Selasa, 06 Desember 2016

[ REVIEW ] Gundam Iron Blooded-Orphans Episode 35 : Awakening Calamity





  Seperti yang biasa saya lakukan di Macross Delta, saya akan tetap berbagi info-info tentang trope Gundam kepada pembaca. Kali ini, saya ingin menjelaskan tentang istilah yang sering dipakai dalam franchise ini, yaitu Mobile Suit.

  Dalam berbagai diskusi dan forum, kita semua tahu kalau kekuatan spesial, beam saber, koloni ruang angkasa, terinspirasi dari Star Wars. Jalinan cerita awal di Gundam tahun 1979 terinspirasi dari Perang Dunia II. Jadi pertanyaannya, istilah Mobile Suit ini berasal dari mana?


    Ada sebuah buku yang super populer dan menceritakan tentang pertempuran luar angkasa, karya Robert Heinlein dan rilis tahun 1959, berjudul Starship Trooper. Disana ada istilah populer Mobile Infantry dan Powered Armor Suit. Mudah saja kita menebak kalau Mobile Suit ini adalah mesin dengan bentuk dasar mirip manusia yang bisa digunakan sebagai pasukan dengan persenjataan khusus.

  Seperti biasanya, kita akan selalu bingung jika tidak melihat contoh visualnya.




Di atas saya kali ini adalah Gundam Astaroth (Original Form). Apapun itu, ini adalah mobile suit.  Tampilannya mirip pasukan manusia dengan persenjataan khusus.



Jadi bagaimana dengan gambar di atas? Kita bisa menyebutnya dengan Mobile Armor, kendaraan tempur non-infantri (humanoid). Tapi jangan salah, mobile armor ini meski terbatas dalam persenjataan dan fleksibilitas, mereka bisa fokus dengan kelebihan desain mereka. Anda bisa tebak apa kelebihan mobile armor di atas? Yeah,  mobile armor dengan model pesawat tempur di atas memiliki keunggulan dalam mobilitas udara. Mobile Suit biasanya jika ingin menandingi superioritas mobile armor di atas dalam mobilitas udara, masih harus memakai attachment semacam booster khusus (asli ribet).

Err, gambar di atas adalah gambar Sky Grasper, yeah kita semua tahu siapa pilotnya.



Tapi bagaimana jika Mobile Armor dan Mobile Suit digabung? Kita menyebutnya Transformable Mobile Weapon. Contoh paling baik adalah Gundam Harute. Jika bertransformasi menjadi Mobile Armor, dia memiliki keunggulan speed, juga bisa menjadi Mobile Suit untuk berbagai keperluan. Tapi, bukankah ini sama saja mengatakan kalau tipe seperti di atas sangat superior? Tidak juga.

Biasanya, tipe-tipe Transformable Mobile Weapon seperti di atas ketika dalam Mobile Suit mode, dia tidak bisa menjadi mobile suit dengan fungsi yang spesifik. Bandingkan dengan mobile suit lainnya, misalnya Gundam Exia untuk close combat, Gundam Dynames untuk sniper, Gundam Seravee untuk firepower. Gundam Harute ketika mobile suit mode, hanyalah Mobile Suit dengan fungsi standar.


Contoh lain bisa kita dapatkan dalam Wing Gundam, bertype transformable mobile weapon. Dalam bird mode, Wing Gundam memiliki keunggulan kecepatan terbang di atmosfer.



Tapi bagaimana Wing Gundam dalam Mobile Suit mode? Hanyalah mobile suit dengan blaster riffle, shield, dan beam saber. Sisanya, hasil pertempuran dengan mobile suit lain benar-benar mengandalkan keahlian si pilot sendiri.



Mari kita ambil contoh yang seangkatan dengan Wing Gundam. Kali ini, adalah Deathschyte Gundam. Ini adalah mobile suit yang dibuat untuk pertempuran jarak dekat dan stealth. Mobile suit ini tidak bisa terdeteksi oleh radar, sehingga anda hanya bisa melawan mobile suit ini berbekal visual dari kamera saja.

Contoh lain yang baik adalah Shenlong Gundam. Ini adalah mobile suit yang khusus dibuat untuk close combat. Selain bersenjatakan tombak beam, juga memiliki Dragon Claw, Flame Thrower, dan sistem untuk memprediksi posisi dan pergerakan musuh.


  Well, semoga penjelasan di atas bisa memberikan informasi yang baik bagi para pembaca review kali ini. Meski Wing Gundam memiliki banyak kekurangan dalam mobile suit vs mobile suit, tapi tentunya banyak orang menyukainya karena visual yang keren, terutama ketika Bird Mode.








Jasley, yang dikenal sebagai tangan kanan McMurdo, tidak setuju dengan popularitas Tekkadan. Kita semua pasti pernah melihat karakter yang seperti ini di dunia nyata. Dan Jasley berniat memberi informasi yang menguntungkan dirinya dan membuat posisi Tekkadan buruk  kepada Seven Stars lainnya.



Wow, jadi Shino yang akan menjadi pilot Gundam Flauros? Tapi ini jelas Death Flag karena kita memiliki Hush Midi yang berjuang keras untuk menjadi pilot. Shino...Hati-hatilah nak.



Jujur saja, saya masih mencurigai kata-kata Gaelio Vidar. Kita harusnya cermat, jika McGillis berangkat diam-diam ke Mars, artinya dia tidak memakai atribut Gjallahorn. Jika benar-benar hendak menghancurkan Mobile Armor dengan tujuan ranking, maka harusnya McGillis memakai atribut resmi. Kesimpulannya, Vidar hanya hendak mengadu faksi Rustal dengan McGillis. Vidar tidak benar-benar peduli dengan apa yang terjadi, selama dendamnya terbalas, maka tidak masalah siapa yang harus mengotori tangannya.



Ahaha, memegang keuangan Mika seperti layaknya istri?

Ini ada suatu pelajaran yang bagus bagi para pemirsanya. Pendidikan adalah pangkal kemiskinan. Mereka yang tidak terdidik, tidak tahu bagaimana cara menggunakan uang mereka secara bijak.



Kesimpulan yang saya dapatkan, Calamity War itu sebenarnya perang antara Mars vs Bumi. Mars memiliki logam yang berkualitas sangat baik dalam elektronik dan persenjataan, dan Bumi memiliki air melimpah dan makanan. Kedua faksi akhirnya menciptakan Mobile Armor tanpa pilot, untuk menghabisi musuh mereka. Karena pada dasarnya mobile armor didesain untuk membunuh manusia, maka manusia terancam punah dengan sendirinya.

Disini, akhirnya ada yang berinisiatif mengumpulkan ilmuwan-ilmuwan terbaik dan menciptakan Gundam Frame beserta sistem Alaya Vijnana. Gundam diciptakan untuk berperang melawan Mobile Armor. Ini juga menjelaskan mengapa Gundam memakai sistem Alaya, karena musuh mereka adalah mesin yang terprogram dan membutuhkan refleks yang sangat baik untuk mengimbanginya.

Hal mengerikan lainnya, Gundam Barbatos dan Flauros ditemukan di Mars, bukankah itu artinya masih banyak Mobile Armor lainnya yang ada di Mars?

Fakta kalau ada Mobile Armor yang non-aktif, ini artinya ada sebuah cara untuk membuatnya non-aktif. Tapi apa? Jika bisa mengetahui cara non-aktif dan mengaktifkannya, maka ini bisa menjadi senjata yang menakutkan. Apakah ini yang hendak McGillis cari?



Haha, Iok mengira McGillis hendak merencanakan pemberontakan Mars dengan Tekkadan.



Kampret Iok, lihat apa yang kau perbuat!!!!

Tapi ini membuat kita semua menjadi hype, benarkah itu adalah senjata beam? Maksud saya...SENJATA BEAM DI IRON BLOODED-ORPHANS?!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar