Jumat, 16 September 2016

[ REVIEW ] Macross ∆ Episode 24 : Fatal Judgment



  Sebelum saya melanjutkan ke review, saya ingin mengatakan sesuatu (sebenarnya banyak). Sebenarnya, apa sih yang para pemirsa harapkan ketika mendengar kata Macross?

  Saya sendiri, membayangkan pertempuran mecha melawan alien, dengan bumbu kisah cinta segitiga yang kental, dan musik-musik yang menarik. Namun, apa yang kita dapatkan disini?

  Macross Delta sendiri terlalu fokus dengan plot, mengurangi porsi pertempuran mecha, kisah cinta segitiga, dan kualitas lagu yang...ah sudahlah. Anime ini terlihat seperti sebuah anime yang tidak bisa saya kenali lagi.

  Misal, apa di benak pemirsa ketika mendengar anime Gundam : Iron Bloded - Orphans? Pasti terbayang masalah politik, kemerdekaan koloni, kesenjangan antara bumi dan entah dimana itu, robot raksasa, perang, banyak orang tewas, dll. Dan title anime di atas memberikan kepada pemirsa tentang ekspektasi mereka.

  Namun, bagaimana tingkat kepuasan pemirsa sendiri dengan ekspektasi mereka terhadap Macross Delta?

  Serius, nobody fvckin care about who the fvck is Mikumo? Why Uncle Roid there? Who the fvck is Star Singer?

  For fvck sake, we want to see more Freiya - Hayate - Mirage! We want to see Keith vs Hayate! We want to see Kaname-Arad! I DON'T HAVE A SINGLE FVCK TO GIVE ABOUT THIS PLOT ANYMORE!

  Oke, kita lanjut ke review...











Seperti biasanya, saya tidak akan menjelaskan blahblah. Apapun itu, Roid harusnya ada disini. Tapi tidak ada yang curiga sedikitpun.

Maksud saya begini, ini adalah persidangan dimana ada warga Windermere yang mengkhianati bangsanya sendiri. Lalu ada persidangan dimana pilot musuh yang ternyata diketahui anak dari 'tukang jagal'  Windermere, Wright Immelman. Dan anda tebak? Orang yang memiliki jabatan sebagai Penasehat Kerajaan tidak muncul sama sekali, dan ajaibnya tidak ada yang mempertanyakan itu...



Berger kini membantu pihak Walkure. Namun, sebelumnya membantu Roid. Kalau kita jeli, sepertinya ada sesuatu dengan Roid dan itu diluar rencana Epsilon. Bisa kita tebak, yeah...Pasti karena Roid menangkap Mikumo. Jadi, harusnya Mikumo itu tetap berada di Walkure, begitulah pendapat Roid.

Menurut Roid, Walkure sendiri tidak lain hanyalah wadah bentukan Lady M untuk Mikumo. Artinya secara tidak langsung, kita diberitahu kalau Epsilon ini bekerja untuk Lady M, bukan Roid.



Yep, kita sudah menebak adegan ini dari episode minggu lalu. Akhirnya, Mikumo diajak ke altar oleh Om Roid. Dan semua cerita tentang Star Singer tersebut...

Saya curiga kalau ledakan bom nuklir di Windermere sebenarnya hanyalah sebuah settingan untuk mengalihkan isu tentang sesuatu yang hilang di altar, dan dicuri oleh Lady M.



Ini mungkin mudah sekali ditebak, pada akhirnya Heinz nanti akan teringat dengan kata-kata Freiya dan berubah menjadi baik...



Ini juga aneh, bagaimana bisa Berger bersama Arad dan Walkure bisa masuk ke ruangan ini, tidak terlihat adanya satupun pasukan Windermere yang berjaga...



Sebenarnya, saya cukup menyukai adegan ini. Jadi, hukuman mati ala Windermere ini yaitu menjatuhkan diri dari tebing tinggi.



Para pasukan Windermere ini tidak tahu kalau main char anime Macross pasti akan punya plot armor. Tembakan para prajurit ini seperti memiliki akurasi yang parah...



Yes, you are!



Makina tertembak. Namun di akhir episode, dia terlihat masih hidup. Biasanya, char support yang tidak mati begitu saja ketika kesempatan pertama untuk tewas secara meyakinkan dan memorable tidak terjadi, maka dia akan terus hidup sampai akhir.



Mudah sekali menebak ini akan terjadi kepada Freiya cepat atau lambat.

Heinz yang menyebabkan Var saja tubuhnya mulai mengalami penuaan. Sedang Freiya sendiri punya suara yang setara dengan sindrom Var itu sendiri. Tinggal tunggu waktu saja kalau Freiya akan mengalami hal yang sama.



"I've seen enough hentai to know where this is going..."

Oke, skip kata-kata di atas. Mari kita renungkan sebentar tentang hal ini.

Jika memang Star Singer itu merupakan takdir milik Windermere, mengapa disembunyikan dan tidak banyak orang yang tahu? Bukankah akan sangat baik jika pihak anda punya orang yang bisa menggerakkan pikiran orang lain dengan lagu? Pertanyaannya, mengapa fakta Star Singer ini disembunyikan?

Pertama, mari kita lihat efek samping dari Wind Singer yang konon katanya Om Roid itu, adalah turunan dari Star Singer? Wind Singer bisa membuat orang lain terkena Var Syndrom, dan tubuh Star Singer beserta beberapa pendengarnya akan mengalami penuaan. Ini fatal karena umur manusia Windermere sendiri hanya 30 tahunan.

Menurut saya, pastilah ada alasan mengapa Rudanjal Rom Mayan alias Mikumo ini disembunyikan di Windermere, dan tidak banyak orang yang tahu. Mungkin dengan disembunyikan di planet yang masa hidup warganya pendek, maka mereka akan benar-benar menjaga Mikumo agar tidak dicuri.

Namun kebenarannya bagaimana? Entahlah.



Dengan begini, secara resmi Roid berpisah dengan faksi Kerajaan Windermere. Kini, Roid punya agenda terpisah dari pihak Windermere dan UN sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar