Minggu, 03 Mei 2015

[ GUIDE ] Level 80 PvE Gearmaster by ZCuneAoi

     Yahallo! Nyahahaha kali ini kita kembali ke Guide Gearmaster PvE untuk level 80. Anda mungkin akan menemukan banyak guide GM diluar sana, namun saya jamin anda tidak akan pernah menemukan yang seperti ini. Guide ini memberikan penjelasan mendetail, dan dapat dipahami bahkan oleh orang yang tidak bermain GM sekalipun. Bagi saya pribadi, membimbing orang dan membuat orang tertarik ke suatu class karena pic damage yang wah adalah sebuah kesalahan. Yang benar adalah mengajari cara bermain dan build yang benar, karena damage adalah relatif dan siapapun dengan gears yang overpower akan menghasilkan damage yang lebih dari pic. Sedang skill bermain adalah hal yang berharga, sesuatu yang tidak bisa anda beli dengan uang.


    Saya sangat tidak setuju dengan pendapat bahwa Build skill PvE itu tergantung selera masing-masing. Karena dalam party, teamwork yang berbicara dan bukan Ego tiap pemain. Setiap class wajib mengambil skill-skill dengan level tertentu di tree skillnya yang dapat support party, barulah sisa skill point anda alokasikan ke skill yang anda anggap berguna untuk damage / dodge. Saya hanya akan menulis satu guide dengan fokus satu class, sisa guide lainnya hanyalah Mini Guide. Kemungkinan memang saya akan ada vakum sekitar 1-3 bulan karena urusan pekerjaan dan ada yang mewajibkan saya untuk tinggal di luar negeri dalam waktu tertentu.

     Comment sesuai judul, yaitu Guide Gearmaster maka comment-lah seputar Gearmaster. Haters Gearmaster / user Shooting Star yang benci, kalau hendak flaming karena tidak suka ada guide complete seperti ini sebaiknya tidak anda lakukan, karena hanya akan membuat anda terlihat bodoh di kolom komentar. Tunjukkan bahwa player Indonesia memiliki intelegensi yang baik. Sekedar info, guide GM di cap 70 sudah dishare ke berbagai forum DN luar, termasuk DN Eropa dan North America. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi player Indonesia. Semoga Guide di cap 80 ini juga bisa berguna bagi para pembaca. Bagi yang membutuhkan Guide GM lainnya dan seputar mekanik GM, anda bisa klik link berikut










" Semoga apa yang saya tulis dan share disini, bisa menginspirasi player lainnya untuk membuat guide serupa dengan class masing-masing. Share ilmu dan pengetahuan adalah hal terkecil yang bisa kita lakukan untuk membuat komunitas Dragon Nest lebih baik dan berkualitas. "




INTRO





Hasil gambar untuk RED DRAGON NEST


       Di masa depan, Lagendia kacau balau akibat Red Dragon yang merajalela. Tidak ada para petualang yang mengangkat senjata, dan Saint Haven porak poranda. Jasmine, seorang ilmuwan jenius berhasil menciptakan mesin waktu Apocalipse dan membuat misi penyelamatan Lagendia dengan mengirim sukarelawan ke masa lampau dan memperingatkan para pahlawan Lagendia beserta para petualang akan ancaman di masa depan. Adik dari Jasmine, Commelina yang berumur 23 tahun merupakan lulusan terbaik akademi Berlin dan memutuskan untuk menjadi sukarelawan itu. Commelina sangat handal dalam teknologi robotik dan kimia. Kecelakaan terjadi dalam perjalanannya bersama pesawat Apocalipse. Meleset ke waktu 50 tahun setelah Black Dragon Raid yang melibatkan 6 pahlawan, dan tubuhnya menyusut menjadi tubuh gadis berusia 13 tahun. Commelina yang memutuskan untuk ambil bagian dalam menyelamatkan Lagendia, berhasil mencegah rencana gila Jasmine dan Desert Dragon. Serta membasmi Black Dragon yang meneror seluruh penduduk Saint Haven melalui mimpi buruk ulah Rozalinde. Namun Commelina mencapai babak akhir dari teror yang dia alami di masa depan, Red Dragon!

    Tidak memiliki kemampuan bela diri seperti Warrior. Tidak memiliki sihir seperti Sorceress. Tidak memiliki kekuatan fisik, magic, dan armor seperti Cleric. Tidak memiliki ketangkasan seperti Elf. Tidak memiliki black magic seperti Kali. Tidak menguasai taijutsu dan tenaga dalam seperti Ninja. Tidak memiliki tubuh baja dan stamina tinggi seperti Lancea. Namun kesalahan besar apabila petualang dan monster Lagendia meremehkan Commelina.


Hasil gambar untuk gearmaster DRAGON NEST


     Commelina memiliki kecerdasan yang sangat tinggi dan memiliki kemampuan untuk menciptakan pasukan robot yang sangat luar biasa di pertempuran. Sekilas robot bebek, tower, dan alfredo adalah robot - robot imut, namun support dan damage yang dihasilkan mereka di pertempuran sangat luar biasa. Jangan tertipu oleh penampilan luar Commelina! If someone told you size does matter, then this little girl is an exception! This little girl is the real menace and mastermind of a raid battlefield!

Gearmaster adalah class bagi anda yang :
  1. Suka berpikir dan bermain strategi dalam pertempuran.
  2. Lelah dengan omong kosong bela diri / sihir / santet / ninja/ dll.
  3. Suka bermain class damage dealer dengan mekanisme unik dan trik-trik tertentu.
  4. Suka MMORPG dengan class yang bermain teknologi robot.
  5. Suka class summoner.
  6. Need cuteness in one pack? You got it!


Hasil gambar untuk gearmaster DRAGON NEST



Gearmaster bukan untuk anda yang :
  1. Bermain dengan cara FUBAR ( Fucked Up Beyond All Recognition ) alias hit and cast everything you can.
  2. Baru bermain Dragon Nest ( kurang dari 3 bulan ).
  3. Malas berpikir ribet.
  4. Tidak ingin melihat matematika lagi.
  5. Tidak mental baja di-cap Emon atau Pedhofil ( kalau aslinya begitu ya.... no comment ).
 







ROLE PARTY DAN STAT






Hasil gambar untuk gearmaster DRAGON NEST


    Gearmaster memiliki banyak fungsi di party. Tentu saja anda harus memiliki intelegensi dan kreativitas yang baik agar fungsi GM di party optimal. Role atau tugas GM di party adalah :
  1. Heavy Damage Dealer.
  2. Berserk Remover
  3. Reduce attack dan damage reducer
  4. Booster movement party.
  5. Debuffer elemental dan critical resist.
  6. Debuffer Ice Resist dan support Ice Stacking.
  7. Aggro taker.
  8. Disabler.
    Banyak sekali tugas yang harus dilakukan dan dihandle oleh satu orang. Well, di cerita memang Commelina memiliki kecerdasan yang tinggi sehingga mampu melakukan multitasking. Namun anda bisa melakukan seperti apa yang Commelina lakukan, karena anda memiliki internet dan mbah Google! 

    Mari kita taruh simple saja, HP Alpedo tergantung pada VIT anda. Dan HP Mechaduck tergantung dari max HP anda. AGI memberikan rasio terbesar bagi attack anda yaitu 0.5 AGI adalah attack, belum lagi massive critical yang anda peroleh. Anda tidak perlu bermain STR hanya untuk mengejar critical damage. Critical damage bukanlah hal yang menjadi kelebihan dari GM. Fokus di AGI dan VIT adalah pilihan terbaik.









SKILL BUILD




    Perlu diketahui, skill build bagi Ice / Dark / Light GM adalah sama. Yang membedakan mereka hanya accessories dan jade.





Perlu diketahui, skill Mechaduck dalam gambar memakai kostum senjata epic dengan opsi +1 Mechaduck. Level asli Mechaduck adalah level 6. Anda bisa turunkan level Cannon Tower ke 6 atau 11 apabila membutuhkan extra MP.










MENGENAL LEBIH JAUH SKILL-SKILL ANDA




Hasil gambar untuk gearmaster DRAGON NEST







 Contoh penggunaan Alpedo untuk block damage





 Contoh block efek mekanik memakai Alpedo















 video contoh penggunaan Force Out










 






Contoh penggunaan max SA wax di pertempuran raid






Contoh Wax untuk boost movement party, counter tornado Punisher BDN





































 Chainsaw Tower diposisikan sebagai aggro

















 Mengenai pembuktian fungsi Ice Tower bagi Ice Stacking bisa anda baca di artikel berikut





























 Contoh "ulah" Mecha Shock cancel RDB Serpentra























 Salah satu trik on-off Alfredo Stomp untuk membebaskan diri dari Sand Binding Jakard.













Timing TD membutuhkan kecerdasan, timing, dan kreativitas.





Salah satu trik resummon alpedo untuk TD di Punisher.











ALL ABOUT MECHANICAL MODE






Mechanic Mode.png



    Nilai attack sebenarnya dari GM bukan seperti tertulis di kolom status anda, melainkan dalam keadaan MM. MM dalam level 13 memberikan buff attack 30% dan damage reduce 22%. Buff bersifat toggle, atau istilah kerennya self aura. Sehingga mekanisme clear buff tidak akan mengganggu skill ini. Anda bisa on-off sesuka anda, tanpa cooldown. Seperti apa penggunaan MM bagi GM? Lest check this out!





SEBAGAI FILLER KETIKA SKILL SUMMON SEDANG COOLDOWN

 

   Untuk yang satu ini, saya tidak perlu memberikan contoh ataupun gambar. Banyak GM menggunakan MM dengan tujuan filler skill. Menggunakan  serangan tower yang dikonversi MM untuk mengisi cooldown skill summon. Yang perlu anda ketahui :


  1. MM Cannon tower memiliki jarak tembak terjauh dan delay per tembakan sekitar 0.7 detik apabila anda menekan MM Cannon diikuti dengan menekan arah gerak ( W / A / S / D ). Damage MM Cannon sekitar 30% dari damage MM Chainsaw.
  2. MM Chainsaw yang sekarang, jarak tembaknya tidak sama dengan Chainsaw Tower. MM Chainsaw memiliki jarak tembak sekitar 70% dari Chainsaw Tower.
  3. MM Chainsaw memiliki bonus 20% damage ketika anda cast dalam jarak melee dengan target.
  4. MM Gatling membuat usernya tidak akan bisa bergerak sekitar 0.3 detik semenjak di cast. 
  5. MM Ice Tower memberikan debuff -30% Ice Resist, dan stackable dengan debuff Ice Tower. Namun dalam future update, MM Ice hanya memperbarui debuff Ice Tower. Kemungkinan besar ini dikarenakan perubahan Ele Aura, dimana Light Party akan menggunakan Ele Aura dan Ice GM mendapat boost Ice Attack. Damage Ice GM di Light Party sangat tidak wajar dan terlalu overpower.
  6. MM Ice memberikan super armor yang cukup tinggi ke usernya.


"Ada keadaan khusus dimana anda harus offkan summon dan bertarung 1 vs 1 melawan monster, misalnya phase 3 Black Dragon melawan Punisher. Disini MM akan menunjukkan GM anda terbuat dari apa."










SEBAGAI BOOSTER ATTACK SEMUA SUMMONNYA

 

  Ini adalah salah satu point penting mengapa MM tidak memiliki cooldown, karena GM adalah class dengan basic summon dan MM memberikan boost attack yang signifikan. Untuk Mecha Duck, anda bisa summon ketika MM. Untuk Alfredo, karena Alfredo adalah unit support dan bukan damage, maka Alfredo disummon dalam keadaan MM atau tidak bukanlah masalah besar. Lalu bagaimana cara MM memberi boost attack bagi tower?












Ada 1 tower yang sangat worth anda lakukan MM boost trick, yaitu Chainsaw Tower. Ketika Chainsaw di cast, GM akan melempar kapsul Chainsaw terlebih dahulu dan ketika menyentuh lantai kapsulnya akan berubah bentuk menjadi Tower. Ketika Chainsaw dalam bentuk kapsul dan Summonernya cast MM On, maka Chainsaw akan mengcopy bonus attack 30% MM ke dirinya. Anda bisa melihat triknya di video. Namun, dalam keadaan genting seperti di Raid Nest ataupun membutuhkan ketelitian untuk menghindari serangan musuh, maka anda bisa ignore trik ini.

"Cast MM ON sebelum anda cast Mechabomber tidak akan menaikkan damage Mecha Bomber. Mecha Bomber damagenya tergantung dari status Mecha Duck ketika tersummon, bukan status summoner ketika cast Mecha Bomber."







SEBAGAI PENGGANTI TUMBLE ATAUPUN DODGE DENGAN iFRAME

 

    Academic, adalah class yang tidak memiliki extra ataupun power tumble seperti Archer / Assassin / Kali / Sorcerer. Cleric memiliki pertahanan yang tinggi dan block, sedang Warrior memiliki Relieve. Bagaimana dengan Academic? Ketika anda terkena serangan kombo bertubi-tubi dari monster misalnya Combo dari Ogre atau Punisher BDN maka anda akan tamat dengan cepat. Cara paling tepat adalah bagaimana kita mengefektifkan tumble kita. Tidak boros dan mengobral tumble dengan mudah. Jawabannya dengan menggunakan MM untuk menghindari skill-skill yang bisa di dodge dengan iFrame.

    Untuk melakukannya pertama kali, saya akui anda akan tidak bisa melakukannya dengan smooth. Butuh latihan dan ketekunan, namun sekali anda menguasainya maka anda akan addicted alias ketagihan. Well tentunya ketika anda melakukannya akan menjadi sebuah pemandangan yang mencengangkan bagi teman-teman party anda. Triknya, serangan musuh yang bisa anda dodge menggunakan tumble maka bisa anda dodge pula dengan MM. Namun bedakan serangan yang anda dodge dengan berpindah posisi dan tidak. MM tidak memberikan efek pindah posisi sedangkan tumble memberikan efek pindah posisi. So, use it wisely!



Serangan cakar Black Dragon? Cukup hindari dengan MM!




MM dodge triple stomp Hulk Volcano Nest











GEARS





Hasil gambar untuk tinkerer dragon nest
     Saya tidak akan menuliskan gears untuk low budget, karena pada dasarnya apabila anda low budget maka memakai apapun akan terasa benar. Tidak ada yang bisa menyalahkan budget rendah. Standard Gears anda memakai 1 set Asteroid Gears. Dengan standard upgrade +8 armor dan +10 senjata.

Gears untuk high budget :
  1. Satu set BDN L. Tujuan memakai gears ini adalah surplus status. Kelemahannya, anda tidak bisa trade ke char engineer anda yang lain dalam 1 ID.
  2. Beret / Tunic / Slack / Cloak Asteroid +8. Shoes / Loop / Cannon BDN L. Tujuan memakai kombinasi gears ini adalah untuk boost Defense. Kombinasi no 2 unggul defense sekitar 6 % - 7% defense dari nomor 1. Kelebihan lainnya, anda bisa transfer ke engineer lain di ID anda untuk 4 Asteroid set tadi.
    Gears dan aksesoris akan diupdate seiring dengan update patch DN SEA mengenai gears Uniq ataupun Accessories set 80.







ACCESSORIES

 

Hasil gambar untuk tinkerer dragon nest

 

ICE GEARMASTER

  1. Memakai 2x ring BDN Unique / BDN Legend dengan maksimal attack power.
  2. Earring Wind Unique non set dari Dragon Fellowship level 70. Status max AGI dan second VIT.
  3. Necklace memakai BDN Unique / BDN Legend.

 

DARK / LIGHT GEARMASTER

  1. Memakai 2x ring +1 Chainsaw Tower dan Cannon Tower. Opsi Attack Power max dan Light/ dark 3%.
  2. Untuk dark, disarankan memakai necklace dan earring tough dengan dark attack. Untuk light bebas.

Semua tipe GM memakai ring cash dengan opsi AGI / VIT + all elemen attack 2%+++










JADE






Hasil gambar untuk tinkerer dragon nest


  1. Untuk armor, memakai max AGI dan VIT.
  2. Skill jade untuk armor, bebas. Umumnya menumpuk physical defense 20% up ketika terkena damage. Namun perlu anda ketahui, GM bukanlah class yang didesain untuk terkena damage. Anda harus belajar menghindar semua damage dengan baik.
  3. Memakai 3x Elemen jade yang terkait. Apabila Ice Gearmaster, maka memakai 3x Lake Jade dengan maksimal attack power. Begitu pula dengan Dark / Light.
  4. Memakai Skill Jade yang support elemennya di Cannon. Misalnya anda Light GM, maka anda memakai skill jade dengan debuff -5% Light resist. Begitu pula apabila anda Ice / Dark GM.
  5. Memakai Skill Jade dengan efek debuff critical resist 7% di Loop.
  6. Untuk Necklace dan Earring, anda bisa memakai kombinasi 2 VIT / 1 VIT 1 AGI / 2 AGI disesuaikan dengan kebutuhan. Apabila HP sudah mencukupi maka 2 AGI bisa ditaruh. Apabila butuh ekstra HP, maka 2 VIT bisa ditaruh.
 







HERALDRY AND TALISMAN





Hasil gambar untuk tinkerer dragon nest

ENHANCEMENT HERALDRY

  1. Wind
  2. Destruction
  3. Life Vita
  4. Health
  5. Ultimate
  6. Iron Wall
  7. Tent
  8. Bebas 3rd AGI
    Utamakan 3rd AGI di tiap plate, apabila tidak ada maka bisa memakai 3rd VIT. Tentunya, memakai plate 3rd FD adalah pilihan yang sangat menarik.



SKILL HERALDRY

  1. Transitional Damage cooldown.
  2. Chainsaw Tower cooldown.
  3. Mecha Bomber cooldown.
  4. Ice Tower Cooldown.
  5. Mecha Duck Cooldown.
  6. Big Mecha Bomber damage.
  7. Cannon Tower / Wax cooldown.
    Nomor 1 - 4 adalah letak 4 slot default dari heraldry skill. Untuk 3 slot sisa dari 5 - 7 adalah 3 slot Heraldry dari cash shop.


SPECIAL SKILL HERALDRY

    Laser Black Hole ABN masih menjadi primadona bagi GM di level 80. Tujuannya tentu simple, untuk lure Punisher di Black Dragon Nest Normal / Hardcore. GM adalah salah satu class dengan HP tertinggi dan memiliki skill toggle auto reduce damage dengan MM. Seharusnya tidak ada alasan anda menjadi sukarelawan untuk lure Punisher atau Hold 1 vs 1 dengan Punisher di phase 3 Black Dragon.




TALISMAN

  1. Yang harus anda lakukan dahulu adalah cek posisi talisman Ultimate. Apabila di 200% menambah %FD maka tempatkan di 200%. Apabila tidak, cukup anda taruh di 175%.
  2. Skip nomor 1 apabila anda low budget.
  3. Destruc / Iron Wall / Wind anda taruh di slot 200% atau 175%.
  4. VIT dan HP anda taruh di slot 125%.
  5. Tent anda taruh di slot 100%.
  6. Sisa slot terakhir bebas.








Happy Dragon Nest ^^




     Untuk hiburan kali ini, saya akan share beberapa tempat di Saint Haven yang bisa anda jangkau menggunakan class Academic. Tentunya ke tempat tersebut anda tidak perlu menggunakan mount-mount tertentu. Cukup sedikit parkour nyahahahaha.