Jumat, 11 September 2015

[ REVIEW ] Macross Frontier

  Kadang kita sering berdiskusi dalam suatu forum, dan mengatakan bahwa "Anime ini musiknya bagus", lalu "anime apa sih yang memiliki musik yang benar-benar 'musik'?". Musim semi lalu, ada anime musik bernama Show by Rock, namun jika dibandingkan dengan Macross F, tentu perbandingannya sangat jauh. Namun, kurang lebih begitu. Mungkin ini bukan anime yang bisa ditonton penikmat anime yang baru tercebur di dunia anime. Namun jika kita berbicara anime, musik, romansa, action...maka ini adalah anime untuk anda.







TEKNIS




  Ini adalah proyek anime 25 episode yang sangat ambisius di tahun 2008. Mengapa tidak? Pengisi suara dua heroine di cerita ini adalah dua penyanyi top di Jepang. Pertama adalah Nakajima Megumi, penyanyi baru yang melejit di tahun 2008, mengisi suara Ranka Lee. Kedua, May'N mengisi vokal Sheryl Nome. May'N adalah penyanyi top di Jepang yang terkenal dengan suara uniknya. Lalu anime ini juga di-dub dalam bahasa Inggris dan disiarkan di negara-negara di luar Jepang. Sederhananya, budjet untuk membuat anime ini sangat luar biasa besar.

  Macross adalah sebuah franchise anime yang seri pertamanya rilis pada awal 1980. Selalu, selalu, dan selalu bercerita tentang seorang pilot pesawat tempur yang terlibat cinta segitiga. Diantara ketiga tokoh yang terlibat cinta segitiga tersebut, pastinya ada yang berprofesi sebagai penyanyi. Pesawat tempurnya pasti tipe yang bisa berubah menjadi robot, dan melawan makhluk luar angkasa. Sejujurnya, kisah cinta di Macross ini memang menarik dan selalu memberikan feels. Bahkan ketika saya menonton seri lamanya di dekade 80-an.

  Kesuksesan? Anime ini ternyata super duper sukses. Maaya Sakamoto, penyanyi profesional yang mengisi Opening animenya, lagunya terpilih menjadi best song di tahun yang sama. Nakajima Megumi yang rilis album baru dan berisi beberapa lagu asli Macross F, melejit di tangga lagu Jepang. Begitu pula May'N, yang rilis album khusus berisi sekitar 8-10 lagunya yang dinyanyikan di animenya, menduduki puncak tangga lagu di Jepang tahun itu. Bahkan studio rekaman di Jepang mengatakan bahwa itu adalah kali pertama lagu-lagu anime merajai #10 tangga lagu di Jepang. Rating? Well jangan khawatir, beberapa situs forum anime terkenal memberi rating 8+/10 alias super good shit!




  Setelah animenya selesai mengudara, disusul 3 movienya di bioskop-bioskop dimana movie yang terakhir memberikan jawaban cinta segitiga antara Alto / Ranka / Sheryl. Hmm, jika Ranka dan Sheryl diisi penyanyi top Jepun, lalu Alto pengisi suaranya siapa? Orang terkenalkah? Yep, pengisi suara Alto adalah Yuichi Nakamura. Dia mengisi suara Tomoya di Clannad, Oreki di Hyouka, Tatsuya Shiba di Mahouka, atau kalau kurang familiar lagi, pengisi suara Gray Fullbuster di Fairy Tail.

  Di beberapa negara, anime ini dikenal dengan nama yang berbeda. Misalnya Amerika Serikat, dan Amerika Latin seperti Brasil, Argentina, dll. Disana anime ini disebut Robotech daripada Macross.







KARAKTER



Saotome Alto
Terlahir dari keluarga yang berdedikasi di dunia peran dan drama teater. Alto semasa SMA mengikuti ekstrakurikuler pilot dan penerbangan. Keluarga besar Alto memaksa Alto untuk mengikuti jejak mereka di dunia akting, tetapi Alto memiliki mimpi untuk terbang di langit yang sebenarnya, bukan langit buatan seperti di Frontier. Sebuah insiden serangan Vajra ke Frontier membuatnya bertemu dengan Ranka, menyelamatkan Ranka, dan membuatnya bertekad untuk masuk SMS. SMS adalah skuadron jet tempur yang terpisah dari militer resmi Frontier. Kebanyakan SMS berisi mantan pilot, ataupun rekrutan sipil seperti Michelle ataupun Alto (Siswa SMA).

Ranka Lee
Ranka merupakan anak yang diadopsi oleh Oswald Lee. Ibu Ranka merupakan ilmuwan yang meneliti Vajra. Sebuah insiden terjadi dan membuat Ranka terpisah dari Ibu dan kakak laki-lakinya. Belakangan, Ranka mengetahui kalau Brera Sterne adalah kakak kandungnya yang hilang. Karena mengidolai Sheryl, Ranka berangkat dari nol untuk menjadi penyanyi profesional. Pertemuannya dengan Alto, dan Alto yang menjadi penyelamat hidupnya membuat Ranka mencintai Alto.

Sheryl Nome
Sheryl merupakan gadis yatim di kapal Galaxy. Seorang pemandu bakat menemukannya dan mengorbitkannya menjadi Diva Galaxy. Sheryl menjadi terkenal dan mengadakan konser dari kapal satu ke kapal lainnya, hingga takdir mempertemukannya dengan Alto di kapal Frontier. Alto yang memperlakukannya layaknya gadis biasa, dan menjadi penolongnya di beberapa insiden, membuat Sheryl mencintainya.

Michelle Blanc
Michelle merupakan sahabat Alto di SMA, juga teman sekamar Alto di asrama Macross Quarter. Michelle merupakan teman sejak kecil dari Klan, dan yeah, mereka berdua saling menyukai satu sama lain. Berbeda dengan Alto yang menjadi pilot pesawat tempur dan berada di barisan depan, Michelle merupakan pilot pesawat dengan tipe sniper.

Klan Klang
Klan berasal dari bangsa Zentradi, sejak kecil merupakan teman dari Michelle. Meski dia dan Michelle berada di skuadron SMS, Klan memimpin teamnya sendiri dan kadang terpisah dengan Michelle.

Brera Sterne
Brera merupakan kakak kandung dari Ranka. Ketika insiden terjadi, Brera terjebak di lab dan hampir seluruh tubuhnya hancur. Grace menemukan Brera dan membuat mayoritas tubuhnya seperti Cyborg. Dengan ingatan yang samar-samar, Brera bertemu kembali dengan Ranka. Brera selepas insiden, menjadi pilot pesawat tempur di Macross Galaxy.

Oswald Lee
Oswald Lee adalah kakak adopsi dari Ranka. Oswald yang mantan tentara di Frontier kini menjadi pimpinan Skuadron di SMS. Membawahi skuadron Quadleun yang dipimpin oleh Klan, dan skuadron Skull yang dipimpin oleh Michelle. Oswald semasa aktif menjadi tentara di Frontier, merupakan kekasih dari Catherine, putri dari presiden Frontier.

Bukannya mau memberi spoiler, akan ada yang tewas mengenaskan dari karakter di atas.







STORY

  Setelah pertempuran panjang di seri Macross : Dimensional Fortress, akhirnya terjadi kesepakatan damai antara Zentradi dan manusia. Kedua bangsa sepakat hidup berdampingan dan memulai ekspansinya untuk mengembangkan koloni di luar angkasa. Kapal-kapal besar yang menjadi cikal bakal koloni utama tersebut mulai meninggalkan bumi untuk mencari planet baru yang bisa ditempati. Salah satu koloni kapal besar tersebut, bernama Macross Frontier.

  Namun Frontier tidak mengalami perjalanan yang mulus. Di tengah perjalanannya, ada sekumpulan bangsa serangga angkasa yang bernama Vajra mencoba menyerang Frontier. Tidak ada yang tahu Vajra berasal dari mana, dan bagaimana Vajra berkembang.

  Sheryl Nome, seorang Diva dari koloni Macross Galaxy, akan mengadakan konser di koloni Macross Frontier. Kebetulan klub penerbang di SMA Alto ditunjuk menjadi pengisi latar konser Sheryl. Ranka yang merupakan penggemar Sheryl, membeli tiket konser Sheryl dan hendak hadir di konser Sheryl. Ranka telat dan terjebak kemacetan. Sedangkan Sheryl ketika beraksi bersama Alto di panggung, menjatuhkan antingnya di kostum Alto. Setelah itu, konser Sheryl bubar karena ada serangan Vajra. Suasana sedikit kacau, dan Ranka terjebak dalam pertempuran pilot SMS vs Vajra. Pilot SMS tewas dan Vajra hendak menghabisi Ranka. Alto secara spontan menaiki pesawat pilot tersebut dan menyelamatkan Ranka. Akhirnya, benang merah memulai pertemuan antara Alto, Sheryl, dan Ranka.

  Belakangan diketahui, insiden terbunuhnya Ibu Ranka didalangi oleh Grace. Ibu Ranka yang ilmuwan, melakukan eksprimen terhadap Vajra dan diketahui ternyata Vajra sangat rentan terhadap gelombang suara manusia, terutama lagu. Namun, tidak semua jenis suara bisa mempengaruhi Vajra, salah satu suara yang bisa mempengaruhi tersebut, adalah suara lagu dari Ranka. Namun Grace tidak patah arang karena Ranka menghilang, dia menemukan bakat tersebut di Sheryl. Grace melihat bahwa suara Sheryl bisa beresonansi terhadap batu Vold dan Vajra. Akhirnya, Grace memilih untuk menjadi manager Sheryl dan mengorbitkannya. Setidaknya, Grace punya kartu As ketika Vajra tidak bisa dikontrol akibat gangguan resonansi oleh suara Ranka.

  Grace berniat menjadi penguasa di dunia baru, planet dimana dihuni oleh Vajra dan bisa ditinggali oleh manusia. Grace memanipulasi Vajra agar menuruti kehendaknya dan menghancurkan segala kapal koloni manusia yang berusaha mendekati planet Vajra. Pada akhirnya Ranka bergabung dengan Sheryl, kedua lagu mereka berhasil mengacaukan kontrol Grace. Pertempuran besar terjadi antara Macross Frontier melawan Macross Galaxy yang dikontrol oleh Grace.

Berbeda dengan seri Gundam ataupun Alnoah Zero dimana pilotnya memiliki kemampuan super, Alto disini merupakan pilot yang 'biasa'. Hanya saja, kedua gadis yang mencintai Alto disini merupakan gadis 'yang tidak biasa'. Alias Alto = Lucky Bastard.






EPIC MOMENT

  Meski selalu datang dengan brand cinta segitiga, namun Macross selalu memberikan ending yang jelas tentang siapa gadis yang dipilih oleh si Pilot. Kali ini, akan ada spoiler di gambar-gambar terakhir. Anda bisa skip jika berniat ingin menikmati seri ini dari awal.





































  Tiap episode penuh dengan musik, dan momen-momen pertarungan ataupun momen romantis penuh dengan musik yang adiktif. Jika berbicara tentang anime dan musik, tetapi anda belum pernah menonton seri ini, nampaknya anda melewatkan sesuatu yang berharga...Menurut saya, seri ini plus 3 movie mendapatkan 9.5/10 atau bisa juga solid 10/10. Worth to watch!




2 komentar:

  1. aku suka animenya tapi ketika tahu alto milih sheryl yah berakhirlah aku nontonx di episode 15.. aku lebih suka macross delta... huwaaaa sedihnyaaaa ranka chan/.... sebagus apapun animenya kalo couple yg gue suka akhirx seperti ini aku gak bisa nonton

    BalasHapus
  2. Sama gan gua ini baru sampe episode 8 udah cari spoiler dan ketik tahu si alto nolak ranka langsung stop di episode 8

    BalasHapus