Senin, 05 Desember 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : Kunjungan Kuil Tahun Baru





  Kali ini, kita akan membahas separuh bagian terakhir dari volume 10 chapter 1. Seringkali saya ingatkan untuk tidak menaruh link di komentar ataupun mengajak pembaca ke alamat tertentu tanpa seijin dari saya. Setiap komentar disini terhubung ke smartphone saya, kadang saya biarkan sejenak agar penulisnya menghapus itu atas kesadaran sendiri.

  Seperti biasa, silakan percaya bagi yang hendak percaya dengan tulisan saya disini, tidak percaya juga tidak masalah.

  Jadi, ada apa dengan event kita kali ini?


Ini adalah event yang dibuat oleh Komachi, menggunakan alasan "membawa berkah" untuk ujian masuknya ke SMA Sobu. Buat yang belum tahu, Komachi ini sering berkomunikasi dengan Yukino dan Yui dengan handphone. Yukino dan Yui datang atas undangan Komachi. Kuil yang dipilih, adalah Kuil yang dekat dengan SMA Sobu, kalau saya tidak lupa namanya Kuil Inari Sengen.





Buat yang belum tahu juga, ajakan Yui untuk mencari kado Yukino itu awalnya di vol 6.5 special atau vol 9 chapter 11. Ketika mencari hadiah untuk event tukar kado Natal, Yui mengatakan kepada Hachiman kalau ulangtahun Yukino sudah dekat dan mengajaknya untuk mencari kado. Hachiman meresponnya dengan meminta Yui mengatur seluruhnya dan memberitahunya jika siap.






Dalam event ini, ada momen bagus untuk mengamati bagaimana pertemanan Yui selama ini. Ketika Miura menelpon Yui yang sudah keluar dari area Kuil dan hendak pulang, Yui memutuskan untuk menemani Miura ke Kuil. Dalam monolognya, Hachiman mengatakan kalau Yui mempunya grup pertemanannya sendiri.

Jika memiliki grup pertemanannya, dan beraktivitas sepulang sekolah (misalnya vol 1 chapter 8 dan vol 3 chapter 1), mengapa Yui bersikeras untuk masuk Klub Relawan?

Dari vol 6 chapter 3 dimana Yui sengaja meninggalkan grup Sagami dan masuk grup Miura, grup yang dikatakan "pertemanan" itu sebenarnya untuk mengejar status di sekolah. Tidak ada yang namanya persahabatan sejati disana. Di vol 7, semua mengatasnamakan persahabatan grup. Faktanya, Miura hanya ingin mendekati Hayama, Yui hanya ingin mendekati Hachiman, dan Ebina menyukai Hachiman. Tidak ada yang benar-benar peduli terhadap Tobe yang selalu dijadikan alasan oleh mereka.

Jika anda jeli membandingkan vol 1 chapter 8 dan vol 3 chapter 1, anda akan mendapatkan fakta kalau Yui masuk Klub Relawan hanya untuk mendekati Hachiman.






Komachi yang follow-up dengan sengaja meninggalkan Hachiman dan Yukino di depan Stasiun Kereta, kemungkinan besar ada hubungannya dengan vol 9 chapter 10. Disana, Komachi mengatakan di depan Yukino "Tidak sabar untuk mengetahui perkembangannya".






Yukino memilih untuk berpegangan ke Hachiman selama di kereta, dan Hachiman membiarkannya. Alasan Hachiman, kita tahu semua kalau itu bohong. Tepat di atas Yukino, ada pegangan tangan untuk penumpang, tapi Yukino memilih berpegangan ke Hachiman sejak masuk ke kereta hingga turun dari kereta. Err, sebenarnya animenya salah, tapi sudahlah.

Tapi ini bukanlah hal aneh jika melihat adegan atraksi Spride Mountain Disney Land, vol 9 chapter 8, dimana Hachiman merasa bahagia ketika Yukino memegang tangannya (saya pasti dilabeli berat sebelah).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar