Minggu, 13 September 2015

[ REVIEW ] Bakemonogatari


  Pada tahun 2006, ada sebuah light novel yang sangat laris dan merupakan jilid awal dari rangkaian light novel monogatari. Seri perdana novel tersebut bernama Bakemonogatari. Pada tahun 2009, Aniplex menggandeng studio SHAFT menggarap seri anime ini. Sekedar info, seri anime ini terus berjalan sesuai jilid novelnya, dan studio SHAFT tetap dipercaya menggarap anime ini. Namun, karena kita hendak membahas seri perdananya, Bakemonogatari, maka kita tidak akan membahas seri monogatari lainnya. Genre anime ini mysteri, romance, dan supernatural.



TEKNIS

  Novel laris dan studio SHAFT. Siapapun pasti berpikir tidak akan ada sesuatu yang buruk terjadi dengan animenya. SHAFT terkenal dengan gaya yang unik, biasanya penggemar anime menyebutnya dengan studio head tilt alias kebanyakan anime keluaran SHAFT memiliki gerakan kepala yang agak miring di suatu momen. Kualitas gambarnya? Bisa anda lihat di anime Puella Magica Madoka, Koufuku Graffity, Nisekoi, Mekakucity Actor, dll.

  Music? Sound director dari anime ini adalah orang yang sama menjadi sound director Clannad, Full Metal Panic, Hibike Euphemium, Inuyasha, K-ON, Keroro Gensou (katak ajaib!), Kyoukai no Kanata, Macross Frontier, Owari no Seraph, dll. Nampaknya, ini sudah jaminan mutu di musik animenya.

  Pengisi suaranya? Araragi Koyomi diisi pengisi suara yang sama dengan Otonashi Yuzuru (Angel Beats), Junichirou Kagami (Denpa Kyoushi), Orihara Izaya (Durarara), Tieria Erde (Gundam 00), Yato (Noragami), Levi (Shingeki no Kyoujin), dll. Senjougahara Hitagi diisi pengisi suara yang sama dari Yona (Akatsukino Yona), Chloe (Fate/Kaleid Ilya Season 2), Nureha (Log Horizon), dll. Hanekawa Tsubasa diisi pengisi suara yang sama dengan Charle (Fairy Tail), Kaga Kouko (Golden Time), Onigashira Kosuri (Shimoneta alias OSIS mesum!), dll. Well, saya lebih suka menyebutkan peran mereka di anime lain daripada menyebutkan namanya. Karena kita semua tahu, lebih mudah mengenali mereka dari perannya daripada nama aslinya.

  Rating? Hmm bagaimana saya bilang ya, di semua forum anime menempatkan Bakemonogatari di 8+/10. Bahkan semua serinya memiliki rating yang hampir sama. Bakemonogatari tayang tahun 2009 dengan 12 episode, plus episode 13,14,15 didapat dari pembelian CD Blue Ray. Total episode Bakemonogatari adalah 15 episode. Anime ini adalah masterpiece bagi anda dengan intelegensi di atas rata-rata. Banyak sekali Gag yang lucu dan dialog slapstick yang menyindir budaya, kosakata, dll. Mungkin bagi yang tidak terbiasa, akan menganggap anime ini aneh dan membosankan.

  Ini mungkin anime pertama yang menggunakan GAG sebagai adegannya. GAG adalah gambar simbol yang biasa melambangkan pemikiran sesaat atau sejenisnya. Awalnya anda akan merasa aneh, pada akhirnya anda akan menyukainya dan menjadi semacam addiktif. Tidak lupa, ciri khas SHAFT menggambarkan latar belakangnya dengan sangat unik. Nilai saya? Hmm 10/10 jika anda mengerti Value anime ini, 8/10 bagi yang belum paham dan tidak terbiasa dengan anime semacam ini.



KARAKTER


Araragi Koyomi
Meski di gambar artikelnya seolah mengatakan ini adalah anime harem, sebenarnya sebaliknya. Koyomi adalah pacar dari Hitagi. Teman dekat dan sekelas dengan Hanekawa, dan partner kontrak vampire dari Shinobu. Koyomi mengalami insiden supranatural hingga memiliki kontrak dengan Shinobu. Sebuah tindakan Koyomi yang tidak biasanya, yaitu menyelamatkan Hitagi yang jatuh dari tangga merubah segalanya. Dari situ, perjalanan monogatari dimulai. Tidak ada yang spesial dari Koyomi, nilai pas-pasan, tidak bisa bela diri, namun dia memiliki beberapa sifat vampire seperti regenerasi, dan melihat hal-hal gaib.

Senjougahara Hitagi
Hitagi berasal dari keluarga broken home. Usaha ayahnya bangkrut dan memulai dari nol lagi sehingga Hitagi kini hidup di sebuah kamar kos sederhana. Hitagi adalah siswi yang cerdas, top rank di SMA, dan memiliki sebuah rahasia. Hitagi dikutuk oleh semacam dewa crab yang menyukai kebencian dirinya akan Ibunya dan membuat dirinya kehilangan beratnya dan tersisa 5 kg! Pertemuannya dengan Koyomi mengubah segalanya.

Hanekawa Tsubasa
Teman dekat Koyomi sekaligus sekelas dengannya. Seperti yang anda duga, Hanekawa menyukai Koyomi. Namun semuanya bubar hanya karena Koyomi cinta pada pandangan pertama dengan Hitagi. Hanekawa adalah ketua kelas dimana Koyomi berada. Dibalik penampilan manis dan super cantiknya, bersemayam siluman kucing di dirinya.





STORY

ARC I : THE HITAGI'S CRAB

Suatu hari ketika telat ke sekolah, Koyomi melihat sesuatu yang mengerikan.



Yep, ada gadis jatuh dari langit-langit gedung sekolah



Tanpa pikir panjang, Koyomi menyelamatkan gadis itu. Namun, disinilah masalahnya. Gadis tersebut super ringan!



Akhirnya Koyomi membujuk Hitagi untuk menemui orang pintar yang menjadi teman Shinobu, vampir kesayangannya. Orang tersebut bernama Oshino dan mengatakan kalau Hitagi terkena semacam kutukan dari sejenis siluman kepiting.



Setelah ritual-ritual aneh, akhirnya Hitagi bisa lepas dari kutukan itu dan beratnya kembali normal.



Setelah selesai, Hitagi mengajak Koyomi untuk berteman. Hitagi merasa baru kali ini ada orang yang mau menolongnya tanpa pamrih. Tampaknya ini awal dari cinta...




ARC II : MAYOI'S SNAIL

Liburan dan kedua adik perempuannya super mengganggu, akhirnya Koyomi pergi ke taman. Ternyata, Hitagi juga berada disana. Hitagi akhirnya mengatakan kalau selama ini dia menyukai Koyomi. Hitagi seperti gadis idaman tiap pria.



Koyomi melihat ada gadis kecil tersesat di taman, dan ingin menolongnya.



Berkali-kali Hitagi dan Koyomi berusaha mengantar gadis kecil itu pulang ke rumahnya, mereka selalu tersesat. Akhirnya, Koyomi meminta Hitagi ke Oshino sensei untuk mencari tahu fenomena mistis apa yang menimpa mereka. Mereka berjanji akan bertemu di taman.



Ketika Mayoi dan Koyomi menunggu di taman, mereka bertemu Hanekawa. Hanekawa bahkan sempat becanda dengan Mayoi.



Setelah Hanekawa pergi, Hitagi datang dan memberitahu Koyomi kalau Mayoi sebenarnya hantu dengan kutukan siluman siput. Mayoi memang berkeliaran di daerah sini untuk membuat manusia tersesat. Mayoi karena hantu, tidak bisa dilihat oleh manusia biasa. Alias Hitagi tidak bisa melihatnya. Tetapi mengapa Hanekawa bisa? Jangan-jangan...



Setelah masalah Mayoi selesai, Koyomi bertanya ke Hitagi mengapa Hitagi percaya dengan semua kata-kata Koyomi tentang Mayoi, padahal Hitagi tidak bisa melihatnya. Hitagi mengatakan, bahwa dia akan selalu percaya kepada Koyomi, meskipun itu terdengar konyol. Akhirnya, Koyomi membalas cinta Hitagi dan sepakat kalau mereka berdua berpacaran. Menurut saya, ini cinta yang simple. Koyomi menyukai Hitagi karena pandangan pertama, dan Hitagi menyukai Koyomi karena kebaikan hatinya. Hanya karena Koyomi tahu Hitagi sangat percaya kepadanya, Koyomi tidak keberatan menjadi pacarnya.



ARC III : SURUGA'S MONKEY

Tidak ingin pacarnya mendapat nilai rendah di ujian, Hitagi sering mengajak Koyomi belajar bersama di kosnya. Ya begitulah, jika orang pacaran ditinggal satu ruangan, niat awal yang belajar malah mengobrol tentang hubungan mereka, asmara, masa depan, dll.



Namun ketika pulang dari rumah Hitagi, di persimpangan kereta api, Koyomi diserang orang misterius dengan jaket junkies. Koyomi tewas. Namun karena Koyomi adalah separuh vampire, Koyomi masih bertahan dan memulihkan diri.



Mendapat firasat buruk, Hitagi mengejar Koyomi dan menemukannya terbaring di rel kereta dengan kondisi koma. Hitagi memberinya bonus agar Koyomi cepat memulihkan diri.



Melihat bagaimana pelaku penyerangan tahu kos Hitagi dan seperti mengintainya, maka Hitagi mengatakan kemungkinan pelakunya adalah Suruga. Teman satu tim Basket ketika SMP dan sekarang berada di sekolah yang sama. Suruga tampaknya menyukai Hitagi (Yuri mode ON) dan membenci Koyomi yang mengambil cinta Hitagi darinya.



Endingnya? Koyomi berusaha konfrontasi langsung dengan melawan siluman kera di tubuh Suruga. Oshino sensei sudah memperingatkan Koyomi kalau siluman kera yang ada di tubuh Suruga itu adalah sekelas Iblis, alias setan tingkat tinggi. Ketika keduanya terbaring dari pertempuran, Hitagi muncul dan menjelaskan semuanya ke Suruga. Hitagi mengatakan kalau dia sekarang mencintai Koyomi dan membujuk Suruga untuk tenang dan melepasnya.



ARC IV : NADEKO'S SNAKE

Ketika mencari kuil yang dimaksud Sensei bisa membantu menghilangkan masalah lengan kiri Suruga, kuilnya sudah hancur. Sedang disana ada pohon keramat yang banyak darah dari ular yang dipotong-potong. Tidak lupa, dalam perjalanan ke kuil tersebut, mereka berjumpa dengan gadis misterius.



Karena kuilnya sudah hancur, mereka kembali ke rumah Koyomi dan disana ada Sengoku Nadeko, teman dari adik Koyomi. Namun, Sengoku bukan hendak bertemu dengan Karen, tetapi hendak bertemu dengan Koyomi dan meminta bantuannya. Tubuh Sengoku ada pola tubuh ular. Sengoku juga mengaku kalau gadis misterius di kuil tersebut adalah dirinya.



Oshino mengatakan kalau solusinya adalah Sengoku berdoa di tempat tersebut dengan jimat dan meminta maaf.



Namun, siluman ular putih tersebut marah dan hendak membelit Sengoku hingga mati. Akhirnya Koyomi melawan ular tersebut dibantu Suruga. Ular tersebut akhirnya tidak membelit Sengoku lagi dan meninggalkan tempat itu.



Sengoku sudah terbebas dari ular tersebut, namun disinilah masalah baru akan bermula. Sengoku di bekas kuil yang hancur tersebut membuat sebuah permohonan, yaitu dia ingin dicintai oleh Koyomi. Permohonan tersebut didengarkan oleh Dewa Ular, yang akan membuat masalah menjadi runyam di seri Monogataries.



SPECIAL DATE

Ketika makan siang bersama, Hitagi mengatakan sudah menyiapkan rencana kencan bagi mereka berdua.



Ternyata, naik mobil adalah salah satu rencana kencan mereka.



Ayah Hitagi menyetir di depan sementara Koyomi dan Hitagi di belakang.



Setelah sampai di tempat yang dituju, Hitagi pergi terlebih dulu untuk menyiapkan tempatnya. Disini, ada pembicaraan antara seorang ayah dan pacar dari putrinya. Well secara garis besar, ayah Hitagi menaruh harapan ke Koyomi kalau dia harus membahagiakan putrinya dimana ayahnya sendiri merasa gagal membahagiakannya selama ini.



Hoo, ternyata tempat spesial itu adalah tanah lapang di hutan dimana bisa melihat hamparan langit malam beserta bintangnya dengan jelas.









Silakan anda tebak sendiri bagaimana adegan sesudahnya...




FINAL ARC : TSUBASA'S CAT

Hanekawa absen di sekolah, dia memanggil Koyomi agar menemuinya di taman. Akhirnya Koyomi datang ke taman dan menemui Hanekawa. Hanekawa mengatakan bahwa ada keanehan di tubuhnya dan tumbuh telinga kucing di kepalanya. Menurutnya, kemungkinan besar ini karena kucing yang pernah mereka kubur bersama. Tampaknya, siluman kucing tersebut bersemayam di tubuh Hanekawa.



Akhirnya, Koyomi membawa Hanekawa ke Oshino Sensei...dan dengan sedikit pam para pam tubuh Hanekawa berubah menjadi tubuh sang siluman kucing.



Siluman kucing tersebut sering mengambil alih tubuh Hanekawa ketika malam dan pada akhirnya bertemu dengan Koyomi. Koyomi mengatakan kepada siluman kucing tersebut untuk meninggalkan Hanekawa atau Koyomi akan membuatnya meninggalkan paksa tubuh Hanekawa.



Sang siluman kucing mengatakan percuma saja, karena dia eksis akibat stress di pikiran Hanekawa. Menurutnya, Hanekawa tidak bisa membendung lagi perasaannya yang menyukai Koyomi. Terlebih lagi, semenjak gosip Hitagi dan Koyomi berpacaran mulai ramai. Koyomi mengatakan akan tetap setia ke Hitagi...dan dimulailah pertempuran mereka.



Koyomi yang hanya setengah vampir hampir kalah, dan muncullah Shinobu alias vampir asli yang memiliki kontrak dengannya. Shinobu menghisap kekuatan siluman kucing tersebut hingga habis dan Hanekawa kembali ke tubuh aslinya. Kasus memang selesai, namun keseharian Koyomi yang mengetahui Hanekawa mencintainya...memang tidak mudah.



Tetapi...mengapa mesti bersedih? Koyomi sudah memiliki Senjougahara Hitagi, dan ini merupakan keputusan tepat. Hitagi adalah penyelamat Koyomi di volume lain novelnya alias monogataries dimana dewa ular mengultimatum Koyomi untuk segera di sisi Sengoku. Yeah, permohonan Sengoku Nadeko di kuil tersebut berbuntut panjang... You Choosed the Right Woman...Koyomi!


1 komentar: