Jumat, 02 September 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : Misteri Hayama Hayato dan Yukinoshita Yukino...




  Kembali lagi di artikel yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, for fun. Kalau mau jujur, artikel for fun ini pembacanya 2 - 3 kali lebih banyak daripada edisi translate jika dihitung perharinya. Patut diduga juga, jika saya terbitkan banyak sekali for fun, mungkin saja blognya lagi sepi pembaca, bwuhahahahahaha!

  Kali ini kita membahas sesuatu yang abu-abu di kalangan masyarakat kita, hehe, yaitu tentang hubungan Yukinoshita Yukino dan Hayama Hayato. Mari kita bahas dengan lebih tajam lagi, setajam...kata-katanya mirip catchphrase acara gosip...

  Kadang, saya merasa terpukul setiap Hachiman mengatakan dalam monolognya mengenai nasib budak perusahaan, karena saya juga adalah budak perusahaan. Kalau ada yang berpikir kalau penulis blog ini semacam orang dengan waktu luang banyak atau mahasiswa, maka anda salah Bung!







AND THE STORY GOES...

  Oke, saya tidak tahu harus memulai dari mana. Sederhananya, Yukino-Haruno-Hayama adalah teman masa kecil. Persahabatan mereka dimulai ketika Hayama diajak orangtuanya untuk acara keluarga atau bisnis, dan dititipkan ke Haruno dan Yukino untuk bermain bersama. 

  Hayama dan Yukino satu SD, karena mereka di kelas 6, pastinya Haruno ada di suatu SMP entah dimana dan terpisah dari mereka. Ketika Valentine tiba, 14 Februari, Yukino membuatkan coklat untuk Hayama dan Haruno. Tentunya, karena Haruno ada di sekolah yang berbeda, yang terlihat oleh siswa SD mereka hanyalah Yukino yang memberikan coklatnya ke Hayama, vol 11 chapter 1 dan 5.

  Siswi SD yang menjadi fans Hayama, cemburu dan membully Yukino. Dari rentang waktu 14 Februari hingga Maret (kelulusan SD), terjadi bully gila-gilaan terhadap Yukino. Paling gampangnya, selama rentang waktu itu, 60x sepatu indoor Yukino hilang! Ketika Yukino meminta bantuan Hayama untuk menghilangkan gosip itu, Hayama memilih diam, vol 4 chapter 7. Mengapa Hayama memilih diam?


  Jawabannya ada di vol 8 chapter 5, ketika kencan ganda dan mengunjungi toko perlengkapan olahraga. Hachiman menjelaskan ke Hayama kalau dirinya waktu SMP dulu hanya salah paham dengan Kaori, hanya cinta sepihak. Disinilah, Hayama memberikan clue tentang apa yang terjadi di masa lalu antara Yukino dan dirinya.

  Hayama juga pernah salah paham dengan seorang gadis, persis seperti yang Hachiman ceritakan antara Hachiman dan Kaori.

  Saya akui, versi animenya yang flashback ke 'gadis inisial Y', vol 4 chapter 5, sangat brillian. Keterangan Hayama tadi berarti, siapapun gadis yang Hayama sukai dan salah paham itu, inisialnya 'Y'.

  Hayama berpikir kalau Yukino sebenarnya menyukainya, oleh karena itu Hayama menganggap sikap Yukino yang memintanya untuk menghilangkan gosip itu hanyalah basa-basi.

  Ini sangat lucu, karena yang terjadi dengan Hachiman-Kaori adalah : Hachiman berpikir kalau Kaori menyukainya, padahal basa-basi.

  Sedang yang terjadi antara Hayama-Yukino adalah : Hayama berpikir kalau Yukino hanya basa-basi, padahal itu benar adanya.





FACT






  Pertama-tama, kita membahas ini dari view Yukinoshita Yukino. Jadi, bagaimana hubungan Yukino dengan Hayama sendiri dari vol 1 hingga 11?

  Dalam vol 10 chapter 7, Yukino-lah yang berinisiatif untuk mengajak Hachiman kuliah bersama-sama. Yukino tahu Hachiman akan kuliah di jurusan liberal art di universitas swasta. Dan di vol 7 chapter 2 Hachiman mengatakan Universitas Swasta Doshisa di Kyoto, adalah tempat suci baginya, kebetulan juga universitas tersebut terkenal di jurusan Liberal Art.

 Yukino tahu Kyoto adalah pilihan utama Hachiman dalam kuliah nanti, namun Yukino memutuskan untuk tetap bersamanya. Artinya, Yukino dipastikan tidak akan kuliah bersama Hayama. Apapun itu, antara Yukino dan Hayama, hanya akan berlangsung selama mereka di SMA Sobu, setelah kuliah...tidak lagi.


  Lalu, volume 11 chapter 7. Yukino hendak memberikan Coklat Valentinenya kepada Hachiman. Ini sama saja dengan mengatakan kalau kemungkinan adanya hubungan asmara antara Yukino dan Hayama, dipastikan zonk.






  Lalu, bagaimana dari view Hayama Hayato?

  Clue pertama muncul di percakapan antara Hachiman dan Hayama, setelah Hayama menolak Iroha, vol 9 chapter 8. Hayama memuji bagaimana Hachiman bisa merubah orang-orang di sekelilingnya.


  Mengapa percakapan itu penting? Karena di vol 10 chapter 8, adegan di bar Western seusai Marathon Chiba, Hayama mengatakan sebuah clue lagi.

  Hayama mengatakan kalau Yukino sudah berubah, dan bertanya apakah Hachiman menyadarinya?

  Lalu ditutup clue terpenting : Dulu ada orang yang mengatakan itu kepadaku.

  Jadi apa maksud kata-kata miring Hayama di atas?


  Kampret! 

  Entah mengapa, animasinya menjadi seperti ini!

  Oke, kita tidak ingin membahas hal itu. Itu sebenarnya cuplikan episode 5 di season 1 yang tayang tahun 1995. Lebih tepatnya lagi, volume 2 chapter 4. Sebenarnya, animenya salah menggambarkan adegannya. Tepatnya, Yui, Yukino, Hachiman, Hayama, Totsuka, dan Zaimokuza ada di ruangan Klub Relawan. Dan disanalah, Yui mengucapkan kata-kata yang pernah Hayama singgung itu:

  "Satu-satunya hal yang membuat seorang gadis berubah, adalah cinta..."

  Jadi yang Hayama hendak singgung kepada Hachiman, adalah Hachiman-lah yang berhasil membuat Yukino berubah. Yukino berubah karena menyukai Hachiman. Secara tidak langsung, Hayama mengakui kalau Yukino menyukai Hachiman.
  

  Juga, sikap Hayama yang langsung mengkoreksi keterangan Haruno tentang coklat Valentine Hayama-Yukino semasa SD, sangat aneh jika melihat beberapa kejadian yang terjadi di masa lampau.

  Misalnya, kencan ganda NakamachixHayama dan HachimanxKaori, vol 8 chapter 5. Disana, Hayama sengaja bekerjasama dengan Haruno untuk menggiring ketiganya ke TKP.

  Misalnya lagi, pertemuan Yui-Hachiman yang berbelanja hadiah ulang tahun Yukino, dengan Haruno dan Hayama di kafe, vol 10 chapter 2. Tidak ada satupun usaha dari Hayama untuk mencegah Haruno menjebak Yukino untuk datang. Bahkan, Yui dan Hachiman tidak setuju dengan cara Haruno, perlukah menanyakan apakah Hayama setuju atau tidak?

  Hayama bersikap "jangan ganggu lagi Yukinoshita dan Hikigaya" kepada Haruno di kursus memasak coklat, vol 11 chapter 5. Jelas, Hayama berubah. Bagi Haruno, Hayama yang sekarang sangat membosankan...







ALTERNATIF...

  
  Pasti akan ada yang bertanya-tanya, bagaimana jika dijodohkan oleh orangtua mereka?

  Pertama, kita harus tahu apa motif dijodohkan dalam relasi hubungan antar keluarga elit. Kita harus jabarkan dahulu, siapa yang butuh dan siapa yang tidak butuh. 

  Posisi keluarga Yukinoshita, adalah pemilik banyak perusahaan besar di Chiba, terutama yang berhubungan dengan pembangunan Propinsi Chiba. Anda bisa membaca ini di vol 2 chapter 4, vol 4 chapter 5, vol 5 chapter 6, dan vol 10 chapter 2. 

  Keluarga Hayama, hanya memiliki firma hukum dari Ayahnya, dan Ibunya adalah seorang dokter. Info-info ini juga bisa anda baca di vol 4 chapter 5 dan vol 10 chapter 6.

  Jadi, terlihat jika memang ada perjodohan, kedua pihak dalam posisi yang tidak seimbang. Jika memang ada perjodohan, maka terlihat pihak Hayama yang mengemis kebaikan hati keluarga Yukinoshita untuk menjadi bagian keluarga mereka. Keluarga Yukinoshita, dengan atau tanpa bantuan firma hukum Ayah Hayama, tetap akan menjadi perusahaan yang besar.

  Juga, lebih baik menjodohkan Hayama dengan Haruno, pewaris usaha keluarga Yukinoshita...

  


  Juga, petunjuk terkuat muncul dari Haruno sendiri. Dalam vol 5 chapter 6, Haruno mengatakan kalau dirinya saja tunduk dan patuh kepada perintah Ibunya. Namun kita tahu, sejak vol 3 chapter 4, vol 4 chapter 8, vol 5 chapter 6, vol 6 chapter 4, vol 8 chapter 3, vol 8 chapter 5, vol 10 chapter 2, vol 10 chapter 9...Haruno selalu konsisten menyebut Hachiman sebagai pacar Yukino,  adik iparnya...Bahkan di vol 5 chapter 6 Haruno menyebut ayahnya sebagai 'calon bapak mertua' Hachiman.

  Di vol 6 chapter 4 dan vol 8 chapter 5, Haruno juga konsisten menyebut Hayama sebagai 'orang yang dianggap sebagai adik sendiri'...

  Jika Haruno takut dengan Ibunya, dan seandainya benar ada perjodohan antara Hayama dan Yukino, maka Haruno tidak akan berani untuk mengatakan dengan lantang kalau Hachiman adalah pacar Yukino.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar