Minggu, 14 Februari 2016

[ SPECIAL VALENTINE ] Oregairu : Current Situation...

  Banyak yang bertanya kepada saya, kapan volume 12 dan akan terjadi apa di volume 12. Jujur, saya tidak tahu kapan rilis volume 12. Apakah ada season 3 dengan animenya, saya tidak tahu. Tapi untuk volume 12 akan terjadi apa, meski saya tidak tahu, kita bisa menebak apa yang mungkin terjadi di volume 12. Kita tinggal memetakan situasi yang Hachiman hadapi hingga volume 11. Bagi yang membaca ini hanya berpedoman dengan animenya, anda mungkin akan kesulitan menelaah beberapa poin disini. Semua info yang ada di artikel ini didasarkan data LN saja, gambar anime hanya sebagai pemanis.

x  x  x




  Pertama, saya akan menjawab soal season 3 itu sendiri. Di afterwords volume novel yang rilis dengan edisi BD zoku, Watari sendiri secara terselubung meminta maaf jika animenya tidak sesuai LN. Watari juga menegaskan kalau keputusan Oregairu menjadi anime itu bukan campur tangan dirinya, dan Watari juga menekankan kalau penulis naskah Oregairu bukan dirinya, tapi orang lain. Dirinya hanya sebatas hadir di rapat konsultasi anime, itupun Watari katakan jauh dari kata memuaskan. Banyak staff-staff animenya masih meraba-raba sifat tiap karakter ketika proses pembuatannya. Jadi, untuk season 3, bola ada di tangan produser, bukan Watari. Soal laris tidaknya, tentu kita tahu animenya sangat laris. Tapi Watari sekali lagi menekankan, jangan salahkan siapapun kalau hasilnya tidak seperti LN, mereka sudah bekerja keras dengan segala keterbatasan, dan Watari sendiri tidak terlibat aktif dalam animenya.

  Soal volume 12, kalau melihat pola penulisan volume novel milik Watari, volume selanjutnya selalu memberikan solusi atas beberapa permasalahan yang terjadi di volume sebelumnya. Kalau volume 12 adalah volume terakhir, maka setidaknya kita boleh berharap kalau beberapa situasi terakhir yang dihadapi Hachiman akan terselesaikan. Oleh karena itu, saya menampilkan beberapa situasi terakhir yang Hachiman hadapi di novelnya.




Situasi pertama ada di volume 10 chapter 7, Yukino dan Hachiman sudah sepakat akan kuliah bersama. Di universitas yang sama, dan jurusan yang sama. Apapun keputusan Hachiman di volume 12, Hachiman harus memperhatikan fakta kalau dirinya dan Yukino sudah berjanji untuk kuliah bersama.





Berdasarkan volume 8 chapter 3, volume 8 chapter 5, volume 8 chapter 8, dan volume 9 chapter 10, Yukino adalah gadis yang memiliki hubungan genuine itu dengan Hachiman. Jika Hachiman hendak melakukan sebuah resolusi tentang hubungannya saat ini, maka ini harus menjadi sebuah pertimbangan serius.






Siapa gadis yang Hachiman sukai? Merunut volume 4 chapter 5, Hachiman galau ketika Hayama mengatakan gadis yang dia sukai berinisial "Y". Volume 6 chapter 10, Hachiman mengatakan mengobrol dengan Yukino sangat menyenangkan. Volume 8 chapter 8, Hachiman berkeinginan suatu hari nanti Yukino agar terbuka kepadanya. Volume 9 chapter 8, Hachiman merasa sangat bahagia ketika Yukino memegang tangannya. Volume 10 chapter 7, Hachiman memikirkan akan kemana Yukino seusai lulus SMA nanti dan menanyakannya langsung. Volume 10 chapter 5, Hachiman mengepalkan tangannya ketika tahu Hayama menerima coklat dari Yukino ketika Valentine semasa SD. Jika anda punya alasan kuat mengapa bukan Yukino gadis yang Hachiman sukai, silakan tulis di kolom komentar beserta alasan-alasan yang kuat. Setidaknya, Hachiman masuk ke volume 12 sudah punya gambaran siapa yang dia sukai.






Ending volume 11, Yukino dan Hachiman akhirnya tahu kalau orang yang disukai Yui adalah Hachiman. Tapi, Hachiman tahu jauh hari sebelumnya kalau Yui menyukainya sejak pertemuan pertama mereka di klub. Ini terlihat jelas dari monolog Hachiman vol 11 chapter 3. Jadi, selama volume 1 - 11 Hachiman memendam itu dalam-dalam dan bersikap tidak ada apapun yang terjadi antara Yui dan dirinya. Apapun keputusan yang Hachiman di volume 12, Hachiman harus menghadapi kenyataan tersebut.






Iroha memberikan coklat valentine kepada Hachiman. Hanya masalah waktu saja, entah Komachi/ Yukino/ Yui tahu soal ini dan memberitahu kalau Hachiman harus menjawab perasaan Iroha itu. Apapun yang Hachiman putuskan di volume 12, harus mempertimbangkan fakta ini. Cepat atau lambat, Hachiman akan tahu kalau Iroha menyukai dirinya.






Volume 9 chapter 7, volume 11 chapter 2, Hachiman masih dihantui tanda tanya besar apakah kata-kata Ebina tentang mengharapkan dirinya menjadi pacarnya di atap stasiun Kyoto itu benar adanya atau tidak. Kita juga tidak pernah menerima jawaban Ya atau Tidak jika itu benar, dari monolog Hachiman. Ini seperti requeest membuat coklat Yui di volume 1, akan menjadi bom waktu jika Ebina mengatakan sekali lagi kalau yang dia katakan di Stasiun Kyoto tempo hari benar adanya. Ini terkesan sangat berat karena Hachiman hanya memberikan alasan jelas kepada Yui dan Kaori, sedang Ebina tidak. Jawaban Yui ada di monolog volume 5 chapter 6, "jika Hachiman pria yang lain, dia mungkin akan jatuh hati ke Yui". Jawaban Kaori ada di volume 8 chapter 5, "Yang terjadi di masa lalu adalah salah paham, sekarang kami berdua hanyalah kenalan biasa". Untuk jawaban Ebina, tidak pernah sekalipun Hachiman bahas.







Volume 3 chapter 4, Haruno mengingatkan Yukino agar tidak mengacau meski hidup sendirian di apartemen. Volume 10 chapter 9, Haruno menepati janjinya ke Hachiman mengajak minum jika Haruno rasa lulus menjadi pacar Yukino. Volume 11 chapter 6, Ibu Yukino mengawasi Hachiman dari balik kaca mobilnya ketika pulang dari apartemen Yukino. Volume 11 chapter 7, Haruno mengatakan Yukino harusnya tahu alasan mengapa Ibunya meminta Haruno tinggal dengan Yukino. Sedikit banyak, situasi Yukino saat ini, Hachiman terlibat di dalamnya, lebih tepatnya dijadikan 'pion' oleh Haruno sebagai alasan kepada Ibunya.






Menurut volume 11 chapter 7, tanggal 13 Februari Yukino menyajikan kue coklat di klub sebagai camilan. Lalu Yui diberi sebungkus kue coklat yang sama oleh Yukino. Tapi, Yukino tidak punya satupun kue yang bisa diberikan ke Hachiman. Sepulang sekolah, Yukino hendak mencegat Hachiman dan mengambil-ngambil sesuatu dari tasnya. Saya kira kita semua tidak bodoh, Yukino jelas hendak memberikan coklat valentine ke Hachiman. Karena tidak diberikan pada tanggal 13, dan adegan terakhir volume 11 adalah 14 Februari dan Yukino belum pulang ke rumahnya, bisa kita simpulkan dalam adegan terakhir volume 11 Yukino masih membawa coklat valentine untuk Hachiman. Mungkin kita akan melihat Yukino memberikan coklat tersebut di volume 12, atau tidak sama sekali.






Selama ini, dalam berbagai konflik, Haruno hanya menempatkan dirinya sebagai aktor di balik layar, misalnya volume 6 dengan insiden Sagami, pencalonan ketua OSIS oleh Yukino di volume 8, dll. Namun di volume 11, Haruno terang-terangan mengatakan dialah pelakunya. Mulai dari cerita Ibu Yukino yang mengatakan kalau tahu info itu dari Haruno (vol 11 chapter 6), dan sinis kepada Hachiman ketika tahu Yukino menginap di rumah Yui sedikit banyak ada campur tangan Hachiman (vol 11 chapter 7). Apapun penyelesaian konflik di volume 12, Hachiman harus mengalahkan Haruno terlebih dahulu. Volume 1-11 memberikan banyak info soal Haruno kepada Hachiman. Dari bagaimana Haruno rela melepaskan pilihan masa depannya karena ibunya, Haruno nakal di sekolah, Haruno selalu membawa-bawa nama Ibunya ketika menegaskan sesuatu ke Yukino, dll. Kemungkinan besar, Haruno ini juga lari dari dirinya sendiri.






 Volume 10 chapter 9, Volume 11 chapter 6, Haruno menyadarkan Hachiman kalau Hachiman selama ini adalah orang yang munafik. Berkata kalau membenci orang yang berpura-pura, sedangkan dirinya selama ini berpura-pura agar hubungan mereka bertiga di klub baik-baik saja. Jika kita menarik sebuah hubungan dengan masalah Hachiman vs Haruno, maka kita pasti bisa menduga kalau Haruno akan menjadikan ini sebagai senjata untuk membalikkan kata-kata Hachiman jika Hachiman berani menantangnya. Kecuali, masalah cinta segitiga di klub ini terselesaikan dengan baik di awal volume 12.


  Masalah-masalah di atas merupakan hal yang harus dipertimbangkan di volume 12. Tidak penting siapa yang Hachiman pilih ataupun bagaimana Hachiman menyelesaikannya. Lima tahun bisa dikatakan waktu yang cukup lama bagi LN ini. Saya harap bisa segera diselesaikan dengan baik. Jika anda punya analisis yang lebih baik dari di atas, silakan tulis di kolom komentar.



x  x  x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar