Senin, 10 Oktober 2016

[ REVIEW ] Gundam Iron Blooded-Orphans Episode 27 : In The Midst of Jealousy

  Memangnya ada anime musim ini yang openingnya sekeren ini?



  Oke, sebelum masuk ke review, kita akan mengambil garis besar situasi politik yang sedang berkembang. Yeah, politik+drama+robofight adalah Gundam. Jadi, bagaimana situasinya?

Gjallahorn

  Iznario Fareed, diketahui sebagai dalang serangan ke Edmonton, dimana anak buahnya, Ein, diketahui mengamuk di tengah kota dan hendak membunuh Makanai dan Kudelia. Karena Makanai akhirnya menjadi PM Abrau kembali, Gjallahorn menyelamatkan muka mereka dengan menganggap aksi Iznario Fareed ini sangat memalukan, akhirnya Iznario diasingkan. Keluarga Fareed sebagai seven stars diteruskan oleh putra angkatnya, McGillis Fareed alias Choco Man alias Montag alias Si Topeng Besi.

  Lain lagi dengan divisi Arianhod dari Gjallahorn, yang menangani keamanan koloni blok-blok ekonomi Bumi. Crank, anak buah Rustal Ellion, salah satu seven stars, ketahuan menerima suap dari bajak laut (uang keamanan). Lalu belum lagi insiden di Dort, dimana Gjallahorn lagi-lagi ketahuan hendak mensetting pembunuhan massal di koloni milik African Union. Meski semua orang tahu divisi Arianhood korup, tapi tidak mengubah fakta kalau mayoritas armada Gjallahorn ada disana. Ini bisa dimaklumi, jika melihat episode 4 season 1, tugas utama Gjallahorn adalah menangani keamanan koloni bumi.

  McGillis yang bergerak cepat melobi tiga negara blok ekonomi Bumi, bisa menyelamatkan muka Gjallahorn, mereka masih dipercaya untuk mengurus keamanan blok ekonomi. Namun, blok-blok ekonomi ini tidak lagi memakai jasa Gjallahorn untuk menangani keamanan wilayah mereka di Bumi. Ini berdasarkan insiden di Edmonton dimana Gjallahorn yang harusnya menjaga keamanan, justru malah membuat kerusuhan dan hendak membunuh kandidat Perdana Mentrinya. Salah satu contohnya, Abrau kini memakai jasa Tekkadan untuk menjadi penasehat militer mereka.



McGillis Fareed | Montag
  Tidak lengkap rasanya melihat anime Gundam tanpa pria bertopeng. Jika ada yang menonton seri Gundam yang pertama hingga Char Counterattack, McGillis memang mirip sekali dengan sifat Char Aznable, alias Casval Deikun. Sangat licik, anda tidak bisa merasakan emosi apapun dari karakter ini, dan super bajingan.

  Di season pertama, McGillis hanyalah perwira dari Polisi Militer. Kali ini, McGillis menjadi pimpinan divisi penjaga orbital Bumi. Tapi semua orang juga tahu, ini hanyalah divisi badut. Ancaman hanya akan ada jika ada musuh yang lolos dari Arianhod, dan itu kecil sekali kemungkinannya.

  Arianhod dipimpin oleh Rustal Ellion. Rustal ini teman dekatnya Iok Kujan, semacam 11-12 antara Bauduin dan Fareed. Arianhod memang serba salah, mereka membiarkan bajak laut beroperasi di Bumi dan Mars karena menerima suap. Di sisi lain Arianhod akan membiarkan bajak laut rusuh di Bumi karena mereka tidak lagi memakai jasa Gjallahorn, tapi di Mars ternyata bertambah rusuh, dimana ini memberikan peluang bagi McGillis untuk show off. Jika McGillis bisa membereskan kekacauan di Mars, maka dia dianggap layak untuk memimpin Arianhod.

  Entah darimana, Rustal Ellion tahu kalau McGillis hendak menjungkalkan jabatannya. Kita semua tahu sifat dari McGillis, jika cara baik-baik tidak mempan, maka akan diumpankan ke Iblis untuk dibunuh. Jika masih saja gagal, maka dia sendiri yang akan menghabisi.


Kudelia Aina Bernstein
  Berbeda dengan anime-anime mainstream lainnya, aktivis politik yang menggerakkan perubahan dalam Gundam adalah seorang wanita. Para fans sering menyebutnya The Princess.

  Sebagai bagian deal dengan Makanai, pengelolaan half-metal dari Mars diserahkan ke pihak ketiga untuk kemakmuran Chryse, dimana kita semua tahu, pihak tersebut adalah Teiwaz. Kudelia diberikan kepercayaan oleh Teiwaz untuk mengelola half-metal tersebut, dimana Kudelia membuat semacam panti sosial untuk anak-anak di Chryse. Teiwaz juga mendapat jatah sebagai penasehat militer Abrau, melalui Tekkadan.

  Justru, ini menimbulkan masalah sosial lainnya. Melihat Chryse menjadi koloni yang lebih makmur, koloni yang lainnya menuntut hal yang sama ataupun kemerdekaan. Timbullah masalah sosial dan konflik. Kudelia yang mengundang beberapa investor ke tambang half-metal jelas menimbulkan masalah lagi, yaitu ekonomi Chryse yang membaik dan konflik semakin ramai.





x x x




Jika sebelumnya kita disuguhi aksi team Shino dan mobile suit lainnya yang standar, gerakan Barbatos memang tidak wajar. Jujur saja, ini adegan yang sangat keren!



Jika anda jeli, maka kita bisa menyimpulkan sesuatu dari aktivitas bajak laut Dawn Horizon ini. Kita kilas balik ke season 1, bajak laut Brewers. Dengan lantang mereka berani menantang Turbines dan Tekkadan dimana keduanya adalah cabang dari Teiwaz. Sekarang, Dawn Horizon menantang Tekkadan, dimana mereka tahu kalau Kudelia ada backing dari Makanai.

Jelas, di belakang Dawn Horizon ini ada tokoh kuat yang backing mereka, bukan Gyojan. Tebakan saya, Rustal Ellion mensupport bajak laut ini, karena mereka akan menghabisi Kudelia, sumber konflik selama ini. Namun ini jelas kabar buruk bagi McGillis jika Ellion berhasil menyelesaikan konflik Mars.



Sebenarnya, ini adegan yang tidak diperlukan, tapi karena adegan ini ada, jelas membuat kita berpikir seperti ini...

Ini artinya selama Kudelia masih berguna bagi Nobliss, maka Nobliss akan mendukungnya. Tapi jika sudah tidak berguna, maka Nobliss akan membuangnya begitu saja.



Sebenarnya ini cukup sederhana, Orga ingin sekali dayung dua pulau terlampaui. Para cabang Teiwaz tidak ada yang mau menghabisi Dawn Horizon, jika Tekkadan mampu menyelesaikannya, maka Tekkadan akan diakui kemampuannya dan diperhitungkan sebagai cabang Teiwaz.



Ini adegan yang menarik. Zack mengira dengan bergabung Tekkadan, maka dia akan menjalani pertempurannya dengan heroik dan mudah. Faktanya, manusia tewas dimana-mana. Namun disini perbedaannya, Zack dipersilakan mengundurkan diri jika merasa tidak mampu.

Ini agak ironis jika melihat kalau ini keluar dari mulut Akihiro. Dia sendiri mantan human debris, tidak punya hak untuk keluar, hidup bertempur sampai mati. Dan bedanya lagi, jaket Akihiro tidak ada strip merah tanda human debris!



Buat yang belum tahu, tanda bintang itu sering dipakai pilot perang dunia kedua. Menjatuhkan satu pesawat berarti satu bintang dicat di tubuh pesawatnya. Kalau untuk tank, ada strip di laras meriamnya.



Lucu jika Mika mengatakan tidak peduli nama Lupus dari Barbatos. Baginya, Barbatos tetap Barbatos. Ini mengingatkan saya akan episode 2 season 1, dimana Mika pertamakali melakukan kontrak dengan Barbatos dan Barbatos memberitahu namanya. Bagi Mika, namanya tetaplah Barbatos, dan Barbatos sudah mengambil tangan dan mata kanannya!



Nice Mr.Yukinojo!



Jelas situasi mereka berdua agak awkward karena masalah ciuman tempo hari.

Jika jeli dengan kata-kata Kudelia, intinya Kudelia ingin memberitahu kalau dia berkali-kali kesini untuk mencari Mika, tapi Mika selalu tidak ada.



Menurut saya, alasan Kudelia tertegun dengan gelang itu karena ada sesuatu. Kudelia baru sadar kalau selama ini gelang yang dipakai Mika adalah pemberian Atra. Sedang Kudelia tidak pernah memberi apapun ke Mika.

Kudelia tidak tahu kalau Mika sengaja menyerahkan tangan dan mata kanannya kepada Barbatos setelah Ein mengatakan akan menghabisi Kudelia setelah membunuh Mika. Juga, salah satu impian Mika adalah membaca buku dan punya ladang jagung, dimana kemampuan membacanya itu diajarkan oleh Kudelia.



VIP = Very Irritating Person

Hahaha...Dari tangan kanannya saja, Todo, McGillis memang sulit untuk dipercaya.



Boro-boro Orga percaya McGillis, Gaelio yang sedari kecil adalah temannya saja dibunuh oleh McGillis...

McGillis berkepentingan agar Kudelia terus hidup, sehingga konflik terus ramai di Mars, dan Ellion dianggap gagal.



Jelas cabang-cabang Teiwaz yang senior mulai khawatir dengan sepak terjang Tekkadan, mereka dengan cepat menjadi perhatian McMurdo.



Chad sendiri sulit untuk meyakinkan akuntan Tekkadan di Abrau untuk mengirimkan Shiden baru mereka membantu pertempuran Tekkadan melawan Dawn Horizon. Dia menganggap kalau saat ini, Land Rodi kesulitan untuk membendung mobile suit lainnya, apalagi kalau semua Shiden dikirim membantu pertempuran di Mars.



Mudah sekali ditebak. Akan ada gap usia antara tentara reguler dan Tekkadan meski sebagai penasehat militer. Yang tentara tidak sudi dipimpin anak kecil.



Ini sungguh ironis, Aston ternyata selama di Brewers hanya memakan sampah sisa. Ini juga peringatan, jika ada karakter sampingan memiliki backstory yang cukup dalam, bendera kematian mulai tampak di Takaki.



Yang tidak masuk akal adalah bagian mekanik hari ini menunya daging ayam sungguhan. Jadi selama ini makan ayam yang bagaimana?



Hash merasa siap untuk dioperasi Alaya dan mengoperasikan Mobile Suit. Tapi usia Hash sudah terlalu tua untuk dioperasi, dan juga Tekkadan sudah tidak menjalankan operasi tersebut.



"Don't touch my waifu!"

Serius, seberapa kuat cengkraman Mika? Kita semua tahu, Mika ini mendedikasikan hidupnya untuk menghabisi siapapun yang menghalangi Orga dan Kudelia. Hash bukanlah tandingannya.

Kadang ada yang menginginkan Mika diberi sedikit perasaan ataupun perkembangan karakter. Menurut saya, Mika yang sekarang tidaklah masalah. Psykopat pembunuh, menurut saya tidak masalah. Memangnya apa yang perlu diubah? Ayolah, kita sudah bosan pertempuran robot dengan khotbah-khotbah keadilan. Langsung tebas tewas satu ronde!



Saya akui, cara Mari Okada menceritakan anak-anak ini sangatlah epic. Jika season 1 kita disuguhi betapa kerennya mereka yang sukses operasi Alaya, kini kita melihat pemandangan mereka yang gagal. Mereka lumpuh, tinggal di tempat kumuh, dan makan sampah.



Bahkan untuk bunuh diri saja repot...

Momen seperti ini yang kita dapatkan dari seri Gundam yang baik. Mengajarkan kita realita dunia. Kemiskinan dan eksploitasi anak...Bukankah kita familiar dengan tema ini?



Good Luck...

Ini menarik, Hush ingin melebihi Mika. Saya menebak akan ada dua kemungkinan bagi Hush di masa depan. Dia akan menjadi pilot mobile suit Tekkadan, tapi tanpa Alaya sistem. Kedua, dia akan mengkhianati Tekkadan demi mengalahkan Mika, misalnya dimanfaatkan McGillis, dll.



Oke, jika minggu lalu saya menebak pria topeng besi yang ini adalah McGillis/Gaileo, karena McGillis ada di tempat lain, maka tebakan saya mengerucut ke satu orang.

Satu-satunya orang yang diceritakan oleh McGillis tentang rencananya, sehingga bisa mengantisipasi langkah-langkah selanjutnya. Mungkin ada sesuatu di wajahnya sehingga harus memakai topeng. Ok, tapi topengnya keren juga...

Jika benar dia ini GaliGali, McGillis sudah fvcked up!

...Atau bisa juga McGillis sudah tahu dan ini rencananya untuk menjatuhkan Ellion.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar