Rabu, 29 Juni 2016

[ REVIEW ] Macross ▲ Episode 13 : Passionate Diving

   Apakah ini akan menjadi Misa x Hikaru versi 2.0?

x x x






  Pertama, sebelum masuk ke review, bagi yang sudah menonton episode 13, pasti akan bertanya-tanya: Kenapa tiba-tiba planet Ragna punya pulau buatan yang bisa terbang?

  Well, kita akan menengok kembali sejarah Macross untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Ini terjadi di tahun 2012 tahun Macross, dimana tahun rilisnya sebenarnya 1987, yaitu di OVA Macross: Flashback 2012. Waktu itu antara Zentradi dan Manusia sepakat untuk membuat proyek bersama, yaitu proyek ekspedisi antar galaksi. Mereka membentuk militer bersama yang bernama NUNS (mungkin lebih familiar disebut UNION). Lalu membuat pulau buatan yang bisa terbang ke angkasa, mengangkut manusia Zentradi dan Bumi, mencari planet baru yang bisa mereka singgahi, dan mengembangkan kebudayaan disana.


  Proyek besar itu, ditandai dengan meluncurnya pulau buatan pertama, mungkin lebih tepat jika dikatakan kota buatan di tahun 2016. Koloni ini dinamakan Megaroad01 dengan membawa satu kapal induk Macross yang dikomandani Misa Ichijyo. Juga, yang membuat Megaroad01 menjadi terkenal yaitu karena Lynn Minmay juga ikut dalam proyek koloni Megaroad01 sebagai warga sipil disana, sekaligus diva.


  Well, sebenarnya nama aslinya Misa Hayase, tapi karena menikah dengan Hikaru Ichijyou, namanya mengikuti nama suaminya, Misa Ichiyou. Pada dasarnya, pangkat Misa memang di atas Hikaru, sekedar info saja, ketika perang ZentradixManusia pertama, Hikaru masih Sersan sedang Misa sudah Letnan. Well, jika kalian mempercayai HayatexMirage di Delta seperti itu, saya serahkan kepada pembaca kembali. Hikaru bertindak sebagai komandan skuadron di Macross Megaroad01.

  Sayangnya, nasib Megaroad01 ini hilang secara misterius dalam perjalanannya. Richard Bilrer, milyuner Zentradi yang juga fans berat Minmay, sengaja membentuk SMS dan menumpang perjalanan Frontier sekaligus mencari keberadaan Minmay yang hilang tersebut.

  Nasib yang lebih baik menaungi Maximilian Jenius, ACE NUNS, juga kakek Mirage. Max diangkat menjadi kapten kapal di pulau buatan Battle7 dan sekaligus memimpin Macross Battle7 dalam ekspedisinya di tahun 2045. Istrinya, Millia, berhenti dari militer dan menjadi Wali Kota di dalam pulau buatan tersebut. Yeah, seperti yang kita ketahui semua, ekspedisi mereka berakhir sukses, dan berkeluarga hingga generasi Mirage.

  Jadi kesimpulannya, ada sebuah tim ekspedisi dengan pulau buatan bernama Elysion, membawa Macross Elysion, mendarat di planet Ragna. Jadi mereka menggunakan kembali pulau buatan tersebut untuk menyelamatkan penduduk yang bisa diselamatkan di planet Ragna.





x x x



Harus diakui, Kapten Ernest kecolongan dalam strateginya. Dalam rapat strategi, mereka memakai asumsi dari Mikumo kalau Windermere tidak akan menyerang karena menunggu Heinz pulih dari pertempuran Al Shahal. Lalu Ernest juga naif menganggap Gramia dengan Sigur Valens akan meladeni Ernest dengan Macross Elysion.

Dua prediksi itu salah besar. Heinz berniat mati-matian dan tidak menunggu jeda istirahat, lalu Gramia sejak awal tidak berminat untuk meladeni pertempuran dengan Ernest. Gramia menunggu Macross Elysion melakukan fold atau sederhananya, warp ke Al Shahal. Tepat ketika Macross Elysion selesai melakukan warp, Sigur Valens langsung melakukan warp ke Ragna. Karena delay untuk melakukan warp lagi sekitar 40 menit, ini artinya Gramia punya 40 menit tanpa diganggu Ernest untuk melakukan sesuatu dengan reruntuhan protoculture di Planet Ragna.

Disini, Ernest benar-benar tertipu.



Tapi Ernest meninggalkan kenang-kenangan dengan menembak tepat ke sistem amplify suara dari Heinz, sehingga Gramia tidak bisa langsung memerintahkan Heinz bernyanyi. Jelas, Gramia juga salah perhitungan dan terlalu meremehkan Ernest. Namun, Windermere jelas lebih untung karena mereka bisa mendekati reruntuhan tanpa gangguan berarti.



Sejak awal saya memang sudah curiga kalau utusan dari Union ini punya maksud terselubung soal reruntuhan protoculture. Di saat Arad meminta waktu lebih lama sebelum meledakkan reruntuhan, yaitu menunggu warga untuk dievakuasi, permintaan ditolak.



Karena Macross Elysion belum bisa melakukan warp, Ernest mengirim skuadron pasukannya terlebih dahulu untuk membantu pertahanan. Terjadilah 3 vs 1, Keith melawan Mirage, Chuck, dan Hayate.



Well, tidak lama kemudian...Macross Elysion sudah bisa melakukan warp dan muncul di Planet Ragna.



Jujur saja, saya tidak suka lagu ini.



Tepat ketika Sigur Valens berada di atas reruntuhan protoculture, Union meledakkan reruntuhan tersebut. Err, ledakannya juga dekat dengan pulau buatan...



Tentunya, karena Hayate ini dilindungi oleh plot armor, dia tidak akan mati begitu saja karena terkena ledakan reruntuhan.



Well, karena kita sudah masuk separuh dari seri ini, pemandangan semacam ini baik Mirage-Hayate ataupun Hayate-Freiya akan sering anda lihat...Let the war begin!



Cemburu...cemburu dimana-mana...



Ternyata, ledakan tersebut tidak menghancurkan reruntuhan. Malah membuat area tersebut muncul sebuah bangunan aneh. Tapi disini kecurigaan kita semakin bertambah, kenapa utusan Union ini malah merasa tahu dan tiba-tiba paham kalau ini yang dimaksud oleh para ilmuwan selama ini.

Apa yang mencurigakan dari ini? Kita tahu, di episode 7, pimpinan planet Voldor mengatakan kalau penelitian tentang reruntuhan protoculture adalah penelitian dari Roid. Sedang utusan dari Union ini juga punya akses terhadap penelitan tersebut. Dengan kata lain, pasti ada sebuah konspirasi antara Roid dengan pihak-pihak tertentu di Union. Perang Windermere vs Union di gugusan galaksi Starwind ini seperti sebuah perang dengan maksud terselubung.



Coba perhatikan sikap utusan Union ini. Mereka hadir di planet Ragna hanya sekedar untuk melihat teori tentang reruntuhan tersebut. Setelah mereka puas, mereka langsung pergi. Mereka bahkan tidak berusaha untuk menghancurkan lagi reruntuhan tersebut.

Saya melihat kalau Gramia, Keith, Heinz, Ernest, Arad, dll hanyalah pion-pion dalam permainan. Gambar besar di balik layar belum ditunjukkan sepenuhnya. 



Sigur Valens bertransformasi dan mulai menyebarkan suara nyanyian Heinz.



Tentunya, ini membuat banyak sekali pilot Union dan warga setempat mulai terjangkit Var.



Ernest memutuskan untuk mengevakuasi penduduk setempat ke pulau buatan. Walkure ditugaskan untuk bernyanyi dan mencegah penyebaran sindrom Var. Skuadron delta bertugas untuk melindungi Walkure dan pulau.

Namun, Hayate juga menunjukkan kedekatan dengan Freiya dan berharap lagunya bisa membantunya dalam pertempuran.



Cemburu...Cemburu dimana-mana...

Saya malah kasihan melihat Chuck yang masih jomblo saja ketika seri sudah separuh jalan...



Hayate memutuskan untuk meminjam pesawat milik Messer.

Dalam istilah peralatan militer, biasanya para prajurit memang menganggap peralatan tempur ataupun kendaraan tempur mereka adalah seorang wanita. Jadi jangan heran jika ada prajurit menyebut pesawat tempur mereka seperti "gadis ini".



Keith terlihat kesal melihat Hayate memakai pesawat Messer, pesawat dengan simbol ACE.



Meski skill pas-pasan, tapi seorang Keith pasti akan kesulitan jika melawan 3 pilot pas-pasan yang bekerjasama.



Heinz bernyanyi dengan lebih kencang dan bertenaga.



Mikumo tentu sadar kalau Heinz ini mulai mempertaruhkan nyawanya dalam nyanyian tersebut.



Ini menarik, Sigur Valens seperti menyerap energi dari reruntuhan tersebut, dikombinasikan dengan suara nyanyian Heinz, lalu menembakkan meriam utama kapal.

Apakah meriam utama Sigur Valens ini bisa aktif hanya ketika terhubung dengan reruntuhan, ataukah hanya butuh lagu dari Heinz saja?



Buat yang belum tahu, kapal perang kelas Macross ini, selain bisa bertransformasi antara cruiser mode dan battle mode, juga dilengkapi semacam shield. Dalam macross SDF, shield-shield tersebut berupa lingkaran yang bisa block serangan musuh, kalau tidak salah dinamakan daidalos system.

Selain memiliki fitur shield, Macross juga memiliki fitur meriam utama, biasanya ditaruh di punggung atau tangan kanan ketika battle mode. Juga, bisa melakukan serangan melee dengan tangan satunya, menembus tubuh kapal induk musuh, dan melepaskan ribuan misil secara bersamaan. Serangan tersebut terkenal dengan nama macross attack.

Dalam gambar di atas, macross Elysion menggunakan shieldnya untuk block serangan Sigur Valens.



Pilot pas-pasan kita ini sudah mencapai limit. Mirage dan Chuck tidak mampu mengejar Keith, dan situasi menjadi terbalik. Keith sekarang sedang memburu Hayate, tentunya karena Keith tidak senang pilot level bawah seperti Hayate menjadi pilot Grimm Reaper, alias pesawat Messer.



Freiya yang khawatir dengan situasi Keith vs Hayate, memutuskan untuk lompat dan bernyanyi di udara untuk mendukung Hayate.

Memang sedikit ekstreme, tapi sudah berapa seri Macross memang melibatkan pilot vs pilot dengan didukung lagu-lagu yang mendukung mereka. Disini, Heinz mendukung Keith, dan Freiya mendukung Hayate.



Mirage memutuskan untuk menyelamatkan Freiya dan meminta Hayate untuk terus mengejar Keith.



Ernest dengan Macross Elysion tiba-tiba muncul dari laut dan menembakkan meriam utamanya ke arah Sigur Valens.



Serangan meriam utama Elysion mengenai ruang kontrol Sigur Valens, tempat dimana Gramia berada.



Heinz kalah melawan Freiya, dan Hayate mulai mendapatkan angin dalam pertempuran ini. Ini menarik, karena Hayate sebagai pilot MC di seri ini, harusnya memiliki skill pas-pasan. Namun dengan bantuan Freiya, Hayate seperti kerasukan sesuatu dan menjadi selevel dengan Keith.

Ini kadang membuat saya berpikir, apakah sebenarnya Messer ini juga menjadi 'jago' di udara karena mendengar lagu-lagu Kaname?



Keith kalah...Hayate vs Keith dimenangkan oleh Hayate...

Apa mereka berniat menjadikan MC seri ini pilot ACE?



Macross Elysion dan pulau buatan planet Ragna berhasil keluar dengan selamat.

Entah mengapa, ini mengingatkan saya dengan cerita Macross seri pertama. Mereka juga melarikan diri dengan membawa warga sipil. Ada kisah cinta Misa-Hikaru-Minmay. Misa atasan Hikaru, Mirage atasan Hayate. Minmay dan Freiya merupakan penyanyi di kapal tersebut. Pilot ACE, Roy dan Messer tewas dalam pertempuran. Apakah akan berakhir sama dengan kisah tersebut...?



Nyahaha, apapun cita-cita Roid, tampaknya dia sudah memperolehnya. Dia kini memimpin Sigur Valens, dan Windermere menguasai seluruh planet yang memiliki reruntuhan protoculture di sektor galaksi Starwind. Mungkin ini berakhir seperti prediksi saya, Roid ini mungkin jadi final boss, Keith dan Heinz akan dikhianati, dan akan terjadi konspirasi antara Windermere dengan Union mengenai penelitian protoculture ini...



  BTW, ini adalah episode pertempuran terbaik. Mungkin mecha-battle terbaik di musim semi ini. Jika anda berharap untuk menonton pertempuran pesawat tempur yang epic ketika melihat judul Macross Delta, maka anda sudah mendapatkannya. Tapi itu tetap tidak menghilangkan komplain saya soal lagunya...



x x x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar