Sabtu, 17 September 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : Hutang Kencan Yui...

  Sepertinya penampilan Yui di gambar ini ada yang kurang, tapi apa yaaaa...Terlalu berbahaya untuk saya sebutkan!


  Karena Oregairu stop sementara untuk menyelesaikan volume 2 chapter 1 Biblia, saya menulis for fun untuk sekedar artikel antah-berantah. Seperti biasanya, saya bukanlah Watari Wataru, saya tidak meminta anda untuk percaya dengan apa yang saya tulis. Silakan percaya jika itu meyakinkan bagi anda, tidak percaya juga saya tidak peduli.

  Topik kali ini adalah....Pom Pom Para ♫ ~ Hutang Kencan!

  Pertanyaannya sederhana, kenapa di vol 6 chapter 6, alias Festival Budaya, Hachiman mengulur janji kencannya. Lalu, volume 9 chapter 7, Hachiman kembali mengulur (lagi). Tapi, di volume 11 chapter 8, Hachiman membayar hutang kencan tersebut. Sebenarnya, apa sih yang terjadi?

  Untuk memahami ada apa sebenarnya, kita harus memahami apa yang sebenarnya terjadi di tiap adegan tersebut.








VOLUME 3 CHAPTER 6


Pertanyaan paling sederhana untuk memulai artikel ini, adalah apa yang mendasari Yui untuk berani  mengajak Hachiman kencan?

  Jawabannya, ada di volume 3 chapter 6. Yukino mengusulkan agar status mereka berdua kembali lagi dari nol, alias serasa seperti dua orang yang baru berkenalan. Bagi Yui, dia merasa kalau Hachiman harus melihat kesungguhannya kalau dia benar-benar menyukai Hachiman bukan karena kecelakaan itu. Memang, cara yang paling mudah untuk membuktikannya adalah lewat kencan.

  Sebenarnya, cara mendekati Hachiman yang seperti ini (kencan) adalah cara populer yang biasa dilakukan anak muda jaman sekarang. Mengajak pria/gadis yang disukai untuk sekedar 'hang out' atau kencan. Tapi masalahnya, Hachiman bukanlah pria yang bisa ditemui di mana saja. Hachiman adalah pria yang menjadi seorang penyendiri karena trauma masa lalu. Yui yang bersikap seperti 'gadis pemberi trauma masa lalu' Hachiman ini bukanlah ide yang bagus.

  






VOLUME 7.5 SPECIAL


Oke, pertanyaan selanjutnya setelah kita tahu apa yang melatarbelakangi Yui untuk melakukannya, adalah 'kapan Yui pertamakali mengajak Hachiman berkencan'?


  Hal tersulit untuk mengajak seseorang kencan, tentu saja alasan mengapa anda harus mengajak orang itu kencan. Dalam volume 7.5 special, Yui memenangkan pertempuran antar grup dan memperoleh hak untuk mengatakan hukumannya. Hachiman yang kalah, harus menerima apapun permintaan pemenangnya. Yui memiliki alasan: karena itu hukuman bagi yang kalah.

  Dalam monolognya, Hachiman benar-benar tahu dan sadar kalau Yui sedang memanfaatkan itu untuk mencoba mendekatinya (lagi). Sayang, niat Yui ini dibuyarkan Totsuka dan Zaimokuza yang menganggap kalau hukuman itu adalah hukuman bagi satu team.

  Meski ini adalah volume 7.5, tapi timelinanya adalah paska ulang tahun Yui alias bulan Juni.







VOLUME 4 CHAPTER 1


Karena admin blog ini malas, maka kita tidak bisa membaca vol 4 chapter 1 di blog ini, Kampret.

  Oke, karena usaha pertama gagal, Yui mencoba lagi usaha kedua. Tentunya, Yui harus memiliki alasan mengapa Yui harus mengajak Hachiman kencan. Kebetulan, ini adalah liburan musim panas. Hachiman lahir tanggal 8 Agustus. Bukankah akan sangat natural jika Yui mengajak Hachiman keluar untuk sekedar hang out dalam rangka merayakan ulang tahunnya?

  Hachiman tidak memberikan jawaban pasti atas ajakan Yui ini.

  Sebenarnya, pembaca LN di titik ini sudah mengetahui kebenarannya. Hachiman tahu kalau Yui mencintainya. Jika Hachiman benar-benar menyukai Yui, maka Hachiman sudah menerima Yui.







VOLUME 4 CHAPTER 7


  Event Perkemahan Chiba ini berada antara pertengahan hingga akhir Juli. Yui, berusaha mengingatkan Hachiman kembali tentang ajakan kencannya tempo hari. Namun, Hachiman kembali tidak menjawabnya.

  Dalam monolog adegan ini, Hachiman mengatakan kalau dia sudah punya jawaban yang harus dikatakan kepada Yui. Tapi, Hachiman tidak mengatakannya. Jelas, jawaban Hachiman bukanlah sesuatu yang Yui ingin dengar.

  Faktanya, Yui tidak sekalipun menghubungi Hachiman ketika ulang tahun, dan begitu pula sebaliknya. Tapi, Yui memiliki alasan yang jauh lebih baik, karena ada event Festival Kembang Api. Juga, kali ini Yui juga belajar dari pengalamannya di vol 7.5 special, hanya Komachi yang mendukungnya. Jika Yui mengajak Hachiman untuk kencan di event Festival Kembang Api, dimana waktu Yui mengajaknya ada Komachi, maka peluang Hachiman untuk menerimanya akan sangat besar.








 VOLUME 5 CHAPTER 5



  Yui dengan jelas, mengajak Hachiman kencan di depan Komachi. Hachiman yang awalnya menolak, dipaksa Komachi untuk menemani Yui. Jadi, Yui sudah memiliki momennya, strateginya kali ini benar-benar sukses. Tapi ini baru awalnya saja, masalah terbesarnya adalah: Bagaimana dengan kencannya nanti?








VOLUME 5 CHAPTER 6



  Akhirnya, kencan dimulai. Tapi Watari sendiri sadis dengan menjatuhkan kapak eksekusi terhadap nasib cinta Yui ini sejak awal. Tepatnya, ketika adegan kereta mengerem mendadak. Hachiman mengatakan dalam monolognya kalau seandainya dia pria yang lain, mungkin dia sudah jatuh hati kepada Yui.

  Artinya, ini sama saja seperti ajakan kencan di vol 7.5 special. Hachiman tahu kalau Yui berniat mendekatinya, tapi apa yang berubah dari Yui sejak vol 3 chapter 6? Selama volume 4, arc Perkemahan Chiba, tidak ada yang berubah dari Yui. Lalu dari volume 5 chapter 1 hingga chapter 5, tidak ada yang berubah dari Yui. Yui yang Hachiman lihat di depannya saat ini, adalah Yui yang sama, Yui yang Hachiman lihat di vol 1 dan 2.

  Ini mengingatkan saya akan monolog Hachiman di vol 6 chapter 6: Jika kau ingin mendapatkan jawaban yang berbeda, maka kau harus datang dengan hal yang baru.

  Lalu, Yui sendiri membuat sebuah blunder disini. Sebelum menembak Hachiman, Yui mendeskripsikan Hachiman sebagai pria baik yang akan menolong siapa saja. Bahkan jika tidak terjadi kecelakaan itu, Yui akan datang ke Klub Relawan dengan request kue dan Hachiman akan menolongnya. Dalam volume 11 chapter 9, Hachiman sudah punya dugaan siapa pria penerima kue tersebut, alias sudah tahu kalau itu adalah dirinya.

  Dengan kata lain, Yui hanya tahu Hachiman sebagai pria penolongnya. Bohong jika mengatakan Hachiman akan menolong Yui yang datang dengan request kue seandainya kecelakaan itu tidak terjadi, karena kue yang Yui buat itu sebenarnya untuk pria penolongnya. Sudah bisa ditebak, Hachiman menggagalkan usaha Yui untuk menembaknya, menjadikan alasan panggilan telepon untuk menggagalkannya.

  Mari kita pakai logika saja, di vol 4 chapter 2, Hachiman sendiri tidak peduli dengan panggilan telepon di HP-nya sendiri, kenapa dia harus peduli dengan telepon Yui?








VOLUME 6 CHAPTER 7



  Jelas akan sangat aneh jika Yui kembali membuat ajakan kencan di depan Komachi lagi. Kini Yui memakai cara yang brillian, yaitu mentraktir kue. Pertanyaan pertama pembaca kepada saya pasti begini: Kenapa saya menyimpulkan kalau kue panggang madu yang dibuat Yui ini sengaja dibuat untuk mengajak kencan Hachiman?

  Pertama, kue itu untuk mengobati lapar (apa-apaan kata-kata barusan?!). Sedang yang lapar itu tidak hanya Yui, tapi orang-orang sekelas, termasuk para gadis yang konon katanya teman satu grupnya, Saki, Hayama Cs, dll. Ajaibnya, Yui sengaja membawa kue itu keluar dari ruangan kelas, dan menawarkannya kepada Hachiman. Tidak sekalipun menawarkannya kepada misalnya...Sang Ratu alias Miura.

  Lalu, ini membuat Hachiman berpikir. Mungkinkah Yui yang sekarang ini sudah bukan Yui yang dia temui di Festival Kembang Api, alias vol 5 chapter 6? Karena di vol 6 chapter 3, Yui menceritakan masa lalunya dengan Sagami. Jika Yui yang sekarang ini sudah berubah, bukankah Yui layak untuk memulai sesuatu yang baru dengan Hachiman? Misalnya, Hachiman tidak lagi dengan sengaja blok ajakan kencan dari Yui. Entah mengapa, Hachiman di detik-detik akhir langsung mengubah pendiriannya.

  Ini akan selalu meninggalkan tanda tanya besar kepada pembaca semuanya, mengapa Hachiman mengubah keputusannya?


  Jawabannya ada di chapter selanjutnya, yaitu vol 6 chapter 8. Di gymnasium, ketika Hachiman dan Yukino menonton konser Haruno, mereka berdua saling menempel dan berdekatan, karena ketika hendak mengobrolkan sesuatu, mereka berdua saling berbisik. Ketika sadar posisi tubuh mereka sangat terlalu dekat, Hachiman memutuskan untuk mengambil jarak. Tapi, tiba-tiba Hachiman mengubah keputusannya dan terus mempertahankan posisi yang seperti itu.

  Ini artinya, setelah memakan kue madu Yui dan menyetujui janji kencan tersebut, Hachiman teringat dengan gadis lainnya, dan langsung mengubah keputusannya. Mudah saja menebak siapa gadis tersebut. Hachiman tidak bisa membatalkan janji kencan tersebut karena sudah 'deal', yang belum 'deal' hanyalah kapan dan dimana.







VOLUME 9 CHAPTER 7


  Jujur saja, ini sudah lebih dari dua bulan sejak janji kencan mereka, dan tidak pernah ada deal kapan dan dimana kencan tersebut akan terjadi. Harusnya, Yui curiga kalau si pria (Hachiman), memiliki sesuatu sehingga tidak mau merealisasikan janjinya.

  Kali ini, Yui datang dan menanyakan janji kencan mereka di Toko Pan-san. Yui memberitahu Hachiman kalau dia ingin hutang kencan mereka dibayar di Disney Land. Namun, Hachiman menolak karena terlalu ramai, dan ingin ke tempat lain yang lebih sepi, misalnya Akuarium Tokyo. Kembali, Hachiman mengulur waktunya ketika ditanya 'kapan'...

  Kita semua tahu kalau tidak mau kencan di tempat ramai adalah bullshit dari Hachiman. Buktinya, Hachiman tidak masalah berkencan dengan Iroha di Stasiun Chiba. Kencan dengan Yukino di Lalaport. Kencan dengan Yui di Festival Kembang Api. Hachiman hanya memanfaatkan satu-satunya alasan untuk kabur yang tersedia, yaitu kapan untuk mengulur-ulur pembayarannya...

  Jujur saja, harusnya Yui sudah curiga ketika Hachiman mengulur kembali pembayaran hutang kencan mereka.







VOLUME 10 - 10.5



  Dalam periode ini, Yui mendapatkan jawabannya, mengapa Hachiman mengulur-ulur kencan mereka.

  Pertama, di vol 10 chapter 6, Yui mengatakan kepada Hachiman kalau itu adalah pertamakalinya Yukino  terbuka kepada mereka. Lalu, Hachiman mengiyakannya. Sebenarnya, Hachiman berbohong disini, Yukino sudah terlalu sering terbuka kepadanya. Hanya saja, Hachiman tidak ingin secara terang-terangan menolak perasaan Yui.

  Kedua, di vol 10 chapter 7, Yui mengintip adegan UKS. Disana, Yukino menjawab jurusannya kuliah nanti kepada Hachiman, sesuatu dimana Ibu Yukino sendiri tidak pernah diberi tahu oleh Yukino. Disini, Yui tahu kalau kata-kata Hachiman tempo hari mengenai Yukino yang bersikap terbuka, adalah bohong. Yui tahu kalau Hachiman dan Yukino ternyata sangat dekat, jauh lebih dekat daripada dugaan Yui.

  Ketiga, janji keduanya untuk kuliah bersama-sama. Ini disusul volume 10.5 chapter 1 dimana Hachiman mengatakan akan berpacaran ketika kuliah nanti. Jika Hachiman sudah sepakat akan kuliah bersama Yukino, jelas ini mengarah kemana. Yui setidaknya bisa menyimpulkan ini akan kemana.

  Keempat, sikap Yukino yang mengatakan tidak yakin lagi kalau nantinya akan menjadi Ibu Rumah Tangga. Ini terjadi di chapter yang sama, tidak lama setelah Hachiman mengatakan akan berpacaran ketika kuliah nanti. Jelas, jika tidak Ibu RT maka Yukino akan menjadi wanita karir, alias memiliki suami tidak berguna atau malas.







VOLUME 11 CHAPTER 8



  Oke, kita akan selalu bertanya-tanya, mengapa Hachiman menerima ajakan kencan Yui kali ini?

  Kita harus kumpulkan beberapa fakta dahulu agar bisa menjawab ini.

  Pertama, adegan terakhir vol 11 chapter 7, ketika Komachi menasehati Hachiman. Adegan ini tidak ada di anime, saya berani jamin penonton animenya saja tidak akan bisa menjawab alasannya, bahkan jika ada, alasannya pasti sangat imajinatif. Dalam ending chapter tersebut, Komachi mengatakan kalau Onii-chan yang dia kenal adalah Onii-chan yang tidak pandai berpura-pura.

  Setelah itu, Hachiman lalu bertengkar mulut dengan dirinya sendiri. Monolog pertengkaran batin Hachiman tersebut, bahkan menyebut Hachiman ini sebagai seorang bajingan. Lalu Hachiman memutuskan kalau hanya ada satu cara untuk menyelesaikan ini.

  Kedua, adegan perjalanan Hachiman menuju Akuarium Tokyo, ini juga tidak ada di animenya. Dalam perjalanan, Hachiman mempertanyakan kepada dirinya sendiri apakah pergi kencan dengan Yui ini adalah hal yang benar. Jelas, Hachiman diliputi rasa bersalah. Meski begitu, kenapa Hachiman tetap memutuskan untuk pergi? Karena ada sesuatu yang Hachiman yakini, harus dia lakukan di kencan itu. Sesuatu yang jauh lebih besar daripada kencan itu sendiri.

  Sebenarnya, dua hal di atas sudah menjawab alasan Hachiman membayar hutang kencannya. Komachi menegurnya secara tidak langsung, kalau Hachiman harusnya berhenti berpura-pura. Jika membaca analisis saya di vol 11, kita semua tahu ada apa itu. Hachiman harus berhenti pura-pura, berhenti menggantung perasaan Yui demi persahabatan Yui-Yukino agar tidak hancur. Yui harus diberitahu kebenarannya kalau Hachiman tidak bisa menerima perasaannya (lagi).

  Tapi, Hachiman tidak bisa meminta Yukino untuk hadir. Karena disana akan terbuka jelas kalau Yui selama ini berteman dengan Yukino dan masuk menjadi member Klub Relawan hanya untuk mendekati Hachiman, bukan murni berteman dengan Yukino. Hachiman tidak ingin melihat Yukino terluka. Bisa terlihat dari vol 11 chapter 9, Yukino benar-benar menangis ketika tahu fakta kalau Hachiman adalah pria penerima kue coklat Yui di request volume 1. Itu artinya segala sanggahan Yui tentang persahabatan mereka, perasaan Yui ke Hachiman yang pernah Yui sangkal di volume 3, ternyata bohong belaka.

  Namun, Yui tetap bersikeras meminta mereka bertiga hadir dan membahas itu. Yui tahu konsekuensinya, dia tidak akan punya muka lagi untuk bertemu Yukino, dan Yukino akan menangis mengetahui fakta itu.

  Harus saya akui, pilihan Yui kali ini adalah pilihan terbaik. Jika hanya ada Hachiman dan dirinya dan menjelaskan masalah perasaan mereka, maka itu hanya menyelesaikan masalah Hachiman-Yui, tapi tidak dengan persahabatan Yui-Yukino. Yukino masih berpikir kalau Yui benar-benar tulus berteman dengannya. Dengan memberitahukan kebenarannya kepada Yukino dan Hachiman, maka masalah disini selesai, meski Yui tahu pada akhirnya dia akan menyakiti Yukino tentang fakta persahabatannya selama ini. Tidak pernah benar-benar murni, hanya demi mendekati Hachiman. Meski saya menduga, kalau di vol 12 nantinya, Yukino berharap Yui akan tetap menjadi temannya dan berada di Klub Relawan, dan berharap mereka berdua benar-benar memiliki sebuah hubungan pertemanan yang 'real' di masa depan.





*) BTW, bagi yang berharap ending Yui, bisa membaca edisi alternatif dari Oregairu, yaitu seri ANOTHER, bisa anda baca di blog ini (cieee promo!)

x x x







  Jujur saja, pembaca artikel for fun ini tiga kali lebih banyak daripada artikel translate. Entah apa yang pembaca lihat dari artikel yang saya tulis ini. Saya pikir, banyak sekali di luar sana yang memiliki artikel analisa tentang Oregairu, dan pastinya jauh lebih baik dari tulisan saya ini.

  Juga, ini memberitahu saya kalau mayoritas pembaca for fun ini adalah non-LN reader. Pembaca LN yang membaca for fun hanya sekitar 33%, sisanya 66% adalah pembaca yang tidak pernah membaca LN-nya. Bisa juga, 66% itu haters saya...Bwuahahahaa. Tenang saja wahai 33%, I love you full!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar