Selasa, 27 September 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : The Rivals...


x x x




  Kembali di artikel for fun, untuk sekedar mengusir stress translate Biblia. Khusus LN tersebut, saya memang memberikan perhatian ekstra untuk kualitas translasinya. Lebih stress lagi ketika yang ditranslate ternyata sangat banyak sekali...

  Kali ini kita akan membahas para rival, bisa juga disebut kompetitor, eh maaf harusnya ditulis COMPETITOR agar WIN-WIN SOLUTION! Well, langsung kita menceburkan diri di topik ini...


  Sejak volume 10 chapter 7, Hayama mengatakan kalau hubungannya dengan Hachiman adalah seorang rival. Sedang Hachiman sendiri di vol 11 chapter 5 mengepalkan tangannya setelah tahu Hayama pernah menerima coklat dari Yukino sewaktu Valentine SD. Kedua orang ini sadar dan tahu kalau mereka berdua adalah rival. Tapi...Ini sedikit membosankan, bukan begitu? Mari kita buat artikelnya lebih meriah lagi dengan memakai sudut pandang yang berbeda: Bagaimana dengan para gadisnya?



YUKINOSHITA YUKINO

  Err...lupakan saja gambarnya, hanya pemanis. Pertanyaannya cukup sederhana, siapa yang Yukino anggap sebagai saingannya dalam mendapatkan Hachiman? Mayoritas mengatakan kalau nama gadis tersebut adalah Yui. Sebenarnya, Yukino baru tahu kalau Yui menyukai Hachiman di vol 11 chapter 9, setelah Yui mengatakan kalau kue buatan sendiri yang diserahkan ke Hachiman itu, bukanlah bentuk terimakasih atas request tempo hari (alias pria si penerima kue).

  Sebelum kita menapak lebih jauh, tentu ada pertanyaan: mengapa Yukino selama ini tidak pernah menganggap Yui sebagai saingan cintanya? Saya kira, kita harus mencari jawaban dari pertanyaan tersebut terlebih dahulu.

  Di volume 1 chapter 3, Hachiman mengatakan kepada Yukino kalau dia tidak kenal Yui (request kue Yui). Mungkinkah Yui membuat kue tersebut ke seorang pria yang tidak kenal dirinya? Jika waktu itu hanya ada vol 1 chapter 3, maka anda akan berkesimpulan kalau Hachiman bukan pria penerima kue tersebut. Sejak pertemuan pertamanya, Yukino tidak merasa kalau pria yang disukai Yui adalah Hachiman.

  Lalu tiba di vol 3 chapter 6, Hachiman menuduh perasaan spesial Yui kepadanya karena dia penyelamat anjingnya. Namun, Yui berusaha menyangkal itu. Fakta kalau setelah itu Yukino masih berharap Yui kembali, artinya Yukino mempercayai kata-kata Yui. Karena jika Yukino mempercayai kata-kata Hachiman, artinya sama saja mempercayai kalau Yui masuk menjadi member Klub Relawan dan menjadi temannya hanya sekedar untuk mendekati Hachiman.

  Tiba di vol 6 chapter 6, Hachiman kembali membelanya. Lalu di vol 7 chapter 6, Hachiman memintanya jalan bersama dan tidak mempedulikan gosip pacaran diantara mereka berdua. Di vol 9 chapter 8, Hachiman tidak menolak ketika Yukino menggenggam tangannya. Di vol 10 chapter 7, Hachiman bertanya jurusan Yukino, dan sepakat kuliah bersama. Di vol 10.5 chapter 1, Hachiman berkata akan berpacaran ketika kuliah nanti. Sampai di vol 11 chapter 8, Yukino percaya kalau Hachiman menyukainya, dan tidak ada kecurigaan sama sekali terhadap Yui.

  Setelah Yui clear, lalu gadis mana yang Yukino anggap sebagai saingannya?

  Satu-satunya gadis yang namanya Yukino sebut untuk menyindir kedekatannya dengan Hachiman, adalah Isshiki Iroha, tepatnya di vol 9 chapter 5. Tidak berhenti disitu, setiap Isshiki datang ke Klub Relawan untuk menunggu Hachiman, Yukino selalu memperlihatkan ekspresi kurang senang. Setelah adegan Hachiman dipaksa mencicipi adonan coklat Iroha, sebenarnya Yukino cemburu dan memaksa Hachiman mencicipi bubuk coklat super pahit yang dia buat, sekali lagi, anime tidak menayangkan adegan itu.

  Kedua, satu gadis dimana akan selalu terjadi perang dingin jika muncul...Orimoto Kaori. Pertanyaan sederhana, darimana Yukino tahu kalau Hachiman dulu pernah suka ke Kaori? Terjawab di vol 5 chapter 8 dan vol 10 chapter 2, Haruno sering menelpon Yukino dan menggodanya soal Hachiman. Yukino tahu dari Haruno mengenai Kaori. Tentu saja sikap Kaori yang mendekati Hachiman memang tidak wajar, maksud saya, jika dulunya memang menolak perasaan Hachiman, kenapa sekarang malah mendekatinya? Jika hanya untuk sekedar berteman jelas sangat mencurigakan, pasti ada sesuatu. Perang dingin Yukino vs Kaori ini terjadi di vol 9 chapter 7 dan vol 11 chapter 4. Sayangnya, tidak ditayangkan oleh animenya.

  Well, percaya atau tidak percaya...Isshiki Iroha dan Orimoto Kaori adalah gadis-gadis yang Yukino anggap sebagai saingannya...





GADIS YANG DULU KONON KATANYA 'ADA PELUANG' DAN KINI SUDAH DIBUATKAN ENDING ALTERNATIFNYA...

  Oke, kita skip (lagi) untuk membahas gambarnya, anggap sebagai pemanis, yeah maksud saya memang manis, lalu apa yang harus dijadikan pemanis? Apa sih yang saya tulis barusan?

  Satu-satunya gadis yang Yui anggap sebagai saingannya adalah...Yukinoshita Yukino. Ironisnya, Yui tahu kalau Yukino secara jelas menyukai Hachiman setelah hubungan Yukino dan Hachiman sudah terlalu dalam.

  Yui mengajak Hachiman kencan di arena arcade, ketika merayakan ulang tahunnya, bulan Juni, vol 7.5 special. Jelas Yui tidak akan mengajak Hachiman kencan jika tahu Hachiman menyukai orang lain. Lalu di vol 4 chapter 1, Yui (kembali) mengajak Hachiman kencan. Vol 4 chapter 7, Yui (kembali) mengajak Hachiman kencan. Vol 5 chapter 5, Yui (kembali) mengajak Hachiman kencan. Vol 6 chapter 7, kembali lagi mengajak Hachiman kencan. Dan terakhir, vol 9 chapter 7 Yui masih mempercayai kalau Hachiman belum memiliki gadis yang spesial di hatinya, dengan membahas hutang kencan tempo hari. Sampai di titik ini, jelas Yui mempercayai kalau Hachiman masih available.

  Tiba di vol 10 chapter 7, sesuatu yang tidak beres terjadi. Yukino yang tidak mau memberitahukan jurusannya ke Ibunya sendiri, memberitahukan jurusannya ke Hachiman. Yukino lalu mengajak Hachiman untuk kuliah bersama.

  Muncul lagi di vol 10.5 chapter 1, Yukino mengatakan tidak yakin dengan cita-citanya yang dulu ingin menjadi Ibu Rumah Tangga, itu terjadi setelah Hachiman mengatakan ingin berpacaran ketika kuliah nanti.

  Terakhir, vol 11 chapter 7 ketika Yukino hendak memberikan coklat Valentine ke Hachiman...Tandanya sangat jelas.





NOTICE ME, SENPAI...
  Tenang saja, tidak ada sianida di sendok adonannya...Oke, apa sih yang saya tulis barusan?

  Gadis pertama yang Isshiki anggap sebagai saingannya adalah Yukinoshita Yukino. Dari mana Isshiki tahu? Vol 8 chapter 8, jika anda menjadi Isshiki, mudah saja melihat apa maksud tersembunyi dari tindakan Hachiman yang membujuk Isshiki (anda). Menurut info, akan ada tiga kandidat Ketua OSIS, yaitu Isshiki, Yukino (daftar minggu depan), dan Yui (daftar minggu depan). Di ending vol 8 chapter 6, Yui sendiri tahu kalau Yukino sangat berpeluang besar menang. Jika Yui yang intelegensinya seperti itu saja tahu dan sadar, bagaimana mungkin Isshiki tidak tahu? Isshiki pasti tahu kalau calon terkuat untuk pemenangnya adalah Yukino.

  Jika Hachiman memintanya untuk menarik kembali request dan terus maju sebagai kandidat, menurut anda...Siapa yang sedang diselamatkan oleh Hachiman? Mudah saja menebak, pasti Hachiman hendak mencegah Yukino mencalonkan diri. Karena jika Yui orangnya, Hachiman tidak perlu repot seperti itu karena peluang menangnya sangat tipis. Maksud saya, coba pikir...Calon Ketuanya adalah Yukinoshita Yukino, dan juru kampanyenya adalah Hayama Hayato. Dukungan seluruh siswa SMA Sobu bisa dengan mudah didapat. Coba anda pikir, Calon Ketua Yui dan juru kampanyenya Miura...Setidaknya para gadis di SMA Sobu tidak akan mendukung Yui. Bahkan Tobe saja menyebut Miura menakutkan, apalagi para siswa laki-laki SMA Sobu pada umumnya...

  Isshiki tahu Hachiman ada sesuatu yang spesial dengan Yukino, tapi fakta selama vol 8 mengatakan kalau mereka berdua bertengkar, bahkan terjadi di depan Isshiki. Artinya, ada peluang untuk mendapatkan Hachiman.

  Oke, gadis kedua yang menjadi saingan Isshiki adalah Yumiko Miura. Tapi, ini dalam kasus Hayama. Meski kita tahu di vol 10 dan 11, Isshiki berputar haluan dan memilih Hachiman. Bahkan nama Hayama sendiri dimanfaatkan untuk mengajak kencan Hachiman di vol 10.5 chapter 2.

  Isshiki baru tahu kalau Kaori-Hachiman ada sesuatu di vol 11 chapter 5 setelah Kaori mengajak Hachiman untuk mencicipi coklat Valentinenya, event memasak coklat. Tapi tentunya ini sudah diantisipasi dengan sabotase peralatan memasak, dan memastikan kalau coklat Isshiki adalah coklat pertama yang akan diterima oleh Hachiman. Jangankan coklat jadi, coklat yang masih adonan saja  dipastikan kalau Hachiman yang mencicipinya.






KAWASESUATU...

  Gadis berikutnya adalah Kawa   , tunggu sebentar...Kawagoe? Mbak Kawasesuatu? Ya begitulah.

  Jadi, siapa gadis mana yang Kawa   ...anggap sebagai saingannya?

  Ada satu gadis dimana Kawasaki, nah, Kawasaki Saki anggap sebagai rivalnya dalam memperebutkan Hachiman. Ada sebuah percakapan yang sangat mencurigakan dan harusnya tidak muncul. Yaitu vol 5 chapter 2.

  Dalam vol 5 chapter 2, Saki meminta tolong Hachiman untuk memberitahu Yukino kalau dia sangat berterimakasih atas request Taishi tempo hari, dengan alasan tidak punya momen untuk menemui Yukino. Lalu apa yang janggal dari pernyataan Saki barusan? Tentu saja janggal karena di vol 6.5, ketika Hachiman meminta Saki untuk mendesain kostum Kibasen, secara tidak sengaja membahas kerja paruh waktu Saki. Disana, Saki menjelaskan kalau dia sudah tidak bekerja paruh waktu lagi setelah insiden request Taichi. Artinya, selama liburan musim panas, Saki benar-benar free. Mengatakan kalau tidak punya waktu untuk menemui Yukino jelas aneh, waktu yang mana? Sibuk les? Bukannya dia sekelas dengan Hachiman di les? Janggal jika meminta Hachiman untuk menyampaikannya...Karena waktu luang Saki jelas kurang lebih sama dengan Hachiman.

  Oke-lah, bisa saja Hachiman punya nomor telepon Yukino dan menyampaikannya lewat telepon, begitu pikiran Saki. Benar tidak para pembaca yang budiman? Tapi di vol 2 chapter 4, ketika Yukino mengamuk gara-gara diprovokasi Saki, Hachiman mengatakan kepada Yui (tepat di depan Saki) kalau nanti dia akan menghubungi Yui soal kelanjutannya. Jelas, Hachiman tidak punya nomor Yukino, dan harusnya Saki tahu itu. Karena pihak yang berseteru adalah Yukino, bukan Yui. Satu-satunya hal mengapa Hachiman memberitahu Yui kalau dia akan menghubunginya nanti karena Hachiman tidak punya nomor Yukino.

  Mudah saja menyimpulkan kalau basa-basi Saki dalam obrolannya dengan Hachiman di vol 5 chapter 2 hanya sekedar mencari tahu apakah Hachiman punya hubungan spesial dengan Yukino, apakah mereka saling kontak selama liburan musim panas, dll.





EBINA HINA
  Err, ini Ebina Hina...Gadis yang pernah menembak Hachiman dan jawabannya menggantung...

  Oke, jadi siapa yang Ebina anggap sebagai saingannya?

  Sebenarnya, ada sebuah petunjuk kecil yang jika kita tidak cermati dengan baik, maka anda tidak akan tahu kebenarannya. Yaitu di vol 9 chapter 7. Ketika rombongan mereka sedang mengantri atraksi space-blahblahblah, Ebina meminta maaf kepada Hachiman. Karena kejadian tempo hari (penembakan di darmawisata), hubungan mereka bertiga (Hachiman-Yui-Yukino) menjadi renggang. Tapi, benarkah kebenarannya seperti itu?

  Di vol 10 chapter 6, Ebina mengatakan kalau Hachiman harusnya tahu jika ada hal-hal yang kecil yang tidak disadari di grup Hayama. Ini artinya, Ebina tahu kalau Hachiman sering melirik ke arah grup mereka, persis seperti apa yang dikatakan Yui di vol 9 chapter 1. Secara tidak langsung, ini mengatakan kalau Ebina sering melirik ke arah Hachiman.

  Ironisnya, alasan sebenarnya Hachiman melirik ke arah grup Hayama sebenarnya bukan mencuri-curi pandang Yui ataupun Ebina, tapi untuk mengintip celana dalam Miura...

  Jelas yang melakukan aksi di darmawisata adalah Hachiman. Jika Ebina mengatakan hubungan mereka bertiga, artinya hubungan Hachiman dengan Yui, dan hubungan Hachiman dengan Yukino. Ebina mempercayai kalau hubungan Yui dan Yukino masih baik-baik saja.

  Di vol 9 chapter 1, Yui pura-pura melakukan sesuatu di loker, tapi menjadikan itu alasan untuk berjalan ke meja Hachiman. Lalu, Yui dengan santainya mengajak Hachiman untuk pergi ke Klub bersama-sama. Jika Ebina tidak bisa mendengar percakapan Yui-Hachiman, tapi adegan itu jelas dengan mudah menggambarkan kalau antara Yui dan Hachiman, baik-baik saja.

  Jadi kebenaran kata-kata Ebina tentang 'hubungan kalian bertiga' sebenarnya untuk bertanya hubungan Hachiman dengan Yukino, karena fakta hubungan Yui-Hachiman sudah bisa Ebina lihat secara langsung.

  Tapi, ini masih belum cukup untuk membuat Yukino sebagai saingan Ebina. Yui masih berpeluang untuk menjadi kandidat rival. Mari kita kembali ke vol 2 chapter 3, ketika Yui hendak mencari info soal hubungan pertemanan di grup Hayama, Yui mengatakan ke Ebina kalau dia saat ini sedang menyukai seseorang. Lalu kita melompat ke vol 6 chapter 10, dimana Hachiman dicemooh seluruh siswa SMA Sobu gara-gara insiden dengan Sagami, dan Yui tepat berada di depan Hachiman. Yui memilih untuk meninggalkan Hachiman dan tetap bersama Miura Cs. Jika anda menjadi Ebina, mudah saja menyimpulkan kalau pria yang disukai Yui bukanlah Hachiman. Karena jika pria tersebut Hachiman, maka Yui akan memilih untuk membela dan tetap di samping Hachiman. Ironisnya, gadis yang melakukan itu adalah Meguri dan Yukino.

  Jika Ebina Hina mengatakan maaf karena hubungan Hachiman dengan kedua gadis di Klub renggang, dan Ebina tahu kalau Yui-Hachiman hanyalah just club's friend...nothing more....Mudah sekali menarik kesimpulan kalau Ebina meminta maaf kepada Hachiman itu hanya test on the water. Ebina hendak memastikan apakah alasan Hachiman menggantung jawabannya tempo hari karena dia punya perasaan spesial ke Yukino atau tidak.

  Oke, sederhananya...Gadis yang Ebina Hina anggap sebagai rivalnya adalah Yukinoshita Yukino.




ORIMOTO KAORI

  Gadis terakhir, adalah cinta pertama Hachiman. Jangan tanya mengapa saya tidak menyertakan Hiratsuka-sensei, Totsuka, Haruno, Meguri, dan Rumi. Soal nama yang terakhir, WHAT THE FCUK!

  Satu-satunya gadis yang dianggap sebagai rival oleh Kaori adalah Yukino. Bagaimana dengan Irohasu? Dalam volume 9 chapter 3, Kaori berpikir kalau Hachiman sedang mendekati Isshiki karena bertengkar dengan pacarnya. Ini jelas-jelas pertanyaan jebakan, untuk mengungkap siapa sebenarnya pacar Hachiman, nama Isshiki dijadikan pancingan saja.

  Intuisi Kaori ini berdasarkan vol 8 chapter 5, Yukino dan Yui datang ke double date mereka. Ketika Kaori terus memperhatikan mereka berdua, Yui memalingkan wajahnya karena risih sementara Yukino terus menatap ke arah Hachiman. Lalu vol 9 chapter 7, Yukino memandanginya dengan tajam, lalu mengambil kursi terdekat dengan Hachiman (kursi ketua OSIS) dan duduk disana. Terakhir, volume 11 chapter 4, Yukino hanya menyilangkan tangannya dan diam menatap dengan dingin ketika Kaori menyapa rombongan mereka.

  Juga, Kaori berusaha memberikan pertanyaan jebakan lagi ketika mentraktir Hachiman teh kaleng, vol 9 chapter 9. Mengatakan kalau Yukino itu pacarnya Hachiman (berharap mendapatkan denial seperti di vol 9 chapter 3) dan mengajak Hachiman pergi ke reuni SMP. Tentunya, jika ajakan itu diterima, Kaori memiliki alasan yang sangat logis untuk pergi bersama Hachiman ke reuni tersebut, karena mereka tinggal satu kompleks.








"Ini hanyalah for-fun, sekedar menghibur saja. Anda tidak harus percaya, dan saya tidak bertanggungjawab atas isi artikel ini. Lagipula, kenapa anda harus menghabiskan waktu membaca artikel ini dimana saya jelas-jelas 'berat sebelah'?"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar