Rabu, 22 Juni 2016

[ REVIEW ] Macross ▲ Episode 12 : King of The Wind


x x x



  Sepertinya, kisah Hayate-Freiya-Mirage mulai 'dipanaskan' di episode ini...




Ternyata, kapal perang protoculture yang bernama Sigur Valens tersebut merupakan tempat dimana Heinz biasa bernyanyi untuk menebarkan sindrom Var. Artinya, kapal perang tersebut memiliki kemampuan yang terintegrasi dengan kemampuan suara Heinz.



Kurang dari 15 menit, Al-Shahal sudah jatuh.



Sisa-sisa pasukan dari planet terdekat yang belum tertular Var berkumpul di Macross Elysion.



Diduga, Sigur Valens ini berumur 500,000 tahun.

Ada yang sedikit janggal soal ini, Roid tampak baru tahu kalau Windermere punya kapal perang peninggalan protoculture.



Mikumo langsung yakin kalau Windermere tidak akan langsung menyerang Ragna karena Heinz masih harus istirahat. Mikumo mengatakan itu dari instingnya, kalau menyanyikan lagu seperti Heinz menyedot banyak energi.

Jika anda menonton kembali episode 8, maka disana jelas kalau Reruntuhan Protoculture Planet Voldor aktif setelah mendengarkan lagu dari Mikumo, lalu ditambah lagu dari Walkure. Artinya, Mikumo berhasil menirukan lagu Heinz, dan info kalau lagu tersebut sangat melelahkan diperoleh dari pengalamannya sendiri. Saya tidak tahu ada agenda apa dibalik tujuan Mikumo menyembunyikan itu.



Disini ada keanehan lagi, Roid ngotot untuk mengutamakan kesehatan Heinz. Roid seperti butuh Heinz tetap sehat, entah untuk apa. Tapi jika melihat situasinya, kemungkinan besar untuk eksperimen Roid. Ada pula kemungkinan Roid ini adalah final boss di anime ini.



Mikumo, misterius. Saya belum bisa membaca apa rencana Mikumo dengan menirukan lagu dari Heinz. Mungkin saja Mikumo ingin menemukan misteri dibalik makna lagu bagi budaya protoculture. Gadis ini memang penuh misteri.



Tentunya, terungkap kalau Gramia ini ternyata dulunya murid dari Kapten Ernest.



Tentunya, UNION pusat memberikan solusi yang lebih sederhana. Windermere menginginkan reruntuhan protoculture planet Ragna, maka UNION putuskan untuk menghancurkannya daripada berperang dan memakan korban. Disini, Ernest akan meminta bantuan lady M untuk menghentikan usaha UNION.

Disini juga mencurigakan. Maksud saya, jika ini perang hanya untuk memperebutkan reruntuhan, maka solusi UNION paling masuk akal. Tapi Lady M ikut campur, sepertinya Lady M sendiri juga memiliki keperluan dengan reruntuhan itu.



Disini menariknya. Di saat Mirage gugup dengan tugas barunya sebagai wakil komandan, muncullah Freiya dan Hayate.



Percakapan biasa antara Freiya dan Hayate. Namun ini menarik, karena percakapan mereka ini terjadi dua arah. Bisa dikatakan, ini perkembangan antara Freiya dan Hayate.



Tentunya, Mirage ketahuan. Hayate menunjukkan supportnya sebagai bawahan Mirage dan mengingatkannya kalau dia bisa mengandalkan dirinya jika perlu sesuatu.

Ini mengingatkan saya akan Misa dan Hikaru di Macross pertama. Sikap Hayate ini mirip sekali dengan bagaimana Hikaru selama ini melihat Misa. Fakta kalau Mirage ini 'dibawa' dengan sejarah Macross pertama, yaitu tokoh Max dan Millia, bisa jadi hubungan atasan-bawahan ini bisa berkembang seperti seri pertamanya...



Buat yang belum tahu, Macross memiliki 2 bentuk. Yang anda lihat di atas adalah Battle-mode, biasa digunakan untuk pertempuran jarak dekat atau berskala massif.



Untuk mode yang seperti kapal perang ini, dinamakan Cruiser-mode. Biasanya mode ini dipakai karena dapat bergerak lebih cepat dari Battle-mode. Tentunya, dalam mode -cruiser seperti ini, Macross kehilangan beberapa fitur serangan utama, seperti Macross-Attack yang unik.



Gramia selangkah di depan, dia sudah menunggu tepat di depan Macross Elysion.



  Apa yang anda lihat dari gambar terakhir? Yeah, bisa dipastikan kalau Macross Elysion akan kalah. Tapi kita tidak boleh lupa, kalau Sigur Valens adalah kapal tempur yang performanya dipengaruhi oleh lagu Heinz. Mikumo sepertinya punya sebuah rencana tentang hal ini.

  Fakta bahwa di episode 8 Mikumo bisa menyalakan reruntuhan dengan nyanyiannya, juga nyanyian Freiya+Mikumo vs Heinz berakhir 'crash' di planet Al-Shahal, kemungkinan besar akan terjadi sesuatu yang menarik dengan Sigur Valens di pertempuran ini.




x x x



Tidak ada komentar:

Posting Komentar