Minggu, 04 Desember 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : Kencan Lalaport





  Kembali lagi dalam acara for fun, dimana kebenarannya saya kembalikan kepada pembacanya. Tema kita kali ini tentunya tertulis jelas di judul artikel, namun kita tidak akan membahas hal-hal yang membawa perasaan. Adegan ini sendiri, berasal dari volume 3 chapter 4.

  Masih ada yang bertanya tentang for fun. Artikel semacam ini dibuat dengan sengaja untuk menarik minat pembaca non-LN. Pembaca for fun sendiri jumlahnya 2x sampai 3x pembaca LN, artinya banyak yang membaca for fun tapi tidak membaca LN-nya.

  Banyak sekali suka dan duka (kebanyakan duka) setelah dua tahun mengerjakan terjemahan Oregairu dan for fun. Banyak juga yang tidak bisa membedakan mana komentar, mana fakta, dll. Soal Light Novel selanjutnya yang akan saya terjemahkan, saya tidak tahu, pastinya tahun 2017 saya akan mengerjakan LN lain.







PERCAYA ATAU TIDAK, KENCAN DI LALAPORT DENGAN GADIS PALING MANIS DI SMA MERUPAKAN IMPIAN DARI WATARI

Nanti saya pasti akan dibilang berat sebelah (lagi). Silakan baca afterwords volume 1, berkencan dengan gadis manis di SMA-nya dan berlokasi di Lalaport adalah impian Watari.

Yeah, Watari ternyata berat sebelah dan memihak salah satu gadis!







HACHIMAN DULUNYA BUKANLAH PENYENDIRI DAN MASA KECILNYA BERADA DI KOTA KECIL

Hachiman memiliki teman bernama Takatsu-kun, yang berasal dari keluarga petani, dan memberinya jagung rebus sebagai hadiah ulang tahunnya. Ini jelas terjadi di liburan musim panas, karena ulangtahun Hachiman adalah 8 Agustus. Tapi jika anda jeli melihat for fun peta Chiba, Hachiman yang tinggal di kompleks perumahan sangat mustahil punya teman keluarga petani. Kecuali, dulunya keluarga Hikigaya tidak tinggal di Kota Chiba. Mungkin, berada di daerah luar Kota Chiba, meski masih dalam propinsi Chiba.

Mudah saja kita menyimpulkan kalau terjadi sesuatu di masa lalu Hachiman sehingga dia membenci sosial sekitarnya, yeah insiden Kaori.









YUKINO SANGAT BURUK DALAM MENENTUKAN  ARAH

Ini mungkin menjawab mengapa Hachiman menunjukkan arah di anime zoku episode 1, dan memang dalam season 1 tidak ditunjukkan oleh animenya. Yukino sangat buruk dalam menentukan arah, dan nyaris tersesat di Lalaport.

Namun, follow-upnya di vol 7 chapter 6 memang diluar dugaan, Yukino malah memegang lengan kiri Hachiman dan mereka berjalan berduaan ke hotel.  Ada kemungkinan karena dipicu kata-kata Hiratsuka-sensei tentang orang yang marah ke Yukino, karena orang itu peduli kepadanya. Ini pernah terjadi di volume 6.5 chapter 2.









KEMUNGKINAN BESAR YUKINO MEMBELI CELEMEK BUKAN KARENA KEBUTUHAN
TAPI KARENA HACHIMAN MENYUKAINYA

Tentunya, itu adalah komentar baper jika tidak memiliki landasan kuat. Mari kita sederhanakan hal ini.

Yukino tinggal sendiri di apartemen. Pandai memasak bukanlah sesuatu yang dimiliki jika tidak dilakukan secara terus-menerus, artinya Yukino pasti memasak sendiri di apartemennya. Sederhananya, Yukino pasti memiliki celemeknya sendiri. Satu-satunya alasan mengapa Yukino membeli celemek ungu, karena Hachiman mengatakan itu cocok dengannya. Mungkin, itu karena kencan pertamanya dan itu adalah pujian pertamanya.









KEMUNGKINAN BESAR, INI ADALAH KENCAN PERTAMA YUKINO

Oke, tolong jangan salah fokus. Sekali lagi, tolong!

Haruno tetap bersikukuh kalau Hachiman adalah pacar Yukino, alasannya sederhana, ini pertamakalinya Haruno melihat Yukino pergi keluar bersama seseorang. Artinya juga, Yukino belum pernah berpacaran dan juga tidak pernah pergi berdua bersama Hayama. Karena kita semua tahu, Hayama di volume 3 adalah kaki-tangan Haruno.








PETUNJUK TENTANG PILIHAN YUKINO TERHADAP MASALAHNYA

Pertama, mari kita berpikir begini: Haruno selama 3 tahun di SMA Sobu, tetap tinggal bersama Ibunya di rumah, artinya rumah mereka cukup terjangkau untuk ke SMA Sobu. Tapi Yukino memilih untuk tinggal sendirian, mengapa?

Yukino jelas berusaha lari dari tekanan Ibunya, dan berpikir dengan hidup sendirian, maka itu bisa membantunya. Ini juga menjelaskan mengapa Yukino mengepalkan tangannya di vol 1 chapter 1 ketika Hachiman mengatakan kalau lari dari masalah bukanlah jalan untuk menjadi diri sendiri, karena itulah yang Yukino lakukan selama ini.








PENGAKUAN, PERINGATAN, DAN ANCAMAN HARUNO

Disini, Haruno berjanji akan mengajak Hachiman minum bersama jika dianggap layak sebagai pacar Yukino, dimana janji tersebut ditepati di vol 10 chapter 9, kafe teras dekat Stasiun Chiba. Meski kita tahu, obrolan disana berisi jebakan-jebakan.

Lalu, Haruno juga memberikan peringatan dan ancaman ke Yukino tentang statusnya yang hidup sendirian di apartemen. Ini juga, terjadi di vol 11 chapter 6, Ibunya melihat Hachiman mengantarkan Yukino ke apartemennya. Efeknya, esoknya Ibu Yukino langsung mencabut ijin tinggal sendirian dengan mengirim Haruno untuk tinggal bersama Yukino di apartemennya.







TENTANG PAN-SAN YUKINO

Yui tidak tahu kalau Yukino maniak Pan-san, artinya setiap Yui menginap di apartemennya, boneka-boneka Pan-san koleksi Yukino disimpan di tempat khusus.

Tapi tentunya, Haruno tahu karena dia bisa langsung menebak kalau Pan-san tersebut hadiah Hachiman, err Yukino mustahil mengajak Hachiman ke Lalaport hanya untuk sekedar beli boneka Pan-san (lihat for fun map, lokasinya super jauh), kecuali itu pemberian Hachiman.

Juga, itu artinya kata-kata Yukino tentang barang pemberian dan perasaan pemiliknya (Hachiman), akan selalu menjadi bagian dari koleksi favorit Yukino.

BTW, ini juga mengindikasikan kalau Ayah Yukino memiliki koneksi dengan Boss Dreamworks, California, Amrik. Kita semua tahu kalau pekerjaan Ayah Yukino adalah anggota DPRD. Kemungkinan besar, koneksi tersebut terjadi sebelum Ayahnya menjadi anggota DPRD, bisa karena dulunya tinggal di Amrik, atau kebetulan kenal Bossnya.

Tapi jujur saja, anda bisa memiliki manuskrip asli cerita suatu karya animasi jika anda Boss perusahaan tersebut, dimana itu mustahil. Kemungkinan besar dulunya pernah tinggal dan dekat dengan Bossnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar