Selasa, 07 Juni 2016

[ REVIEW ] Macross Δ Episode 10 : AXIA


 "A moment of silence..."
x x x




  Axia adalah judul lagu yang dinyanyikan oleh Kaname ketika dirinya menjadi lead vocal di Walkure. Sekedar info, lead vocal di Walkure saat ini dipegang Mikumo, Kaname sekarang menjabat kapten tim Walkure.

  Kaname Buccaneer, suaranya diisi oleh Kiyono Yasuno, seorang penyanyi profesional dan pengisi suara karakter anime. Lagu-lagunya sering anda dengarkan di Idolm@ster, Un-Go, Wake Up, Girls!, tentunya di Macross Delta. Anime lain yang sedang airing dimana Kiyono Yasuno mengisi suara plus bernyanyi disana adalah Anne Happy, sebagai Botan Kumegawa.

  Pada episode-episode awal Macross Delta, saya pernah memprediksikan kalau ada dua karakter disini yang mendapat death flag, yaitu Messer dan Mikumo. Tampaknya, salah satu prediksi tersebut menjadi kenyataan.

  Paska episode 6, saya membuat evaluasi terhadap anime ini, rating saya sendiri adalah 3/5. Banyak kekurangan di bagian musik, tapi menariknya, sepertinya mereka mencoba improve, dan sampailah kita di episode 10. Menurut saya, ini adalah episode terbaik dari yang pernah saya tonton di seri ini. Lagu-lagu Kaname yang menemani pertempuran Messer vs Keith, sangat luar biasa.

  Well, sayangnya kisah romansa Mirage - Hayate - Freiya baru akan muncul di pertengahan seri, seperti ciri khas Macross pada umumnya. Kemungkinan besar, cerita akan mulai dibumbui kisah cinta segitiga ini di episode 13 ke-atas. Untuk sementara, mari kita nikmati kisah asmara Arad - Kaname - Messer ini.








Ada informasi baru kali ini, yaitu ada pihak ketiga dari Perusahaan Epsilon yang membantu peralatan dan mungkin 'mensponsori' sindrom Var. Mereka mengatakan akan mensetting ulang peralatan yang digunakan Heinz dan membuat kekuatan suaranya menjadi jauh lebih kuat dari biasanya.

Pertama, lihat tampilan pria tersebut. Tampilan pria tersebut merupakan ciri penduduk planet Al Shahal. Kedua, mari kita kilas balik di bagian planet Vordor. Disana, Roid berbicara dengan santai bersama pimpinan Planet Vordor. Mereka berdua membicarakan tentang dimensional weapon, alias senjata pemusnah massal. Dugaan saya, orang-orang berpengaruh di planet yang memiliki reruntuhan protoculture bersekongkol dengan Windermere. Tujuan mereka, memperoleh data atau petunjuk tentang senjata pemusnah massal tersebut. Sayangnya, untuk memperoleh data tersebut, harus melalui aktivasi reruntuhan, dimana itu akan mengaktifkan sindrom var. Lalu sindikat Roid ini memanfaatkan efek apel dan air reruntuhan untuk memperoleh kontrol absolut terhadap militer planet bersangkutan, karena secara tidak langsung, militer mereka terhubung dengan Union.



Lagu Freiya tentang Ragnyan Jellyfish ini mengingatkan saya tentang lagu Ranka Lee tentang restoran Nyan Nyan di Macross F. Lagu-lagu lucu yang mempromosikan tentang makanan...



Well, jika episode lalu Freiya yang merasa gugup dengan isu Mirage - Hayate, kali ini Mirage sendiri merasa gugup ketika Chuck memberitahu kalau festival jellyfish ini akrab dengan sepasang kekasih. Mungkin kita tahu mengapa Chuck masih jomblo hingga saat ini, dia memilih untuk berjualan ketika ada event yang bagus untuk berkencan!



Makina mulai membahas Messer yang belum datang. Chuck memberitahu kalau Messer akan dipindah ke galaksi Artemis, dimana disana merupakan galaksi yang tidak pernah terjadi insiden Var. Mungkin, ini atas perintah dari Arad dan Ernest untuk menghindari hal-hal yang berbahaya di kemudian hari.



Namun, saya sendiri tidak begitu saja percaya dengan kepindahan Messer demi alasan keamanan. Jika alasan keamanan, harusnya Messer dipindah sejak 2 tahun lalu. Kemungkinan besar, karena seluruh skuadron delta dan Walkure tahu kalau Messer merupakan korban Var. Ernest dan Arad tidak punya alasan lagi untuk terus mempertahankan Messer, sehingga dia harus dipindah ke tempat tugas yang lebih aman.



Seperti yang kita duga, Reina, Makina, Hayate, Mirage, dan Freiya tahu kalau Messer menyukai Kaname. Sayangnya, Reina sendiri mengatakan kalau Kaname menyukai Arad. Cinta segitiga yang tiada habisnya...



Mari kita cermati percakapan Ernest dan Arad. Lady M ini memerintahkan mereka untuk meningkatkan keamanan di Ragna dan Al Shahal. Lady M ini sepertinya tahu mana yang akan menjadi target sindrom Var. Dugaan saya, orang yang bernama Lady M ini ada keterkaitan dengan gerombolan Roid Cs. Karena kita semua tahu, serangan selanjutnya akan ada di Al Shahal.

Tapi ini yang membuat kecurigaan bertambah. Siapa itu Lady M, pastinya punya posisi yang jauh lebih tinggi dari Arad dan Ernest. Menempatkan dua veteran perang Windermere dan Sindrom Var di sebuah tim, jelas bukan kebetulan. Pasti mereka berdua ini tahu ada apa dibalik ini semua. Messer di tim mereka, jelas merupakan salah satu kartu untuk dimainkan.



Festival Jellyfish...Well, sangat cantik...



Seperti biasa, gadis paling misterius di anime ini...Sedang menyelam di lautan dan menonton festival jellyfish di tempat terbaiknya. Untuk sementara, death flag masih menjauh dari gadis ini.

Btw, Mikumo ini sedang menyelam di dekat reruntuhan protoculture planet Ragna. Mikumo berhasil menyalakan reruntuhan planet Voldor, mungkin saja Mikumo sedang berusaha menyalakan reruntuhan planet Ragna.



Akhirnya Kaname tahu kalau lagunya waktu itu, AXIA, adalah yang menyelamatkan Messer.

Sebenarnya saya ragu Kaname tidak merasa kalau Messer menyukainya, ayolah...Dua tahun selalu membawa lagunya di gelang...Tapi sepertinya Kaname tidak merasa begitu, mungkin dia menganggap Messer sebagai  teman saja.



Well, tidak perlu dijelaskan lagi...



Roid tiba-tiba mengajak Keith untuk berduel. Tentunya, Keith mencurigai Roid hendak mengulingkan Gramia, alias ayahnya sendiri. Kita semua tahu, Gramia sudah memasuki usia puncak manusia Windermere. Sedang Heinz tubuhnya lemah. Keith berpeluang menggantikan posisi Gramia. Tentunya, kecelakaan dalam duel akan membuat kematian Keith dianggap kecelakaan waktu latihan.

Sepertinya kita mulai mendapatkan gambaran besar disini. Roid dan komplotannya, entah siapa saja, punya tujuan terselubung di perang ini. Tapi Keith sendiri, menganggap ini hanya sekedar perang biasa, dan dia harus memenangkannya. Entah mengapa, saya merasa kalau 'final boss' dari Macross Delta ini adalah komplotan dari Roid Cs. Mungkin Heinz dan Keith akan dikhianati suatu hari nanti oleh Roid.



Heinz menghentikan aksi Keith tersebut. Menariknya, Heinz mengatakan akan total dalam bernyanyi, meski settingan baru dari perusahaan Epsilon diduga akan membuat dirinya menjadi lebih lemah lagi.

Dugaan saya, menjadi Wind Singer ini seperti memberikan efek samping bagi penyanyinya, salah satunya tubuh yang lemah.



Aneh dan ajaib, info dari Lady M terbukti, Al Shahal diserang Aerial Knight.

Kita patut menduga kalau Lady M sendiri ini ada hubungannya dengan Roid Cs.



Namun apa yang dipedulikan Keith dari misi ini? Hanya Messer!



Tentunya, nyanyian dari Heinz membuat reruntuhan protoculture di planet Al Shahal menjadi aktif.



Mikumo dan Freiya mencoba mengambil alih reruntuhan itu dengan nyanyian mereka.



Karena settingan yang lebih kuat, suara nyanyian Heinz mampu mencapai planet-planet lainnya.



Tiba-tiba, Mikumo dan Freiya seperti merasakan kalau dia berada dalam dimensi yang berbeda...Hmm mirip seperti area dimana senjata pemusnah massal  pernah aktif di Windermere 7 tahun lalu.

Dugaan saya, reruntuhan tersebutlah 'si senjata pemusnah massal' itu. Selain berfungsi sebagai 'stasiun siaran' gelombang Var, diduga reruntuhan tersebut juga semacam senjata nuklir yang hanya bisa aktif dengan suara sejenis Wind Song. Inilah mungkin yang sedang dicari oleh Roid Cs, bagaimana cara mengaktifkannya.

Fakta kalau Windermere menuduh Union yang mengaktifkannya, sedang Union menuduh Windermere pelakunya ketika ledakan senjata itu terjadi 7 tahun lalu. Kesimpulan yang saya dapatkan, mungkin saja kedua pihak itu sama-sama benar. Roid hanya tahu kalau waktu perang terjadi, Windermere menggunakan Wing Song untuk melawan Union. Kemungkinan besar, pihak Union juga memakai semacam lagu-lagu sejenis milik Walkure. Ketika gelombang lagu dari Walkure dan Wind Song bertabrakan di reruntuhan, maka bisa berpotensi untuk mengaktifkan senjata nuklir tersebut.

Fakta juga kalau Lady M adalah atasan Ernest dan Arad, dimana Walkure termasuk di dalamnya...Saya menduga kalau Lady M ini 'ada main' dengan Roid. Mereka berdua sengaja menciptakan insiden-insiden Var untuk mencari frekuensi yang cocok untuk mengaktifkan senjata nuklir tersebut. Terbukti, dengan memperkuat gelombang suara Heinz, ketika bercampur dengan lagu Walkure, reruntuhan tiba-tiba memberikan peringatan aktif tentang senjata nuklir tersebut.

Apa yang lebih mengerikan dari mengetahui kalau di planet anda ada senjata nuklir yang bisa diaktifkan oleh siapa saja hanya dengan bermodalkan lagu?



Bogue dkk berniat mengincar Walkure, namun digagalkan Messer.



Ini adalah pertempuran pesawat tempur terbaik yang pernah saya lihat di seri ini. Anda lebih baik tidak melewatkan ini.



Menikmati pertempuran Messer vs Keith diiringi lagu Kaname...Hmm, ini adegan terbaik!



Messer terkena tembakan langsung ke arah kokpit, terlihat darah menempel di jendela kokpit. Apakah Messer tewas?



Apa yang menyedihkan dari Macross? Yaitu MC bukanlah pilot yang handal...Namun Lucky Bastard karena mendapatkan gadis terbaik di serinya...





x x x




  Oke, pertanyaan yang paling penting di episode ini...Apakah Messer tewas? Dalam seri Macross, memang selalu ada karakter non-MC yang memiliki peran penting di cerita akan tewas. Mari kita coba kilas balik ke Macross pertama, SDF, dan Macross sebelum delta, yaitu Frontier.


Pertama, Roy Focker. Dia sebenarnya bukan kakak kandung Hikaru. Dia adalah salah satu anak didik dari sirkus akrobat pesawat udara milik ayah Hikaru. Namun mereka bersama sejak kecil, jadi Hikaru menganggapnya sebagai kakak sendiri, sedang Roy menganggap Hikaru seperti adiknya. Roy tewas di rumah Claudia, setelah kokpitnya ditembaki oleh Zentradi.

Michael Blanch. Dia teman sekelas Alto. Bersama-sama di SMS, dan tinggal satu kamar asrama dengannya di Macross Quarter. Teman satu skuadron, dan juga kekasih dari Klan Klan. Tewas karena serangan Vajra.

  Jadi, kemungkinan Messer sendiri tewas memang besar. Apalagi, ini sudah hendak mencapai tengah seri, dimana kisah cinta selanjutnya adalah kisah cinta si MC. Tapi, kesamaan Michael dan Roy adalah mereka sendiri memang terlihat secara langsung, kalau mereka tewas. Tapi yang kita lihat di episode ini, hanyalah kaca kokpit yang berlumuran darah, jadi tidak benar-benar ditunjukkan kalau Messer sudah tewas.

Masih ingat Macross Frontier, episode 17 ketika Ozma Lee sudah tidak bergerak dan ditunjukkan kondisi tubuhnya yang seperti itu?



Dia ternyata selamat dan beraksi lagi tidak lama setelah itu...

  Jadi, semua kemungkinan masih terbuka. Baik Messer masih hidup, ataukah sudah mati...Tergantung bagaimana episode 11 nanti...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar