Selasa, 27 Desember 2016

[ REVIEW ] Gundam Iron Blooded-Orphans Episode 38 : Hunter of Angel




  Oke, karena yang akan saya bahas cukup banyak, untuk intermezzo saya akan menceritakan tentang sejarah salah satu Mobile Suit disini. Mungkin ini bukan Mobile Suit populer, yeah, kita akan membahas tentang Hyakuren dan turunannya.



Alkisah, dulu waktu mendekati akhir dari Calamity War, para ilmuwan juga membuat desain alternatif dari Gundam Frame. Salah satu desain alternatifnya pernah kita bahas di edisi review yang lalu, yaitu Valkyrie Frame. Ternyata, ada cetak biru rancangan Mobile Suit tipe lainnya dan entah bagaimana, jatuh ke tangan mafia, Teiwaz. Karena Gjallahorn sudah memutuskan untuk menggunakan Valkyrie Frame dan membuat edisi produksi masal, Geirail, maka Teiwaz memproduksi cetak biru mobile suit tersebut. Mobile Suit tersebut diberi nama Hyakuren.

Karena sejak berakhirnya Calamity War, Gjallahorn melarang produksi reaktor Ahab kecuali lewat mereka, lalu reaktor Ahab Hyakuren dapat dari mana? Yeah, reaktor Ahab Hyakuren sendiri berasal dari Calamity War, alias sebelum berakhirnya perang itu sendiri. Karena terbatasnya reaktor, maka hanya ada total 44 Hyakuren dan variannya yang masih beroperasi.

Hyakuren ini ditujukan untuk serangan melee dan pendek. Juga, memiliki armor yang lumayan tebal.



Hyakuri, adalah varian lain dari Hyakuren. Bedanya, armornya Hyakuri tidak setebal Hyakuren. Namun, Hyakuri bisa memakai backpack khusus untuk meningkatkan mobilitasnya. Yeah, Hyakuri ditujukan untuk serangan jarak menengah dengan taktik hit and run. Sama seperti Hyakuren, Hyakuri sendiri masih memakai reaktor ahab dari Calamity War.




Hyakuren akhirnya dibuat versi produksi masal dengan teknologi terbaru, juga dengan reaktor ahab terbaru, yeah namanya Shiden. Berbeda dengan Hyakuren dan Hyakuri, Shiden dibuat dengan kemampuan standar, mudah berganti persenjataan untuk fleksibilitas, dan tentunya mudah untuk diproduksi.








Ini benar-benar pertempuran yang keren!

Apa yang kita takutkan menjadi kenyataan, Barbatos dengan limiter off, mengontrol Mika dan berhasil mengalahkan Hashmal.



Mari kita buat ini menjadi sederhana. Tekkadan bisa menjadi anggota Teiwaz karena rekomendasi Naze Turbine. Dengan menyerahkan cangkir Sakazaki ke McMurdo, sama saja mengatakan kalau Orga akan menerima nasib Tekkadan akan diburu oleh Teiwaz jika mengkhianati mereka. Tentunya, Naze sendiri menjamin Tekkadan dengan nyawanya sendiri.



Mari kita berpikir sejenak di adegan ini. Mengapa Jasley sampai sedemikian jauhnya berusaha untuk menjatuhkan Tekkadan? Jasley sendiri adalah tangan kanan McMurdo, artinya dia orang nomor dua di Teiwaz. Posisi Tekkadan sendiri tidak ada artinya jika dibandingkan dirinya.

Namun Jasley memberikan keywordnya : Naze Turbine. Yeah, kemungkinan besar Jasley melakukan sampai sejauh ini ada sangkut pautnya dengan Naze. Tekkadan hanyalah bagian kecil dari itu. Jasley berpikir untuk punya bekingan juga di Gjallahorn, kali ini Iok Kujan.



Tentunya Rustal tidak bisa membela Iok dalam rapat. Iok-lah yang mengaktifkan Hashmal. Iok-lah yang memancing Hashmal menuju pemukiman penduduk di Chryse dan akhirnya membunuh seluruh penduduknya. Bodoh jika Rustal berusaha membela Iok dalam rapat tadi.

Mengapa? Mars adalah tanggung jawab Arianhod. Mendukung Iok dalam rapat tadi sama saja membuat Rustal juga bertanggungjawab atas meninggalnya orang-orang di Chryse.



Mesin baru yang mana? Ehemm...Kemungkinan besar, Julieta frustasi melihat Mika dan Barbatos yang bertempur dengan Hashmal dan berhasil mengalahkannya.



Well, adegan ini menjelaskan segalanya. Ternyata, karena tawaran Raja Mars dari McGillis, membuat McMurdo menaruh Naze sebagai tangan kanannya. Alias, posisi Naze saat ini sama dengan Jasley. Jadi, inilah yang membuat Jasley iri.



Oke kita kesampingkan percakapan konyol Atra dan Kudelia. Disini, Mika meyakini kalau Kudelia masih punya hal yang jauh lebih penting daripada mengkhawatirkannya. Tapi, apa itu?



Adegan ini menjelaskan sesuatunya. Posisi McGillis yang bertanya ke Isurugi tentang kematian Gaileo, artinya McGillis tidak berada di lokasi ketika Gjallahorn mengevakuasi Kimaris. Hanya diberitakan kalau Gaileo tewas, namun McGillis tidak menyaksikan dengan mata kepala sendiri.



Kalau tidak salah, itu model Gundam Bael, yang konon katanya mesin yang pernah dipiloti Agnika Kaieru, pendiri Gjallahorn.

Mari kita cermati kejadian Vidar yang bertemu McGillis di Mars. Vidar yang meminta untuk berpencar ke Julieta, artinya Vidar hendak menuju ke sebuah tempat. Dari seluruh peluang yang ada dan bisa Vidar temui, kenapa harus McGillis? Jika membalas dendam Carta, Vidar bisa langsung menuju Mika. Kemungkinan besar, eksistensi Vidar ini memang terfokus ke McGillis, menaruh semua dendamnya kesana. Vidar menggunakan data radar mesin Grimgerde di pertempuran Edmonton dan akhirnya menemukan Helmwige dan Graze Ritter. Vidar bisa saja melacak sinyal Barbatos dan menemui Mika, tapi tidak melakukan itu.

Apa yang hendak McGillis capai? McGillis berkata tentang memimpin dunia ke jalan yang seharusnya. Bukankah perjanjiannya Mars untuk Tekkadan? McGillis punya maksud terselubung disini.

Apa mungkin, Mika nantinay akan diserahi Gundam Bael? Mungkinkah Barbatos akan direparasi?



Oke, Si Mbak Mekanik pasti tidak menduga kalau orang dibalik topeng tersebut adalah pria tamvan...



Mesin apa sih ini?

Hmm, kalau tidak salah, ada Mobile Armor baru tentang Gundam IBO di bulan Februari, mungkinkah mesin tersebut Mobile Armor yang saya maksud tadi?


Masih hidup aja orang ini...

Ini artinya akan ada event di masa depan yang fvck up lagi...




Oke, ini nampaknya mempertegas apa yang sebenarnya terjadi saat ini.

Mika menganggap kalau Kudelia hendak mewujudkan Mars dimana tidak ada lagi orang-orang yang bertempur satu sama lain. Mika meyakini Kudelia mampu mewujudkannya. Ini juga berarti, Mika sadar kalau di masa depan, orang-orang sepertinya, orang-orang yang hanya tahu bertempur, akan menjadi orang terbuang. Oleh karena itu, Mika akan menggunakan seluruh apa yang dia miliki, sebelum masa itu tiba. Salah satu cara untuk mewujudkan apa yang Kudelia inginkan itu, yaitu dengan menjadi penguasa Mars.

Bagaimana dengan Orga? Orga sendiri selalu memilih jalan terpendek untuk mencapai tujuannya, meski itu berarti akan mengorbankan keluarganya sendiri. Kalau kita jeli, di setiap pertempurannya, Orga selalu mengatakan tidak bisa mundur karena akan membuat keluarganya yang sudah terlebih dahulu tewas, menjadi mati sia-sia. Tapi sejak kapan Orga begini? Mudah saja, sejak Biscuit tewas.

Orga selalu merasa kalau dirinya harus mencapai impiannya itu, tidak peduli siapapun korbannya. Karena tentunya, teman baiknya, Biscuit, sudah tewas dan Orga mempercayai kalau itulah yang Biscuit inginkan : Membuat Tekkadan besar.

Jadi, yang saya lihat ini begini:

Orga ini sedang berdelusi kalau dia harus mengorbankan segala cara agar bisa menuju puncak, karena dia dihantui teman-temannya yang sudah tewas.

Mika ini yakin kalau di masa depan, tidak akan ada tempat bagi orang-orang sepertinya.

Kudelia di hati kecilnya, ingin bersama Mika dan mewujudkan impian Mika untuk memiliki ladang sendiri.

Jasley ini iri karena dia yang sejak lama menjadi tangan kanan McMurdo, kini memiliki satu orang yang satu level dengannya, Naze.

McGillis kemungkinan memiliki agenda terselubung.

Mbak Mekaniknya oke juga (wtf!)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar