Selasa, 20 Desember 2016

[ REVIEW ] Gundam Iron Blooded-Orphans Episode 37 : Battle For Chryse




  Episode kali ini benar-benar sangat menarik. Menurut saya, ada dua adegan terbaik dalam episode ini. Pertama, sampul artikel ini. Mata Barbatos yang berubah menjadi merah...Ouch, shit just got serious!

  Dan yang terakhir, adalah momen transformasi Gundam Flauros ke Shelling Mode. Kadang ada yang menyebutnya dengan mode empat kaki. Sebenarnya, banyak tipe Gundam yang bisa bertransformasi. Mayoritas, transformasi mereka untuk mobilitas dan manuver yang lebih baik. Tapi, ada beberapa Gundam yang didesain diluar pakem tersebut. Oke, kita akan membahas beberapa saja kali ini.






Gundam Flauros
Flauros bertransformasi bukan untuk memperoleh mobilitas yang lebih baik. Namun, ini dilakukan untuk setting serangan Galaxy Cannon. Plus, model empat kaki jauh lebih efektif untuk meredam recoil dari Galaxy Cannon.


Let watch again this awesome scene!




Gundam Aegis
Jika dalam mode mobile suit, Aegis hanya bersenjatakan 4x beam saber yang, shield, beam riffle. Parahnya lagi, beam sabernya letaknya permanen di 2x kaki dan 2x tangan. Buat yang belum tahu, beam saber ini jika dinyalakan terus menerus sangat boros energi, apalagi empat! Kesimpulannya, kekuatan Aegis ini bukan dalam mobile suit mode.



Aegis dalam Mobile Armor mode, memiliki mobilitas dan akselerasi yang lebih baik. Namun, superioritas semacam ini mudah sekali diimbangi dengan Gundam Strike dengan memakai packing Aile Mode. Jadi jika bukan mobilitas dan akselerasi yang menjadi keunggulan utama Aegis, lalu apa?

Aegis memiliki satu transformasi lagi yang bernama Cruiser Mode. Ada sebuah meriam 580mm Scylla di tengah-tengah mode ini. Meriam kaliber Scylla ini biasanya dipakai kapal induk. Juga, dengan empat kaki yang memiliki beam saber, akan memudahkan Aegis untuk menangkap mobile suit musuh. Setelah menangkapnya, maka meriam Scylla akan ditembakkan secara langsung dalam jarak dekat.


 Sepintas Gundam Aegis memang keren, tapi ada kelemahan mendasar yang terlihat jelas dari Mobile Suit satu angkatan dengan Aegis : Boros Energi.

Yeah, Aegis sering menjadi Mobile Suit yang kehabisan energi daripada yang lain.





Gundam Abyss
Lain Aegis, lain pula Abyss. Bagaimana transformasinya? Jika anda menebak untuk kecepatan dan manuver di ruang angkasa ataupun atmosfer, maka anda salah. Abyss hanya memiliki satu senjata melee, yaitu beam lance. Bisa anda tebak, persenjataan Abyss ini fokus ke senjata jarak menengah dan jauh. Jadi untuk apa transformasinya?


Percaya atau tidak, transformasi Abyss menjadi Mobile Armor untuk mobilitas dalam air. Yeah, kebanyakan mobile suit ketika berada dalam air, mobilitasnya akan turun drastis. Berbeda dengan Abyss, dia sangat berbahaya di air. Tapi, ketika mobile armor mode, persenjataan beam tidak bisa digunakan dan hanya mengandalkan torpedo.

Yeah, Abyss tidak pernah dibuat untuk superioritas area air. Abyss adalah mobile suit yang bisa difungsikan dengan baik di seluruh medan pertempuran : luar angkasa, atmosfer, darat, dan air. 







Awalnya, saya berharap ini akan menjadi handicap match antara Vidar vs McGillis+Isurugi. Namun, kata-kata lebih tajam daripada sekedar luka fisik. Vidar menyindir McGillis yang tidak tahu malu memakai unit yang sama dengan milik Carta (Kepala Penjaga Orbital Bumi), dimana Carta sendiri sengaja dijebak McGillis untuk terbunuh oleh Tekkadan. Parahnya lagi, Carta melakukan itu karena berharap McGillis perhatian kepadanya (cinta). Kata-kata Vidar benar-benar telak ke McGillis.

Ini juga sama saja mengatakan kalau Vidar adalah GaliGali.



Adegan dimana Chad yang memakai Landman Rodi melempar Hammer Chopper benar-benar mirip adegan di anime Tengen Toppa Gurren Lagann dimana ultimate finishernya adalah Super Giga Drill.

Lucunya, Simon dan Kamina dalam Gurren Lagann mirip Orga dengan Mika.



Zack sangat luar biasa dalam membaca data dan menyimpulkan apa yang sedang terjadi. Jadi Gundam Frame itu memang diprogram untuk memburu Mobile Armor. Namun sistem limiter dibuat untuk membatasi gerakan Mobile Suit. Seperti kata Mika, ketika limiter off, Barbatos-lah yang mengontrolnya.

Ini menimbulkan spekulasi baru, yaitu mungkinkah kalau sebenarnya pembuat Gundam Frame ini adalah orang atau kelompok yang sama dengan yang membuat Mobile Armor? Maksud saya, mungkin saja mereka belajar dari auto-pilot Mobile Armor yang bisa menyebabkan kepunahan manusia, lalu mereka membuat anti Mobile Armor dengan sistem pilot, sehingga Gundam Frame membutuhkan pilot untuk menggerakkan mereka. Ketika mencapai limit dari data yang bisa diterima pilot atau mencapai limiter data, maka Gundam Frame akan auto-shutdown.

Kepintaran Zack dalam hal teknis ini malah memunculkan death flag dari Nadi Yukinojo, karena jika dia tewas maka Zack sudah bisa menggantikannya dalam menangani Mobile Suit.



Oke, ini menarik. Meski setidaknya mereka malu-malu mengakui menyukai Mika, ini membuat Kudelia mempertanyakan kembali hubungannya. Karena Athra sendiri menganggap Kudelia menyukai Mika. Mungkinkah endingnya harem?

Oke tidak usah spekulasi dan dipikirkan terlalu dalam. Kisah asmara dalam Gundam bukanlah prioritas. Jika anda hendak menonton mecha dan asmara, lebih baik menonton Macross.



Saya masih belum percaya dengan McGillis. Saya meyakini kalau ada motif terselubung dalam agenda McGillis. Namun jika pihak McGillis berhasil menghabisi Mobile Armor, maka ini bisa dianggap Tekkadan ditolong McGillis. Ini dikarenakan Mobile Armor awalnya berada di properti milik Tekkadan, sehingga menjadi tanggung jawabnya. Hutang budi semacam ini bisa membuat McGillis di atas angin dalam hubungan kerjasama mereka.



Harus diakui, Ride kali ini sangat pemberani. Tapi, sudah berkali-kali death flag Ride berkibar di episode ini. Entah apa niat penulis anime ini, mungkin hendak memainkan emosi pemirsanya.



Galaxy Cannon!



Julietta, McGillis, Isurugi, dan Ride babak belur. Buat yang belum tahu, Graze Ritter yang dipakai McGillis adalah turunan tipe Valkiry jaman Bencana Perang. Sedang Helmwige yang dipakai Isurugi adalah tipe Valkiry. Keduanya babak belur.

Mudah sekali menyimpulkan kalau mobile suit tipe Valkirye yang diciptakan di akhir bencana peperangan bukan untuk melawan Mobile Suit. Tinggal ditebak saja, yeah kemungkinan besar Mobile Suit tipe Valkirye dibuat untuk melawan Mobile Suit.



Kadang agak miris juga melihat MC bertempur karena hutang budi, merasa Orga telah membuatnya hidup selama ini. Tapi kita juga bosan dengan MC yang suka ceramah dan berdebat tentang nilai keadilan, apalagi yang cengeng. Kita butuh yang action-packed! 




*)Di kepala Hashmal ada simbol Barbatos, mungkin ini hanya tebakan saya saja, mungkin Hasmal dan Barbatos dibuat oleh kelompok yang sama. Dan sudah ada gambar non-warna di pameran Gundam dimana ada model Gundam Frame baru dengan tanda barbatos di ukiran bahunya. Kemungkinan besar ini pertempuran terakhir Barbatos Lupus, rusak berat dan diupgrade lagi. Mungkinkah ada beberapa bagian armor Hasmal yang dipakai Barbatos nantinya?

*)Ini hanya teori saja, mungkinkah Iblis itu dulunya malaikat? Jika begitu, maka patut dicurigai kelompok yang membuat Gundam Frame itu juga terlibat membuat Mobile Armor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar