Kamis, 08 September 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : Konfrontasi Hikigaya Hachiman - Hayama Hayato di Arashiyama


x x x




  Sebenarnya, ini bukanlah for fun karena level seriusnya sudah memasuki kadar super serius (lebih dari 80,000 poin!). Kita coba fokus mengupas apa yang sebenarnya terjadi di Arashiyama antara Hachiman dan Hayama. Banyak yang tidak paham apa yang sebenarnya mereka bicarakan. Jangankan pemirsa animenya, mungkin banyak pembaca light novel yang juga tidak paham.

  Tapi perlu digarisbawahi, ini hanyalah pendapat dari saya, tidak ada jaminan kebenaran dalam tulisan ini. Sederhananya, ini adalah komentar dari translatornya. Jika punya pendapat sendiri, silakan tulis di komentar. Kalau ada yang mau ditanyakan, juga silakan ditulis di kolom komentar.

  Seperti biasanya, for fun didesain untuk bisa dibaca oleh siapa saja, tidak sebatas orang yang membaca light novelnya saja. Adegan ini ada di light novel volume 7 chapter 8 dan jika anda menonton animenya, ini ada di episode 2 zoku.




                                                 






  Sebenarnya, dalam adegan ini Hayama Hayato memberikan kode kepada Hikigaya Hachiman untuk mengikutinya, tentunya anime tidak menayangkan gestur tersebut. Jadi, salah satu misteri mengapa Hachiman mengikuti Hayama dalam animenya, sudah terjawab.

  Seperti yang kita tahu, Hachiman langsung konfrontasi dengan Hayama mengenai sikapnya yang menjadi musuh dalam selimut bagi Tobe. Setiap Klub Relawan dan Tobe berusaha menciptakan situasi mesra antara Tobe-Ebina, Hayama selalu berusaha menggagalkannya. Padahal kita semua tahu, kalau Hayama-lah yang merekomendasikan Tobe untuk meminta bantuan Klub Relawan. Hayama-lah yang mengantar langsung Tobe ke Klub Relawan. Tapi mengapa Hayama malah berusaha menggagalkan itu?


  Hayama percaya kalau Ebina akan menolak Tobe. Lalu hubungan grup Miura-Hayama menjadi renggang. Hayama percaya, kalau persahabatan dalam grup mereka itu sangatlah berharga. Hayama ingin mempertahankan keutuhan grup mereka di atas segalanya. Hachiman meminta Hayama untuk mempertimbangkan lagi, karena Tobe sudah berusaha keras, apa Hayama tidak merasa kasihan? Bagaimana kalau Tobe tahu tentang ini? Hayama tetap pada pendiriannya.

  Hayama sudah membujuk Tobe untuk mengurungkan niatnya, namun Tobe tetap bersikeras. Hachiman sudah memperingatkan Hayama kalau sikapnya itu hanyalah menciptakan grup yang penuh kepalsuan, karena jelas Hayama di grup itu sudah mengkhianati Tobe. Hayama tidak peduli dengan kata-kata Hachiman, dan tetap bersikeras kalau persahabatan dalam grup Miura-Hayama adalah yang paling berharga baginya.

  Hachiman merasa debat ini tidak ada gunanya. Hachiman tidak tahu seberapa berharganya persahabatan dalam grup, karena dia memang tidak pernah punya grup dan sahabat. Yang Hachiman tahu, Hayama tidak ingin grupnya terpecah, tetap seperti dulu. Masalah arti persahabatan, dll, percuma dibahas lebih lanjut. Hachiman tidak akan bisa paham.



  Apa kebenaran dari adegan ini?




EBINA HINA MEMINTA PERTOLONGAN HAYAMA HAYATO




  Dalam vol 7 chapter 1, atau zoku episode 1, Hayama masuk ke kelas bersama Ebina. Situasi yang sangat jarang sekali. Namun, versi animenya salah menggambarkan situasinya. Dalam light novel, wajah Hayama terlihat pucat dan shock.

  Mudah sekali kita tebak kalau Ebina tahu Tobe akan menembaknya di darmawisata. Ebina lalu bertemu empat mata dengan Hayama dan memberitahunya. Jelas, jika Ebina memberitahu Hayama, artinya Ebina meminta bantuan Hayama untuk menggagalkannya, artinya Ebina hendak menolak Tobe. Hayama jelas shock karena ulah Tobe ini bisa menghancurkan persahabatan di grupnya.

  Pasti akan ada pertanyaan : Darimana Ebina tahu kalau Tobe akan menembaknya?

  Ini sudah dijelaskan sendiri di vol 7 chapter 8 oleh Yukino, kalau orang-orang di sekeliling orang yang akan menembak dan incarannya, akan ramai dan penuh dengan kode-kode. Tentunya, itu tidak ada di anime. Juga, mendengar pembicaraan Ooka, Yamato, dan Tobe di vol 7 chapter 1 jelas-jelas akan ada sesuatu yang terjadi, dilakukan oleh Tobe, di darmawisata nanti.




SEMUA ALASAN HAYAMA TENTANG PERSAHABATAN DI GRUP MEREKA...HANYALAH BOHONG BELAKA




  Volume 10, adalah volume yang terfokus kepada Miura-Hayama-Yukino-Hachiman. Pembaca mendapati fakta pahit kalau Hayama selama ini dekat dengan Miura hanya sekedar memanfaatkan Miura, agar tidak ada gadis di SMA Sobu yang berani menembaknya.

  Memangnya, seberapa menakutkannya Miura? Hmm, jika anda tahu Sagami Minami, yeah Sagami yang itu, Sagami saja takut ke Miura...

  Sebenarnya, Hayama tidak peduli dengan keretakan hubungan grup Miura dan dirinya, itu hanyalah alasan yang dibuat-buat. Miura sangat dekat dengan Tobe, bahkan Totsuka mengira Tobe menyukai Miura. Fakta kalau Tobe adalah teman Hayama sejak SMP, membuat Tobe terlihat sebagai sohib Hayama.

  Hayama hanya butuh dekat dengan Miura. Tobe adalah penghubung Hayama untuk mendekati Miura. Namun, Hayama memakai alasan persahabatan antar kedua grup untuk kebohongannya kali ini.




ALASAN HACHIMAN MENERIMA PERMINTAAN HAYAMA



  Sebenarnya, alasan Hachiman menerima request Hayama akan dibahas di episode for fun yang lain. Intinya, Hachiman percaya kalau dia akan melindungi sesuatu yang sangat berharga bagi Hayama. Kebetulan, tindakannya itu juga menyelamatkan apa yang berharga bagi Miura, dan Ebina. Dimana request dari Ebina, Miura, dan Hayama diketahui di volume-volume mendatang...semuanya bohong dan memiliki alasan terselubung.

  Satu-satunya orang yang kehilangan sesuatu yang berharga di arc ini adalah Hikigaya Hachiman...



MONOLOG YANG MEMBERITAHU KALAU HACHIMAN MEMILIKI SESEORANG YANG BERARTI BAGI DIRINYA...



  Dalam monolognya setelah meninggalkan Hayama di tepi sungai, Hachiman menceritakan sesuatu tentang para pecundang di dunia ini. Ditutup, dengan pengakuan Hachiman kalau dirinya saat ini memiliki seseorang yang berarti baginya.

  Siapa orang itu baru terbuka di vol 9 chapter 5, ketika Hiratsuka-sensei mengatakan Hachiman melakukan sejauh ini karena orang itu sangat berarti di hati Hachiman. Watari sendiri sudah mengkonfirmasi kalau Hachiman melakukan semua ini demi Yukinoshita Yukino, dalam afterwords seri ANOTHER.

  Orang yang berarti bagi Hachiman dan disebut dalam monolog di adegan ini, adalah Yukinoshita Yukino. Entah mengapa (lagi), monolog ini tidak terjadi di animenya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar