Selasa, 19 September 2017

[ SPECIAL REVIEW ] Episode 13 Zoku | The Ugly Truth




Sepertinya, besok benar-benar rilis volume 12. Yeah, kita nikmati saja apa yang terjadi disana.

Kembali ke episode 12 dahulu, mustahil Yukino menyuapi Hachiman dengan adonan coklat milik peserta event memasak (LN). Kemungkinan besar itu adalah adonan coklat milik Yukino sendiri. Namun jelas, pasti jadinya terakhir atau paling tidak adonannya selesai, dan baru dipanggang di apartemennya.

Saya mungkin akan mengerjakan satu atau dua chapter di "tempat lain", tapi tetap saya akan mengerjakan milik saya sendiri secara lengkap disini.

Season 3 animenya?

Jika volume 12 adalah volume terakhir, saya tidak yakin materi 1 volume itu cukup untuk sekitar 11-13 episode anime. Volume terpanjang saja, yaitu volume 9, memakan 5 episode. Mungkin kalau semacam movie atau OVA atau "apalah", sepertinya masih bisa.

So, let's go?




x x x




Tidak perlu orang pintar untuk memberitahu Hachiman kalau hari ini Yukino akan memberinya coklat valentine. Kemarin Yukino jelas membuat adonan coklatnya sendiri, tapi kemana hasilnya? Mustahil kalau coklatnya dibuang karena tidak enak...

Sebenarnya, disini ada percakapan dimana Yukino meminta maaf karena Ibunya semalam merepotkan Hachiman dan Yui. Setelah percakapan panjang, muncul monolog tentang lokasi dimana Hachiman menaruh buku pornonya, yaitu di laci kamarnya. Yeah, Ibu Hachiman mengetahui hal itu dan sampai saat ini terus membahas soal laci tersebut.

Yukino mengaku kalau dia membuat coklat semalam di apartemennya, yaitu sebagai camilan di Klub. Lalu karena enak, Yui meminta ke Yukino apakah memiliki coklat yang tersisa, yep Yukino memberikan "sisa coklat" ke Yui. 

Sekarang mari kita berpikir secara sederhana. Semalam sudah diakui telah menginjak larut malam. Apakah mungkin Yukino masih rela membuat kue coklat sampai larut malam di apartemennya?

Kecuali, esok hari ada sesuatu yang penting terkait coklat tersebut. Untuk camilan saja? Serius anda percaya dengan alasan murah itu?

Saat ini tanggal 13 Februari dan besok sudah 14 Februari. Sayangnya, sekolah diliburkan karena ada ujian masuk siswa SMP ke SMA Sobu.  Hari ini adalah hari terbaik untuk memberikan Hachiman coklat Valentine.

Semua orang di ruangan itu tahu kalau Yukino akan memberikan coklatnya ke Hachiman hari itu.



x x x




Jadi, apa yang kita bisa dapatkan dari adegan di atas?

Pertama, memberikan coklat Valentine ke Hachiman adalah keinginan Yukino, sesuatu dimana Hachiman dan Yui tidak bisa mengontrolnya.

Kedua, jika keputusan Yukino sudah bulat, maka dia berniat menyatakannya ke Hachiman. Tapi, Yukino tidak tahu kalau Yui juga menyukai Hachiman.

Mengapa Yukino tidak memiliki satupun pikiran kalau Yui ini menyukai Hachiman?

Pertama, di vol 1 chapter 3 atau episode 1 season 1, Hachiman menyatakan kalau dia tidak mengenal Yui. Lalu Yui sendiri di adegan yang sama mengatakan dia memang tidak pernah berhubungan dengan Hachiman di kelas. Tapi karena Yui disana hadir di Klub Relawan sudah memiliki pria yang disukai, mungkinkah pria tersebut Hachiman?

Mustahil.

Tapi, bisa jadi jika teori Hachiman benar, yaitu Yui kasihan melihat nasib Hachiman di kelas 2. Tapi Yui sendiri menyangkal itu di ulang tahunnya.

Jelas bagi Yukino, tidak ada perasaan special antara Yui dan Hachiman.

Sebenarnya, melihat bagaimana Yui akrab dengan mantan grupnya di kelas 1, yaitu Sagami, Haruka, Yukko...Jelas Yui sangat bahagia di kelas 1 SMA. Pernyataan kalau Yui membawa beban berat itu (bersalah karena menyimpan rahasia janjinya dengan Komachi kepada Hachiman) di sepanjang kelas 1 (arc Klub Gamers), perlu dipertanyakan.

Kadang banyak pembaca/ pemirsa mempertanyakan saya mengapa saya "bash" Yui begitu keras. Saya tidak "bash" karakter tersebut, tapi fakta mengatakan seperti itu. Bukan saya yang berjanji untuk menemui Hachiman di sekolah dan tidak menepatinya. Bukan saya yang memutuskan Yui tidak mau hadir Klub Relawan setelah Hachiman tahu soal perasaan Yui. Dan seterusnya...




Muncullah Haruno membawa pesan Ibunya yang sudah bisa kita tebak, Haruno disuruh Ibunya untuk tinggal bersama Yukino di apartemennya. Mudah dipahami, karena Ibunya melihat Yukino punya teman dekat laki-laki.

Jika saya berada dalam posisi Yukino, saya mungkin akan meminta Haruno untuk pulang ke rumah dan menelpon langsung Nyonya Yukinoshita, mungkin sedikit beradu argumen, dll.

Tapi kita harus paham kalau Yukino dan Haruno ini takut dengan Ibunya, orang paling berkuasa di keluarga. Maka, Yukino memilih diam.

Yui mengajak Yukino untuk menginap di rumahnya.



x x x




Ini adalah momen dimana pemirsa atau pembacanya galau tentang gadis idaman mereka...ahayyy~

Komentar saya, mungkin harusnya animenya mendesain kamar Yui lebih mewah, karena level ekonomi keluarga Yui bisa dibilang tinggi. Mengapa?

Pertama, hanya Ayahnya yang bekerja.

Kedua, rumah mereka berada di lokasi yang sangat strategis. Dekat Stasiun Chiba!

Ketiga, rumah mereka berupa kondominium alias rumah susun yang sangat luas.

Keempat, di kondominium itu diperbolehkan memelihara anjing. Tidak banyak condo atau apartemen yang mengijinkan memelihara binatang peliharaan, kalaupun ada, pasti mahal.

Bandingkan dengan keluarga Hikigaya. Kedua orangtua bekerja dari pagi hingga malam, mereka hanya bisa tinggal di daerah yang jauh dari pusat kota Chiba.

Oke, lanjut ke cerita...




Atas saran Hachiman, Yukino memberitahu Haruno kalau dia akan menginap di rumah Yui malam itu.

Normalnya, Haruno harusnya berbicara terlebih dahulu dengan tuan rumah, disini adalah Yui. Namun Haruno tahu kalau Yukino yang memberitahu ini pasti atas saran Hachiman.

Jawabannya, darimana?

Di vol 4 chapter 8 atau arc Perkemahan Desa Chiba, disebutkan kalau Yukino mengatakan kepada Ibunya dan Haruno kalau dia akan pulang ke rumah. Namun, Yukino ternyata tidak memberitahu apa-apa dan ikut Perkemahan Desa Chiba. Jika merunut kebiasaan Yukino yang seperti itu, harusnya Yukino tidak peduli harus memberitahu atau tidak.

Mudah saja menebak kalau ada yang memberi saran Yukino untuk memberitahu Haruno. Siapa orangnya? Mudah saja menebak jika tahu siapa satu-satunya orang yang tahu jurusan Yukino.

Memutus telepon sepihak terhadap lawan bicara, belum lagi yang meminta disambungkan dengan Hachiman adalah Haruno.

Apakah ini sebuah pernyataan kalau Haruno dan Hachiman ini berseberangan?





x x x





Adegan penting di LN dan sangat fatal anime tidak menayangkannya.

Setelah pulang dari rumah Yui, Hachiman mengobrol dengan Komachi dan meminta coklat Valentine (seperti biasa). Namun Komachi mengatakan kalau  Hachiman yang dia kenal adalah orang yang tidak pandai berpura-pura.

Ini membuat batin Hachiman menjadi galau.

Lalu, muncullah monolog yang menjadi kebenaran situasinya saat ini. Sayang sekali anime tidak menampilkan ini.

Jadi saat ini Hachiman menjaga jarak dengan seseorang. Dia menggambar sebuah garis imajiner sehingga jaraknya dengan orang itu menjadi jelas. Jika orang itu mencoba melewati garis tersebut, Hachiman tidak akan pernah mengakui perasaan orang tersebut. Meski, Hachiman tahu ini tidak adil.

Hachiman sadar kalau ada satu-satunya jalan keluar dari situasi ini, namun Hachiman memilih untuk mengulur terus.

Ada satu orang yang tahu tentang apa yang dia lakukan.

Jadi apa maksudnya?

Ini tentang Yui. Hachiman tahu Yui menyukainya. Masalahnya, Yukino menganggap Yui seperti sahabatnya sendiri. Jika merujuk sikap Hachiman di Kunjungan Tempat Kerja, harusnya konfrontasi adalah cara yang paling efektif. Tapi, jika berkaca ke pengalaman Penembakan Ebina, penolakan Yui bisa berarti Yukino kehilangan temannya. Belum lagi, jika kebenaran terungkap kalau Yui dulunya berteman dengan Yukino dan bergabung Klub Relawan demi mendekati Hachiman.

Yeah, meski mungkin saat ini persahabatan mereka terasa real, tapi pada awalnya didirikan atas dasar kepalsuan.

Jika ingin menyelesaikannya, Hachiman harus konfrontasi kepada Yui lagi. Tapi beranikah Hachiman melakukannya ketika banyak hal dipertaruhkan disini?

Orang yang tahu jelas tentang masalah mereka di Klub Relawan adalah Yukinoshita Haruno.



x x x




Harusnya, kalau pembaca yang cerdas, mempertanyakan mengapa Hachiman menerima ajakan kencan Yui. Mengapa? Karena dua kali Hachiman berusaha mengulurnya, mengapa sekarang menerimanya?

Jawabannya ada dalam perjalanan menuju Akuarium Raksasa tersebut. Hachiman bersikeras yang dia lakukan ini hanyalah membayar hutang, tapi kita tahu ini bullshit. Jika membayar hutang, kenapa tidak dari dulu? Ini sudah empat bulan sejak hutang dibuat!

Jelas ada alasan lain, ini dijelaskan dalam monolognya. Hachiman mempertanyakan dirinya sendiri, Hachiman merasa bersalah menghadiri kencan tersebut. Secara logika, harusnya Hachiman tidak hadir. Tapi karena Hachiman memilih hadir, maka Hachiman punya tujuan selain membayar hutang.

Apa itu?

Mudah saja, kalau bukan kencan, apa yang bisa terjadi antara Hachiman dan Yui?

Konfrontasi kembali perasaan Yui, seperti sehabis event Kunjungan Tempat Kerja.

Sesuatu yang hanya bisa dilakukan mereka berdua, tanpa kehadiran Yukino.




Rencana bubar ketika Yui datang membawa Yukino.

Mari kita telaah lagi adegan ini. Yui jelas mengatakan kencan, pasti hanya sepasang. Membawa Yukino ikut serta artinya Yui memang sengaja membawanya dengan tujuan tertentu.

Tapi untuk apa?

Mudah saja, baca kembali review episode 12, Yui ingin melakukan apa yang seharusnya dia lakukan dengan mengajak Yukino dan Hachiman makan malam. Tapi, rencananya bubar gara-gara kehadiran Ibu Yukino.

Hachiman ini berniat menyelesaikan ini tanpa sepengetahuan Yukino. Ini bisa dipahami karena bisa menimbulkan masalah baru jika Yukino tahu Yui ini menyukai Hachiman. Sederhananya, masalah perasaan Yui ini diselesaikan, tapi di Klub nantinya Hachiman meminta untuk bersikap seperti biasanya, meski kita tahu tidak akan semudah itu.

Sedang Yui, sudah nothing to lose. Di prolog vol 11, Yui takut kehilangan semuanya meski tahu Hachiman tidak bisa menerima perasaannya, karena itulah Yui berusaha mempertahankan sandiwara ini. Tapi Yui yang kita lihat saat ini adalah Yui yang hendak melakukan Kamikaze Attack!




Ungkapan di atas sering diungkapkan Hayama, dimana akhirnya terbongkar kalau Hayama selama ini hanyalah memanfaatkan pertemanannya dengan Miura.

Yeah, kita tahu apa maksudnya Yui mengucapkan itu, bukan?




Sayangnya, anime tidak jeli membaca LN-nya.

Yukino mengatakan pergi terlebih dahulu dan membiarkan Yui dan Hachiman berduaan di tempat Penguin. Mungkin, dari keterangan Penguin yang berpasangan sampai mati itu menyadari, kalau awal mula kegiatan mereka hari itu adalah kencan antara Yui dan Hachiman. Namun, Yui tidak bisa meninggalkan Yukino karena dia tamu di rumahnya.

Mengapa begitu? Karena Hachiman kaget ketika Yukino muncul bersama Yui. Dengan kata lain, ekspektasi Hachiman sejak awal adalah Yui datang sendirian.

Disini, anime tidak menampilkan adegan yang sebenarnya. Yui berpura-pura mengambil foto dengan HP-nya, seolah-olah dia sibuk, padahal tidak menekan tombol shutter sama sekali. Yui meminta Hachiman untuk pergi lebih dulu. Karena jalannya searah, mudah saja menebak kalau Hachiman pasti akan bertemu Yukino.

Yui lalu mengintip apa yang terjadi ketika Yukino dan Hachiman ditinggal berdua. Benar saja, Yukino bercerita tentang dirinya dan situasinya. Sesuatu yang tidak pernah diceritakan Yukino meski menginap semalaman di rumahnya. Jelas, adegan UKS tempo hari bukanlah kebetulan. Tapi memang seperti ini, hanya saja Yui tidak tahu.




Mengapa kata-kata Yui tentang kembang api memberi flashback festival kembang api di Pelabuhan Chiba?

Itu adalah momen dimana Yui hendak menembak Hachiman, namun Hachiman mengalihkan momennya. Sederhananya, mungkin sebentar lagi akan ada kejadian serupa. Mungkin, endingnya akan berbeda dengan versi kembang api, dimana Hachiman menggagalkan hal tersebut.




Yui membuat kue coklat (atau gosong?), entahlah. Bersikeras agar Hachiman menerimanya. Yui mengatakan ini adalah kue request yang dulu. Meski sempat menolak, Yui memaksa Hachiman menerimanya, sebagai terima kasih. Tapi apa kebenarannya?

Ucapan terimakasih sudah diterima setelah request tersebut. Jika memang benar terimakasih, maka kuenya harusnya ada dua, satu lagi untuk Yukino.

Satu-satunya jawaban mengapa hanya Hachiman yang menerimanya karena pria yang Yui sukai untuk diberikan kue tersebut adalah Hachiman.

Dalam monolognya, Hachiman tahu maksud Yui, dan Hachiman yakin kini Yukino tahu maksudnya.

Karena pada request kue dulu, Hachiman tidak mengenal Yui, maka Yui pasti menyukai Hachiman karena penyelamat anjingnya. Dengan kata lain, semua teori Hachiman waktu "debat" di ulang tahun Yui adalah benar. Dan semua sanggahan Yui adalah bohong.

Jadi kurang lebih seperti ini. Waktu itu Yui tidak memakai make-up, mengajak jalan pagi Sable. Sable lalu lepas kontrol, Hachiman menyelamatkannya. Memang susah sekali mencari pria baik jaman sekarang. Tapi, itu masa lalu. Yui menjalani kelas 1 SMA-nya dengan normal, bahkan menjadi grup terpopuler. Namun ketika kelas 2 SMA, dia melihat Hachiman yang menjadi penyendiri dan berpikir kalau ini mungkin gara-gara menyelamatkan anjingnya tempo hari, sehingga sulit mencari teman. Meski berawal dari hal yang seperti itu, cinta bisa datang dengan sendirinya.

Masalahnya, itu datang bersamaan dengan Hachiman yang menyukai seorang gadis populer lainnya, Yukino.

Namun, yang Yui lihat dari versi Hachiman tersebut adalah palsu. Versi yang sebenarnya adalah Hachiman ini sakit hati dengan Kaori, membenci sosial sekitarnya di SMP  yang menertawakannya. Gagal dengan harapannya di SMA Sobu untuk awal yang baru, Hachiman memutuskan untuk melanjutkan apa yang sudah dilakukannya sejak kelas 3 SMP.

Oke, yang tadi terlalu dark. Sebenarnya Hachiman sudah memenuhi ekspektasinya di SMA. Dia punya seorang sahabat yang bernama Zaimokuza, lalu sahabatnya yang terbaru adalah Totsuka. Hachiman dihormati oleh pengurus OSIS yang baru, dikenal sebagai juara turnamen judo, penulis koran sekolah, penulis artikel majalah lokal, dan lain-lain. Juga, seperti siswa SMA kebanyakan, 




Sebenarnya, banyak orang pusing dengan adegan ini karena terlalu banyak yang menganggapnya serius. Mari kita buat ini menjadi sebuah hal yang sederhana.

Yui merasa jika mereka bertiga tahu perasaan masing-masing, maka Yui tidak bisa bersama mereka lagi. Maksudnya? Baca/ tonton arc darmawisata, di Klub Relawan Hachiman mengatakan kalau orang yang ditolak cintanya lambat laun akan pergi dan menjauh. Yui tahu kalau Hachiman akan menolaknya.

Hachiman mengatakan secara jelas dalam monolognya kalau dia sudah dari dulu punya dugaan akan perasaan Yui ini. Kalau fakta ini, kita sudah tahu dari dulu. Next! Hachiman bisa saja menerima perasaan Yui tersebut, sehingga tidak ada yang terluka. Namun, membenarkan hal yang sejak awal salah apakah jalan hidup yang mereka inginkan?

Dari monolog tersebut, sudah jelas jawaban Hachiman terhadap perasaan Yui.

Yui mengajak Yukino bertaruh tentang penyelesaian masalah Yukino, dengan si pemenang akan mengambil semuanya. Apa yang diperebutkan dua gadis? Pasti barang diskonan atau pria, anda lihat disini ada barang diskon? Hachiman jelas akan menolakkan itu karena buat apa dipertaruhkan, jawaban perasaan mereka sudah jelas. Siapa menyukai siapa.

Hachiman mengingat kembali kata-kata Sensei tentang hubungan real tersebut.

Lalu, Yukino mengatakan kalau Yui tidak akan menghilang dan Yukino ingin mengajukan sebuah permintaan.

Permintaannya adalah...to be continued.




x Episode 13 | END x







Saya selalu diminta prediksinya oleh pembaca tentang volume 12...Okelah, siapa atuut?

Karena vol 12 ini sambungan adegan terakhir volume 11, maka pasti akan ada sebuah "curhat" atau pembicaraan dari hati ke hati. Kalau melihat adegan terakhirnya adalah inisiatif Yui, kemungkinan besar Yui yang akan berbicara banyak.

Biasanya, sebelum pertempuran terakhir  ini, karakter "Senpai" atau "Sensei" akan muncul untuk memberikan "wejangan" kepada MC. Saya berharap Hiratsuka-sensei akan muncul, lalu bercerita tentang awal mula dia menemukan Hachiman dan Yukino, juga tentang masa lalunya, tentu dengan nasehat-nasehat.

Akan ada konfrontasi antara Hachiman dan Haruno. Sebenarnya sulit mengatakan alasan yang lebih logis selain SAYA MENGINGINKAN ITU TERJADI.

Terakhir, endingnya. Disini adalah bagian dimana kita tidak bisa menebak karena ini adalah area dimana penerbit dan penulis saja yang berkuasa. Jalan cerita jelas tidak bisa diubah secara ekstrem, tapi bagaimana endingnya jelas bisa diubah.

Tapi jika ditanya versi saya, maka saya akan menjawab jika ada sebuah chapter dimana itu adalah masa depan. Lalu di chapter itu menggambarkan situasi Hachiman, Yukino, ataupun Yui saat itu. Saya selalu berharap good ending. Kalau berkaca ke LN Kuzukin, mungkin kita bisa berharap banyak.

Apakah Hachiman bersama Yukino?

Sebenarnya tidaklah menjadi masalah, karena sudah 20 volume novel Oregairu sudah kita baca, ini sudah saatnya kita tutup cerita ini dengan baik.

SETUJU?

*Kalau ada pembaca yang mau mengirim link translate english vol 12 ataupun visual novelnya, silakan kirim ke email saya. Thaaaanks~

23 komentar:

  1. Besok baru rilis ya volume 12, kira kira selang berapa hari translate nya gan Aoi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mencari yang tercepat, berarti anda salah alamat =(

      Hapus
    2. Tapi tetep di translate kan disini untuk vol 12nya...? Gpp deh nunggu lama juga...hehe

      Hapus
  2. Miiin, ada beberapa halaman novel volume 12 yang di preview. Salah satu halamannya ada yang bergambar yukino dan yuigahama duduk bareng di kursi dan sedang hujan.

    Saya penasaran mereka kira-kira lagi bicarain apa (nggak bisa baca text percakapan mereka versi jepang). Menurut mimin gimana? :v

    Source:
    https://shogakukan.tameshiyo.me/9784094516746?page=22

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa berkomentar banyak kecuali sudah baca 1 volume.

      Hapus
  3. Eh, sedang salju maksudnya min :v

    BalasHapus
  4. min mau laporan, saat saya baca ln oregairu di blog mimin lewat hp, ada beberapa teks yang keluar dari jalur karena kepanjangan. jadi kalo baca agak nggak enak mesti gilir kiri kanan mulu. cuma sekedar saran sih, mimin coba ganti template blognya yang responsive. di google banyak kok min template yang gratis. thanks sebelumnya karena udah mau terjemahin ln oregairu

    terjemahan volume 12 nya ditunggu ya min ..

    BalasHapus
  5. Min novelnya lanjut ke vol 13 kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita lihat saja nanti. Soalnya volume di Oregairu ini bisa sedikit tricky. Watari bisa mengeluarkan volume .5 yang menempel pada volume masa lalu (misal 4.5) tanpa harus melihat ceritanya sudah ending atau tidak. Mengenai ending atau tidak, kita lihat saja nanti.

      Hapus
    2. katanya Yui di tolak min di vol 12. dan katanya lagi ada vol 13 nya dengan sampul bergambar yui dan hachiman dan membahas tentang perseteruan antara hachiman dengan Haruno/keluarga yukinoshita tapi entah kapan di rilisnya. (dapat info di reddit sama facebook)

      Hapus
  6. Kata temen gw, di Vol 12 Yui kena tolak, terus Yukino gamau dibantu ama Hachiman karena dia mau ngebuktiin kalo Yukino suka ama Hachiman bukan karena pertolongannya, melainkan benar-benar tulus suka sama Hachiman. Haruno juga bilang ke Hachiman kalau hubungan Yui-Hachiman-Yukino bukanlah cinta segitiga (mungkin karena masih belum percaya kalau Yukino tulus sama Hachiman)

    BalasHapus
  7. Yahari Oregairu vol. 12

    1. Yukino says she wants Hachiman and Yui to watch her while she sorts out her dependency from love, that's her request.
    2. They go to Yukino's apartment, where Haruno is drunk (maybe). Haruno moved to Yukino's apartment in vol 11. Yukino is going to move back with her parents and she asks Yui to help her pack her stuff.
    3. Yui finds Hachiman and Yukino's picture hidden inside her room (the one from the attraction episode).
    4. Haruno tells Hachiman that his relationship with Yui and Yukino is just dependency and not a love triangle.
    5. Hachiman knows that Yui and Yukino like him.
    6. Yukino takes on trying to fulfill a prom on her own and her mother is against it. Yukino wants to do the prom by herself to prove that she is not dependent on Hachiman.
    7. Hachiman and Yui go to the prom together to fulfil her promised date.
    8. Hachiman leaves Yui in the middle of the prom to help Yukino. Yui cries. Hachiman feels bad about that.
    9. Hachiman talks with Sensei. Sensei asks him why he wants to help Yukino, he says because he made her a promise (during the attraction).
    10. Hachiman goes to help Yukino deal with the prom/her mom. Yukino tells him she doesn't want his help. Volume 12 ends like that.

    Basically Yukino wants to prove her feelings aren't dependency and she wants to solve it on her own.

    Also the whole "Yukino wasn't chosen" thing has nothing to do with Hayama, but with Yukino's mother choosing Haruno to work with their father. That's something Yukino wanted to do, but eventually gave up on because their mother gets to decide those matters. Apparently now Yukino wants to do that again. The paper that Yukino is holding has to do with the prom.

    It's possible that Yukino's "problem with her family" has to do with what career path she chooses and it's something she'll have to discuss with her mother. But Hachiman isn't allowed to help Yukino with that, because Yukino wants to prove that her feelings for him are genuine and not only because he's helping her.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg bawah tu analisis org kan? Intinya, kita g tw apa yg Yukino rencanain, ntah krn dia emg mau ngebuktiin kpd 8man klau dia "Tulus" kpd 8man atau krn ada sesuatu yg lain. Soalx kita blm liat apa isi dari Vol 12. Spoiler lain jg ada yg ngirim gmbr Yui-8man dgn dandanan yg rapi kyk mau date. Nah, ntah ending "Romantis" atau "Friendship", semoga end nya Happy. Soalx di reddit bnyk yg blng kalau Vol12-13 sgt depresi smpe diberi rate rndah ama org Jepang. (Mngkn krn tidak sesuai yang org lain harapkan end nya Haha, soalx kata mereka Yui mng dan Yukino mengalami depresi sehingga dia nmbak Hayama, semoga aj ini ga bnr Haha) xD

      Hapus
    2. Tunggu aja vol 12 di translate pak,lagian gak masuk akal Yukino nembak Hayama , dan kebanyakan spoiler/rumor yukinoxhayama dari 4chan yg isinya irohafag sama tukang troll XD

      Hapus
  8. Iya kyaknya terlalu berlebihan, masa seorang yukino yang berpendirian kuat hanya karena depresi langsung berpaling ke si hayama kayanya tidak mungkin deh, kyak gak masuk akal gituh, aku mah tunggu translate bang aoi aja deh..

    BalasHapus
  9. Ngerti fanfiction gk sih wkwk,tolong bedakan 😓

    BalasHapus
  10. Yang gw bingung ni min di s2 eps terakhir,masalah yukino itu apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah Yukino, dia sedang galau tentang perasaannya kepada Hachiman. Apakah Hachiman benar-benar menyukainya, ataukah selama ini hanya sebatas pekerjaan saja mereka bisa sedekat ini. Dan ini juga berlaku ke Yukino, apakah selama ini dia benar-benar menyukai Hachiman, ataukah hanya karena pekerjaan saja mereka dekat, selebihnya mereka hanyalah sebuah relasi antar member klub.

      Namun, Hachiman selalu mengelak untuk membicarakan perasaannya itu, dan berusaha melogiskan semua tindakannya hanyalah demi pekerjaan saja. Ini membuat Yukino merasa galau, dan merasa perlu memberikan alasan logis agar Hachiman terus berada di sampingnya, yaitu meminta Hachiman untuk menolongnya suatu hari nanti.

      Di penghujung episode, Yukino akhirnya mengetahui kalau selama ini Hachiman adalah orang yang disukai Yui. Setidaknya, perasaan Yui jelas, sedang miliknya tidak tahu.

      Jadi, Yukino berpikir untuk menyerah saja dengan menerka-nerka perasaan dirinya dan Hachiman ini, dan memutuskan untuk memiliki keinginan lain...Yaitu, agar bisa memiliki karir seperti ayahnya, pengusaha.

      Masalah timbul, ketika Haruno dipilih oleh Ibunya untuk meneruskan karir ayahnya. Jadi, Yukino harus menunjukkan kalau dirinya itu mampu mengorganisasi manajement. Haruno, merasa kalau selama ini Yukino sukses karena dibantu Hachiman (ini ada benarnya), oleh karena itu, Haruno menyebut Yukino punya ketergantungan dengan Hachiman.

      Masalah Yukino? Ya tadi itu, dia menyerahkan impiannya untuk memiliki hubungan dengan seseorang dan memutuskan untuk mengejar karir.

      Hapus
  11. Searching google gata gara bingung ama ending s2 nya,baca ini dikit malah tamah bingung gw,kek lain bat ama ama animnya

    BalasHapus