangan. Tentunya, ini bukan romansa anak sekolahan, cerita romansa di LN ini sangat dewasa dan manis. Alur cerita LN ini dari sudut pandang karakter utama laki-laki, Daisuke Goura. BTW, sambil membaca LN ini, saya banyak sekali mendapatkan ilmu mengenai berbagai literatur dan sejarah buku di dunia ini. Sangat menarik!


  Sebuah takdir mempertemukan Daisuke Goura, seorang pria yang memiliki semacam trauma terhadap buku bacaan, dengan sebuah toko buku antik di Kamakura, Biblia. Pemilik toko buku tersebut, seorang gadis muda bernama Shioriko Shinokawa, adalah gadis yang terlihat tertutup dan pemalu. Shiori sangat kaku dalam berinteraksi dengan orang-orang sekitar, tetapi sangat antusias dalam membicarakan buku dan pengarangnya. Daisuke akhirnya bekerja di Biblia dengan segala keunikannya. Bersama dengan Shiori yang memiliki pengetahuan luar biasa dengan buku, mereka memecahkan berbagai misteri yang terjadi di Biblia.

  Untuk proyek Oregairu, tetap saya lanjutkan atau juga bisa dipertimbangkan di-stop. Mungkin sudah mulai bosan dengan gaya penulisan Watari, dan sudah menerjemahkan lebih dari 10 volume di blog ini sendirian, membuat kepala saya menjadi gila. Saya berharap proyek Biblia ini bisa menjadi bacaan yang disukai para pembaca, kemungkinan akan saya mulai dalam beberapa hari ke depan. Saya juga melihat proyek lama saya (Kuzukin) ternyata lumayan populer juga. Well, saya harap kalian akan menyukai Biblia ^_^!


x  x  x

2 komentar:

  1. Ok min saya tunggu update an nya selalu

    BalasHapus
  2. Masih menunggu updatenya Biblia maupun Oregairu, btw manganya stop di chapter 5 doang ya?

    BalasHapus