Minggu, 18 Desember 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : Konfrontasi Miura Yumiko Kepada Yukinoshita Yukino





  Kali ini kita akan membahas adegan yang terjadi di volume 10 chapter 4, kehadiran Miura di Klub Relawan perihal requestnya, dan kemudian terjadilah konfrontasi Miura dengan Yukino disana. Saya tahu kalau akhirnya nanti saya akan dibilang berat sebelah (lagi), tapi volume 10 memang fokus di hubungan Hayama-Hachiman-Miura-Yukino.

  Sebenarnya, apa saja yang terjadi disana?

  Seperti biasanya, silakan percaya bagi yang percaya, anda membaca ini tanpa paksaan. Sekali lagi, sumbernya dari Light Novel, kalau ada yang berkomentar dengan sumber fan fic, anime, manga, jangan berharap saya akan menjawabnya dengan serius. Ask stupid question, get stupid answer.







ABOUT THE REQUEST


  Buat yang belum tahu, request tentang jurusan Hayama itu adalah request kedua Miura ke Klub Relawan. Request pertama terjadi di volume 6.5 chapter 1, tentang Sagami yang bertambah menyebalkan di kelas paska insiden atap sekolah yang didalangi oleh Hachiman.

  Sama seperti request pertamanya, request kedua Miura tidak mengatakan secara jelas apa requestnya, tapi memberikan kode-kode agar diartikan sendiri oleh Klub Relawan. Di request pertama, Miura hanya mengatakan Sagami bertambah menyebalkan, namun sebenarnya dia meminta Klub Relawan untuk melakukan sesuatu untuk menghentikan Sagami dan dua temannya untuk menghentikan aktivitas menyebar-nyebar gosip dan menebar kebencian. Request kedua, Miura ingin tahu bagaimana caranya mencari tahu jurusan kelas tiga SMA dari seseorang, belakangan diketahui kalau maksud requestnya adalah meminta Klub Relawan untuk mencari tahu jurusan kelas tiga dari Hayama Hayato.

  Lucunya, kedua request Miura ini dikirim via email. Buat yang belum tahu, sejak vol 7.5 atau tepatnya bulan Juni, aktivitas Klub Relawan selain menerima siswa yang datang secara langsung ataupun dikirim Hiratsuka-sensei, mereka juga melayani request dan konsultasi via email, dinamakan E-mail Konsultasi Warga Chiba. Meski namanya terdengar untuk seluruh warga Kota Chiba, pengirim emailnya berasal dari warga SMA Sobu dan kerabatnya.








FAKTA HUBUNGAN MIURA DENGAN HAYAMA MERUPAKAN PETUNJUK HUBUNGAN YUI DENGAN YUKINO


  Mari kita pakai logika kita. Alasan mengapa banyak gadis yang tidak menembak Hayama, karena mereka berpikir kalau Hayama dekat dengan Miura. Hampir setahun mereka dikatakan dekat, Miura sendiri tidak tahu apapun tentang Hayama. Bagaimana latar belakang keluarga Hayama, bagaimana kisah masa lalunya, Miura tidak tahu. Jelas ada yang salah disini, kita sering membaca kalau mereka berdua hangout bersama-sama sepulang sekolah, tapi Miura tidak paham satupun siapa Hayama. Bahkan Miura baru tahu kalau ada sesuatu antara Hayama-Yukino di masa lalu di volume 10. 

  Sekedar info, Hachiman sendiri mendapatkan petunjuk yang terpisah-pisah tentang masa lalu Yukino saja sejak vol 1 chapter 2, tidak sampai satu bulan mereka berkenalan, bahkan mereka tidak pernah hangout bersama. Jelas ada yang salah dengan hubungan Miura-Hayama.

  Belakangan diketahui, itu karena Hayama sengaja menutup dirinya agar tidak terlalu dekat dengan Miura. Hayama berniat untuk 'meninggalkan' Miura secara normal karena mereka terpisah di penjurusan kelas 3 SMA, sehingga proses tersebut tidak terlalu melukai Miura.

  Berdasarkan fakta di atas, kita koreksi kembali hubungan Yui dan Yukino. Mayoritas waktu Yui sepulang sekolah dihabiskan bersama Yukino, kita-pun sering membaca kalau Yui menginap di apartemen Yukino. Apapun itu, Yui harusnya tahu lebih banyak tentang Yukino daripada Hachiman. Lalu, bagaimana faktanya?

  Pertamakali Yui mendengar Yukino bercerita tentang keluarganya adalah di volume 10 chapter 6, dan Yui mengatakan itu secara jelas. Sedang Hachiman sendiri? Yukino pertamakali menceritakan tentang keluarganya ke Hachiman di vol 3 chapter 4. Ada sesuatu yang salah disini...

  Di vol 1 chapter 8, Yui pamit hangout dengan Miura ke Yukino. Di vol 3 chapter 1, Yui berbohong ke Yukino dengan alasan ada kesibukan di rumah, sedang faktanya Yui hangout dengan Miura Cs. Baca kembali vol 1 chapter 4, Miura mengatakan belakangan ini Yui jarang berkumpul bersama, artinya ada sesuatu yang sebelum vol 1 chapter 4 terjadi, membuat Yui memutuskan untuk menghabiskan makan siang dan jam sepulang sekolah bersama Yukino.

  Mudah sekali menebaknya, di vol 1 chapter 3 Yui baru tahu kalau Hachiman adalah member Klub Relawan, dan Yui menyukai pria penyelamat anjingnya itu. Yui menjadi member Klub Relawan dan menjadi teman Yukino, untuk mendekati Hachiman. Bohong jika tidak demi mendekati Hachiman, karena jika itu salah maka Yui pasti hadir di vol 3 chapter 1. Faktanya, vol 6 chapter 1 meski Hachiman dan Yukino jelas memiliki masalah dengan hubungannya, mereka tetap hadir di Klub Relawan, artinya mereka berdua di Klub Relawan tidak karena motif tertentu.

  Meski kita tahu kalau di vol 1 chapter 2, Hachiman diancam tidak lulus SMA oleh Hiratsuka-sensei jika sengaja bolos kegiatan Klub Relawan.








PANDANGAN MIURA TENTANG YUKINO DAN HACHIMAN


  Di vol 7 chapter 7, pertemuan Miura dan Hachiman di Minimarket dekat Hotel, kita punya anggapan bahwa Miura yang tidak menganggap Yui dan Hachiman dekat, karena punya agenda tertentu. Yaitu jika Miura mengompori Hachiman untuk tidak dekat dengan Yui, kemungkinan besar Hachiman akan mendekati Yukino. Artinya, berkuranglah satu saingan dalam memperebutkan Hayama.

  Namun di volume 10 chapter 4, Miura mengatakan alasannya, karena Yukino memiliki orang yang memahaminya saat ini. Tapi bisa saja itu merujuk ke Yui. Mari kita bedah lebih dalam masalah ini.

  Pertama, jika orang itu Yui, dimana Miura sendiri menganggap Yui sebagai sahabatnya, maka jelas janggal jika Miura menyebut sahabatnya sebagai orang yang memahami Yukino.

  Kedua, yang dibahas sebelum dan sesudah pernyataan Miura tadi adalah Hayama alias lawan jenis. Dan sedari tadi Miura mengakui kalau dia tidak bisa hidup tanpa Hayama dan Miura mencintainya. Jelas yang dibahas Miura dalam hal ini adalah masalah asmara dengan lawan jenis. Jika kata-kata tersebut ditujukan ke Yukino, maka satu-satunya lawan jenis yang ada disana...

  Ketiga, respon Yukino sendiri yang mengatakan 'selama di dekatnya ada orang yang memahaminya, maka dia tidak akan hilang kontrol'. Yukino mengatakannya dengan menatap Hachiman, dan direspon Hachiman dengan malu-malu. Dengan kata lain, lawan bicara Miura membenarkan sendiri.

  Mengapa Miura menyimpulkan Hachiman dan Yukino sangat dekat? Sekilas, pertanyaannya tidak berbobot. Maksud saya begini, kalau Miura sendiri tahu fakta tersebut, mengapa Yui tidak tahu? Yui sendiri baru tahu setelah mengintip kejadian UKS di vol 10 chapter 7.

  Pertama di vol 1 chapter 7 dimana Yukino menyebut Hachiman sering mengatakan dirinya Ratu Es. Mudah sekali Miura menyimpulkan kalau mereka berdua sering olok-olokan di Klub. Artinya, mereka dekat. Ini juga berlaku sebaliknya bagi Hayama, ini adalah ancaman serius baginya.

  Kedua, di vol 6 chapter 8, Yukino dan Hachiman mendatangi satu-persatu kelas di SMA Sobu. Pertanyaannya, dari seluruh panitia yang ada, mengapa Yukino harus bersama Hachiman? Itulah yang terlintas di kepala Miura ketika kelas 2F didatangi oleh Yukino dan Hachiman. Tentunya, ini juga berlaku hal yang sama dengan Hayama (ouch!).

  Pertanyaan terbesarnya, mengapa Yui tidak berpikiran sama dengan Miura dan Hayama? Jawabannya sudah terjawab dalam monolog Hachiman, itu karena manusia hanya ingin melihat apa yang ingin mereka lihat. Yui harusnya curiga mengapa Hachiman di vol 5 chapter 6 ngotot meminta Yui mengangkat telepon HP Yui, dimana itu bukan urusan Hachiman. Yui harusnya juga curiga mengapa Hachiman yang awalnya mengatakan bersedia membayar hutang kue panggang madu dengan kencan, tiba-tiba menundanya, vol 6 chapter 7. Yui juga harusnya curiga mengapa Hachiman kembali menunda pembayaran hutang kencan tersebut di vol 9 chapter 7.

  Sekali lagi, karena Yui ingin melihat dirinya sebagai satu-satunya gadis untuk Hachiman, dan mengesampingkan segala kemungkinan tentang adanya gadis diluar dirinya.







ALASAN HACHIMAN ALL-OUT DENGAN REQUEST TERSEBUT


  Awalnya, Klub Relawan sepakat kalau request Miura tersebut bukanlah request yang mutlak harus didapatkan jawabannya. Ini dikarenakan pemenuhan request tersebut masih membutuhkan kejujuran pihak ketiga, dimana disini pihak ketiganya adalah Hayama. Jadi jika Hayama menolak untuk memberitahu, maka itulah akhir dari requestnya ataupun akhir usaha Klub Relawan. Jika benar diberitahu, tidak ada jaminan kalau jawaban Hayama itu benar.

  Dalam volume 10 chapter 3, Hachiman berkeinginan untuk mengetahui sebuah hal pribadi dari Yukino, yaitu masa lalunya dengan Hayama. Yang Hachiman yakini, pertanyaannya itu akan membuat Yukino marah dengannya. Dimana, tebakan Hachiman benar adanya ketika Miura menanyakan itu ke Yukino. Namun, Miura memberikan sebuah contoh bagi Hachiman:

  Miura siap menerima konsekuensi kalau Hayama akan membenci Miura karena terlalu mencampuri masalah pilihan jurusan yang sengaja Hayama rahasiakan. Alasan Miura sederhana, karena dia mencintai Hayama, Miura ingin tahu Hayama kemana kelak, Miura ingin bersamanya.

  Jika Miura saja berani mempertaruhkan itu, mengapa Hachiman tidak? Namun masalahnya, bisakah Miura memperoleh jawaban Hayama? Di titik inilah, Hachiman akan membantu Miura secara all-out, karena ini mencerminkan situasi dirinya dengan Yukino saat ini.

  Hachiman hendak bertanya tentang masa lalu Yukino-Hayama, karena teka-teki yang petunjuknya tersebar di berbagai volume sebelumnya, masih kurang satu hal: ada insiden apa sehingga Yukino tidak menyukai Hayama?

  Pertanyaan yang digaris tebal di atas secara otomatis akan menjelaskan kebenaran gosip Yukino-Hayama berpacaran. Seperti apa insidennya, maka akan memperkuat jawaban Yukino kalau dirinya tidak berpacaran dengan Hayama. Tapi, Hachiman tidak bisa menanyakan itu, apalagi setelah melihat Miura-Yukino ribut-ribut setelah Miura menanyakan pertanyaan yang sama ke Yukino.

  Setelah jatuh-bangun, babak-belur, Hachiman mendapatkan jawaban Miura, sekaligus mendapatkan fakta kalau Hayama selama ini menganggap dirinya sebagai rival. Sekarang, karena Miura yang mempertaruhkan hubungannya sukses, bagaimana dengan Hachiman dan pertanyaan tentang masa lalu Yukino?

  Secara mengejutkan, Hachiman memutuskan untuk tidak bertanya masa lalu Yukino dengan Hayama. Yang terjadi, Hachiman memutuskan untuk bertanya masa depan Yukino.

  Yeah, Hachiman mengikuti saran Hiratsuka-sensei untuk menjadi orang yang berjalan bersama Yukino di kemudian hari dan membuka dirinya yang tertutup. Pertanyaan Hachiman tentang masa lalu Yukino dan Hayama baru terjawab di vol 11 chapter 5, Yukino pernah memberikan coklat persahabatan ke Hayama tepat di hari Valentine semasa SD dulu. Kita sudah menduga, Hachiman akan emosi dan mengepalkan tangannya.

  Keputusan tepat diambil Hachiman untuk tidak mempertanyakan itu langsung ke Yukino di adegan UKS, karena bisa jadi Hachiman sendiri emosi dan mencurigai kalau Yukino menyukai Hayama sejak kecil. Karena petunjuk penting selanjutnya baru dijelaskan di vol 11 chapter 1 oleh Yukino, kalau coklat yang diterima Hayama bisa menimbulkan salah paham. Jadi coklat yang diterima Hayama semasa SD dulu bukanlah coklat Valentine (orang yang menganggapnya begitu adalah orang yang salah paham).








SATU-SATUNYA ORANG YANG MENGANGGAP MIURA YUMIKO ADALAH GADIS MANIS


  Percaya atau tidak, satu-satunya orang yang menganggap Miura manis adalah Hachiman. Bahkan, Tobe yang saking dekatnya dengan Miura, dimana Totsuka pernah menganggap Tobe menyukai Miura di vol 4 chapter 5, takut dengan Miura.

  Di beberapa kesempatan, Hachiman juga mengatakan kalau seluruh pria di SMA Sobu takut ke Miura. Belum lagi, di vol 6.5 Hachiman melihat secara langsung bagaimana para siswi dan siswa kelas 2 ketakutan dengan kedatangan Miura ketika Sagami sedang bertengkar dengan Haruka dan Yukko di lorong.

  Kalau akhirnya ada PS Vita dimana Hachiman dengan rute Miura, maka saya tidak heran...

  Menurut saya, Miura Yumiko manis kok...

3 komentar: