Selasa, 20 September 2016

[ REVIEW ] Macross Δ Episode 25 : Star Singer

   Lagi-lagi episode plot...


  Mungkin, ada baiknya saya menyerah saja dan anggap ini sebagai anime mecha dan politik saja. Sulit rasanya melihat ini sebagai anime Macross...





Well, sebenarnya tidak ada yang baru disini. Freiya menyembunyikan penuaan di kulitnya, mereka gagal menghancurkan reruntuhan protoculture, dan membahas Star Singer dan legendanya di Windermere.



Jadi ceritanya, Wright Immelman ini pura-pura mengambil jalan memutar untuk menuju Ibukota Windermere, dan menjatuhkan bom nuklirnya. Sayang, setelah berhasil berputar arah, pesawatnya langsung dikontrol oleh remote.



Jadi, di altar Windermere itu, ada sebuah artefak kuno yang mengandung kode genetik dari Star Singer. Ini mirip semacam film Jurrasic Park, dimana kode genetiknya menjadi dasar untuk membuat kloningnya. Jadi UN berniat untuk menghancurkan reruntuhan itu agar tidak ada pihak lain yang tahu rahasia Star Singer. Tapi, entah mengapa kode genetik itu bisa jatuh ke tangan Lady M.

Dari sini, kita bisa menyimpulkan kalau Lady M ini merupakan bagian dari UN, tapi dia semacam 'oknum'. Maksud saya, oknum dengan jabatan dan pengaruh yang tinggi. Jika UN berniat menghancurkan reruntuhan protoculture, sedang Lady M berniat membuat kloning star singer, artinya Lady M butuh reruntuhan itu tetap utuh. Jadi, Lady M memiliki agenda yang berbeda dengan UN.



Mudah sekali menebak kalau Aerial Knight keberatan dengan tugas mengawal Star Singer. Mereka menganggap Wind Singer adalah yang terbaik. Disini, Bogue tampak paling vokal untuk menentang itu. Keith sendiri, tidak bisa mengatakan apapun karena dia adalah seorang prajurit.

Heinz percaya dengan Roid. Namun Keith tidak mempercayai Roid. Sekarang Bogue mulai mempertanyakan tentang tugas Aerial Knight. Menurut saya, mungkin endingnya...Akan ada Aerial Knight yang membelot dan melawan Roid.



Seperti biasanya, UN datang dengan jumlah yang luar biasa dengan membawa senjata nuklir untuk menyerbu Windermere dalam 2 jam.



Lady M memerintahkan Elysion untuk menuju Ragna dan mempertahankan Ragna dari serangan Windermere. Di Ragna, ada altar khusus yang dibuat untuk Star Singer, dimana suaranya akan bisa menggema ke seluruh galaksi.

Kita tentu mudah menebak skenario ini. Lady M dan Roid berada di kubu yang berbeda, Lady M tidak mau Roid menggunakan Mikumo di altar Ragna.  Pertanyaannya, dimanakah posisi Berger dan Epsilon?



Tapi pertanyaan itu dijawab di scene selanjutnya, Roid sudah mengira kalau pasukan dalam jumlah besar yang mengepung Windermere itu adalah ulah Berger. Sedang, menurut Berger sendiri itu adalah UN. Berger tidak memiliki kuasa posisi di UN untuk menggerakkan pasukan sebanyak itu kecuali dia punya teman dan temannya itu adalah oknum UN dengan posisi yang sangat tinggi. Kita bisa menganggap kalau Berger dan Lady M adalah satu komplotan.



Entah mengapa, saya masih mempercayai kalau Roid akan tewas di tangan Keith. Mungkin endingnya tragis, mereka berdua mati bersama-sama. Keith masih tidak mempercayai Roid, tapi kesetiaannya itu hanya sebatas tugas prajurit saja. Menurut saya, clash antara Roid dan Keith ini tinggal menunggu waktu saja.



Oke, ini ada request di email tentang penjelasan adegan ini, dimana disebutkan ada Megaroad-01.

Megaroad-01 adalah kapal koloni pertama buatan Zentradi dan Manusia Bumi dan mengudara kurang lebih 50 tahun lalu. Kapten kapalnya adalah Misa Ichijo. Komandan skuadron tempurnya adalah Hikaru Ichijo. Dan membawa seorang diva, Lynn Minmay.

Menurut Birler, pemilik Strategic Military Service (Jasa pengamanan militer), juga seorang penggemar berat Minmay, Megaroad-01 hilang kontak empat tahun kemudian, dan tidak pernah ada satupun kabar mengenai nasib kru dan warganya hingga saat ini.

Berger mengindikasikan kalau Lady M itu adalah Lynn Minmay, sekaligus pendiri Chaos. Buat yang belum tahu Chaos itu apa, itu adalah jasa pengamanan militer, selevel dengan pasukan reguler UN. Kalau tidak salah, Mirage ini adalah mantan Chaos sebelum masuk ke Skuadron Delta. Sekedar info juga, karena mendapatkan pendidikan yang selevel dengan militer, prajurit dari jasa pengamanan militer ini bisa dengan mudah diterima menjadi prajurit reguler UN, contoh mudah bisa kita dapatkan di Macross Frontier (Saotome Alto) dan Macross Delta (Mirage Fallina).

Jika benar Lynn Minmay masih hidup, maka usianya sekitar 70-tahunan. Dan kemungkinan besar Megaroad-01 menghilang karena ada portal misterius yang terbuka ketika Minmay bernyanyi di dekat reruntuhan Planet Ragna.

Perang Vajra menampilkan dua penyanyi sekelas Wind Singer, yang bisa mengontrol Vajra, Sheryll dan Ranka. Tidak heran jika ada portal dekat reruntuhan planet Ragna terbuka merespon gelombang suara Sheryll dan Ranka, dan akhirnya sinyal dari pesawat Megaroad-01 terdeteksi.

Pertanyaannya, kenapa Minmay masih hidup sedang kru Megaroad-01 tidak ada kabarnya? Kenapa Minmay tidak berada di kapal tersebut dan ikut hilang? ENTAHLAH.



Jujur saja, banyaknya episode plot ini membuat saya ingin melihat KanamexArad lagi...



Bisa ditebak, ketika suasana hati Hayate good, Mirage terlihat biasa. Disini, Mirage masih berpikir kalau Hayate menyukai Freiya.



Buat yang belum tahu lagu di adegan ini, adalah Ai Oboete Imasuka. Pertama kali dinyanyikan oleh Marii Ijima, kalau tidak salah tahun 1980-an (1986 CMIIW), yeah dia juga pengisi suara Lynn Minmay. Juga, pernah di re-make dan dinyanyikan oleh Nakajima Megumi (Ranka Lee) di tahun 2007. Semoga bukan jinx Freiya, karena kedua penyanyi tersebut tidak mendapatkan cinta si MC.



Come on, kita cuma butuh kepastian siapa yang Hayate pilih. Kita sudah bosan dengan kode-kode semacam ini. Kita butuh kepastian siapa gadisnya, oke?



Mudah sekali ditebak...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar